Home >Documents >WAWASAN 11 Juli 2016

WAWASAN 11 Juli 2016

Date post:05-Aug-2016
Category:
View:392 times
Download:21 times
Share this document with a friend
Description:
KORAN WAWASAN
Transcript:
  • Banyak cara dilakukan umatmuslim merayakan Idul Fitri. Salah

    satunya bersilaturahmi dengankeluarga besar sekaligus halal

    bihalal, meski tempat yangdikunjungi digenangi rob.

    KONDISI apa pun di tem -puh, demi bisa berkumpulke luarga. Seperti halnyadi lakukan warga Desa Be -do no Kecamatan Sayungpada Idul Fitri 1437 H atau2016 ini. Jika menjelangLe baran lalu puluhan ribuorang terjebak antrean mo -

    bil dan macet di area Brexit,warga Bedono justru ter ke -

    pung rob. Meski begitu, kon di -si alam yang kian hari kianpa rah itu tak menyurutkan niatmereka menyambung tali si la -tu rahmi. Khususnya kepadaorang tua maupun para se se -

    puh di tanah kelahiran.Namanya juga Idul Fitri atau

    ha ri kemenangan setelah sebulanberjuang mengendalikan hawanaf su, ya harus dirayakan dengansu ka cita. Maka meski berada dike pungan rob, Lebaran mesti tetaphappy for all, ujar, Ahmad Ghuf -ron, kemarin.

    Diungkapkan, karena ulah ta -ngan tak bertanggung jawab ben -cana terjadi di mana-mana. DiKo ta banjir, di desa pegununganlongsor, di pantai rob. Sementarabe lum ada upaya penanggulanganse rius, menurut aktivis Rumah Z a -kat itu, mereka harus bisa ber sa -habat dan menikmati bencana.

    Salah satunya seperti telah me -re ka lakukan, menyikapi ge nang -an air pasang laut. Yakni denganmembangun angkrok atau tempat

    TAHUN KE-31 NO: 92 TERBIT 16 HALAMAN - ISSN 0215-3203

    SETIAP keluarga pasti punyatradisi sendiri-sendiri saatlebaran. Begitu juga denganaktris cantik AtiqahHasiholan. Istri dari RioDewanto itu merayakan Le -baran tahun ini di rumahnyadi Jakarta.

    Tradisi keluarga Atiqahada lah salat Idul Fitri di sa -tu tempat yang sama se te -lah itu mereka akan sa -lam-salaman dan maaf-maafan. Bukan hanya itu,

    Harga Eceran Rp 3.000Harga Langganan Rp 70.000

    Senin Pahing 11 Juli 2016

    TERGENANG ROB: Warga Desa Bedono Sayung Demak tetap semangatberlebaran di tengah genangan rob. Foto : sari jati

    Bersambung ke hal 7 kol 3

    Berlebaran di Kepungan Rob

    Bikin Angkrok agar Bisa Bersilaturahmi

    Foto: kpl

    Haris Muhammadun

    Foto: Dok

    Foto: getty images

    Macet Arus Lebaran Telan Korban

    Menu Semur Kambing

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    KAJEN - Meskipunsempat mengalamikemacetan panjangsaat mudik Lebaranke marin, bahkanada yang harus me -nginap di jalan tolBrebes selama duahari, pemudik yang merantauke Jakarta dan sekitarnya ti -dak kapok.

    Sebab, mata pencaharianme reka ada di ibukota negarater sebut. Puncak arus balikLebaran tahun 2016 sendirimulai terjadi pada Sabtu (9/7)dan Minggu (10/7) malam,se bab pemudik akan mulaima suk kerja pada Senin(11/7) hari ini.

    Kenaikan kendaraan padaarus balik Lebaran kali inimencapai sekitar 70 persen.Ka sat Lantas Polres Pe ka long -an, AKP Didi Widiantoro,

    Ming gu (10/7) me -nu turkan, arus mu -dik di per ki ra kanme ngalami pun -cak nya pada duahari tersebut. Sebabbanyak pemudikyang tidak ingin

    terlambat masuk kerja pa dahari Senin.

    Namun, lanjut dia, jalurPan tura Pekalongan hinggake marin masih terpantau lan -car, meskipun terjadi ke pa dat -an kendaraan di Pasar Wi ra-desa dan IBC. Pihaknya me -ngaku melakukan sejumlahrekayasa lalu lintas untukmemperlancar arus mudikdan balik Lebaran kali ini. Sa -lah satunya melakukan pe nu -tupan pada perempatan Gu -mawang yang terdapat di ja -

    Bersambung ke hal 7 kol 3

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    Pakar Transportasi Haris Muhammadun me ni -lai, koordinasi yang kurang antarinstansi me nye -babkan pengalihan kendaraan ke jalur alternatifti dak optimal. Akibatnya kemacetan di jalur exittol Brebes menuju Jawa Tengah mengalami macetparah.

    Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerangitu menuturkan, sepanjang pengamatan melalui ja -lur tol Cipali-Brebes, hingga menuju Jateng ke wi la -yah Pekalongan, dan Semarang kurang adanyape ngawasan. Pihak pengatur lalu lintas, baik darike polisian hingga Perhubungan, kata dia, sangatmi nim untuk mengatur jalan menggunakan motorpa troli. Akibatnya pengendara yang tidak tertib pun

    MERAYAP: Kendaraan pemudik berjalan merayapsaat melintas di Jalur Pantura, Tegal, Minggu (10/7)malam. Jalur Pantura terpantau cukup padat padapuncak arus balik H+4 Lebaran. Foto: Antara

    Gombong-Banyumas Ditempuh 8 JamBANYUMAS Puncak arus balik yang terjadisejak Sabtu (9/7) hingga Minggu (10/7) malammembuat kemacetan panjang di jalur selatan. Ke -macetan terjadi mulai pintu masuk KabupatenBa nyumas di Kecamatan Tambak yang ber ba -tasan dengan Kabupaten Kebumen, hingga kepin tu keluar Banyumas ujung barat di Ke ca -matan Pekuncen. Bahkan jarak Gombong Ba -nyu mas yang hanya 20 kilometer harus ditem -puh hingga delapan jam.

    Salah seorang pemudik, Hendi, warga Gom -bong, Kecamatan Kebumen mengatakan, ia be -rangkat dari rumah pukul 09.00 WIB dan baru

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    The Resonanz ChildrensChoir Berjaya di Italia

    JAKARTA - Paduan suara anak Indonesia, TheResonanz Childrens Choir (TRCC) berjaya de -ngan menggenggam gelar juara umum (Winnerof Grand Prix) dalam Claudio Monteverdi In -ternational Choral Festival and Competition diko ta Venezia, Italia, 7-10 Juli 2016.

    Project Manager TRCC Dani Dumadi merilis,Minggu (10/7), paduan suara anak itu ber kom -petisi dalam kategori Children and Youth Choir.Mereka dipimpin konduktor Devi Fransisca.

    SEMARANG - Koordinasi antarinstansi dalammenghadapi mudik dan balik Lebaran 2016 dianggaplemah. Banyak pemudik yang dirugikan akibat kemacetan,bahkan sampai menelan korban hingga 12 jiwa di JalurBrebes Exit (Brexit) tol Cipali menuju Jateng.

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    KOORDINASI LEMAHArus Balik Naik 70%

    BERPOSE BERSAMA: Tim The ResonanzChildrens Choir berpose bersama dalam sebuahkesempatan. Mereka berhasil menjadi juara umumdalam ajang Claudio Monteverdi International ChoralFestival and Competition di Italia yang berakhirMinggu (10/7). Foto: archive.choralnet.org

    SILVERSTONE - PembalapMercedes dari Inggris, Le -wis Hamilton, mendapatkangelar GP Inggris untuk kalike tiga secara beruntun se -telah ia memenangi balapandi Sirkuit Silverstone, pada

    Bersambung ke hal 7 kol 3

    JuaraBeruntunGP Inggris

    Lewis Hamilton

  • SEMULA peralatan dicip -takan untuk menghasilkanproduk. Untuk meng ope -rasionalkannya dibutuhkan ma -nusia atau he wan yang mampuber adaptasi menyesuaikan diridengan peralatan tersebut agarproses produksi bisa berjalandengan baik. Dampak dari re -volusi in dustri yang meletuspada akhir abad ke 18 telahterjadi pe ralihan penggunaantenaga ma nusia dan hewandigantikan oleh mesin di segalalini kehi dupan manusia. Bidangperta nian, manufaktur, trans -portasi serta banyak bidang laintidak dapat mengelak dariimbas ge lombang revolusi itu,ter masuk juga berimbas padaproduk produk kemiliteran.

    Pada Perang Dunia II , PihakSekutu (Amerika dan kole ga -nya) mengalami pengalamanpahit. Produk produk ke mi -literannya seperti radar dan pe -sa wat tempur tidak bisaber operasi secara efektf. Banyakkesalahan kesalahan bahkankecelakaan kecelakaan yangterjadi bukan karena keti dak -mampuan personil yang meng -operasionalkan peralatan, na -mun justru peralatan tempursendirilah yang memicu ter -jadinya human error. Ke rap -nya kesalahan kesalahan kerjaakibat ketidaksinkronan antaramanusia dan peralatan yangdioperasionalkan berakibatfatal. Hal ini mendorong pihakmiliter melakukan penelitian penelitian tentang interaksi ma -nusia dengan peralatan (tem -pur) (Wignjosoebroto, 2008).Dan muncullah istilah baruyang lebih dikenal dengan na -ma Ergonomi.

    Memanusiakan ManusiaDilihat dari usianya, er go -

    nomi memang belum masukdalam kategori ilmu yang telahbanyak jam terbangnya. Pe nger -tian ringkasmya, ergonomidapat dikatakan sebagai ilmu,seni dan penerapan teknologiuntuk menyesuaikan / me nye -laraskan/ menyerasikan peker -jaan , baik alat, cara, proses danlingkungan kerja dengan pe ker -ja dengan sistematis, me man -faatkan informasi in formasi

    tentang karakteristik kapasitasdan keterbatasan ma nusia (pe -kerja) dalam me ran cang per -alatan/mesin, sistim danling kungan kerja agar manusia(pekerja) dapat hidup dan be -kerja secara aman, nya man,efek tif dan efisien se hinggadica pai kepuasan kerja dan pe -ningkatan kineja

    Eksistensi Ergonomi bu kan -lah ilmu yang berdiri danberjalan seorang diri, namunbanyak disiplin yang ikut mem -berikan kontribusi. Beberapa diantaranya disiplin an tro po -metri, biomekanika, kedok ter -an, sosiologi, psikologi, danmasih banyak disiplin yangterlibat di dalamnya. Se dang -kan tujuan lain selain untukmemanusiakan manusia, ergo -nomi juga bisa mengupayakanterjadinya efisiensi dan pro duk -tifitas kerja.

    Tarwaka, dkk dalam Ergo no -mi untuk Keselamatan, KesehatanKerja dan Produktivitas me ngu -rai kan lebih luas perihal pe ne -rapan ergonomi (2004) yakniuntuk meningkatkan kese jah -teraan fisik dan mental melaluiupaya pencegahan cedera danpenyakit akibat kerja, me nu run -kan beban kerja fisik danmental, mengupayakan pro mo -si dan kepuasan kerja. Er go no -mi juga bertujuan untukme ning katkan kesejahteraansosial melalui peningkatan ku -alitas kontak sosial, mengeloladan mengkoordinir kerja secaratepat guna dan meningkatkanjaminan sosial baik selama ku -run waktu usia produksif mau -pun setelah tidak produktif.

    Selain itu, ergonomi men cip -takan juga keseimbangan ra sio -nal antara berbagai aspek, yaituaspek teknis, ekonomis, an tro -pologis dan budaya dari setiapsistem kerja yang dilakukansehingga tercipta kualitas hidupyang tinggi. Mengingat ba nyak -nya manfaat dari penerapanergonomi, bidang ergonomi sa -at ini sudah menjadi kebutuhandi banyak dunia kerja. Beberapa

    perusahaan sudah mulai ber -lomba lomba menciptakaniklim ergonomis di lingkupkejanya maupun ergonomi dikeluaran hasil produknya

    Mbok GendhongDi tengah tengah dinamika

    penerapan ergonomi di atas,tidak hanya perusahaan yangakan menikmati hasil dari p e ne -rapan ergonomi yang benar.Para pekerjapun akan men da -pat kan tingkat kepuasan kerjayang lebih baik.

    Namun bagaimana parambok gendhong di pasar, kuliangkut di pelabuhan atauterminal, penarik becak denganbecaknya yang tidak ergonomisdan mereka yang berada dikerja informal lainnya? Nam -pak nya ergonomi belum mam -pu menyentuhnya, bahkanmungkin tidak pernah dikenaldan tidak ada yang mem per -kenalkannya dengan baik,sehingga jikalau kita memasukipasar pasar tradisional akanmelihat banyak mbok mbokgendhong yang usianya sudahtidak muda lagi mengangkutbeban yang melebihi ka pa si tas -nya dan di lingkungan yangtidak kondusif untuk me la ku -kan aktivitas kerjanya. Ba ran g -kali tidak sekadar penyakitse perti HNP (Hernia NucleusPulposus) yang sudah pastimeng ancamnya tapi juga ber -bagai penyakit akibat pekerjaanyang akan menyengsarakannyadi masa depannya.

    Mudah mudahan para pa -kar dan pelaku pem bu dayaanergonomi tergerak untuk me -mikirkan kesehatan kerja parambok-mbok gendhong danprofesi lain yang belum ter -sentuh dunia ergonom.

    Penulis,dr. Agung Sudarmanto, MM.

    Sekretaris Institute for Sustainable Development

    Studies (ISDevS)

    LIBURAN sekolah bia sa -nya men jadi momen yangsangat di nanti bagi seba -gian siswa dan keluarga. Bah -kan tahun ini ber samaan denganRamadan dan Idul Fitri sehinggasemakin la ma waktu untuk li -bur. Jika tidak disiasati secarabijak, maka wak tu libur dapatmenjadi waktu yang mem bo -sankan bagi anak. Oleh sebab ituperlu terobosan agar liburananak dapat ber kualitas dan edu -katif.

    Kegiatan yang dilakukandapat berupa permainan me nye -nangkan, pengenalan budaya,kunjungan, permainan tradi sio -nal, atau bahkan penanamancinta lingkungan. Kegiatan yanglebih melibatkan aktivitas fisikdan panca indra. Kegiatan yangberorientasi pada membangunkekompakan, kebersamaan, ke -pe dulian dan kepekaan sosialyang jauh dari kesan intelektualoriented.

    Salah satu permainan yangmenyenangkan dapat berupa outbond di lapangan sekolah. Sepertipermainan air mengalir yang de -ngan wadah botol di atas kepala,permainan mengisi pipa yangbocor, voli air, utak-atik puzzle,tutup mata cari bola, ular men -cari mangsa, kaki gajah, pan -jang-panjangan, naik kudade ngan tongkat, dsb. Permainantersebut dilombakan antarkelassehingga setiap kelas dapatberkompetisi secara maksimal.

    Pengenalan budaya dapatberupa nonton bareng tentangfilm budaya, memperkenalkansalah satu budaya di sekolahatau bahkan berwisata di Mu se -um terdekat. Contohnya, ketikadi Kota Semarang maka siswadapat dikenalkan dengan mu -seum Ronggo Warsito yang me -nyimpan banyak peninggalansejarah, atau Candi Gedong So -ngo di Kabupaten Semarangyang merupakan salah satudestinasi wisata buaya terbaik diKabupaten Semarang. Selain itumengenalkan budaya kepadasiswa, kegiatan ini akan mem -berikan promosi dan pen da pat -an yang cukup massif bagidae rah.

