Home >Documents >WAWASAN 10 Maret 2014

WAWASAN 10 Maret 2014

Date post:15-Mar-2016
Category:
View:631 times
Download:52 times
Share this document with a friend
Description:
KORAN WAWASAN
Transcript:
  • TAHUN KE-28 NO: 344 TERBIT 24 HALAMAN

    Justru kini misteri hilangnya pe sa wat yang mengangkut 239 orang ter se but semakin meluas, dengan ada nya embusan isu terorisme yangmem bajak pesawat tersebut. Ini lan taran ditemukan dua manifes pe num pang yang diduga menjadi kor banda lam pesawat, justru tidak ikut dalampe nerbangan tersebut.

    Dua penumpang si lu man di pesa wat tersebut meng gunakan paspor ile gal, atas na ma Luigi Maraldi (37),war ga Italia dan Christian Kozel (30),seorang war ga negara Austria. Seperti

    di la por kan Koran South China Mor ning, Juru Bi ca ra Kementerian LuarNegeri Italia, me ngatakan tidak adawarganya yang naik pesawat itu. Diatelah me la por kan paspornya dicuriAgustus lalu, ujar nya.

    Demikian pula Juru Bicara Ke men terian Luar Negeri Austria, MartinWeiss. Dia menegaskan bahwa namayang terdaftar di manifes cocok de ngan paspor seorang warga Austriayang dilaporkan dicuri dua tahun lalu

    Foto: ist

    KUALA LUMPUR Pesawat Malaysia Airlines jenis Boeing

    777200 yang hilang di Laut Cina Selatan hingga Minggu (9/3)

    masih belum ditemukan. Hanya jejak avtur yang ditemukan di

    perairan Vietnam, menjadi satusatunya indikasi titik jatuhnya

    pesawat, namun sejumlah pihak terkait belum bisa

    memastikan kebenaran titik temuan tersebut.

    Malaysia Airlines Berbalik Arah

    Bersambung ke hal 7 kol 3

    Dua Terdakwa KorupsiPDAM Banyumas BebasSEMARANG Mahkamah Agung(MA), membebaskan dua terdakwako rupsi perkara mark up harga tanahproyek pembangunan instalasi pengelolaan air limbah PDAM di Kabupaten Banyumas. MA yang me meriksa kasasi jaksa penuntut umum Kejari Purwokerto mengadili sendiri, menyatakan terdakwa tidak terbuktiko rupsi sebagaimana dakwaan jaksa.Dua terdakwa yang dibebaskan, yaknimantan Direktur Utama PDAM Banyumas, Achadi Budi Cahyono danKe tua Harian Dewan Pimpinan Wilayah Parade Nusantara Jateng, EkoTjiptartono.

    Mengadili sendiri. Menyatakan terdakwa Achadi Budi Cahyono dan EkoTjiptartono tidak terbukti secara sahdan meyakinkan melakukan perbuatan yang didakwakan, membebaskan para terdakwa dari semua dak

    waan, memulihkan hak terdakwa, har kat dan martabatnya, kata Ketua ha kim MA Timur P. Manurung didampingiLeopold Luhut Hutagalung dan So phi an Martabaya dalam amar putusannya yang dibacakan di sidang terbukapada 13 Januari 2014 lalu.

    Putusan MA itu, Kamis (6/3) lalu disampaikan ke Pengadilan Tipikor Semarang dan diberikan ke terdakwa.Sudah turun. Dan pemberitahuan putusan sudah kami berikan ke terdakwayang bersangkutan, kata Humas Pengadilan Tipikor Semarang, Sri Endang Widayanti, Minggu (9/3).

    Putusan MA itu, membatalkan duaputusan pengadilan sebelumnya, yak ni di tingkat pertama dan banding. Pa da Pengadilan Tipikor Semarang yangmemeriksa perkara sebelumnya, me

    Festival Gethek

    Mengenang Kejayaan Transportasi Air Masa SilamSungai Bengawan Solo mempunyai

    arti sejarah penting bagi daratanJawa Tengah maupun Jawa Timur.Aliran sungai inilah yang dulunyamenjadi jalur utama transportasiserta urat nadi perekonomian.

    SUARA sorak sorai warga bergemake tika Walikota Surakarta FX HadiRu dyatmo membunyikan terompettan da dimulainya gelaran BengawanSo lo Gethek Festival (BSGF). Secaraper lahan para petugas dari puluhange thek berhias warna warni mulai mele pas tali tambatan dan membiarkansa rana transportasi air ini mengapungmeninggalkan tepian sungai di wilayah Ngepung Kelurahan SangkrahKecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta.

    Selama menghilir sejauh 3 kilometer menuju Badran, Kelurahan Pu

    cang sawit Kecamatan Jebres KotaSurakarta, terlihat ratusan warga berdiri di tanggul sungai untuk menyambut melintasnya 31 gethek pesertaBSGF tahun 2014, Minggu (9/3).

    Gethek yang ikut festival ratarataterbuat dari lonjoran bambu dan memanfaatkan drum plastik maupun lo gam sebagai sarana daya apung. Se dangkan aksesorisnya dirangkai se de mikian rupa, berbahan kain perca,botol plastik maupun tas kresek warnahitam putih.

    Menurut Parsik (50) koordinatorpem buat gethek, hiasan pada rakitme rupakan limbah yang dibuang kesu ngai. Semisal kain perca bisa untukdi buat rumbai, sedangkan botol plastik dibuat kreasi hingga membentukke pala buaya. Pemanfaatan limbah

    INFORMASI: Sejumlah pejabat pemerintahan malaysia memberi informasiterkini terkait pesawat Malaysia Airlines MH370, minggu di Bandara KualaLumpur. Foto ant/rtr

    MERIAH: Sungai Bengawan Solo Minggu (9/3) meriah dengan melintasnyapuluhan gethek dalam Bengawan Solo Festival Gethek (BSFG). Foto: Bagus Ajiyan Bersambung ke hal 7 kol 3

    Sang Pilot SempatBerperilaku GanjilADA perilaku aneh yang dilakukanKapten pilot Malaysia Airlines MH370,Zaharie Ahmad Shah sebelum pesawat nya hilang kontak hingga kini. Iasu dah menunjukkan tandatanda ganjil hendak berpisah lama dengan kelu ar ga, kerabat, dan kawannya. Ini di tunjukkan dengan mengunggah gambargambar lucu di jaringan WhatsApp dan membagikannya ke semuakon tak ponselnya.