    Refreshing dengan kegiatankunjungan dapat memberikanpe ngalaman yang baru dansangat mengesankan. Kun jung -an dapat dilakukan di berbagaitempat salah satunya pabrikatau pun tempat-tempat sosial.Di sekitar Kota Semarang pabrikyang dapat dijadikan referensiseperti kunjungan ke pabrik roti,perusahan surat kabar danwisata alam perkebunan sertapeternakan. Selain kunjungan,siswa akan mendapatkan penge -tahuan dan wawasan yang baru.Bahkan, dapat melihat prosespe buatan barang dari awalhingga akhir. Bukan tidakmung kin, inspirasi yang datangakan membawa kemandiriandan semangat wirausaha bagisiswa.

    Permainan TraisionalDisisi lain, salah satu

    kegiatan yang menarik adalahpermainan tradisional. Perma in -an tradisional sangat pentinguntuk dilestarikan. Jika tidak,khasanah keindonesiaan iniakan punah. Padahal, per ma in -an tradisional mempunyai ba -nyak manfaat. Seperti, mem be-lajarkan siswa bersosialisasi,ber interaksi, bergerak dan me -nyenangkan. Sehingga badanaktif bergerak dan menge luar -kan keringat hingga membuatpikiran fresh, sehat dan nyaman.

    Namun saat ini, seakan ter -jadi pergeseran sangat drastis.Permainan anak-anak sekarangcenderung lebih individualistisdan menekankan pada hiburan.Lebih mengandalkan gerak jem -pol dan tangan serta layar mo -nitor. Ini bahaya. Mengingat,anak-anak masih perlu pe nga -rahan untuk mencapai tumbuhkembang yang optimal. Agar,bakat dan potensi anak se nan -tiasa dapat dikembangkan.

    Ada beberapa macam per -mainan tradisional yang dapatdimainkan anak-anak baik dilingkungan sekolah ataupun dimasyarakat. Seperti gobak so -dor, engklek, dakon, egrang,bakiak, petak umpet, dan masihbanyak lagi. Tidak hanya ke -mam puan berpikir yang di

    kedepankan. Namun, kecepatanbertindak, keberanian mengung -kapkan gagasan, kesatuan kerjahingga kemampuan berko mu -ni kasi yang baik. Dampaknyaanak-anak berlatih untuk man -diri dan sigap dalam melakukansesuatu.

    Lebih lagi, banyak nilai yangdapat kita masukan di dalampermainan tradisional. Seperti,nilai kebersamaan, kepedulian,kedisiplinan, toleransi, ketu han -an, ketekunan hingga keju juranpun dapat kita integrasikan kedalam permainan. Pendidikanberdasar nilai lah yang sangatditonjolkan baik dari KurikulumTingkat Satuan Pendidikan ataupun Kurikulum 2013. Nilai so si -al dan spiritual menjadi per -paduan efektif dalam pe ngem -bangan sikap anak.

    Kegiatan lain yang tak kalahseru adalah menanamkan anakcinta lingkungan. Kegiatan yangdapat dilakukan seperti me na -nam sayuran di taman sekolah,bepergian ke sawah dan melihatsalah satu proses kegiatan disawah, atau bahkan memberipupuk dan menanam di daerahyang gundul di sekitar sekolah.Kegiatan seperti sangat dire ko -mendasikan agar siswa sejak ke -cil mempunyai kepedulian ter -hadap lingkungan sekitar. Ha -silnya, lingkungan pun semakinlestari dan semakin hijau.

    Namun dari sekian kegiatan,selayaknya setiap keluarga da -pat merancang dan menentukankegiatan yang tepat dan dibu -tuhkan oleh anak. Sesuai denganminat dan bakat anak tersebut.Mengapa? Karena setiap sekolahmempunyai latar belakang danpotensi yang beragam sehinggatidak dapat disamakan. Apapunkegiatan yang dilakukan sela -yak nya berorientasi untukmem berikan pengalaman danlatihan yang menyenangkan ba -gi siswa. Agar keluarga menjaditempat yang nyaman bagi anak,bukan sebaliknya. Hasilnya, da -pat mengoptimalkan bakat danpotensi anak.*

    Penulis, Guru SDN Wonosari 03,UPTD Kecamatan

    Ngaliyan Kota Semarang

    Agung Sudarmanto

    PENDIRI : Ir H Budi SantosoPEMIMPIN UMUM : Irianto Joko MoelyonoPEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB : Gunawan PermadiPEMIMPIN PERUSAHAAN : Sarsa Winiarsih SantosoWAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : Djoko Sutedjo

    REDAKTUR SENIOR: Sosiawan. REDAKTUR PELAKSANA: Budi Sutomo,Achmad Ris Ediyanto. KOORDINATOR LIPUTAN: Heri Suyanto.

    PERSONALIA REDAKSI: Samsudin Bakrie. REDAKTUR: Eddy Tuhu PW, AdlanHeriyudi, Sosro Margono, Sucito, Kusmiyanto, Didik Saptiyono,

    Aman Ari yan to, Yunan Hidayat, Soetjipto, Wis nu Setiaji, Yanuar Dwi Sarjono, Sunarto, Siti Khajarwati, Rita Hidayati.

    Reporter: Unggul Su bagyo, Sugeng Ariatmojo, Sapto Sari Jati, Felek Wahyu,Jaka Nuswantara, Nurul Wahid, Rusmanto Budi, Ernawaty,

    Agus Umar, Sunardi, Fitria Rahmawati, Arix Ardana. Foto grafer : Weynes Furqon S. Kores ponden Kedu: Tri Budi Hartoyo (Koordi-

    nator), Widyas Cahyono, Ali Subechi. Banyumas: Joko Santoso (Koordinator), Hermiana Englaningtyas, Ady Purwadi.

    Pekalongan : Janti Artati (Koor dina tor), Eko Saputro, Hadi Waluyo, Probo Wirasto. Pati : Wahono (Koordinator), Budi

    Santoso, Ali Bustomi. Surakarta: Tulus Premana (Koordinator), Bagus Atas Adji W, Sutyatmoko W, Suti Hapsoro.

    MANA JER IKLAN/PROMOSI: Agung Wahyu Jawoto. MANAJER PEMASARAN: Teguh Slamet Widodo.

    MA NA JER TU: Yetti Ismiyati. MANAJER PENGEMBANGAN SDM: Widiyartono R.

    KABAG KEUANGAN: Siti Aisyah. KABAG AKUNTANSI: Dwi Suparno.

    ALAMAT REDAKSI : Jl. Kawi No 20 Semarang - 50251, Telp (024) 8507070,

    Faks (024) 8502727 [email protected]

    ALAMAT IKLAN - PEMASARAN :Jl. Kawi No 20 Semarang-50251, Telp. (024) 8507070

    Faks (024) - [email protected]

    [email protected]

    ALAMAT TATA USAHAKompleks Pertokoan Simpang Lima Blok A/10 Semarang

    Telp.: (024) 8314170 Faks. (024) 8317113

    REKENING BANK :PT Sarana Pariwara Semarang

    BII 2.018.031468 - BANK JATENG 1.034.07578.9CIMB NIAGA 453.0100081.00.0

    PENERBIT :PT Sarana Pariwara Semarang/Anggota SPS.

    IZIN TERBIT : SK Menpen RI No. 027/ SK/Menpen/SIUPP/A7 Tanggal 23 Januari 1986.TERBIT PERDANA : Tanggal 17 Maret 1986

    DICETAK OLEH : PT TEMPRINA MEDIA GRAFIKA SEMARANG

    Kang Waswas

    Senin Pahing, 11 Juli 2016

    Pejabat saling tuding soal kemacetan.

    Sangat khas Indonesia.

    ***

    Pra Lebaran penjualan emas meningkat 100%.

    Budaya pamer yang juga khas.

    Mbok Gendhong dan Ergonomi

    (Selalu berupaya sak madya)

    KEMACETAN yang terjadi pada arus mudik Lebaran 2016menyisakan banyak tanda tanya di tengah-tengah upaya keraspemerintah untuk mengantisipasinya. Kemacetan akut terjadi disejumlah ruas jalan pantai utara Jawa (Pantura), mulai dariBrebes Exit (Brexit), Tegal, Pemalang, dan Batang. Arus lalu-lintas baru bisa merngalir mulai wilayah Pekalongan hinggaSemarang. Itu pun tetap mengalami ketersendatan di sejumlahtitik. Kemacetan di Brexit merupakan titik paling parah disepanjang jalur Pantura, karena ekornya membentang hinggasejauh lebih dari 30 kilometer. Bahkan ribuan kendaraan yangterjebak di zona kemacetan sama sekali tidak bisa bergerak.Kalaupun ada kesempatan hanya beringsut beberapa meterke depan.

    Fenomena kemacetan parah di jalur Pantura, dan khu -susnya di Brexit, menimbulkan sejumlah tanda tanya. Me -ngapa? Karena hal itu terjadi justru ketika pemerintah,khu sus nya Kementerian Perhubungan dan Pekerjaan Umumdan Perumahan Rakyat berupaya keras untuk mempersiapkansarana dan prasarana agar arus mudik berlangsung lancar. Kitamenyayangkan terjadinya silang pendapat dan saling tudingantarpejabat terkait dengan penyebab terjadinya kemacetanparah yang terjadi para arus mudik tahun ini. Menteri Per -hubungan Ignasius Jonan, misalnya, menuding pengelola jalantol yang dinilainya kurang profesional dan kurang antisipatifterhadap kemacetan parah yang terjadi di ruas jalan tol.

    Bahkan, menurut Jonan, pengoperasian ruas exit tol terlaludipaksakan. Akibatnya terjadilah masalah kemacetan parah,terutama di jalur Pejagan-Brebes, karena membludaknyakendaraan yang secara bersamaan melintas di jalur tersebu,sehingga tidak bisa tertampung. Seperti diketahui, kemacetanekstrim terjadi pada arus mudik H-3 (Minggu, 3/7) dan H-2(Senin, 4/7). Berkaca dari peristiwa kemacetan akut pada arusmudik, maka tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidakmelakukan langkah-langkah antisipasi agar arus balik ber -langsung dengan lancar dan aman. Sejumlah upaya rekayasalalu-lintas sudah dilakukan guna memperlancar arus balik.Namun demikian harus tetap harus diwaspadai kemungkinanterjadinya kemacetan.

    Simpul kemacetan arus balik di perkirakan terjadi di ger -bang tol Cikarang Utama. Karena itu, sejumlah pihak terkait,yakni Kementerian Perhubungan, PT Jasa Marga, dan Polri,harus benar-benar mewaspadai serta mengantisipasi. Yangpasti, banyak pelajaran yang harus diambil oleh pemerintah,PT Jasa Marga, dan Polri, terkait dengan kemacetan ekstrimpada arus mudik Lebaran tahun ini. Bahwa ternyata, persiapandan segala upaya antisipasi yang semula dianggap sudahmatang, ternyata bisa berbeda dengan kenyataan yang terjadidi lapangan. Kita berharap, tahun depan program mudik ber -sama lebih disosialisasikan dan dimodifikasi pelak sanaannyaagar menarik bagi para pemudik.

    Kemacetan sebagai Pelajaran

    Menyiasati Liburan Agar Tak MembosankanOleh: Galih Suci Pratama SPd

    Alamat pengiriman tulisan opini dan surat pembaca:[email protected]

    Sedangkan rubrik guru menulis di: [email protected] opini maksimal 5.000 karakter dan disertai foto penulis.

    Namun dari sekiankegiatan, selayaknya

    setiap keluarga da patmerancang dan

    menentukan kegiatanyang tepat dan dibu tuhkan

    oleh anak. Sesuai denganminat dan bakat anak

    tersebut. Mengapa?Karena setiap sekolah

    mempunyai latar belakangdan potensi yang beragam

    sehingga tidak dapatdisamakan. Apapun

    kegiatan yang dilakukansela yak nya berorientasi

    untuk mem berikanpengalaman dan latihan

    yang menyenangkan ba gi siswa.

    Mudah mudahan parapa kar dan pelaku

    pem bu dayaan ergonomitergerak untuk

    me mikirkan kesehatankerja para mbok-mbok

    gendhong dan profesilain yang belum ter sentuh

    dunia ergonom.

  • nnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    Senin Pahing, 11 Juli 2016

    PT KAI Remajakan 1.000 Unit Kereta

    Di sisi lain, PT KAI juga beren-cana akan masuk ke Pelabuhan Tan-jung Emas Semarang gunamelakukan pengangkutan barang.Arus penumpang dari Jakartamenuju ke wilayah Jawa Tengahdan Timur hingga hari ini masihtetap tinggi, kata Edi Sukmoro,Minggu (10/7).Ditanya wartawan saat berada di

    Stasiun Solo Balapan, Edi men-gatakan penumpang arus balik baikdari Solo maupun Yogyakarta untuktujuan Jakarta dan Bandung diten-garai dalam kondisi full. Definisifull di lingkungan kereta api (KA)berlaku kalau kursi (seat) terjualhabis. Jadi yang dikatakan puncak

    manakala tiket terjual habis dankursi habis. Di mluar itu pihaknyajuga masih mendapat laporan ten-tang masih berlangsungnya arusmudik dari barat ke timur. Sebagai gambaran hingga 9 Juli

    2016 malam, di Stasiun SenenJakarta masih terdapat 22.000 calonpenumpang yang berangkat menujuke Jawa Tengah dan Jawa Timur.Padahal saat hari biasa hanya dikisaran 18.000 calon penumpang.Demikian halnya di Stasiun Gambir,calon penumpang yang hendakmelakukan perjalanan ke arahJateng dan Jatim tercatat masih se-banyak 15.000 orang padahal haribiasa hanya sekitar 9.000 orang.

    Hasil evaluasi menunjukkancalon penumpang mengeluh karenatiket KA cepat habis terjual. Karenaitu PT KAI merencanakan untukmenabah jumlah tiket yang bisa di-jual. Cara satu satunya yakni harus

    PEKALONGAN-Puncak arus balikLebaran 2016 di Terminal Pekalon-gan diprediksi terjadi pada Minggu(10/7) malam serta Rabu (13/7)mendatang. Saat itu diperkirakanakan terjadi peningkatan jumlahpenumpang yang signifikan. Di sisilain, pusat batik di Kota Pekalonganyang terkenal harganya miring,menjadi jujugan para pemudik.Tidak mengherankan, setiap hari ra-tusan orang dari berbagai daerahmenyerbu.Kepala Terminal Pekalongan, Ali

    Tasan, Minggu (10/7), menuturkan,meski pada H+3 Lebaran sudahnampak peningkatan jumlah pe -numpang jumlahnya masih dalambatas wajar. Tercatat ada ada 807bus yang yang diberangkatkan un -tuk mengangkut penumpang dariTerminal Pekalongan untuk men-gangkut 9.684 penumpang ke berba-gai kota.Dari jumlah tersebut, sebanyak 38

    bus mengangkut penumpang tujuanJakarta dan sekitarnya sebanyak1.500 orang. Jika dihitung baru sek-itar 48,5%, pemudik yang balik kekota asalnya. Pihaknya mencatat

    ada sekitar 20 ribu pemudik yangmasuk Terminal Pekalongan den-gan jumlah bus masuk mencapai1.046 unit.Melihat fenomena itu, Ali Tasan

    memperkirakan, jika puncak arusbalik Lebaran di Terminal Pekalon-gan akan terpecah menjadi dua.Yakni pada Minggu (10/7) malamdan Rabu (13/7) malam mendatang,terutama pemudik yang berasal dariJakarta. Mengingat Senin (11/7),mulai masuk kantor.Dan seperti biasanya, ada pe-

    mudik yang sengaja pulang padaH+7 Lebaran setelah acara Sya wa -lan.Hal ini rutin terjadi, sehinggakami prediksi, puncak arus mudikjuga akan terjaid pada Rabu men-datang, katanya.

    n Borong BatikDi sisi lain, pusat batik di grosir

    Setono, Kota Pekalongan menjadisasaran para pemudik yang melin-tas di jalur pantura. Ratusan pe-mudik dengan nomor polisi Jakarta,Bandung, Banten, serta sebagai luarJawa memenuhi parkiran.Seorang perajin batik Hj Taufik,

    mengatakan jika sejak H+1 sudahmulai banyak warga yang akanmelakukan perjalanan balik keJakarta, mampir berbelanja untukmembeli aneka macam busanabatik. Kondisi itu diperkirakan akanterus terjadi, sampai hari ke tujuhLebaran atau Syawalan. Kondisi itu cukup membuat

    angin segar pedagang, mengingatsebelumnya sempat sepi. Jika padahari biasa, ia hanya bisa menjualsekitar 1 atau 2 kodi/hari, paskaLebaran dagangan yang terjual bisadua kali lipat dari hari-hari biasa.Pemudik biasanya membeli hempria, kaos, daster dan jenis busanalainnya, dengan harga mulai Rp20.000/potong, hingga 250.000. Sementara itu, seorang pemudik

    Merry Situmorang dari Jakarta,mengatakan ia memang sengajamampir ke grosir Setono untukmembeli berbagai oleh-oleh baju.Selain untuk kebutuhan keluargajuga dibagikan untuk saudara yangkebetulan tidak bisa mudik Lebaran.Harganya miring, jadi ingin mem-beli semuanya, katanya. n

    K-28/Ct

    SOLO-Direktur Utama (Dirut) PT KAI, Edi Sukmoromengatakan kendati arus balik telah berlangsung, aruspenumpang dari Jakarta menuju ke daerah di wilayahJateng dan Jatim masih tinggi. Dengan semakinmeningkatnya jumlah penumpang dari tahun ke tahun,PT KAI berencana untuk melakukan peremajaan armada.

    n Arus Mudik dari Jakarta Masih Tinggi

    PURWOKERTOTiket keretaapi (KA) dari Purwokerto keJakarta hingga H+10 Lebaranatau hingga habis masa angku-tan Lebaran sudah ludes ter-jual. Bahkan sampai dengan 18Juli 2016, tiket semua KA keJakarta juga sudah habis.Pihak Daop V Purwokerto

    sampai memasang pengumu-man habisnya tiket ke Jakartadi Stasiun Purwokerto. Tiket keJakarta baru tersedia kembaliuntuk keberangkatan 19 Juli2016.Humas Daop V Purwokerto,

    Ixfan Henriwintoko, Minggu(10/7) mengatakan, arus balikdi Stasiun Purwokerto dan sta-siun lainnya di wilayah Daop Vsudah mulai pada H+2 ke-marin. Pembelian tiket arus balik

    juga sudah dilakukan beberapahari sebelumnya, sehingga tiketkeberangkatan KA ke Jakartadari Stasiun Purwokerto sudahhabis terjual hingga 18 Juli. Untuk keberangkatan dari

    Stasiun Purwokerto ini selalupenuh dan tiket habis terjual,katanya.Data keberangkatan pe -

    numpang pada hari Sabtu (9/7)di Stasiun Purwokerto menca-

    pai 5.966 penumpang, kemu-dian dari Stasiun Kroya ada1.599 penumpang yang dib-erangkatkan. Dan dari StasiunKutoarjo ada 7.033 penum -pang. Sehingga total ada 21.014penumpang yang berangkat keJakarta dari 13 stasiun Daop VPurwokerto.Sementara untuk hari

    Minggu (10/7), hingga pukul09.00 WIB, sudah ada 18.651penumpang yang berangkat keJakarta. Angka ini akan bertam-bah pada Minggu sore danmalam.Kalau KA tidak ada puncak

    arus balik, karena jumlah pe -numpang yang diberangkatkansesuai denganjumlah tempatduduk, hanya bedanya selamaangkutan Lebaran ini, semuaKA full penumpang dan tiketterjual habis, kata Ixfan.Terkait animo masyarakat

    menggunakan jasa KA ini,Ixfan mengatakan, ada kemu-ngkinan angkutan Lebaran di -perpanjang, jika masih banyakmasyarakat yang ingin meng-gunakan KA. Terlebih lagi,kondisi jalan dikepung macet.n

    hef-Ct

    Tiket KA Purworejo-JakartaHabis Hingga 18 Juli 2016

    PENGUMUMAN: Daop V Purwokerto memasang pengumuman tiket KA ke Jakarta hingga 18 Juli 2016 sudah habis. n Foto: HermianaE.Effendi

    Edi Sukmoro Foto: Bagus Adji W

    Pemudik Borong Batik di Setono

    BORONG BATIK: Pasar Grosir Setonodiserbu pemudik yangmembeli batik. nFoto: Janti Artati

    menambah kereta api. Perlu diketahui sekitar 51% kereta

    yang beroperasi berusia tua dan akan di-ganti dalam tiga tahun. Dalam kurunwaktu itu akan dilakukan penggantian800 sampai dengan 1.000 kereta. Artinya,kalau satu train set itu 10 kereta makaakan ada penggantian 100 train set. Yangdimaksud katagori tua yakni keretasudah berusia lebih dari 31 tahun. Meskisecara teknis berusia tua, dari sisi per-jalanan masih tetap bagus karena men-dapatkan perawatan sangat baik. Untukperemajaan kereta akan dilakukan kerjasama dengan PT INKA.Pada bagian lain juga dikatakan, dari

    hasil evaluasi tak ada gangguan berartiselama berlangsungnya arus mudikLebaran, Memang ada gangguan di

    Bangil Jawa Timur namun bisa diatasidengan cepat sehingga tak mengngguperjalanan KA . Hasil laporan Direkturkeamanan juga menyebutkan tidak ter-jadi gangguan di perlintasn sebidang.Dalam masa lebaran PT KAI menu-gaskan seluruh petugas PJL dan JPJ se-cara ekstra untuk mengawasi perlintasansebidang.PT KAI juga sudah merencanakan se-

    cara masif menyeluruh manakala adaangkutan barang bisa diangkut KA.Kalau kontainer bisa naik KA makabanyak hal bisa dicapai, semisal berku-rangnya angka kecelakaan, ketepatanwaktu perjalanan bisa lebih dijamin.Untuk Solo juga sudah direncanakanadanya KA menuju Bandara Adi Soe-marmo. n K-2/Ct

  • KENDAL - Arus balik Lebaran2016 yang melawati jalur pan-tura Kendal sudah terjadi padaSabtu (9/7) malam. HinggaH+4 Lebaran pemudik yangkembali ke Jakarta masih padatnamun tidak sampai menim-bul kan kemacetan. Hal tersebutdisampaikan Kepala Dinas Per-hu bungan Kabupaten KendalH Subrso SSos, saat dihubungimelalui telepon selulernya,Minggu (10/7).

    Puncaknya sudah terjadiSabtu malam namun sampaiMinggu siang masih padat tapisemua lancar, hampir tidak adapenumpukan kendaraan yangmengakibatkan kemacetan,ujar Subarso.

    Menurut Subarso, pada arusbalik kali ini jumlah kendaraanyang menuju ke arah barat

    tidak sebanyak saat arus mudiklalu. Dijelaskan, hal tersebutterjadi karena arus balik kali initerjadi dua tahap yaitu mingguini dan minggu depan sehinggajumlah kendaraan tidak sepa-dat kemarin.

    Senin besok para sudahmasuk kantor sehingga haruskembali, sedangkan para kar -ya wan swasta minggu de pananak nya sudah sekolah sehi ng -ga mereka memilih menundabalik hingga pekan de pan saatwak tu masuk sekolah, ujar-nya.

    Dikatakan, waktu arus mu -dik lalu kendaraan yang masukjalur pantura Kendal tercatatsetiap jam ada 4.500 mobil prib-adi melintas dari arah barat. Se-dang kan sepeda motor yangme masuki pantura Kendal

    men capai 5.000 kendaraan le -bih.

    Namun sekarang sekitarseparonya, sehingga panturaKendal relatif lancar, jelasnya.

    Kepala Pos Pengamanan Ka-liwungu Iptu Irsanto mengata-kan, peningkatan kendaraandari arah Jakarta yang masukke jalur pantura Kendal mulaimenunjukan angka pening-katan sejak Jumat. Meski ken-daraan yang masuk Kendalterbilang padat namun tidaksampai menimbulkan kemac-etan. Menurut Irsanto, untukmengindari kemacetan khusus-nya di depan Pasar Kaliwunguarus kendaraan dari arah baratdialihkan ke jalur lingkar Kali-wungu.

    Kepadatan arus balik terasapada Satu malam mungkin

    sam pai Minggu malam namun,se mua lancar tidak ada kema-cetan, ujarnya.

    Pos PelayananSementara itu Bank Jateng

    Cabang Kendal juga membukaposko pelayanan untuk poe-mu dik. Dalam posko tersebutse jumlah fasilitas disipakanuntuk memanjakan pemudikmulai dari penukaran uangbaru, ATM, pijat refleksi, ma -kan dan minum gratis hinggatem pat istirahat.

    Kepala Bank Jateng CabangKendal Suryono Hadi menga-takan, pembukaan posko le-baran sudah menjadi agendatahunan di Jateng ada 7 mem-berikan pelayanan terbaik bagipemudik yang melintas di Ja -tang. Menyediakan snack, tem-

    pat istirahat, penukaran uangbaru dan pijat refleksi. Selamaposko dibuka banyak pemudik

    yang memanfaatkan jasa pela-yanan, jelasnya.

    Mar-Yn

    Terjadi Dua Tahap, Arus Balik Lancar

    Dari menyewakan perahuwisata kepada para wisatawanuntuk mengelilingi kawasanwaduk dalam waktu palinglama satu jam, masing-masingnelayan berhasil meraup pen-dapatan hingga jutaan rupiah.

    Menurut pemilik perahu,Sulkhan, tarif naik perahuwisata di kawasan wisata WKOyang lokasinya masuk dalamwilayah Desa Rambat, Keca-

    matan Geyer pada musim Le-baran 2016 ini, sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa danRp 10.000 untuk anak-anak.

    Sehingga dengan kapasitasrata-rata perahu antara 40 50orang dewasa ditambah de-ngan anak-anak usia bawah li -ma tahun (balita) hinggaanak- anak usia Sekolah Dasar(SD) dengan jumlah yang sa -ma, masing-masing nelayan

    bisa memperoleh pendapatanse dikitnya Rp 800.000 setiapputaran.

    Sejak hari pertama Lebaranhingga hari kedua, Kamis(7/7), masing-masing nelayanbisa melayani antara 3-5 pu tar -an dalam sehari. Sehingga, se-lama musim Lebaran 2016 ini,nelayan wisata di tempat inibenar-benar panen rejeki, kare -na jumlah pendapatannya da -lam sehari bisa mencapai Rp 3juta lebih, ujar Sulkhan.

    Dia menambahkan, penda-patan harian minimal paranelayan wisata selama musimLebaran, hampir sama dengantotal pendapatan mereka setiapbulan pada hari-hari biasa, ke-cuali hari Sabtu dan Minggu.

    Dijaga KetatSementara itu, dari pantau -

    an Wawasan selama hampir se-

    ha ri pada hari ke-4 Lebaran,Sabtu (9/7), kawasan perairanWKO yang hingga saat inimasih menjadi objek wisata pri-madona di daerah KabupatenGrobogan, tampak dijaga ketatoleh petugas gabungan dariPolres, Kodim 0717, Satpol PPserta Tim Search And Rescue(SAR) yang disiagakan mulaidari gerbang masuk hinggapusat kawasan.

    Untuk Lebaran tahun 2016ini, musim panen bagi para pe-dagang dan nelayan wisata dikawasan perairan Waduk Ke-dungombo akan berlangsunghingga H+10, karena kebetulanhari berikutnya, yaitu Sabtu(16/7) dan Minggu (17/7) me-rupakan musim ramai untukhari-hari biasa, ujar Suyoto,seorang petugas, di kawasanwisata tersebut.

    K-26/Yn

    Senin Pahing, 11 Juli 2016

    GROBOGAN Musim iiburan Lebaran yangberlangsung mulai hari Rabu (6/7) pekan silamhingga berlangsungnya tradisi Syawalan padaH+5 Lebaran, Rabu (13/7), merupakan musimpanen bagi para pemilik perahu wisata diWaduk Kedung Ombo (WKO) yang merupakanobjek wisata terbesar dan terpopuler di daerahKabupaten Grobogan.

    Lebaran, Waduk Kedung Ombo Ramai

    Pemilik Perahu Panen

    PERAHU WISATA : Sejumlah perahu wisata di kawasan perairan WKO tampak sedang berjalan beriringan mengangkut para wisatawan, padaH+5 Lebaran, Minggu (10/7). Foto : Sugeng Ariatmodjo

    Bolos Kerja, PNS Dikenai Sanksi

    Usai Halal Bihalal Dilepas Sekda

    Hari Ini Pasangan Yaris Purna Tugas

    SALATIGA - Tercatat, mulai Se -nin, 11 Juli 2016 ini pasangan Wa-likota dan Wakil Walikota Sa la-tiga, Yuliyanto-Muh Haris men-gakhiri masa jabatannya.

    Berakhirnya kepemimpinanYaris setelah dipercaya selamalima tahun memimpin Pemkot Sa-latiga, tepat pada saat PegawaiNegeri Sipil (PNS) masuk kerja se-telah libur panjang Lebaran.

    Kabag Humas Pemkot Sri Sa -tuti Minggu (11/7) mengatakan,di hari terakhir masa jabat an nyaini, Yuliyanto dijadwalkan masihmemimpin apel hari pertama PNSmasuk kerja, didampingi Wakil-nya, Muh Haris.

    Masih memimpin Apel pagibesok (hari ini), karena Pak Wali(Yuliyanto) memanfaatkan mo -men terakhir ini untuk sekaligus

    berpamitan dengan PNS dibalutdengan halal bihalal, kata SriSatuti kepada Wawasan, kema -rin.

    Usai memimpin apel, Yuli yan -to-Haris akan melanjutkan pa- mitan dengan PNS. Dalam prosesipamitan ini, Yaris nantinya akandilepas sendiri oleh Sek da KotaSalatiga, Agus Ru di anto.

    Dilanjut malam harinya, yak -ni malam Penghantar PurnaTugas yang akan dipusatkan diLa pangan Pancasila, Senin (11/7)malam pukul 19.00 WIB, kata SriSatuti.

    Di malam purna tugas ini,Yaris akan menyampaikan sepa-tah dua patah kata untuk ber pa -mitan langsung dengan rakyatSa latiga. Malam penghantar pur -na tugas sederhana saja. Pak Yuli -yan to be serta Pak Haris ber ke-sempa tan untuk berpamitan se-cara langsung ke warga Salatiga,ujar nya.

    Disinggung siapa Pejabat Se-mentara (Plt) yang akan memim-pin Salatiga jelang Pilkada Sa la tiga 2017 hingga terpilihnya kem-bali pasangan pilihan rakyat, Sa -tuti menegaskan sampai denganke marin SK Plt tersebut be lum tu -run.

    Kami masih menunggu. Sam-pai dengan hari ini (kemarin) SKPlt itu belum kami terima. Kemu-ngkinan setelah tanggal 11 Julibesok (hari ini), tandasnya.

    rna-Yn

    Laka Lantas di Salatiga NihilSALATIGA - Selama arus mudik dan balik Lebaran 2016 lalu jum-lah kecelakaan lalu-lintas (laka lantas) di wilayah hukum Polres Sa-latiga nihil. Kondisi ini bisa dibilang sebuah prestasi bagi jajaranPolres Salatiga. Mengingat, dua tahun berturut-turut yakni 2014-2015 tiap tahunnya terjadi peristiwa laka-lantas di wilayah hukumPolres Salatiga selama momen mudik Lebaran.