    Situs the Malaysian Insider melaporkan, Minggu (9/3) gambar lucu itumenjadi komunikasi terakhir Zahariedengan temantemannya tergabungdalam sebuah grup bernama Penggemar Suara Mila (DAVOM). Mila di

    maksud yakni Mila Jirin salah satu penyanyi Malaysia.

    Zaharie aktif di klub DAVOM inidan dia selalu menjadi penyelenggarabanyak kegiatan salah satunya mengumpulkan dana untuk wargaPalestina, ujar salah satu rekan Zaharie bernama Wahida Zamri.

    Zaharie dikenal pendiam namunsuka menolong. Itu sebabnya sebelum hilang dia memperlihatkan sisilain dirinya yang ternyata cukup jenaka. Semua rekannya terkejut ternyata dia mengemudikan pesawatjenis jet Boeing 777222 itu. Setahu

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    JAKARTA Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, mengatakan Pemerintah Ma laysia telah berkomunikasi dan meminta bantuan Pemerintah Indonesiaterkait hilangnya pesawat MalaysiaAirlines dengan rute penerbanganKua la Lumpur Beijing, Cina.

    Permintaan itu disampaikan Pemerin tah Malaysia melalui Panglima Tenta ra Malaysia kepada Panglima TNI,Ke pala Staf Angkatan Udara dan Kepala Staf Angkatan Laut Sabtu ma lam, 8 Maret 2014, untuk mendukungupaya pencarian dan pertolongan korban. TNI merespon dengan baik dansegera deploy untuk perbantuan SARtersebut, kata Djoko Minggu (9/3).

    Selanjutnya kata Djoko, unsurun sur TNI yang akan terlibat dalam misiitu nantinya akan berkoordinasi dengan otoritas Malaysia. SebelumnyaKe pala Dinas Penerangan TNI Ang

    katan Laut, Laksama Pertama UntungSu ropati, mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mengerahkanlima kapal milik TNI. Iya, kami mengi rimkan lima KRI yang terdiri dariKRI corvette dan patroli cepat, sertasa tu pesawat udara intai maritim,kata Untung.

    Dia menambahkan kelima KRI dansatu pesawat intai itu sudah berangkat hari Minggu pagi ini dan diperkirakan telah tiba di lokasi titik terakhirpesawat melakukan kontak terakhir.Tadi, sekitar jam 10.00 hingga 11.00,sa ya dikabari kapalkapal kita sudahmelintasi garis batas utara SelatanMalaka, kata dia.

    TNI AL, ujar Untung, akan memfokus kan pencarian pesawat di SelatMa laka, Penang. Hal itu lantaran adanya informasi yang diperoleh dari Ang

    TNI Bantu Mencari di Selat Malaka

    Zaharie Ahmad Shah Fariq Abdul Hamid

    Bersambung ke hal 7 kol 1

    Harga Eceran Rp 2.000Harga Langganan Rp 50.000

    Senin Pon 10 Maret 2014

  • HOTSPOT

    Senin Pon, 10 Maret 2014

    Pohon Berdarah Dipercaya Bisa Sembuhkan Penyakit

    Konvoi itu disertai delapankendaraan lapis baja, truktangki bensin dan perangkatkeras lainnya. Konvoi itumasuk ke dalam kompleks la-pangan terbang militer yangmengibarkan bendera Rusia.

    Tapi pemerintah Rusiamembantah telah mengirim pa-sukan ke Krimea selain yangbiasa ditempatkan di pang -kalan armada Laut Hitam diKrimea.

    Sebelumnya, saksi matamengatakan, tembakan pe ri -ngatan dilepaskan ketika pa-

    sukan pro-Rusia tidak mengi -zinkan sebuah tim pemantauOrganisasi Keamanan dan Ker-jasama Eropa atau OSCE ma -suk ke Krimea. Ini adalah hariketiga berturut-turut tim pe-mantau ditolak masuk keKrimea.

    Pejabat menteri luar negeriUkraina, Andrii Deshchytsahari Sabtu menyerukan pe -nyeleksian diplomatik untukmengakhiri krisis itu secaradamai. Katanya, Ukraina ter-buka untuk usul apapun yangakan menjurus kepada hasil-

    hasil yang nyata, tapi menga -takan Krimea akan tetap men-jadi bagian Ukraina.

    Kiev mengatakan ada sekitar30.000 tentara Rusia di Krimea.Pentagon memperkirakan jum-lah mereka sekitar 20.000 per-sonel. rtr/voa-Ct

    50 Truk Pasukan Rusia Masuki Simfereopol

    Dituduh Dukun, Wanita Dipukuli hingga TewasUTTAR PRADESH - Seorang wanita setengah baya di DesaTripuri, Distrik Balrampur, Negara Bagian Uttar Pradesh, India,dipukuli hingga tewas oleh sebuah keluarga yang merupakantetangganya sendiri. Pelaku percaya wanita itu seorang dukundan telah mengunakan mantra kepada salah satu anggota kelu-arga mereka.

    Korban, yang saat itu sedang tidur di rumahnya, kemudiandiseret keluar oleh tersangka dan dipukuli hingga tewas, sepertidilansir situs emirates247.com, Sabtu (8/3), mengutip laporansurat kabar the Times of India.

    Menurut keterangan polisi, adik ipar tetangganya itu tiba-tibajatuh pingsan dan ketika dia mencoba membangunkannya, diamulai mengucapkan nama korban.

    Tersangka percaya korban menjadi penyebab adikiparnya itu sakit. Dia kemudian bergegas ke rumah wanitaitu dan menyeret korban sedang tertidur dan berteriakpadanya untuk menyembuhkan adiknya sudah tidak sadaritu.

    Polisi telah menahan empat keluarga tersangka se-hubungan dengan kasus itu. Penangkapan tersangka lain-nya mungkin bisa dilakukan setelah hasil otopsi selesai.mdk-Ct

    Bom Bunuh Diri di Irak,32 Tewas 147 LukaHILLA - Seorang pembom bunuh diri mengendaraiminibus dikemas dengan bahan peledak menewaskansedikitnya 32 orang dan 147 terluka, Minggu (9/3), di kotaIrak selatan Hilla, kata polisi dan sumber-sumber medis.

    Penyerang mendekati sebuah pos pemeriksaan utama diutara pintu masuk ke kota sebagian besar berpendudukMuslim Syiah dan meledakkan minibus itu, kata seorangpolisi dengan syarat tak disebutkan jatidirinya.

    Setidaknya 50 mobil dibakar dengan penumpang terjebak didalam dan bagian dari kompleks pos pemeriksaan yang hancuritu, kata petugas.

    Hal itu tidak segera jelas siapa yang berada di balik serangantersebut, namun pemboman bunuh diri adalah merek dagangdari kelompok yang berafiliasi Al Qaida.

    Polisi menggunakan alat potong untuk membelah dalamkendaraan yang terbakar dan mengangkati tubuh-tubuh yanghangus, kata polisi, dan menambahkan jumlah korban tewasdiperkirakan akan meningkat.

    rtr-Ct

    Drone Berlistrik 80.000 VoltAtasi Penyusup RumahTEXAS- Sebuah perusahaan Texas telah membuat drone(pesawat tanpa awak) untuk keamanan pribadi dilengkapipistol setrum yang mampu melepaskan listrik 80.000 volt.Laman daily mail, Sabtu (8/3) melansir perusahaan telahmendemonstrasikan drone tersebut kepada para kon-sumen. Pesawat ini mampu melacak keberadaan pe -nyusup.

    Ct

    SEBUAH pohon ajaib diMesir dikatakan memilikikekuatan, sehingga membuatpuluhan orang berbondong-bondong untuk mendatangipohon dapat menyembuhpenyakit itu.

    Pohon diketahui berjenisjujube itu ditanam oleh SyekhNasr El Din, seorang sufi, sek-itar 600 tahun lalu di KotaDishna, di Mesir Hulu. Ceritamengatakan pohon itumenumpahkan darah ketikaEl Din meninggal, dan sejakitu pohon tersebut berdarahsaban Jumat dan Senin,seperti dilansir situs emi-rates247.com, Sabtu (8/3),mengutip laporan koran El-Watan dan Al-Ahram.

    Menariknya, ribuan orangberduyun-duyun untuk me -nyembah pohon itu padaakhir-akhir ini dan membawapulang cairan merah keluardari pohon itu, yang merekayakini sebagai obat untuksegala penyakit.

    Anak-anak memanjat po -hon itu untuk me ngum pul -kan cairan keajaiban, se -dangkan para wanita meng-gunakan kapas untuk mere-sap cairan merah keluar daricelah di atas tanah dan me -ngumpulkannya di dalam bo -tol.

    Penduduk setempat per-caya setiap orang sakit me-ngunjungi pohon itu tiga kaliberturut-turut saban Jumatakan sembuh. Kunjungan inijuga tidak lengkap sampaimereka menggosokkan cairanitu ke tubuh mereka danmengunjungi Kuil SyekhNasr El Din dan makan siangdi bawah pohon itu.

    Syekh Rashad MahmoudHussain, yang bekerja dimasjid dan merawat pohonitu, mengatakan siapa sajamencoba memotong cabang-cabang dari pohon itu akanmenjadi cacat.

    Sementara orang-orangme manjat pohon itu tanpamemurnikan diri merekasendiri akan jatuh dari pohonitu.

    Hussain mengatakan kaumperempuan dan anak-anakmenjadi mayoritas pengun-jung pohon itu. Dia menje-laskan kebanyakan darimereka kembali bahkan sete-lah kunjungan ketiga.

    Ibrahim Abdellah, seorangpeneliti pemegang gelar mas-ter dalam ilmu pertanian,mengatakan keluarnya cairanitu merupakan proses normaldari pohon. Tapi orang-orangpercaya itu sebagai wujudperkabungan atas kematianSyekh Nasr El Din.

    Namun, orang-orang me-ngatakan pohon itu tidak per-nah menghasilkan cairan me- rah pada hari biasa, me lain -kan hanya pada Jumat danhanya pada waktu salat.

    mdk-Ct

    UKRAINA - Satu kon-voi ratusan tentaraRusia dalam sekitar 50truk pasukan mema-suki satu pangkalandekat ibu kota Krimea,Simfereopol, Sabtu(8/3), kata satu timwartawan Reuters diprovinsi Ukraina yangdiduduki Rusia.

    Biasa Kere, Mantan Guru Ceraikan Istri TriliunerLONDON - Mantan gurumatematika asal Inggris ber -cerai dengan istrinya seorangpebisnis kaya di Negeri Brita-nia itu. Alasannya, dia ternyatatidak bisa menikmati kemewa-han.

    Surat kabar the Daily Mailmelaporkan, Minggu (9/3),Tony Hawken menceraikan pa -sangannya, Xiu Li berdarah Cinayang kini menetap di Inggris.Perempuan itu menjadi salahsatu taipan di Negeri Tiga Singadengan bisnisnya yakni mem-bangun pusat perbelanjaan di

    bekas penampungan warga Cinaterkena serangan udara dan asetitu bernilai Rp 210,4 triliun sertamenjadikan Li salah satu jajaranpengusaha kaya versi majalahThe Sunday Times.

    Menurut majalah bisnisForbes total kekayaan Li senilaiRp 250 triliun. Dia juga memi-liki aset perusahaan anggur,kapal pesiar, 11 pusat perbe-lanjaan, dan pemilik klub sepa-kbola Cina, Guizhou Renhe,kini ada di urutan ketiga ligalokal Negeri Tirai Bambu itu.

    Namun ini membuat

    Hawken muak. Dia justrumerasa nyaman menyantapmakan siangnya di kedai seder-hana. Meski kaya dia masihrajin membeli buku bekas danogah mengenakan pakaianmahal berlabel desainer dunia.

    Saya benar-benar asingdengan semua ini. Sayadibesarkan dengan cara yanglain dari ini. Saya tidak akanpernah bisa jadi orang kaya,ujar Hawken.

    Hawken mendapat hartagono gini dari sang istri senilaiRp 19,1 miliar. Meski tak ada

    setengah harta mantan pasa-ngannya itu namun buat lelakiini sangat cukup. Rencananyadia akan membuka bisnis kecil-kecilan dan hidup di aparte-men sederhana.

    Pasangan ini bertemu lewatsebuah kencan buta saat diamasing mengajar dan Li mem-butuhkan guru bahasa Inggris.Mereka pun saling suka danakhirnya menikah, namun ke-sibukan Li membuat dia danHawken jarang bersama. Se-lama menjadi suami Li,Hawken mengajar matematika

    gratis bagi anak kurang mam -pu.

    Buat Hawken satu-satunyapenyesalan yakni tidak bercerai

    cepat dari Li. Namun hal itu di-tundanya lantaran tak inginmempengaruhi anak merekabernama William. mdk-Ct

    Xiu Li dan Tony Hawken. Foto: dailymail.co.uk

    KEJADIAN mengerikan terjadi di Bandara South Lakeland, Tampa, Florida, AS. Se-orang penerjun payung ditabrak pesawat ringan jenis Cessna yang dikemudikan pilotShannon Trembley (87). Laman Daily Mail, Minggu (9/3) melansir penerjun payung,John Frost (49) sempat terlempar setelah pesawat itu memotong parasutnya. Baik

    penerjun payung mapun pesawat itu kemudian terhempas di rerumputan dan merekahanya cedera ringan. Gambar tersebut diambil fotografer amatir dan diberikan kepadakantor berita AP.