    Nihilnya angka laka lantas selama momen mudik Lebaran 2016ini, disampaikan langsung Kapolres Salatiga AKBP Yudho Her-manto melalui Kasubag Humas Polres Salatiga AKP I NyomanSuasma, Minggu (10/7).

    I Nyoman Suasma mengungkapkan, jumlah laka-lantas di wila-yah Hukum Polres Salatiga selama arus mudik dan balik Lebarantahun 2016 memang menurun jika dibandingkan tahun 2015 dan2014 lalu.

    Penurun cukup signifikan. Tahun 2014 jumlah korban jiwa ke-celakaan enam orang, tahun 2015 turun menjadi dua. Dan tahun2016 sebuah hal menggembirakan dimana laka lantas nihil, kata INyoman, kemarin.

    Sementara, situasi arus di titik-titik yang dilalui pemudik terekammengalami kemacetan masih terjadi sama dengan tahun lalu yaknidi titik-titik simpul. Dimana, saat arus balik kamacetan masih nam-pak di pintu keluar gerbang selamat datang Kota Salatiga. Diperki-rakan, puncak arus balik pada Minggu (10/7).

    Kemacetan masih terlihat di titik-titik simpul. Kita memperki-rakan, puncak arus balik Minggu (10/7) dini hari tadi (kemarin)sampai dengan pukul 03.00 WIB, ungkapnya.

    Kondisi kemacetan terparah para saat arus balik Lebaran, terjadidi sepanjang Tuntang-Bawen, Kabupaten Semarang. Kendaraandari dua arah nyaris tak bergerak berjam-jam.

    Meski arus balik Lebaran kemarin nyaris lumpuh di Tuntang-Bawen, jajaran Satlantas Polres Salatiga terus melakukan koordinasidengan Polres Semarang untuk melakukan penguraian arus.

    rna-Yn

    CEK POSKO : Bupati Kendal dr Mirna Annisa MSi bersamaForkompinda meninjau langsung sejumlah pos pengamanan dan mam-pir di pos pelayanan Bank Jateng Cabang Kendal. Foto: Agus Umar

    Foto: Erna

    Yuliyanto

    UNGARAN - Setelah sepekan li -bur Lebaran, hari ini (Se nin,11/7)seluruh pegawai ne ge ri sipil(PNS) di lingkungan Pem kab Se-marang wajib masuk ker ja lagiuntuk menjalankan tu gas peker-jaannya da lam membe rikan pela-yanan ma- syarakat. PNS yangdiketahui ti dak ma suk kerja aliasbolos kerja tanpa ala san, jelasakan dikenai sanksi sesuai keten-tuan yang ber laku.

    Kepala Badan KepegawaianDae rah (BKD) Kabupaten Sema-

    rang, Supramono mengatakan se-belum libur Lebaran sepekan ke- marin pihaknya sudah ada suratpemberitahuan ke seluruh satuankerja perangkat daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Semarangmengenai cuti bersama libur le-baran. Para PNS libur Lebaranterhitung mulai Senin (4/7) sam-pai Sabtu (9/7).

    Seluruh PNS sudah harusmasuk kerja lagi Senin (11/7) hariini. Jadi, tidak ada alasan bagiPNS untuk tidak masuk kerja se-telah libur lebaran kecuali me-mang sedang sakit, tandasnya,kemarin.

    Menurut Supramono, PNSyang tidak masuk kerja denganalasan sakit harus disertai suratketerangan dokter sebagai buktibahwa yang bersangkutan benar-benar sakit. Kalau alasan sakitharus ada surat dokter. Libur se-lama sepekan untuk merayakanLebaran sekaligus bersilaturahmisudah cukup, ujarnya.

    Supramono menyatakan, pi-haknya akan melakukan penga -wasan ke seluruh SKPD diling kungan Pemkab Semarangpa da hari pertama masuk kerjase telah libur Lebaran, Senin

    (11/7). Pengawasan tersebut un -tuk mengetahui ada atau tidak -nya PNS yang bolos kerja setelahsepekan menikmati libur Le-baran.

    PNS yang diketahui tidakmasuk kerja tanpa alasan yangjelas akan dikenai sanksi sesuaiketentuan yang berlaku. Kitaberharap seluruh PNS di Kabu-paten Semarang menaati peratu-ran tentang disiplin pegawaine geri sipil, sehingga dapatmemberikan pelayanan kepadamasyarakat dengan baik, tegas-nya.

    Cek PegawaiTerpisah, di Pemkab Demak,

    setelah sepekan lebih libur Le-baran, PNS serentak kembalikerja hari ini, Senin (11/7). Kare-nanya, Tim Di siplin Pagawai ba -kal memberikan sanksi bagi PNSbolos tanpa alasan.

    Kepala BKD Kabupaten De -mak H Windu Sunardi SH MHmenyampaikan, total libur hariIdul Fitri ada sembilan hari.Yakni cuti bersama tiga hari, di-tambah dua hari libur Lebaran,dan Sabtu juga Minggu. Jaditidak ada alasan bolos karena ket-

    inggalan bus atau pesawat, ka-rena liburnya panjang sekali,ujarnya, Minggu (10/7).

    Maka pada hari pertama kerja,Tim Disiplin Pegawai akandibagi menjadi beberapa kelom-pok kecil untuk melakukan cekkehadiran pegawai. Sidak dip-impin langsung sekda, bahkanjika menghendaki bupati danwabup pun bisa turut keliling kebeberapa SKPD.

    Jika ditemukan PNS tidakhadir tanpa disertai alasan yangjelas, misalkan melahirkan ataumenjalani opname di rumsh sakitakan dikenai sanksi. MenurutWindu Sunardi, sanksi yangmendasar pada PP 53/2010 ten-tang disiplin pegawai ada bebe-rapa kriteria. Mulai dari sanksiringan berupa teguran, sedangdan berat berupa pemberhentiantidak dengan hormat (PTDH).

    Pengumuman tentang liburdan cuti bersama Idul Fitri telahdisampaikan kepada semua jaha-ran PNS jauh hari sebelum libu-ran. Bahkan diperkuat dengan SEBupati Nomor 29/6. Jadi sekalilago tidak ada alasan PNS bolosjarena terjebak macet dan sejenis-nya, pungkasnya. rbd/ssi-Yn

    Foto : sari jati

    Windu Sunardi

    81 Napi Peroleh Remisi GROBOGAN - Sebanyak 81 orang dari 162 nara pidana (api) rumahtahanan (Rutan) Purwodadi menerima pengurangan masa tahanan atauremisi. Kabar gembira, diterima para napi tepat pada Hari Raya IdulFitri, Rabu (6/7).

    Dalam rilisnya yang diteima Wawasan, kemarin, Kemenkumhammengungkapkan, dari 81 warga binaan yang mendapatkan remisi duadi antaranya merupakan napi perempuan.

    Kepala Rutan Purwodadi Sugandhi melalui Kesubsie PelayananTahanan Heri Dwi Siswanto mengatakan, para napi mendapatkan remisiberkisar 15 hari hingga satu bulan.

    Napi yang mendapatkannya merupakan warga tahanan yang terjeratkasus pidana umum dan khusus. Di antaranya terseret kasus narkotika.

    Remisi ini diberikan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Semua yangmendapatkan remisi Hari Raya Idul Fitri ini beragama Islam. Selamaenam bulan menjalani masa tahanan mereka berkelakuan baik, kataHeri.

    Pemberian remisi itu disampaikan langsung Kepala Rutan Pur-wodadi Sugandhi saat pemberian pengarahan usai shalat Idul Fitri. Napijuga diberi kesempatan untuk bertemu dengan keluarga karena selamaLebaran jam besuk diperpanjang dari 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

    Tidak hanya itu, para pembesuk juga disediakan tempat yang lebihluas, yakni di lapangan Rutan dengan didirikan tenda terlebih dahulu.

    lek-Yn

  • Senin Pahing, 11 Juli 2016

    JL MSN Bubut MilingSkrap,Ptg/TekukPlat,Loder,PchBatu.0811271069

    SMG 11 G10

    YNC RENTHran/BlnForklift3-10TonCrane2Ton,D/L.Kota.08122696393

    SMG 11 G10

    - PERHIASAN/PERMATA -

    Batu Sintetis Murah, Diamond CubicZircon Corumdum Spinel Facetanpermatasintetis.com

    SMG 11 G10

    STAR ALM FoldingGate,RDoor,TKreyMT.Haryono 664.Ph411181-3486666

    SMG 11 G10

    SAVITRI CANOPY ,FGATE,RTANGGA,PGR Ph 341874-3411117.

    SMG 11 G10

    BATA RINGAN/7,cm/10cm/Harga700rb/m3.Toko Restu 0817049118

    SMG 11 G10

    ANUGRAH PAGARBETON.Trm Psg+JualPaling Murah:6490084/08783207229

    SMG 11 G10

    TRUSSINDO STEELRangka atapbaja ringan.Kwalitas utama brgaransiCV.Graha Paramitha 024-7674SMG

    SMG 11 G10

    ONNA Window FashionTirai Jen-dela (RolerBlin,Vertical WoodenBlind,Roman Shades dll) Kassa Nya-muk(Magnetic,Lipat dll) Pintu&Par-tisi(Exona,FoldingDoor, Lipat Doors,Shower Screen) Puri AnjasmoroDD.I/ Ph760806 Ruko MataramPlaza B/2 Patimura No.6-F.

    SMG 02 G10

    - PENGIRIMAN BARANG -

    SRT MOVERS Jasa Pindahan,Pack-ing Trucking Indonesia & Int`I. 024-7618G49/08170196266

    SMG 11 G10

    - SERVIS (PANGGILAN) -AHLINYA: Klkas,AC AC,MCuci,JetPump buat Sumur Bor,W.Heater,Dispencer, Instalasi P.Air dll. 24jam,LangsungJadi Libur Buka. T.024-3484788 Jl.Dr.Cipto

    SMG 11 G10

    PESIALIS... ... LIBUR BUKAAC,AC,Kulkas,M.Cuci......Ph.7624896 - 0819824 Panggil Murah Garansi

    SMG 11 G10

    SERVICE TV SGLMERK Lsg Jadi 24JamAC,AC,Kulkas,MCuci,JPump.7626373

    SMG 11 G10

    AHLINYA JetPump,Klkas,AC,Mcuci,P.airDispncer,W.Heater,Smr BOR Lsg Jadi,Lbr buka 024-384788 - Jl.Dr.Cipto

    SMG 11 G10

    - SUMUR/WC -

    RODAMASSEDOT limbhWC,MsinOtmtis Tiap Hri Buka,Dlm&LuarKota.84494308 721444 / 081 228 43 9996

    SMG 11 G10

    ZEBRA KURAS WC Djmn Bersih & PuasMahal Tidak Jadi Jaminan.HubungiCakrawalaTmr18.Ph7609683/760161

    SMG 11 G10

    DOREMON.SEDOTWC-082.210.081.081DISK.PEMBACA.SUARA.MERDEKA =20% = 260.000, PALING.MURAH

    SMG 11 G10

    ZEBRA KURAS WC Djmn Bersih & PuasMahal Tidak Jadi Jaminan.HubungiCakrawalaTmr18.Ph7609683/76016

    SMG 11 G10

    CENDANA KRS WC MOBIL BARUDijamin cepat,bersih&memuaskanHub: (024)3462498

    SMG 11 G10

    - KENDARAAN SEWA -

    SEWA AVANZA + SUPIR Hub: Lisa 08182984

    SMG 11 G10

    IG RENTINOVA,AVZ,Jok Mb Tech BrsihMurah-024-8409392 / 08213318628

    SMG 11 G10

    Hosana Rp.20,New,Innova`1,APV, Er-tiga`16,Avnza,Hi-Ace.08410206177

    SMG 11 G10

    BUS NUGROHO AC/NON AC/EKO-NOMIS 9/0/38/31/27 Seat Th`2013Melayani Tour Jl.Kawi I/13 SmgPh(024)8318404071-70286647.

    SMG 11 G10

    - TOUR/TRAVEL -

    Lebaran ke Lombok hanya 1,6Jt/ Orgbrkt 7 Juli. Hub:08463696

    SMG 11 G10

    BUTUH DANA CPT? Syrt: Mudah,Jmn BPKB/Srtfkt. Hub: BPR ArthaMukti Santosa, Jl.Jend.SudirmanNo.167 T.7608811,7603323(Prisma/Widya)

    SMG 11 G10

    BPR SKA RINGAN ANGSURANNYACPT Cairnya,Bunga Mulai 0,7%J/W4Th Jaminan Sertifikat/BPKB. Hb:Men-tri Supeno No.1:024-8447988,Jrakah:024-7617091, Tlogosari 024-673141

    SMG 11 G10

    PRIMA-GADAIHP,BB,LCD,NBOOK,CAM K.Board,dll.Djemput:0816.904.20

    SMG 11 G10

    BTH DANA CPT,MntCair,Tnp SurveyJam:Sertif& BPKB.KSP.Centra DanaNgesrep Tmr V/32 D- 0811279209

    SMG 11 G10

    KREDIT RAMADHAN Bunga 0,77%& Grtis Bingkisan Lebaran Berlakus/d 02 Juli`2016.Hub:BPR GunungRizki,Pust:6710088,081226620088Puri: 761496, DIPanjaitn: 31088Ngaliyan:7623338, Jatisari:76672672, Ungaran: 76913131

    SMG 11 G10

    Jual Grosir&Ecer: baju bayi (SNI),baju anak,baju dewasa pria & wani-ta, pernak pernik.Dicari dsitributor&reseller untuk Toko Murah.Brg lgsgdr pabrik, Dtg pgi hari jam 9.00,kalaumlm antri panjang. Toko Murah-Jl.Gajah Raya 124(dkt pombensingajah)-02476410230-Smg

    SMG 11 G10

    STNK H.183.ZR An.Sri Haryanti Hub: Ibu Sri - 081 326 730 919

    SMG 11 G10

    HILANG STNK H.248.HZ,AN: AMAT-SARI,Jl.Lemah Gempal VIA/6 Rt.6/4

    SMG 11 G10

    Hilang BPKB H.4676.KP,AN:JU-MIAN Kp.Purnosari Rt.06 Rw.02Smg-Tmr

    SMG 11 G10

    Hilang STNK H.4683.TY,AN:JAR-MAN Jl.Taman Puspogiwang II/1Rt.2/1 smg

    SMG 11 G10

    HILANG STNK H.4662.VZ,An:Sofiatun Hub: 083 8420 3909

    SMG 11 G10

    BPKB H.367.BU an.Budiono,ds.Wadas 04/01 Plantungan082220128481

    SMG 11 G10

    STNK H.6640.RB AN Rini W. D/AJl.Argosari Raya 70 Salatiga

    SMG 11 G10

    Hilang STNK H.2810.HF,AN:Nikmatul Hidayah,Kp.Bugen UtaraRt.4/3 Genuk

    SMG 11 G10

    HILANG STNK H.9167.FL, An:Afrida Fadlillah Junaedi, Hub:08132733129

    SMG 11 G10

    Hlg:STNK Nopol H.442.YP An SianwLiem Ming. Jl.Senjoyo 03 32 Smg

    SMG 11 G10

    BPKB H2124AAD ,Ardian W.U,penyangkringan 4/1 Weleri Kdl.082220128481

    SMG 11 G10

    BPKB INNOVA2012,H, H.8434.HZan. Rachmad Fajar Suryono Jl.Sto-nen Utara 1/22 Semarang

    SMG 11 G10

    KOS PUTRIDkt Kampus UNNES Gg.Cempaka & Gg.Imam Bonjol,Hub:081.706./ 087.2690.4842

    SMG 11 G10

    KOST PUTRI PINUS hnya 7kmr,luaskmd dlm,ac/non ac,Wifi,dpr umumtnang u/ bljr JL.Klentengsari 1 No21/A HUB 081226714362

    SMG 11 G10

    Pengen ke Maldives?? Ngekost diD`Paragon Aja, Fas.Lengkap AC,TV-Kabel, Laundry, WIFI, Full Fur-nished Mulai 1,4jt/Bln, 12Rb/Hari,Lokasi Strategis Tembalang, Vete-ran, Kijang Utara, Bukitsari, MT.Haryono T:081229992200www.dparagon.com

    SMG 11 G10 G4

    MNGRJAKAN Taman,Relief,KolamKoi Perawatan. Hub: Komar-081909369970

    SMG 11 G10

    Jual Cpt FREEZER 3Pintu Kapasitas900Liter, Kondisi Baik. 08190182300

    SMG 11 G10

    DBELI SGLBRG BKS,MBEL,PRBOLA,AC Mbl Dgkrok.0879986870/6e916c9

    SMG 11 G10

    PUSAT PANASONICPABX TELP FAXWirelles Intercom M.Suyudi 29Smg

    SMG 11 G10

    RENOVASI SOFA K.Tamu,Ukir,K.Mkn, dll. Budiman-3411/08100128709

    SMG SMG 11 G10 G4JUAL BELI TT RUMAH/TANAH/RUKO/ Mobil. WA, 081 229 748 76

    SMG 11 G10

    Jual Bibit Singkong Gajah Super-Genjah Produktivitas Tinggi. 081272302770 /0884131176. NO SMS

    SMG 11 G10

    RENOVASI SOFA K.Tamu,Ukir,K.Mkn,dll. Budiman-31411/08100128709

    SMG 11 G10

    UCAPAN SYUKUR Terkabulnya Do`aNovena 3x Salam Maria-Antonius DYS

    SMG 11 G10

    Sedia Prwt PocokanLebaran,Bayi,AnakOrang Sakit. 087832000814 / 314717

    SMG 11 G10

    DIBELI SEMUA BARANG yangsudah tdk terpakai 0810069728Siong ki

    SMG 11 G10

    ACCU Mobil Anda Telp Kami AntarSmg Indah E2/12A.Hub:08122912629

    SMG 11 G10

    PUJI SYUKUR ATAS TERKABUL-NYA Doa Novena 3X Salam Maria.Astrid V

    SMG 11 G10

    DBELI SGLBRG BKS,MBEL, PRBO-LA,AC Mbl Dgkrok. 0879986870/6e916c9

    SMG 11 G10

    ADA CRee LUXeon LED, SenterLED Aquascaping, Sorot, Motor,Laser RGB 3D-SD, BohlamLED,GlowStick Gelang, Lampion di pusa-tled.com

    SMG 11 G10

    DIBUTUHKAN SECEPATNYA:Orang Waiters utk Resto,usia min20Th, Pend.min SLTP,Domisili SmgBarat Lam Kirim:Karangsari I No.21Smg

    SMG 11 G10

    DCR:BABYSITTER yg Jujur, Baik,Sayang Anak, Lulusan Min.SMP,u/Bekerja di JKT. Hub:08131819072

    SMG 11 G10

    Dibthkan PRT ,Wnt 17-34th,Tdr dlm,di Jkt bisa masak & asuh anak balita.Hub: 08211121193 ibu Via

    SMG 11 G10

    DCR: PRT yg Jujur, Rajin, Baik&Sayang Anak u/Bekerja di JKT.08131819072

    SMG 11 G10

    DCR PEMBANTU MONTIR MOBILPglmn Min.4th.Lmrn ke CitanduiRaya 49

    SMG 11 G10

    TEKNISIKOMP/KASIR& ADMIN.Via-Pos Jl.Tmn Adenia XV/3 GrahaPad-maSmg

    SMG 11 G10

    DCR:PRT yg Jujur,Rajin,Baik &Sayang Anak u/Bekerja di JKT.08131819072

    SMG 11 G10 G4DCR:BABYSITTER yg Jujur, Baik,Sayang Anak, Lulusan Min.SMP,u/Bekerja di JKT. Hub:08131819072

    SMG 11 G10

    BTH SGR:SALES OLI .Area Purwok-erto dan Pati. Laki2, maks.3th, sedia& sanggupi jaminan,diutmknberpglmn sbg Sales B2B (Customerberupa perusahaan), bekerja dg tar-get, suka tantangan.Driver:Laki2,Maks.37th,SIM B,menguasai areaJateng-DIY,domisili Smg.Krm Lamke:PT.Meka Adipratama Jl.Pus-powarno Tengah 7-11 SemarangEmail : [email protected]

    SMG 11 G10

    JL MSNBUBUT,BorMillingSkrap,Ptg/Tkuk Plat Loder,PchBtu.0811271069

    SMG 11 G10

    TRI ARGA KENCANAhttp://triarga-kencana.com Genset Volvo Penta,Cummins, MAN,Perkins,Foton,FAWJual, Service, Parts, Sewa(024) 671 - 384, 671 - 2178

    SMG 11 G10

    TERMURAH!!Smua Alat Musik,Tiup,Band,dll.(Baru &Bekas)Halmahera2/18 Smg.8311277 / 08132639234

    SMG 11 G10

    PROMOPiano,Grand,Electone,Power Mixer,Speaker,Mic,dll.SegalaMerk.Maluku Raya 19 Smg.8416460

    SMG 11 G10

    - BMW -

    BMW TH`2000 Plat H,Hitam,MesinKering,Pjk Pjg,Nego.08191146066

    SMG 11 G10 G4

    - DAIHATSU -

    XENIA SPORTY`2012 IstimewaHub: Kenanga No.2- 081611107

    SMG 11 G10

    D.FEROZA Th`93(H) BAN BESARBagus.Hub:08101393697

    SMG 11 G10

    TERIOS TX 2011MANUAL.SILVER,Tg1 OrsLuarDlm,No Pjng, H.08627071

    SMG 11 G10

    - HONDA -

    ALL NEW CRV2.4 PRESTIGE`13PutihTgn1 (H).Bs.Krdt/TT :08170141

    SMG 11 G10

    H.FREED PSD`2010 PUTIH KM.66000Pjk Baru,19jt Nego.08890902788

    SMG 11 G10

    - KIA -

    KIA PRIDE RIO`10SlvrMet,Istw,ACTV, a/n.drBr,KM Rndh.0813787094

    SMG 11 G10

    NEW PICANTO2013 Tgn1,Manual,SgtBagus,Bisa Krdt.Hub:08100129909

    SMG 11 G10

    - MAZDA -

    MazdaCx12merah,tg1 (Brg Smpanan)Km20rb.Kemuning4/14.08100106284

    SMG 11 G10

    - MITSUBISHI -

    Pajero Sport Dakar 11/12 hitam, lowkm, brg simpanan. Hub:08122900164

    SMG 11 G10 G4

    - SUZUKI -

    APV ARENA GX`2012 (H) Silver110jt Pas.Hub:0811 28 9767

    SMG 11 G10

    - TOYOTA -

    T.AVANZA GTh`2010 BAGUSSEKALI Hub:081618003

    SMG 11 G10

    KIJANG SUPER `94 HITAM,AC,DoubleBlower,V.Rac.P.Str,Hub:08112630117

    SMG 11 G10 G4KIJANG LGX 2000 SILVR,ORI,AUDIOTV, An.Sdr, 84Jt, Nego.081713861

    SMG 11 G10

    OBL:DYNA HT`13 XT LONG BOX2013 ET Box 2012,ST 2011.Dr Wahidin 119

    SMG 11 G10

    OBL:AVANZA`1 INNOVA`06 H 14JT2010(H) 180Jt,2012(H), Altis G`02`04,Krista`03.Dr.Wahidin 119 Smg

    SMG 11 G10

    NEW TERUS MAJUJAYA,Majapahit 700T.7674731.TuneUp,Balance,Rem,ACOli,Spooring,InstalasiKabel,Cuci

    SMG 11 G10

    PROMO LEBARAN: GPS PORTA-BLE , GPS NAV For Outlander &HRV, CameraParkir Toyota/Honda/Livina /Xtrail/Pajero.Rak Bagasi &Parasut Bag Universal, Motor & Rel-lay Spion Lipat Innova Reborndll.Hubungi:Karoseri Center 2,Jl.Hasanudin D.2 AB:024-348816

    SMG 11 G10

    MandiriJayaVar,Barito2A,8410719Car Audio,KcFilm,Alarm,Var,Dll.

    SMG 11 G10

    MINGGU BUKA Istana Stadion,T.8310443

    SMG 11 G10

    Kc Film 3M dpn 37,KTT10,Alrm 2Audio.Fajar Jaya,Soekarno Hatta 8 spgpospol Tlgsr,T.7691188 Senin Buka

    SMG 11 G10

    HARAPAN JAYA Kedungmundu44.Tlp: 6703044 Spesialis Kc FilmMinggu Buka

    SMG 11 G10

    MandiriJayaVar,Barito2A,8410719SetCar Audio,Alarm,Kc.Film,AC, RakBagasi,Bumper,Var,Dll.MgBuka!

    SMG 11 G10

    KC FILM 3M dpn 37,KTT 10,Alrm20,Audio.Fajar Jaya,Soekarno Hatta8 spg pospol Tlogosari T.76491188

    SMG 11 G10 G4ARVIA HARI INI TETAP BUKAKoleksi Velg Velg terbaru dariWork,Niche,Fuel.Hanya di Arvia SatuLokasi Pnh Aksi.024-841288 web-site:www.arviajaya.com

    SMG 11 G10

    - YAMAHA -

    JUAL YAMAHA RX-Z,th.1991,HitamBagus,4Jt.Hub:081.228.6422.88

    SMG 11 G10

    OBRAL DEPOT AIR MINUM MINERAL8Jt,RO=3Jt,Lkp Ijin.0819011133

    SMG 11 G10

    Investasi: Bs T.Over Hotel dipst KotaSMG. 081687 / 081668829

    SMG 11 G10

    SEWA R.USAHAdi Giant SiliwangiBayar bulanan. Hub:08783608094

    SMG 11 G10

    PROMOTdn300=3,2Jt,UV=70rb,Oz42rb,FltSS=90rb.Isi Ulang Lkp 14Jt.Hub: Simongan 28 Tlp:7604000

    SMG 11 G10

    Peluang Bisnis mnrik sbgai mitraDistribusi CCAI u/ wil pemasaranCianjur,Purwakarta, Losarang,Cire-bon, Purwokerto, Pekalongan,Kebu-men, Bawen, Kudus, Rembang,Tuban, Mojokerto, Tulungagung,Kediri, Madura, Probolinggo, Jem-ber, Bnywangi,&sktrnya minat? Sgrhub: Layanan Pelanggan Coca-ColaAmatil Indonesia : 0-800-100-263 E-mail : [email protected]

    SMG 11 G10

    BelajarMenghias Tart UlangTahun JmnBisa Step By Step.Fortune369676

    SMG 11 G10

    Kuliah 1Th Alfabank Jaminan KerjaProg:Akun,Informtk,D.Grafis,TekkomALFABANK Kelud Raya19 Tlp:8310002

    SMG 11 G10 G4

    STIMULASI OTAK KANAN.AKTIF-KAN Konsentrasi & Kecerdasan AnkAnda Hub. GMC:8411239/081.22.7979.88

    SMG 11 G10

    Dapatkan Beasiswa Rp.2.000.000,-Kuliah 3th AMIK JTC Jaminan KerjaAMIK JTC Kelud Raya 19. T:8310002

    SMG 11 G10

    FORTUNEKursusKue344799/346967627/6j10:Buter Cream Flower Korea28/6j10: Ns Bkr,Gudeg Kmplt,Rn-dang 29/6j10:Onde2Goreng,Black&White 30/6j10: Cake Kuno Tnp SPLpsSby 1/7j10:EsKrimDsrTnpAlat,Cklt,Dll 2/7j10: Puding Klapa Muda,TapeKetan

    SMG 11 G10

    KLINIK Spec.Lelaki, Kenceng thn lamabsrPjg dtmpt.JengPeni.081326614119

    SMG 11 G10

    Elis Massage Terapi Ejk Dini,TahanLama,Ada Tempat.08178 40208

    SMG 11 G10

    PIJAT BP CATUR 08147909414Panggilan,Pasti Sembuh !!!

    SMG 11 G10

    MASSAGE,FRESH& RELAKSBODY FITNES.Hub:Aris 081764123

    SMG 11 G10

    UST.SHOLICHINSpesls Psg Ssk,Problm RT,Pengobtn dll.0810731211

    SMG 11 G10

    Clara Massage Terapi & ProfesionalAda Tempat. Hub: 08122919666

    SMG 11 G10

    K-L-G Tablet,Obat Pembesar PenisTerbaik 100% Herbal. Jadikan BesarPanjang, Keras,Kuat,Tahan Lama.Sedia:Vimax,Viagra USA,Cialis,VacumAlat Bantu. Jl. Barito No.16 SMG.HP:082313118182.BB:BOSYUDHA

    SMG 11 G10

    JUAL GUDANG/GARASI Luas:260m2Solo.Hubungi: 081000 2744

    SMG 11 G10

    Rumah jl.Beruang Raya,Gg B.Dlm Brt8/11,SMG,SHM,700jt,081329312716

    SMG 11 G10

    JUAL RUMAH Jl.Kuala Mas 7/314,4KT,2KMd.08727136020-081662996

    SMG 11 G10

    Jual: Rumah & Kebun Durian dekatUnnes. Hub: 081 66 3112

    SMG 11 G10

    NEW RUKO ISTIMEWA,Tinggal 2UnitJl.SompokBaru,HM,3Lt.0817777300

    SMG 11 G10

    SAMBIROTO..Murai Timur,HGB,106m20mtr dr Jl.Ry 160Jt/0817672933

    SMG 11 G10

    RUMAH HM1OO% BARU LT/LB:124/11OPatemon UNNES Smg - O81OO2O4O

    SMG 11 G10

    KERTANEGARA LT299,LB23,HdpSltn HM,TghKota.Hub:081772867

    SMG 11 G10

    RMH HM 2Lt, LT180/LB200,KT,3KM,IKIP Halmahera,1,3M-0886439

    SMG 11 G10

    Rmh baru di Dolog Jl.Monginsidi,T4/117/33jt-KPR / 08740849906

    SMG 11 G10

    JL RMH HM BSB Tmn Pelangi C6-3ALt.168 T. Renovasi. 081390012627

    SMG 11 G10

    GEMAH(MAJAPAHIT) LT.270 LB.211Bgs,S.Pakai,HM,70Jt.0812282827

    SMG 11 G10

    NEW HM 2Lt,LT180/LB200,4KT,3KM,IKIP Halmahera,1,3M-0848643439

    SMG 11 G10

    RUMAH HMLT 36O,LB4O.Jl.TenggerTimur 19 Smg.Hub: O813 9O88 OOO

    SMG 11 G10

    KAMPUNG BERLIAN SAMBIROTO,LT.78 LB.66, LT.82,LB.66. 08132893800

    SMG 11 G10

    JUAL RMH Jl.Kuala Mas 12/66,3KT,2KMd.08727136020-081662996

    SMG 11 G10

    MRH HMElit Viw Laut Jln12m Scrty Air24JGryaLestariA1/23.08167840212

    SMG 11 G10

    NEW HM 2Lt,LT180/LB200,4KT,3KM,IKIP Halmahera,1,3M-0843S439

    SMG 11 G10

    DJL CPT RMH Siap Huni di Smg-Boja,HM dkt jln raya,Nego. 08226792904

    SMG 11 G10

    JUAL GUDANG/GARASI Luas:260m2Solo.Hubungi: 08 1000 2744

    SMG 11 G10

    DIJL RMH BARUCluster Amaya/ Blu-lukan T90/40m,HM. H:081393766469

    SMG 11 G10

    JUAL GUDANG/GARASI Luas:260m2Solo.Hubungi: 081000 2744

    SMG 11 G10

    Prm Graha Mukti Tlogomulyo T.36 UM17Jt,BbsBiayaKPR,081391331861

    SMG 11 G10

    SHOWROOM Jl.Supriyadi 62 LT/LB:30/300 Hrg 4M.Hub:081.1279.6199

    SMG 11 G10

    JUAL GUDANG/GARASI Luas:260m2Solo.Hubungi: 081000 27444

    SMG 11 G10

    Jual Cepat RMH (TP) Jl.Raya Dukoh-gubug,lt.28m,1300W.08222180774

    SMG 11 G10

    JUAL:RMH 2LT,Lt300m,Lb400m, Nga-liyan Pan.Senopati. 08228633090

    SMG 11 G10

    JL.BUKIT TIRTA 27-31 BUKITSARISHM 433m,2Lt,Rp.2 Milyar,Nego,KPR,Hub.0812292343 Open List!!