    Ct

    Pesawat Ringan Tabrak Penerjun Payung

    TENTARA RUSIA: Seorang tentara yang dipercaya tentara Rusia, berdiri berjaga-jaga di luar pangkalanmiliter Ukraina di desa Perevalnoye dekat Simferopol. Foto: reuters

    Ilustrasi pohon jejebu. Foto: veggiegardeningtips.com

    Warga Jepang Demo NuklirTOKYO-Ribuan orang mengge-lar unjuk rasa antinuklir dipusat kota Tokyo, Minggu(9/3), hanya beberapa hari se-belum peringatan ketiga kece-lakaan di pusat pembangkittenaga nuklir Fukushima.

    Mereka berkumpul di BibiyaPark di dekat kantor-kantor pe-merintah pusat, sebelum ber-jalan ke parlemen nasional.

    Para demonstran menuntut di-akhirinya pemakaian energi nuk-lir di Jepang dan mengecamrencana Perdana Menteri ShinzoAbe menghidupkan kembali be-berapa reaktor yang ditutup.

    Sekarang ini tidak adapasok listrik di Jepang yang be-rasal dari energi nuklir, kataYasuro Kawai, pengusaha dariChina, di timur Tokyo, sepertidikutip kantor berita AFP.

    Jika kita meneruskan statustanpa nuklir ini dan terus mem-promosikan energi terbarukanserta melakukan investasi untukmengembangkan teknologiyang bisa menghemat energi,saya kira kita semua bisa hiduptanpa nuklir, kata Kawai.

    Pemerintah sebelumnya me -nutup reaktor-reaktor tersebutsetelah kerusakan di Fukushimayang disebabkan oleh ma-suknya air laut ke kompleksfasilitas nuklir, menyusulgempa dahsyat dan tsunamipada 2011. bbc-Ct

  • SEMARANG - Sektor tekstil diJawa Tengah membutuhkan pu-luhan ribu tenaga kerja barupada 2014, namun kondisi terse-but masih terbentur minimnyajumlah sumber daya manusiayang berkompeten, kata KetuaAsosiasi Pertekstilan Indonesia(API) Kota Semarang, AgungWahono.

    Di tahun 2013 ada pening-katan jumlah produksi, terutamadi bidang garmen sekitar 10persen dibandingkan 2012. Inimenandakan pertumbuhan sek-tor tekstil kita semakin mem-baik, katanya, Minggu (9/3).

    Asosiasi Pertekstilan Indonesia

    (API) Kota Semarang meli pu tiseluruh Provinsi Jateng yang ter-diri atas 35 kabupaten dan kota.

    Ia memprediksi jumlah pro-duksi tekstil di Jawa Tengah pa -da 2014 akan kembali meningkatseperti sebelumnya.

    Perkiraan kebutuhan tenagakerja baru yang berkompeten disektor tekstil pada 2014 menca-pai 15 ribu-20 ribu orang.

    Jumlah tersebut untuk me-menuhi produksi tekstil yang di-harapkan akan tumbuh minimalseperti tahun lalu, ujarnya.

    Hingga saat ini, katanya, pe-ningkatan produksi tekstil, be -lum diimbangi dengan perse -

    diaan jumlah tenaga kerja yangmemiliki kemampuan sesuai de-ngan keinginan perusahaan.

    Ia mengatakan salah satu sya -rat penting untuk seseorang bek-erja di sektor tekstil, yaitu bisamengoperasikan alat produksi.

    Agung menjelaskan merekayang baru lulus sekolah, se-harusnya mengikuti pelatihanpengoperasian alat produksi ter-lebih dahulu minimal selamadua bulan untuk selanjutnya ma -suk industri tekstil.

    Tapi yang terjadi merekatidak memperoleh pelatihan ter-sebut saat sekolah, akibatnya lu-lusan baru ini tidak bisa masuk

    kriteria kami, katanya.Pihaknya berharap pemerin-

    tah memfasilitasi pelatihan itusehingga kebutuhan tenaga kerjabaru di sektor tekstil bisa segeraterpenuhi.

    Selama ini, katanya, beberapaperusahaan besar sudah mem-buka pelatihan bagi calon tenagakerja baru, namun tidak semuamemiliki kebijakan yang sama.

    Kami selama ini yang men-gadakan pelatihan tersebut kanuntuk memenuhi kebutuhanmasing-masing, bagaimana de-ngan kebutuhan perusahaanlain, ini yang harus dipikirkan,tuturnya. ant-Ct

    Senin Pon, 10 Maret 2014

    GALERIA

    Ekspor Rokok Kudus Naik 4 Persen

    Berdasarkan data selamaenam tahun terakhir, nilai ek-spor rokok memang cende -rung meningkat. Sedangkanni lai ekspor rokok tertinggiter jadi pada 2013, kata Kepa -la Dinas Perdagangan dan Pe -ngelolaan Pasar KabupatenKu dus, Sudiharto, Minggu(9/3).

    Kenaikan nilai ekspor ro -kok tersebut melengkapi trenkenaikan yang selalu dicapaidalam enam tahun terakhir.Pada 2010 nilai ekspor rokokKudus hanya 16,46 juta dolarAS, sedangkan 2009 justru

    lebih rendah karena hanya14,67 juta dolar AS.

    Sementara pada 2011, nilaiekspor rokok Kudus me ning -kat menjadi 49,26 juta dolarAS dan tahun 2012 meningkatlagi menjadi 61,25 juta dolarAS. Jadi, memang ada trenke naikan dari tahun ke ta -hun, katanya.

    Sejauh ini, rokok produksiKudus masih menjadi favoritsejumlah negara di antaranyaAmerika Serikat dan Singa-pura.

    Negara tersebut menjadipenyumbang terbesar devisa

    dari hasil ekspor rokok selainbeberapa negara lainnya.

    KertasSelain produk rokok, komo-

    ditas Kudus yang mendomi-nasi ekspor lainnya adalahkertas dan elektronik. Akan te-tapi, nilai ekspor kertas danelektronik pada 2013 meng-alami penurunan dibandingtahun sebelumnya.

    Nilai ekspor kertas pada2013 turun menjadi 13,4 jutadolar AS, sedangkan tahun se-belumnya mencapai 16,47 jutadolar AS, sedangkan nilai ek-spor elektronik turun menjadi13,6 juta dolar AS dibandingtahun sebelumnya mencapai13,7 juta dolar AS.