    SMG 11 G10

    BU RMH Perum Villa Krista Blok DBelakang POM Bensin AsmaraA.Yani Ungaran, Tengah kota Aman,2 Lantai, Wifi,Indihome.Hp:081226702211(TP)

    SMG 11 G10

    PELUANGINVEST JOGJA KAVLINGSIAP BANGUN SHM IMB TYPE 40/130 LOK ISTIMEWA JL.PALAGANKM12 7JT PHONE 081227144

    SMG 11 G10

    GUDANG+KANTOR Jln.Sriyatno I/8Purwoyoso Ngaliyan Smg (DepanKIC Gatsu), SHM,1.148M,28 X 41m,Rp.3M Nego,KPR, 08122923434Open List!

    SMG 11 G10

    GRAHA CITRARmhTp36/8SMG 11 G10Pedurungan Hrg200jtan,Bangunan-MewahBerGrnsi Linkungan Asri,Bebas Banjir,200m Dr Jl.Majapahit-Tlp/WA:0818393636

    SMG 11 G10

    BUKIT CEMARA RESIDENCE:08100742 244.T36s/d90,Mnmlis,Ele-gan,Permu kiman Yg Sdg Berkem-bang DktUNDIP Disc. Hrg, SukuBunga, UM & Souvenir

    SMG 11 G10

    BU JUAL RUMAH / KOS-KOSANLT:44m2, KT 18, Harga 1,3M NegoHub: 081213828681 / 08904063

    SMG 11 G10

    GUDANG+KANTOR GatotSubroto32A Smg,SHM 1.197m Uk:(27x44m)Rp.4M Nego, KPR,0812292343Open List!

    SMG 11 G10

    PERUMAHANJOGJA HARGAMULAI 120JT GRIYA GONDANG-DIA TYPE29 & 36 KAWASAN 2HADKAT BANDARA BARU WATESKULONPROGO LEGALI TASLENGKAP HUB:0813293916

    SMG 11 G10

    MANYARAN..BOROBUDUR RESI-DENCE 2 T.44/110m,KPR 340JtCash 290Jt Jln.Lebar datar/082 221 77 446

    SMG 11 G10

    TLOGOMULYO... DP 10% SIAP HUNIT.36/70m, 240Jt,Mewah,Cluster,HM tgl 1 dr 16 unit/08 600 172 114

    SMG 11 G10

    RmhBrMulai 194jt,T21,Lt81m2, dktJRy,bbs (Bjr,BlkNm,pj)+Pkt MrhT.40KM 3, 161m=330jKsnAlm.0841001413

    SMG 11 G10

    Jual Rmh LT900,LB90,Tnh Kotak lbr16 hdap Brat,Jl.Cokroaminoto Raya(Tugu Muda)40m dr Jl.Soegiyopran-oto,pmint srius.084103104848

    SMG 11 G10

    GRIYA Tembalang Sejahtera.Telp:08232496677.T.38 S/d T.9 DekatLingkungan UNDIP Yang SedangBerkembang.Promo Full Hadiah.

    SMG 11 G10

    PERMATA TEMBALANG.T:0810030727 T36 s/d T90,RukoPinggir Jln Ry Lingk UNDIP YgSedang Berkembang Disc.Harga,SukuBunga,UM,Souvenir

    SMG 11 G10

    GOLDEN PAVILIUN PUDAKPAYUNG Damai:08100929494,T36s/d60.Pgr Jl.Pramuka, View-Pgng.Minimalis, ExclDisc. Hrg SukuBungaUM,Souvenir

    SMG 11 G10

    DiJual Rumah DiPerumahan Un-garan Sunrice Residence,LokasiTengah Kota Ungaran,Promo FullHadiah Type40,47,48,80.T:0810170320

    SMG 11 G10

    1.Puri Anjasmoro B3/1,Rp.1,2M2.Wot Gandul Dlm 148.Rp.900Juta3.3Ruko-2lt nempel Tlogobiru Tlo-gosari,SHM,Uk:4 x 7M,3Bh,Rp.1,2M4.Muteran Raya 9,Pudak Payung,Banyumanik,Rp.1,2M,Nego,KPR,Hub Pemilik 0812292343 Open List!!

    SMG 11 G10

    JUAL CPT: RMH HM/141m2,BlkgMasjid Jl.Mendut X Manyaran,40mdr Jln Raya,Strategis.0812273720

    SMG 11 G10

    BU RMH Perum Villa Krista BlokDBelakang POM Bensin AsmaraA.Yani Ungaran,Tengah kota Aman,2 Lantai, Wifi,Indihome.Hp:081226702211(TP)

    SMG 11 G10

    DiJual Rumah T.40/42 Ngalian ViewLaut,Minimalis,Dkt Kampus IAIN,Murah.Hub:0841-000-34677

    SMG 11 G10

    JUAL RMH HM Tmn Liman Mukti,Lt/Lb:70/4m & Muwardi Tmr,Lt/Lb:13/90, T.08821432829/08773210429

    SMG 11 G10

    Ruko Murah 2Lt hanya 600jt di Tem-balang; 2Lt di Manyaran 800jt.Hub:P.Kus 08224648703 /087732160088

    SMG 11 G10

    JUAL CPT:RMH HM/141m2,BlkgMasjid Jl.Mendut X Manyaran,40mdr Jln Raya, Strategis.0812273720

    SMG 11 G10

    Dikontrkn Rmh,Jl.Mahesa Utara1/434 Pdrngan.4KT,2KM,Grsi.081474170048

    SMG 11 G10

    RMH Lumbungsari V/12(Supriyadi) 3KT,2Km,Ls10 FulBang 084100249841

    SMG 11 G10

    DSWKN RMH +Isinya Prmhn CitralandBSB City.Berminat Hub:084727843330

    SMG 11 G10

    DIKONTRAKKAN RUKO BARU 2Lan-tai Jl.Raya Boja.Hub:0888.0240.1814

    SMG 11 G10

    Disewakan: RUKO, 2Lt, Jl.Anjas-moro Raya 46A Smg. Hub:082299688688

    SMG 11 G10

    DSWKN RMH +Isinya Prmhn Citraland BSB City. BerminatHub:084727843330

    SMG 11 G10

    RmhT27BangBaru,LintangTrenggo-no 6/16Tlogosr. 6724444/08132444140

    SMG 11 G10

    DIKONT:RMH 2Lt JL.TLOGO MAS 17Pondok Indah Smg.Hub:08237729487

    SMG 11 G10

    RMH Lumbungsari V/12 (Supriyadi)3KT, 2Km,Ls10 Ful Bang08100249841

    SMG 11 G10

    DIKONT: RMH Jl.KAGOK 3ASmg.Fas Lkp,Strategis. Hub DgnHP: 8314268

    SMG 11 G10

    RK GAJAH RY 28 A.7(4,X27,)2LtT.0888 0644 7481- 0877 3109 4929

    SMG 11 G10

    JL.TEUKU UMAR3A JATINGALEHSmg, LT/LB: 6/240m, Rp.60Jt/ThNego 08122923434 Open Listing !!

    SMG 11 G10

    Kav Siap Bangun (HM) LT.84/100/ 106/149m2,Lumbungsari IV Jl.Supriyadidkt SMP 1 Hub: 024-672346

    SMG 11 G10

    Jual: Tnh Mrh di Jl.Ry Gubug. Harga1.240.000/m2 Hub:081226629997

    SMG 11 G10

    Tnh Ls.10 Rp.194jt & Ls.40; 800rb/m2di Gunung Pati. HP: 081228193462

    SMG 11 G10

    KEBUN Lt:1.12m2=124Jt,DaruponoKaliwungu Kendal.Hub:08213188240

    SMG 11 G10

    JL TNH,HM,L313 Borobudur Slt RyPmandanganSmg Bawah:08122210202

    SMG 11 G10

    JLTNH HM:Jl.Watulawang PapndayanLt900m2,View Kt Smg.08100232302

    SMG 11 G10

    JUAL Cpt Tnh HM,Lt.494m2,Jln RayaKaliwungu-Boja,Hub:08864422066

    SMG 11 G10

    Tnh Ls.10 Rp.194jt & Ls.40; 800rb/m2di Gunung Pati.HP:081228193462

    SMG 11 G10

    JLTNH HM:Jl.Watulawang PapndayanLt900m2,View Kt Smg.08100232302

    SMG 11 G10

    JUAL Cpt Tnh HM, Lt.494m2, JlnRaya Kaliwungu-Boja, Hub:08486422066

    SMG 11 G10

    Jual: Tnh HM ,Perumnas Banyu-manik Smg.Strtgs,L.410m2,Ccku/Prumhan Hrg 900rb/m2 Nego.081671414

    SMG 11 G10

    JUAL TNHL 678m2,Jl Tlogotimun 2M dr bangjo Tlogosari,Cck utk Kost/Gudang.Hub:081683096

    SMG 11 G10

    BUKIT SARITANAH DIJUAL Luas9OOm (2Ox4) Hadap Selatan ViewLaut & Gunung. Hub:O87746462288

    SMG 11 G10

    KAV HM MIJEN, PROSPEK JOZZ !!!Setahun Naik 40 ++ Harga Mulai 72Jt. Hub: 0821 3490 222

    SMG 11 G10

    JUAL MRH TNH HMLT136+BGNBLM JD LB100Jl.MegaRaya3/163Ngalyan Pggr Jln Umum LebarBsU/Ush.0816780212

    SMG 11 G10

    JUAL TANAH 6000m2-12.000m2Lokasi di Blora. Serius, Hubungi :0812.2627.8703 Tanpa Perantara

    SMG 11 G10

    TNH HM 02m2ADA Phn DurianMerah Durian Montong,KelengkengPutih, Ace,Pete,Mangga,Sawo,Apel,dll. Pagar Tembok Keliling100m Jl. Raya G. Pati 600Jt:08G410009922

    SMG 11 G10

    KAV MRH: HM Jl.Ry Ungaran-Gng-pati Dkt Ungaran,LT= 200m2,80Rb/m2-Nego. 0813211049/081224004678

    SMG 11 G10

    KAVLING Siap Bangun Di BulusanSemarang,Dkt UNDIP Lingk.PerumElite, Listrik, PAM:08100961419

    SMG 11 G10

    DIJUAL TANAH & BANGUNAN Luas+/- 479m2,HM,Lokasi depan PerumGreenWood Manyaran, sebelahUniv.Wahid Hasyim:081 22 03000

    SMG 11 G10

    Kav SiapBangun(HM)Lt: 84,8, 100,106 19m2, Lumbungsari IV, Jl.Su-priyadi (dkt SMP1 SMG).Hub:(024)672346

    SMG 11 G10

    JUAL KAVLING Siap Bangun (HM),Lt: 84/100/106/149m2,LumbungsariIV,Jl. Supriyadi (dkt SMP1 Smg)672346

    SMG 11 G10

    TNH HM Perumnas BanyumanikSmg Strgis Ls.410m2 Cck U/Pe-rumahan Hrg 900rb/m2 Nego.Hub:081671414

    SMG 11 G10

    JL.RY DEWI SARTIKA Kel.SukorejoKec.GunungPati Smg,(Sltn KretekBesi), SHM, Lt:8.66M,Uk(40x170)m00Rb/m,Nego, KPR,0812292343

    SMG 11 G10

    DIJUAL TANAH & BANGUNANLuas +/- 79m2,HM,Lokasi depanPerum GreenWood Manyaran, sebe-lah Univ.Wahid Hasyim:081 222 03000

    SMG 11 G10

    JUAL TNHL 678m2,Jl Tlogotimun 2MG 11 G100 M dr bangjo Tlogosari, Cckutk Kost/Gudang. Hub:0816483096

    SMG 11 G10

    JUAL KAVLING Siap Bangun (HM),Lt: 84/100/106/19m2,LumbungsariIV, Jl. Supriyadi (dkt SMP1 Smg)672346

    SMG 11 G10

    KAV HM MIJEN, PROSPEK JOZZ !!!Setahun Naik 40 ++ Harga Mulai 72Jt. Hub: 0821 3490 2224

    SMG 11 G10

    JUAL TNHL 678m2,Jl Tlogotimun 20M dr bangjo Tlogosari, Cck utkKost/Gudang. Hub:081683096

    SMG 11 G10

    KAVLING Siap Bangun Di BulusanSemarang,Dkt UNDIP Lingk.PerumElite, Listrik, PAM:084100961419

    SMG 11 G10

  • Senin Pahing, 11 Juli 2016

    KUALA KUMPUR-Kelompok bersenjatamenculik tiga awak kapal tunda Indone-sia di negara bagian Sabah, Malaysiatimur, kata polisi pada Minggu (10/7)dalam kejadian terkini dari rangkaianpenyergapan di wilayah terkenal karenapenculikan oleh pegaris keras.

    Belum jelas apakah mereka disergapAbu Sayyaf, kelompok terkait IS, yangbertanggung jawab atas pengayauansandera asal Barat baru-baru ini danterkenal atas pemerasan jutaan dolardalam uang tebusan.

    Kapal tunda itu, dengan tujuh awak,berada di perairan lepas pantai Sabah dipulau Kalimantan, sekitar 8 mil laut daripantai, ketika diserang kelompok bersen-jata dalam perahu putih tersebut padaSabtu malam, kata polisi kelautan daerah.

    Tersangka bertanya siapa membawapaspor dan tiga yang membawa digiringke perahu mereka, sementara empat yangtidak membawa ditinggalkan, kata polisilaut dalam pernyataan pers.

    Lima penculik bersenjata berbicaradalam bahasa Melayu dan berlogat Sulu,kata polisi. Polisi di Sabah diperkirakanmengadakan jumpa pers pada Minggu.

    Di Jakarta, Kementerian Luar NegeriIndonesia mengatakan belum memiliki

    keterangan tentang penculikan itu.Kelompok keras Abu Sayyaf men-

    gayau dua orang Kanada baru-baru inisetelah tenggat tebusan dilewati. Merekama sih menyekap warga Jepang, Belandadan Norwegia.

    Presiden Filipina Rodrigo Duterte padaakhir Juni mengatakan akan tiba waktubaginya menghadapi Abu Sayyaf dibagian selatan negaranya.