    Meski demikian, nilai ek-spor elektronik 2013 masihlebih tinggi dibanding tahun2011 atau 2010 masing-masinghanya 11,34 juta dolar AS dan9,37 juta dolar AS, ujarnya.

    Sementara nilai ekspor ker-tas 2013 paling rendah di ban -ding beberapa tahun

    sebelumnya, karena nilai ek-spor te - rendah hanya 15,75

    juta dolar AS pada 2011.Kontribusi terbesar keem-

    pat terhadap nilai ekspor non-migas di Kudus yakni mebelkayu sebesar 7,94 juta dolarAS, disusul sigaret roller sebe-sar 2,25 juta dolar AS, danplaywood sebesar 1,31 jutadolar AS.

    Sementara nilai total ekspornonmigas di Kudus pada 2013mengalami penurunan karenahanya 103,97 juta dolar AS, se-dangkan 2012 mencapai105,21 juta dolar AS.

    Komoditas garmen dan je-nang yang sebelumnya ikutmemberikan kontribusi ter-hadap ekspor nonmigas diKudus, katanya, tahun 2013belum ada laporannya. Tom-Ct

    SIAPA sangka, dari sepotongtem pe bisa tercipta hidangan le -git dan gurih bercita rasa elegan.

    Berkat tangan-tangan teram pilibu-ibu Desa Bandungrejo, Keca-matan Mranggen, Kabupaten De -mak makanan olahan dari ke de-lai yang selama ini hanya biasadinikmati dalam bentuk konven-sional kini menjelma aneka kuda-pan menarik mulai dari nug- get,steak, pizza hingga puding.

    Bandungrejo sejak dulu me-mang termasyur dengan sebutanKampung Tempe. Hal tersebuttak lepas dari mata pencahariansebagian warganya sebagai per-ajin tempe. Walau kenaikanharga kedelai beberapa waktulalu sempat mengguncang ba-nyak perajin tempe di berbagaidaerah, tidak demikian halnyadengan para pembuat tempe asli

    Demak selatan ini. Merekabergeming memproduksi laukpokok mayoritas rak yat Indone-sia itu. Bahkan ber usaha me-ningkatkan pendapa tan denganmenyulapnya menjadi aneka hi-dangan bernilai jual tinggi.

    Salah seorang pembuat pud-ing tempe, Sriyati menuturkaneksperimen memfariasi ma -kanan berbahan baku tempe be-rawal dari kejenuhan mengon -sumsi tempe dalam menu ma -sakan yang itu itu saja. Semen-tara anak-anak hampir setiaphari membeli aneka jajanan yangbelum tentu terjamin kandungangizi dan vitaminnya.

    Kebetulan di desa kami di -kunjungi mas dan mbak maha-siswa KKN dari IKIP PGRI Se -marang yang mengadakan pe la -tihan pengolahan makanan ber-bahan baku tempe. Sehinggaibu-ibu di kampung tempe inibisa praktik langsung membuataneka jajanan menarik namuntetap bergizi tinggi untuk anak-anak dan keluarga kami, ujar-nya, Kamis (6/3).

    Cara PembuatanCara pembuatan yang relatif

    sangat mudah menjadi dayatarik ibu-ibu warga KampungTempe. Mereka pun antusiasmengikuti pelatihan. Terlebihkarena bahan bakunya yangmudah didapat dengan hargasangat terjangkau, membuatpara produsen makanan berpro-tein tinggi semakin semangatuntuk terus mencoba mempro-duksinya sendiri di rumah mas-ing-masing. Menurut Atik Les-tari, narasumber teknis pengola-han makanan berbahan dasartempe, setidaknya ada 200 pera-jin tempe di Desa Bandungrejosehingga praktis produk tempemelimpah.

    Daripada semuanya dijualapa adanya dengan harga relatifmurah, maka kami memberikantambahan keterampilan menge-nai mengolah aneka hidangancantik namun tetap bergizi ting -gi. Sehingga nantinya dapat pulamenjadi penghasilan tambahanibu-ibu yang sebelumnya hanyaberdiam diri di rumah, ujarnya.

    Di sisi lain, Kepala Desa Ban-dungrejo Nur Rochim sangatmengapresiasi kegiatan yang di-motori para mahasiswa KKNdari IKIP PGRI Semarang terse-

    but. Bahkan dia berniat menjadi-kan aneka kudapan menarikberbahan baku tempe itu sebagaioleh-oleh khas Kampung TempeBandungrejo, yang ditawarkanke masyarakat secaraonline atau berk-erja sama kop-erasi dan pasarmodern sekitar. ssi-Ct

    Sektor Tekstil Butuh Tenaga Kerja Baru

    KUDUS - Nilai ekspor rokok dari KabupatenKudus selama 2013 mencapai 64,23 juta dolar ASatau sekitar Rp 704 miliar lebih (1 dolar AS dihi-tung Rp 11.000). Nilai tersebut terhitungmeningkat 4,86 persen dibanding tahun se-belumnya yang tercatat 61,25 juta dolar AS.

    Tembus 64,23 Juta Dolar AS

    Tempe Disulap jadi Nugget hingga Puding

    KAJEN - Investor besar kianmelirik potensi air di Kabupa-ten Pekalongan untuk sumberenergi listrik. Walau investasidi sektor ini sangatlah besar, se-bagai contoh untuk menghasil-kan daya 1 Mega Watt (MW)dibutuhkan investasi sekitar 2juta dolar AS atau sekitar Rp 22miliar.

    Bupati Amat Antono menga-takan di wilayahnya terdapatpotensi air yang dapat digu-nakan sebagai pembangkittenaga listrik. Wilayah itu diantaranya berada di KecamatanKandangserang, Lebakbarangdan Petungkriyono. Di Kan-dangserang ada dua titik de-ngan daya 8-9 MW, di Le -bakbarang ada enam titik dandi Petungkriyono ada lima titik.

    Di Kandangserang dari In-donesia Power, sudah diberiizin namun pergerakannyalambat bahkan molor. Izin itusebelum kepemimpinan sayadan sekarang waktunya habis.Lagi dievaluasi, apakah diper-panjang kedua kalinya atautidak, ujar Bupati, Sabtu (8/3).

    Pihaknya menilai investor diLebakbarang baik. Setelah izinkeluar, pihak investor langsungmelakukan aksi. Bahkan diren-canakan pada Maret ini akan di-lakukan peletakkan batu per -tama.

    Di Lebakbarang bagus,diberi izin langsung aksi. Jalan-jalan sudah, izin kontruksisudah, dan informasinya bulanini akan dilakukan peletakkanbatu pertama, tutur Antono.

    Antono mengatakan Pem -

    kab Pekalongan terbuka untuksemua investor.

    Siapa pun boleh masukasalkan kinerjanya jelas. Tapisaya jangan disandera. Mak-sudnya, hanya minta izin, tapitidak ada perkembangan apa-apa, katanya.

    Investor di Lebakbarang ituakan menjual listrik tersebut kePT PLN bukan langsung kemasyarakat. Jika sumber listrikdari tenaga air sudah terban-gun akan menjadi daya dorongpembangunan di wilayah itu.

    Saya juga sudah studibanding ke Lombok. Dari situ,saya semakin yakin jika itudibangun akan menjadi dayadorong pembangunan.

    Pelaksana di Lebakbarangjuga perusahaan besar. Namun,saya belum berani ngomongyang menyeluruh. Nanti biarinvestor yang ngomong lang-sung, ujarnya. haw-Ct

    Investor MinatiListrik Tenaga Air

    Amat Antono wws: haw

    Advan Perkenalkan Vandroid T5C

    EKSPOR ROKOK: Produksi rokok sejauh ini masih menjadi penyumbang terbesar nilai ekspor di Kabupaten Kudus. Foto: Ali Bustomi

    Ingin Pasarkan Lewat On Line sampai Minimarket

    PUDING TEMPE : Puding tempe hasil olahan ibu-ibu Bandungrejo Mranggen siap mewarnai pangsa pasar ku-liner di Jawa Tengah. Foto : sari jati

    VANDROID T5C: Advan kembali memperkenalkan produk terbarunya,Vandroid T5C, produk terbaru yang diklaim mampu menjadi pesaing iPadmini tersebut dipamerkan dalam MBCS yang akan berlangsung hinggaSelasa (11/3) di Java Mall, Semarang. Foto: Arixc Ardana

    SEMARANG - Advan kembalimenghadirkan produk terbaru,Vandroid T5C. Mengusungprosesor Quadcore 1,3 Ghz dandilengkapi dengan sistem ope-rasi Android Jelly Bean 4.2, RAM1 GB, memory internal 8 Gb,serta bentang layar HD 8 inci de-ngan resolusi (1024 x 768) dandilengkapi dengan teknologi,Vandroid T5C diklaim mampumenjadi pesaing iPad mini.

    Tablet ini juga dilengkapibaterai yang cukup besar yakni4.000 mAh, dual sim card 3Gcall & SMS, dan konektifitaswifi dan bluetooth. Yang mena-rik, selain dapat berfungsi se-bagai telepon, Advan VandroidT5C juga bisa berfungsi untukTV analog, kata Bisnis Execu-tive PT Arga Mas Lestari dis-tributor Advan area Jateng,Hengky Setiyanto di sela-selapameran Mega Bazaar Con-sumer Show (MBCS) di JavaMall Semarang, Minggu (9/3).

    Tablet yang dijual di kisaranharga di bawah Rp 2 juta terse-

    but juga memiliki konektivitasnirkabel mendukung bluetoothdan wifi dengan kamera utama8 mega piksel, serta 2 mega pik-sel untuk kamera sekunder.Respon masyarakat sendiri sa-ngat bagus, kita optimistis pen-jualannya bisa melampaui tar -get yang sudah kita tetapkan,ujar Hengky.

    Di sisi lain, selama pameranMBCS yang akan berakhir Selasabesok (11/3), pihaknya jugamenggelar berbagai promo me-narik bagi pembelian Advan. Se-lain gratis power bank untuksetiap pembelian T5C dan pro-duk lainnya, hadiah seru lainnyaseperti merchandise, speakerhingga potongan harga pun siapmemanjakan konsumen.

    Setiap harinya kita akanada happy hours yakni pem-berian potongan atau diskondari Rp 50 ribu hingga Rp 200ribu. Soal jam berapa happyhours berlangsung, silakanlangsung datang ke pameran,tuturnya. Rix-Ct

  • Alat Peraga KampanyeJangan Dipaku diPohon-pohonBANYAKNYA gambar caleg yang di-pasang atau dipaku di pohon-pohon, me -nurut saya kurang pantas. Apalagibia sanya pemasangan dilakukan dengancara asal terpasang, sehingga tidak mem-perhatikan etika dan estetika. Karena itu,menurut saya wajar kalau Panwaslu atauBawaslu di sejumlah daerah melakukanpenertiban terhadap alat peraga kampanye(APK) tersebut.

    Namun demikian, menurut hukum, sa -lah jika Panwaslu atau Bawaslu melakukanpencopotan sendiri terhadap gambar-gam-bar APK tersebut. Yang benar, Panwasluatau Bawaslu harus bekerja sama denganSatpol PP atau polisi untuk mencopotigambar-gambar caleg yang ditempel se -enaknya di pohon-pohon tersebut.

    Menurut hemat saya, sebenarnya pen-empelan gambar di pohon tidak menyalahihukum, tapi tidak sepatutnya dilakukan.Pohon-pohon yang dipaku akan menga-lami kerusakan. Bahkan bisa mengganggupertumbuhan pohon tersebut. Karena itu,para caleg dan parpol juga perlu diberipemahaman tentang masalah lingkunganhidup, etika, dan estetika.

    Bukankah gambar yang dipasang sem-barangan juga tidak akan membuat ma -syarakat tertarik atau bersimpati. Alih-alihjustru membuat masyarakat menjadi jeng -kel dan tidak bersimpati. Karena itu, tem-pel atau tempatkan APK di tempat-tempatyang diperbolehkan sesuai ketentuan. Danbuatlah APK dengan cantik, menarik, dan

    indah, sehingga mampu menggoda siapapun yang melihatnya.

    Andi ChristianPerum Ngaliyan Permai,

    Semarang.

    Di mana Nilai-nilaiPancasila yang Digalioleh Bung Karno?SEBAGAI warga negara Indonesia, sayasangat mendambakan kondisi bangsa dannegara ini bisa mencerminkan kehidupanyang berlandaskan Pancasila. Di mana satusama lain atau satu pihak dengan pihaklain saling menghormati, saling menghar-gai, saling bergotong-royong, taat bera -gama dan benar-benar mengamalkanaja ran agamanya dalam kehidupan sehari-hari.