    Akan ada waktu bagi saya untukmenghadapi Abu Sayyaf, kata Dutertesetelah bertemu dengan perempuan Fil-ipina, yang dibebaskan setelah sembilanbulan disekap, Penculikan itu harus di-hentikan. Sebelumnya, Indonesia mem-inta Filipina memastikan keamanan diperairan Filipina selatan agar penyander-aan awak kapal oleh kelompok bersenjatatidak terulang.

    Pemerintah Indonesia mengecam kerasterulangnya penyanderaan terhadapwarga Indonesia oleh kelompok bersenjatadi Filipina Selatan, kata Menteri LuarNegeri Indonesia Retno Marsudi.

    Sehubungan dengan upaya rondabersama di perairan, yang disepakati In-donesia, Filipina, dan Malaysia, hinggakini, ketiga pihak itu masih membahas at-uran baku pelaksanaannya. rtr-Ct

    Obama berupaya me -ya kinkan kembali wargaAmerika yang terguncangdengan apa yang di-akuinya sebagai pekanyang pedih paska duakasus penembakan wargaAmerika keturunan Afrikaoleh polisi dan penyer-buan yang menewaskanlima polisi di Dallas.

    Obama berbicara dalamKTT NATO di Warsawa,tetapi mencurahkan seba-gian besar konferensi persyang dilakukannya disana pada insiden yangterjadi di Amerika. Presi-den Obama mempers-ingkat lawatannya keEropa dan akan kembalike Washington DCMinggu malam (10/7). Iamengatakan berencanaterbang ke Dallas awalpekan depan memenuhiundangan Walikota MikeRawlings.

    Obama membukapernyataannya paska pen-embakan di Dallas denganmengatakan saya sangatpercaya bahwa Amerikatidak terpecah belah seba-gaimana dinyatakan se-jumlah orang. Di tambah-kannya, Amerika memilikilandasan untuk mengatasimasalah paling nyata yangdihadapi, termasuk kete-gangan antara aparathukum dan komunitasminoritas.

    Ketika ditanya war ta -wan bagaimana ia meng -

    gambarkan penembakpolisi di Dallas, Obamamenyebutnya sebagaiorang tidak waras.

    Penembak di Dallastidak mewakili wargakulit hitam, ujar PresidenObama, sama sepertiorang yang membunuhsejumlah orang di sebuahgereja bersejarah milik ko-munitas Amerika ketu-runan Afrika diCharleston tahun laluyang juga bukan mewakiliwarga kulit putih, atauwarga Muslim-Amerikayang membunuh 49 orangdi sebuah klub malam diOrlando bulan lalu yangjuga tidak mewakili wargaMuslim-Amerika.

    Menanggapi per-tanyaan tentang isu kek-erasan senjata api, Obamamengatakan saya tidakakan berhenti bicara ten-tang senjata api karena inijuga bagian dari masalah.Ditambahkannya, jikaorang peduli dengan kese-lamatan polisi, merekatidak bisa berpura-puramenganggap bahwa isusenjata api adalah hal yangtidak relevan. Obamamenegaskan memang ti -dak mungkin menghen-tikan setiap orang tidakwaras yang ingin me la -kukan pembantaian, tetapiAmerika bisa menyulitmereka mewujudkan niatitu. Ditambahkannya,cakupan kekerasan senjata

    api di Amerika unik.

    Bela SungkawaWarga Dallas hari

    Sabtu (9/7) berupaya me -mulihkan kondisi paskaaksi kekerasan hari Kamis(7/7) dan mengkaji trageditersebut. Di depan markasKepolisian Dallas, banyakorang menyampaikan be-lasungkawa dengan mele-takkan karangan bunga,mainan anak-anak dankartu tanda simpati di atasdua mobil patrol polisi.Warga yang datang men-cakup warga Amerika ke-turunan Afrika, wargaAmerika-Latin, wargakulit putih dan juga parapolisi yang menyesali ke-matian mitra mereka.

    Walikota Dallas MikeRawling memastikanbahwa aksi penembakanlima polisi hari Kamis di-lakukan oleh seorang pen-embak yang diidentifikasisebagai Micah Johnson.Serangan yang oleh parapejabat kota itu disebut se-bagai penyergapan terjadi menjealng be-rakhirnya demonstrasidamai memprotes pem-bunuhan dua warga kulithitam oleh polisi di Min-nesota dan Louisiana awalpekan ini.

    Gubernur Texas GregAbbot mengatakan polisiakan menyelidiki danmenentukan apakan adapihak lain yang ber se -kong kol atau tersangkalain yang telah membantuMicah Johnson. Ditam-bahkannya, kita harusmemusatkan perhatianpada pentingnya rasa per-satuan, persatuan diantarawarga Dallas, persatuanseluruh warga Texas.

    voa-Ct

    WARSAWA- Presiden Obama berbicarapada konferensi pers di sela KTT NATOdi Warsawa, memberikan pernyataanmengenai insiden penembakan dua priakulit hitam dan polisi yang terjadi diAmerika.

    PROTES: Warga kulit hitam Baton Rouge, Louisiana AS melakukan protes atau demo terhadap penembakan orang kulit hitamoleh polisi AS. Protes semacam ini marak terjadi di berbagai wilayah Amerika Serikat. Foto: daily mail

    Obama Tak Percaya Amerika Terbelah

    3 WNI Diculik di Sabah

    Adu Banteng, Matador Kenamaan Tewas

    SPANYOL-Matador profesional Spanyol,Victor Barrio (29) tewas dibunuh bantengyang sedang dia adu. Kematian Barriomerupakan kali pertama akibat diserudukbanteng saat bertanding abad ini.

    Pertarungan tersebut terjadi saat Festi-val Feria del Angel di Teruel, Spanyol.Kegia tan ini disiarkan langsung di te levisi,karenanya kematian Ba rrio disaksikanlangsung di layar kaca.

    Barrio terbunuh akibat kesalahannyasendiri dalam bertanding. Pria 29 tahunini terpeleset dan diseruduk banteng yangtengah di lawannya.

    Banteng yang marah ini terusmenyeruduk sang matador dan men-dorongnya sampai tak berdaya, sepertidikutip dari The Independent, Minggu(10/7).

    Para penonton yang melihat segeramembantu Barrio yang terluka parah danmembawanya ke rumah sakit. Namunsayang, sang matador yang

    t e r l u k a

    parah akhirnya meregang nyawa.Akibat insiden ini, Festival Feria del

    Angel diskors.Banteng bernama Manos tersebut be-

    ratnya 529 kilogram dengan tanduk yangruncing. Rekaman televisi memperli-hatkan ada beberapa tombak yangmenancap di punggung hewan tersebut.

    Insiden ini membawa duka berat bagiSpanyol. Seorang politisi Cristina Ci-fuentes bahkan turut memberikan belasungkawanya.

    Saya turut berduka cita. Semua cintasaya untuk keluarga dan teman-temanyang ditinggalkan, katanya.

    Meski demikian, ada juga yang tidakmerasa sedih atas kematian sang matador.Mereka kebanyakan adalah para wargayang tidak menyukai pertarungan ban-teng tersebut.

    Saya tidak memberikan simpatikepada matador yang tewas akibatdiseruduk banteng. Olah raga tersebutsangat menjijikkan dan harus dilarang!tulis seorang pengguna Twitter @Lydi-aKidston.

    Pertandingan melawan banteng me-mang olah raga kontroversial di

    Spanyol. Meski demikian, sangatjarang matador yang tewas

    dalam pertandingan.Kali terakhir, mata-

    dor yang tewas aki-bat diserudukbanteng adalahJose Cubero pada1985.

    mdk-CtDISERUDUK BANTENG: Victor Barrio tewas diserudukdan ditanduk banteng. Foto: daily mail

    Kerusuhan Rasialis Merebak di Berbagai Kota

  • Koordinasi .....

    (Sambungan hlm 1)

    melancarkan aksinya danmemperparah kemacetan.Dalam mengurai kema -cetan, diperlukan petugasyang dinamis, tak hanyadi posko saja.

    Sebenarnya jalur al ter -natif yang ada di Jatengsangat baik dan layak di -lalui pemudik. Namun ce -lakanya, selain penga lih-annya terlambat, juga ti -dak didukung banyaknyarambu dan petugas Polriyang ngepos di jaluralternatif. Akhirnya macetakibat kurang disiplinnyapara pemudik terjadi, di -tambah antrean di SPBU,terang mantan Kepala Per -wakilan DLLAJ Ta nge -rang Selatan itu dihubungiWawasan, kemarin.

    Menurutnya, ber ope -rasinya tol dari Jawa Barathingga Brebes, tidak men -jamin waktu perjalanananmudik lebih cepat. Malahse baliknya, akibat ke ku -rang siapan pengelolaanarus mudik di Brexit me -nimbulkan kemacetanyang luar biasa. Ia ber pen -dapat, seharusnya pe me -rin tah tidak lagi meng an-dalkan rekayasa lalu lintasdengan buka tutup atau

    con tra flow. Terbukti an -tisipasi tersebut tidak bisame ngatasi pada arusLebaran ini.

    Sistem buka tutup dancontra flow, kata dia, me -rupakan rekayasa lalulintas dengan cakupanarea yang relatif kecil, atauhanya cocok untuk skalalokal. Sementara untukang kutan Lebaran, areater dampaknya sudah sa -ngat luas. Oleh sebab itu,lanjutnya, manajementrans portasi dengan pen -de katan jaringan yang le -bih luas sangat penting.Sa lah satunya yakni pe -manfaatan jalur alternatifsecara optimal dan skalayang lebih luas akan mem -bantu para pemudik.

    Solusi yang harus di -lakukan pemerintah, te -rang nya, yakni mem per-kuat koordinasi an tar in -stansi seperti Kemenhub,Kemen PU PR, dan Polri.Pada lokasi rawan macet,la kukan pengamanan de -ngan sistem Pagar Betisoleh petugas motoris de -ngan area tanggung jawab50-100 meter.

    Selanjutnya per ba -nyak VMS (variable mes -sage sign) yang mampumenginformasikan kon di -si real time, dan cepat la -kukan pengalihan jalur

    alternatif. Pemerintah jugaharus mendampingi pe -nyelenggaraan angkutanle baran dengan Ahli LaluLin tas, tegasnya.

    Saya menyayangkan,mu dik Lebaran yang men -jadi tradisi masyarakat In -donesia justru diwarnaidengan aksi menginap diPejagan Tol Road Hotel &Spa puluhan jam, sindirHaris yang juga terpaksamengalami nikmatnyamacet di jalur Brexit.

    DipertanyakanTerpisah anggota Ko -

    misi A DPRD Jateng AmirDarmanto menyayangkanpemerintah kurang tang -gap terhadap kemacetanyang terjadi di Jalur Bre -bes Exit (Brexit). Padahal,su dah ada 12 pemudikyang tewas akibat ke le -lahan menghadapi macetdi jalur tersebut. PolitikusPartai Keadilan Sejahtera(PKS) itu pun me nya yang -kan pernyataan dari Men -hub Ignasius Jonan yangtidak mempercayai kon -disi tersebut. Memang,me nurut Amir korban me -ninggal diakibatkan olehbanyak faktor. Namun,kelelahan di jalan akibatmacet yang terlalu lamamenyebabkan pemudikyang sakit kian terpuruk.

    Mereka dinyatakanme ninggal pascakelelahanan tre macet di Brexit, de -ngan skala waktu berbeda.Pertanyaannya, kemanapemerintah? ungkapAmir melalui siaran pers -nya.

    Dikatakan Amir, saatini mudik sebagai salahsatu budaya di Indonesiaternyata belum disikapise cara baik, sehingga me -makan banyak korban.Harusnya ada kebijakanpemerintah agar ke depanmasalah ini tidak menjadibeban berat masyarakat,ka rena mereka sudah me -

    nanggung beban hidupyang berat, timpal Amir.

    Coba bayangkan ka -lau tidak terjadi macetsam pe 16 jam lebih, me -reka para pemudik sudahbisa sampai dikampungha laman dengan keluargabesar mereka. Memangpemudik yang meninggalsu dah mempunyai pe -nyakit bawaan tapi cobadi pikir serius, mereka pe -mudik kalau jalan lancarbeberapa jam skitar 5 jamsudah sampai tujuan, be -ber Amir.

    Sebagai solusi, kataAmir, saat ini pihak terkaitkhususnya pemerintahmelalui Kementerian Per -hubungan, harusnya bisamengantisipasi arus balikke depan agar tidak lagime makan korban jiwa. Iamencontohkan, penye -leng gara lalu lintas se mes -kinya menyediakan restarea atai posko mudik dilokasi yang rawan macet,ja uh dari rumah pen du -duk, dan rumah sakit. Takhaya itu, pengaturan pem -berian SPBU yang bisa di -jangkau harus difasilitasi,agar tidak ada penjual ben -sin dadakan yang meng -ambil keuntungan di luarbatas kewajaran har ga.

    Sebelumnya, pihakKementerian Kesehatanme lalui Kepala Pusat Kri -sis Kesehatan KemenkesAch mad Yurianto mem -ban tah korban tersebut.Me nurut Yuri, pem be ri ta -an adanya korban me -ninggal dunia sebanyak 13orang tersebut merupakanhasil akumulasi selamatiga hari. Selain itu jugabukan disebabkan karenakemacetan, tetapi banyakfaktor lain.

    457 KasusMemasuki H+4 Le bar -

    an, Minggu (10/7), aruslalu lintas di jalur PanturaBrebes relatif ramai lancar.

    Kendaraan dari arah timuryang didominasi plat no -mor B saat memasuki ja -lur Pantura, diarahkan pe- tugas memasuki Tol Bre -bes Exit Timur (Brexit). Ti -dak ada penumpukanatau pun kemacetan ken -da raan dari arah timurme nuju ke arah barat (Se -marang-Jakarta) saat me -masuki wilayah Ka bu-paten Brebes. Hal tersebutberbeda jauh diban din g -kan saat arus mudik Le -baran. Di mana kemacetanpanjang terjadi saat ken -da raan masuk wilayahBre bes, baik saat mau ke -luar di Brexit maupunyang melalui jalur Pan -tura.

    Wakil Kepala Pos PamPos Polisi Exit Tol BrebesTimur, Ipda Triyatno di -hu bungi mengatakan,arus balik Lebaran padaH+4 relatif ramai lancar.

    Kendaraan dari arahtimur kita arahkan masukke tol Brebes Timur. Se -mentara, saat memasukitol tersebut, kendaraan bi -sa melintas di jalur kanan.Pasalnya, kendaraan dariarah barat yang masuk keTol Pejagan-Pemalang ti -dak keluar di Tol Exit Bre -bes Timur melainkan diTol Exit Brebes Ba rat,katanya.

    Ipda Triyatno me -nambahkan, kepadatanarus lalu lintas dari arahtimur menuju ke baratterjadi pada pukul 01.00,Minggu (10/7) dini hari.Namun, arus lalu lintasrelatif lancar tidak terjadipenumpukan maupun ke -ma cetan kendaraan.

    TurunSementara itu, Dir lan -

    tas Polda Jateng, KombesDrs Herukoco MSi me ne -gaskan, angka kecelakaanlalu-lintas selama arusmudik dan balik lebarandi wilayah Jawa Tengah

    me ngalami penurunansebesar 13% dibandingkantahun sebelumnya.

    Untuk lebaran tahunini, angka kecelakaan lalu-lintas mencapai 457 kasus.Sementara pada lebaranta hun 2015 lalu, angka la -ka lantas sebesar 528 kasusatau mengalami pe nu -runan sebanyak 71 ka -sus,tandas Dirlantas saatdihubungi di Pos PolisiExit Tol Brebes Timur,Minggu (10/7) petang.