    Namun kini saya benar-benar prihatin,karena yang ada dalam kehidupanmasyarakat dan bangsa saat ini, hampir se-lalu diwarnai dengan model atau gejalaumum berupa kepura-puraan serta keti-daktulusan. Dan bahkan sarat dengankepalsuan serta kemunafikan. Dalam pi -dato-pidato atau dalam tataran wacana,misalnya, seolah-olah kita semua merin -dukan kehidupan yang rukun, damai, gu -yub, dan saling menghormati, termasukterhadap keyakinan (agama) orang lain.Juga sering disebutkan bahwa perbedaanadalah rahmat.

    Namun dalam prakteknya, tampakbertolak belakang. Seperti bumi denganlangit! Satu sama lain kita saling curiga,saling membenci, saling bermusuhan, sa-ling merugikan, saling menghina, salingmelecehkan, saling merendahkan, salingmenghujat, saling menyakiti, dan tidak sal-ing menghormati.

    Lalu pertanyaan besarnya, di mananilai-nilai Pancasila yang dirumuskan atau

    Keraguan Publik Mulai Terjawab HARI ini Surabayapunya Pahlawanbaru dalam sosokWalikota, Tri Risma-harini. Ia dikenal sebagaipemimpin asketis serta pedulidengan nasib warga negaranya,bahkan prestasi nyata yang iatorehkan bagi Surabaya.Namun, baru-baru ini, banyakmedia massa baik cetak, elek-tronik, maupun online gencarmemberitakan isu kontraversikemunduran Walikota Sura ba -ya, Tri Rismaharini.

    Berdasarkan isu yang berkem-bang, ia dikabarkan sudah ti- dak betah lagi dengan orang-orang di pemerintahan danorang dekatnya. Sederhana nya,niat Risma hendak mengun-durkan diri karena merasakantekanan politik yang tidak pro-porsional terkait dengan kebi-jakan- kebijakannya dalammemajukan Surabaya, meng -gam barkan betapa orang baiktidak selalu mendapat tempatsemestinya dalam konstelasi ke-pentingan politik.

    Kita menilai kepemimpinanrisma begitu apik. Tak hanyaitu, berkat kejelian, kemam-puannya dalam memimpinSurabaya, ia mendapat pen-gakuan dunia Internasional.Risma terkenal bersih, asketisdan peduli terhadap warganya.Ini berbeda denga kebanyakanpejabat atau pemimpin di negeriini, suka menilep uang rakyat,main wanita dan lain seba-gainya. Maka tak ayal, banyakorang terutama warga Surabayasangat menyayangkan jika Ris -ma mengundurkan diri. Dengankata lain, warga Surabya sangatmendukung Risma terus majuhingga masa jabatannya ber-akhir.

    Tak hanya warga Surabayayang ikut bersuara terkait isukemunduran Risma. Bahkan,Ketua Umum DPP PDI Perjuan-gan Megawati Soekarnoputripun meneguhkan niat rismayang ingin mengundurkan diritersebut supaya tetap memper-tahankan masa jabatannya hing -ga berakhir, 2015. Megawatiberpesan bahwa, seorang pe -mimpin yang dicintai warga,harus mempertahankan jabatanhingga masa pemerintahannyaberakhir.

    Seberat apapun goncangan-nya, maju terus. Memang,men jadi pemimpin bukanlahhal mudah, apalagi ditengahsikap atau gaya hidup pe -mimpin dewasa ini yang hedo-nis, pragmatis, koruptif atauba hasa ekstremnya sering me -nyembelih kesejahteraan ma -sya rakat, gaya sederhanya danblusukan pasti banyak tanta-ngan dan banyak yang tidaksuka. Dan inilah yang dialamiRisma hari ini.

    Langkah Megawati untukberdialog dengan Risma men-jadi langkah yang tepat. Ar -tinya, dukungan dari pucukpim pinan partai pengusung sa -ngat dibutuhkan. Apalagi isuyang berkembang menyebutkansalah satu yang mendorong Ris -

    ma hendak mengundurkan dirikarena ketidakcocokan denganWakil Walikota Wishnu SaktiBuana (putra mantan SekjenPDI Perjuangan Soetjipto) yangbaru dilantik, yakni menggan-tikan Wakilnya yang maju men-jadi Gubernur Jawa Timur.

    Tidak tahu persis apa gera-ngan Risma tidakcocok denganwakilnya itu. Yang jelas, dalamkonteks ini, Mega sebagai pim-pinan partai yang mengusungRisma dan Wishnu harus turuntangan untuk mendukung Ris -ma, dan memastikan kaderyang elektabilitasnya naik ituun tuk tetap menyelesaikan je-batannya sebagai Walikota. Halini tentu bisa dijakan strategipolitik untuk menyongsong pe -mi lu yang tinggal menghitunghari lagi.

    Kerja NyataMemang, gaya sederhanya,

    suka blusukan menjemput aspi-rasi masyarakat, tidak perlu me -moles diri dengan iklan, danber sih dari praktik korupsi men-jadi masyarakat Surabya banggapunya pemimpin seperti Risma.Bahkan, kini, Surabaya terlihatpunya penjaga. Nah, bagi ma -syarakat Surabaya tentu sangatmenyayangkan sikap Rismayang ingin mengundurkan diri.Sebab, selama ini berkat sen-tuhan Risma, Surabaya menga-lami banyak perubahan. Salahsatunya adalah di bidang pen-didikan. Ya, alokasi pendidikanyang diamnil dari APBD sebe-sar 30%. Ini melebihi alokasipen didikan nasional yanghanya 20%.

    Ketika mencermati kinerjaatau sepak terjang WalikotaSurabaya, Tri Rismaharini yangmampu memberikan banyakperubahan bagi kota Surabaya,membuat sebagian besar ma -syarakat di luar kota Subabayairi hati. Memang apa yangdiperlihatkan dan dikerjakanRisma selama menjadi WaliKota begitu nyata. Dan pemim -pin seperti inilah yang menjadiidaman masyarakat ditengahkrisis kepemimpin dan kete-ladanan yang melanda negeriini dalam beberapa tahun be-lakangan ini.

    Di tengah birokrasi masihsyarat korupsi, pemimpin ber -sih, peduli, memberi solusi den-gan terjun langsung dapatmem berikan angin segar atausetidaknya memberitahukan ke -pada kita semua bahwa di In-donesia ini masih ada orangyang tulus mengabdi untuknegeri.

    Dari awal, sejak Risma dilan-tik menjadi Walikota Surabaya,setidaknya terdapat beberapaprestasi yang ia torehkan. Per-tama, menjadikan kota Surabyasebagai kota Bersih. Berlatar be-lakang arsitektur, Risma mulaiterkenal pada 2005 saat menja-bat sebagai Kepala Dinas Keber-sihan dan Pertamanan. Meng-

    u bah Surabaya, yang oleh seo-rang novelis Belanda disebut,ko ta kotor penuh pretensi dankeserakahan menjadi Sparkl -ing Surabaya Surabaya yangbersinar.