    Dijelaskan, jumlah kor -ban meninggal dunia jugamengalami penurunan.Pada tahun sebelumnya,korban meninggal duniamen capai 31 jiwa dan le -baran tahun ini sebanyak28 korban jiwa. Jadi, adapenurunan sebanyak 3korban jiwa atau sebesar10%.

    Sedangkan korbanluka berat selama arusmu dik dan balik lebarantahun ini sebanyak 44kasus.Sementara di tahun

    sebelumnya ada 37 kasusdan mengalami pe nu run -an sebanyak 7 kasus atau19%,lanjut Dirlantas.

    Dia menjelaskan, kor -ban luka ringan menga -lami penurunan. Di manalebaran tahun ini ada 653ka sus dan tahun se be lum -nya sebanyak 760 kasus.Ja di ada penurunan se ba -nyak 107 kasus atau 14%.Dirlantas dalam ke sem -patan itu juga me nyam -paikan selama arus baliklebaran ini, jalur PanturaJateng relatif ramai lancar.

    Untuk jalur selatan Ja -wa Tengah, ada beberapatitik yang arus lalu-lin -tasnya mengalami pe ning -katan. Sehingga, parapengemudi kendaraan ro -da empat harus bersabardan antre saat melintas.Wi layah tersebut yakni diAji barang (Kabupaten Ba -nyumas) dan Kretek, Ke -camatan Paguyangan (Ka-bupaten Bre bes), pung kasDirlantas. M9/erosn

    Senin Pahing, 11 Juli 2016

    The ..... (Sambungan hlm 1)

    Dalam final yang digelarpada Sabtu (9/7) waktu setem -pat, TRCC mengenakan busa -na bernuansa Papua.

    Mereka membawakan dualagu. Yakni lagu Papua YamkoRambe Yamko yang diaran se -men Agustinus BambangJusana, dan lagu Tncntakarya komposer HungariaZoltn Kodly, jelasnya.

    Dalam video yangdiunggah di Facebook olehMetta Dharmasaputra, TRCCmemang tampil atraktif ketikamembawakan lagu YamkoRambe Yamko dengan iringantifa, alat musik pukul dariIndonesia Timur.

    Mengenakan baju serbahijau, mereka tidak hanyamenyanyi, tetapi jugamenampilkan koreografi yangdinamis. Mereka bergerakmemenuhi seluruh areapanggung.

    Tangan mereka tidakpernah berhenti, sementarakaki mereka menghentak.Badan mereka meliukmengikuti irama rancak musikkhas Papua.

    Sebelumnya dalam babaksemifinal, merekamembawakan empat laguyaitu Der Wassermann karyaRobert Schumann, SalveRegina (Javier Busto), serta dualagu karya Fero Aldiansyayaitu 137 Hip Street dan laguAceh Bungong Jeumpa.

    Dengan berbalut kostumbernuansa Aceh, paduan suaraberkekuatan 42 anak inimampu memukau juri sertapara hadirin yang memadati

    ruangan Auditorium SantaMargherita. Hal tersebutnampak dari riuh tepukanserta standing ovation yangdiberikan, tutur Dani.

    Para juri pun kemudianmeloloskan TRCC ke babakfinal melawan keempat finalisdari kategori lainnya yaitukategori Adults Choir dankategori Sacred Music.

    Pada kompetisi ini, selainmenyabet gelar juara umum,TRCC juga meraih juarapertama untuk kategoriChildrens and Youth Choir,dengan nilai 94.5, danmemperoleh Gold DiplomaLevel II.

    Bagian TurKeikutsertaan pada

    kompetisi ini merupakan salahsatu bagian dari kegiatan tourconcerts & competitionbertajuk Musical Journey 2016.

    Lawatan tersebut diawalidengan konser di Balai ResitalKertanegara, Jakarta padatanggal 2 dan 3 April, dandilanjutkan denga tourconcerts di Jeman, yakni diHannover dan Berlin.

    Di kota Hannover, TRCCmenggelar konser di RichardJacoby Saal, Hochschule frMusik, Theater und Medien(HMTM) pada 29 Juni 2016. DiBerlin, TRCC berkonser atasundangan konser bersamadari Mdchenchor der Sing-Akademie zu Berlin pada 2Juli 2016.

    Paduan suara anak TRCCbernaung dibawah YayasanThe Resonanz Music Studioyang bermarkas di Jalan Ker -ta negara, Jakarta. Jiesn

    Gombong .....

    (Sambungan hlm 1)

    sampai di perempatan Buntu,Banyumas pukul 17.00 WIB. Iahanya bisa melaju dengankecepatan 10 20 kilometerper jam dan terkadangberhenti total sampai berjam-jam.

    Gombong ini kan dekatdengan Banyumas, karenakecamatan paling ujung diKebumen yang berbatasandengan Banyumas. Biasanyasaya hanya butuh waktu 1,5jam untuk sampai di KotaPurwokerto, tetapi sekarangsudah delapan jam dan sayabaru sampai Buntu, keluhnya.

    Hendi bersama keluargaakan pulang ke Jakarta, karenaSenin (11/7) hari ini sudahmulai masuk kerja. Ia sengajaberangkat Minggu pagi,karena menurut perkiraannyapuncak arus balik sudahterjadi pada Sabtu malamhingga Minggu dini hari.Namun ternyata sampai

    Minggu siang jalur Kebumen-Banyumas masih padat.

    Lepas dari perempatanBuntu, kemacetan panjangjuga mengadang pemudik dijalur lingkar Ajibarang.Meskipun terdapat empatlajur kendaraan , namunkarena peningkatan volumekendaraan, kemacetan tidakbisa dihindari.

    Mulai dari Kebumensampai di Ajibarang ini,

    sepanjang jalan macet, kitahanya bisa melaju pelan. Inimasuk jalan lingkar Ajibarangjuga macet panjang lagi,karena depan ada SPBU,kemungkinan juga akibatperlintasan kereta api diPaguyangan dan sesudahnya,kata salah satu pengendara,Woro.

    Contra FlowSementara itu, sejak Sabtu

    malam, Polres Banyumasmemberlakukan contra flow diwilayah Pekuncen hingga keperbatasan Paguyangan,Kabupaten Brebes untukmemecah kemacetan.Wakapolres Banyumas,Kompol Didik P Sambodomengatakan, pihaknya sudahberkoordinasi dengan PolresBrebes untuk menguraikemacetan di daerahperbatasan.

    Jadi kita gunakan semuajalur jalan untuk kendaraan,arus kendaraan dari arah KotaPurwokerto juga kita alihkanmelalui jalur lingkar Ajibaranguntuk menghindari kemacetanpanjang di pertigaan SPBUAjibarang, terangnya.

    Polres Banyumasmengerahkan 18 personel timpengurai dalam melakukancontra flow. Petugas mengawalpara pemudik yangmengambil jalur berlawanandengan menggunakan motortrail dan mobil hingga keperbatasan Banyumas-Brebes. hefsn

    Bikin ..... (Sambungan hlm 1)

    bersantai dari kayu dan bambudi dekat tempat tinggal orangtua mereka yang semakin teng -gelam oleh banjir rob.

    Bangunan semacam ini dikota namanya gazebo. Namundi Bedono namanya angkrok.Sambil duduk bersila di tengahke pungan rob, para istri meng -

    hi dangkan sayur bandeng, me -nu khas Lebaran desa kami. Se -mentara anak-anak bermainpe rahu-perahuan meng gu na -kan tong bekas, imbuhnya.

    Karenanya, rob bukan ken -dala bagi mereka merayakanIdul Fitri dan bersilaturahmiber sama kekuarga. Sebab, Le -bar an happy for all telah men ja -di semangat mereka. ssisn

    Menu.....

    (Sambungan hlm 1)

    ada satu tradisi makanan yangselalu hadir saat Lebaran.

    Ibuku selalu bikin semurkambing, dia doang yang bisabikin. Itu resep dari nenek akuketurunan Arab Betawi,rasanya enak banget dan adapada saat lebaran saja, ceritaAtiqah di Jakarta, Minggu(10/7).

    Tahun ini, Atiqah salahsatunya disibukkan dengansebuah serial yang tayang diNet TV dan harus syuting tiap

    hari. Jadi lebaran ini dia punjadi punya job karena serialyang dibintanginya.

    Sedangkan untuk busanayang dipakai saat lebaran,Atiqah mengaku memakai bajumuslim yang simpel saja. Yangpenting baginya, lebaran kaliini bisa berm

of 16/16
Banyak cara dilakukan umat muslim merayakan Idul Fitri. Salah satunya bersilaturahmi dengan keluarga besar sekaligus halal bihalal, meski tempat yang dikunjungi digenangi rob. KONDISI apa pun ditem- puh, demi bisa berkumpul keluarga. Seperti halnya dilakukan warga Desa Be- dono Kecamatan Sayung pada Idul Fitri 1437 H atau 2016 ini. Jika menjelang Lebaran lalu puluhan ribu orang terjebak antrean mo- bil dan macet di area Brexit, warga Bedono justru terke- pung rob. Meski begitu, kondi- si alam yang kian hari kian parah itu tak menyurutkan niat mereka menyambung tali sila- turahmi. Khususnya kepada orang tua maupun para sese- puh di tanah kelahiran. “Namanya juga Idul Fitri atau hari kemenangan setelah sebulan berjuang mengendalikan hawa nafsu, ya harus dirayakan dengan suka cita. Maka meski berada di kepungan rob, Lebaran mesti tetap happy for all,” ujar, Ahmad Ghuf- ron, kemarin. Diungkapkan, karena ulah ta- ngan tak bertanggung jawab ben- cana terjadi di mana-mana. Di Kota banjir, di desa pegunungan longsor, di pantai rob. Sementara belum ada upaya penanggulangan serius, menurut aktivis Rumah Za- kat itu, mereka harus bisa bersa- habat dan menikmati bencana. Salah satunya seperti telah me- reka lakukan, menyikapi genang- an air pasang laut. Yakni dengan membangun angkrok atau tempat TAHUN KE-31 NO: 92 TERBIT 16 HALAMAN - ISSN 0215-3203 SETIAP keluarga pasti punya tradisi sendiri-sendiri saat lebaran. Begitu juga dengan aktris cantik Atiqah Hasiholan. Istri dari Rio Dewanto itu merayakan Le- baran tahun ini di rumahnya di Jakarta. Tradisi keluarga Atiqah adalah salat Idul Fitri di sa- tu tempat yang sama sete- lah itu mereka akan sa- lam-salaman dan maaf- maafan. Bukan hanya itu, Harga Eceran Rp 3.000 Harga Langganan Rp 70.000 Senin Pahing 11 Juli 2016 TERGENANG ROB: Warga Desa Bedono Sayung Demak tetap semangat berlebaran di tengah genangan rob. Foto : sari jati Bersambung ke hal 7 kol 3 Berlebaran di Kepungan Rob Bikin ’Angkrok’ agar Bisa Bersilaturahmi Foto: kpl Haris Muhammadun Foto: Dok Foto: getty images Macet Arus Lebaran Telan Korban Menu Semur Kambing Bersambung ke hal 7 kol 1 KAJEN - Meskipun sempat mengalami kemacetan panjang saat mudik Lebaran kemarin, bahkan ada yang harus me- nginap di jalan tol Brebes selama dua hari, pemudik yang merantau ke Jakarta dan sekitarnya ti- dak kapok. Sebab, mata pencaharian mereka ada di ibukota negara tersebut. Puncak arus balik Lebaran tahun 2016 sendiri mulai terjadi pada Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7) malam, sebab pemudik akan mulai masuk kerja pada Senin (11/7) hari ini. Kenaikan kendaraan pada arus balik Lebaran kali ini mencapai sekitar 70 persen. Kasat Lantas Polres Pekalong- an, AKP Didi Widiantoro, Minggu (10/7) me- nuturkan, arus mu- dik diperkirakan mengalami pun- caknya pada dua hari tersebut. Sebab banyak pemudik yang tidak ingin terlambat masuk kerja pada hari Senin. Namun, lanjut dia, jalur Pantura Pekalongan hingga kemarin masih terpantau lan- car, meskipun terjadi kepadat- an kendaraan di Pasar Wira- desa dan IBC. Pihaknya me- ngaku melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran kali ini. Sa- lah satunya melakukan penu- tupan pada perempatan Gu- mawang yang terdapat di ja- Bersambung ke hal 7 kol 3 Bersambung ke hal 7 kol 1 Pakar Transportasi Haris Muhammadun meni- lai, koordinasi yang kurang antarinstansi menye- babkan pengalihan kendaraan ke jalur alternatif tidak optimal. Akibatnya kemacetan di jalur exit tol Brebes menuju Jawa Tengah mengalami macet parah. Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang itu menuturkan, sepanjang pengamatan melalui ja- lur tol Cipali-Brebes, hingga menuju Jateng ke wila- yah Pekalongan, dan Semarang kurang adanya pengawasan. Pihak pengatur lalu lintas, baik dari kepolisian hingga Perhubungan, kata dia, sangat minim untuk mengatur jalan menggunakan motor patroli. Akibatnya pengendara yang tidak tertib pun MERAYAP: Kendaraan pemudik berjalan merayap saat melintas di Jalur Pantura, Tegal, Minggu (10/7) malam. Jalur Pantura terpantau cukup padat pada puncak arus balik H+4 Lebaran. Foto: Antara Gombong-Banyumas Ditempuh 8 Jam BANYUMAS – Puncak arus balik yang terjadi sejak Sabtu (9/7) hingga Minggu (10/7) malam membuat kemacetan panjang di jalur selatan. Ke- macetan terjadi mulai pintu masuk Kabupaten Banyumas di Kecamatan Tambak yang berba- tasan dengan Kabupaten Kebumen, hingga ke pintu keluar Banyumas ujung barat di Keca- matan Pekuncen. Bahkan jarak Gombong – Ba- nyumas yang hanya 20 kilometer harus ditem- puh hingga delapan jam. Salah seorang pemudik, Hendi, warga Gom- bong, Kecamatan Kebumen mengatakan, ia be- rangkat dari rumah pukul 09.00 WIB dan baru Bersambung ke hal 7 kol 1 e Resonanz Children’s Choir Berjaya di Italia JAKARTA - Paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children’s Choir (TRCC) berjaya de- ngan menggenggam gelar juara umum (Winner of Grand Prix) dalam Claudio Monteverdi In- ternational Choral Festival and Competition di kota Venezia, Italia, 7-10 Juli 2016. Project Manager TRCC Dani Dumadi merilis, Minggu (10/7), paduan suara anak itu berkom- petisi dalam kategori Children and Youth Choir. Mereka dipimpin konduktor Devi Fransisca. SEMARANG - Koordinasi antarinstansi dalam menghadapi mudik dan balik Lebaran 2016 dianggap lemah. Banyak pemudik yang dirugikan akibat kemacetan, bahkan sampai menelan korban hingga 12 jiwa di Jalur Brebes Exit (Brexit) tol Cipali menuju Jateng. Bersambung ke hal 7 kol 1 KOORDINASI LEMAH Arus Balik Naik 70% BERPOSE BERSAMA: Tim The Resonanz Children’s Choir berpose bersama dalam sebuah kesempatan. Mereka berhasil menjadi juara umum dalam ajang Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition di Italia yang berakhir Minggu (10/7). Foto: archive.choralnet.org SILVERSTONE - Pembalap Mercedes dari Inggris, Le- wis Hamilton, mendapatkan gelar GP Inggris untuk kali ketiga secara beruntun se- telah ia memenangi balapan di Sirkuit Silverstone, pada Bersambung ke hal 7 kol 3 Juara Beruntun GP Inggris Lewis Hamilton
Embed Size (px)
Recommended