    Slogan anti-buang sampahsem barangan memuat Surabayamenjadi pionir kota berwa -wasan lingkungan dan mengin-spirasi warganya. Tahun lalu,Surabaya dinobatkan sebagaikota dengan partisipasi publikterbaik di Asia Pasifik.

    Kedua, merubah tempat pe -la curan menjadi taman kanak-kanak. Dengan arahannya, tem- pat pelacuran diubah jadi tamankanak-kanak, SPBU tua jadi lo -kasi bermain. Bahkan dalam se-buah media, Ibu Risma berceritaterkait pelacuran. Pada suatuhari, ia mengunjungi lokalisasidi kawasan Dolly, bersamaandengan itu ia menemukan seka -ligus mewawancarai PSK yangsudah berumur 60-an. Ketika di-tanya oleh Bu Risma tentangsiapa pelanngannya, PSK terse-but menjawab anak SD atauSMP dan biasanya ia dibayarRp. 1000 s/d Rp. 3000. Sontak,ibu Risma terharu.

    Nah, berangkat dari pengala-man tersebut Ibu Risma me-ngubah tempat pelacuran seba-gai tempat yang lebih berman-faat. Setidaknya, Walikota Sura- baya tersebut sudah menutuplokalisasi di tida tempat.

    Ketiga, tak hanya taman,Risma juga punya program pen-didikan dan kesehatan gratisbagi mereka yang tak berpunya,sembari memangkas inefisiensidalam jajaran birokrasinya. Kitaharus katakan bahwa pemimpinseperti Risma sangat langka dinegeri ini. Namun, kita tidakboleh pesimis. Penulis yaknibah wa keberhasilan Ibu Rismaakan disusul oleh pemimpin-pemimpin lain di negeri ini.

    Warga Surabaya boleh se -nang dan berbangga mempu-nyai Walikota Tri Rismaharini,karena ia banyak memberikanperubahan konkrit bagi KotaPahlawan itu. Meskipun demi -kian tidak lantas segala perso -alan yang ada di Surabaya ter- se lesaikan. Artinya, Surabayamasih butuh sentuhan Risma.Sebab, masih banyak problematau pekerjaan yang harus di-sentuh oleh Walikota khusus-nya.

    Salah satunya adalah menu -tup lokalisasi Dolly. Tak hanyaitu, tantangan yang harus Rismahadapi penataaan Kebun Bina -tang Surabaya (KBS) yang men-jadi pemberitaan media inter- nasional karena hewan-hewandi dalamnya mati secara berun-tun. Wallahu alam bi al-shawab.

    Penulis,Pengajar School of Jurnalistic di

    Monash-Institute dan KetuaUmum Aliansi Penulis Idealis

    (API) IAIN Walisongo Semarang.

    PENDIRI : Ir H Budi SantosoPEMIMPIN UMUM : Irianto Joko MoelyonoPEMIMPIN REDAKSI : Agus Toto WidyatmokoPEMIMPIN PERUSAHAAN : Sarsa Winiarsih SantosoWAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN : Djoko Sutedjo

    REDAKTUR SENIOR: Sosiawan. REDAKTUR PELAKSANA: Budi Sutomo,Achmad Ris Ediyanto. KOORDINATOR LIPUTAN: Heri Suyanto.

    SEKRETARIS REDAKSI: Samsudin Bakrie. REDAKTUR: Eddy Tuhu PW, AdlanHeriyudi, Sosro Margono, Sucito, Kusmiyanto, Didik Saptiyono,

    Aman Ari yan to, Yunan Hidayat, Soetjipto, Wis nu Setiaji, Yanuar Dwi Sarjono, Sunarto, Siti Khajarwati, Rita Hidayati.

    Reporter: Unggul Su bagyo, Sugeng Ariatmojo, Sapto Sari Jati, Felek Wahyu,Jaka Nuswantara, Nurul Wahid, Rusmanto Budi, Ernawaty,

    Agus Umar, Sunardi, Fitria Rahmawati, Arix Ardana. Foto grafer : Weynes Furqon S. Kores ponden Kedu: Tri Budi Hartoyo (Koordi-

    nator), Widyas Cahyono, Ali Subechi. Banyumas: Joko Santoso (Koordinator), Hermiana Englaningtyas, Ady Purwadi.

    Pekalongan : Janti Artati (Koor dina tor), Eko Saputro, Hadi Waluyo, Probo Wirasto. Pati : Wahono (Koordinator), Budi

    Santoso, Ali Bustomi. Surakarta: Tulus Premana (Koordinator), Bagus Atas Adji W, Sutyatmoko W, Suti Hapsoro.

    MANA JER IKLAN/PROMOSI: Heru Djatmiko. MANAJER PEMASARAN: Teguh Slamet Widodo.

    MA NA JER TU: Yetti Ismiyati. MANAJER PENGEMBANGAN SDM: Widiyartono R

    KABAG KEUANGAN: Siti Aisyah. KABAG AKUNTANSI: Dwi Suparno.

    ALAMAT IKLAN - REDAKSI - PEMASARAN :Jl. Pandanaran II/10 Semarang-50241, Telp. (024) 8413528

    Faks (024) 8413001 - [email protected]

    [email protected]@koranwawasan.com

    ALAMAT TATA USAHAKompleks Pertokoan Simpang Lima Blok A/10 Semarang

    Telp.: (024) 8314170 Faks. (024) 8317113

    REKENING BANK :PT Sarana Pariwara Semarang

    BII 2.018.031468 - BANK JATENG 1.034.07578.9CIMB NIAGA 453.0100081.00.0

    PENERBIT :PT Sarana Pariwara Semarang/Anggota SPS.

    IZIN TERBIT : SK Menpen RI No. 027/ SK/Menpen/SIUPP/A7 Tanggal 23 Januari 1986.TERBIT PERDANA : Tanggal 17 Maret 1986

    DICETAK OLEH : PT TEMPRINA MEDIA GRAFIKA SEMARANG

    Kang Waswas

    Alamat pengiriman tulisan opini dan surat pembaca:[email protected]

    Artikel opini maksimal 5.000 karakter dan disertai foto penulis.

    Muhammad Najib

    Warga Surabayaboleh se nang danberbangga mempunyai

    Walikota Tri Rismaharini,

    karena ia banyakmemberikan

    perubahan konkritbagi Kota Pahlawan

    itu. Meskipun demi kian tidaklantas segala

    perso alan yangada di Surabaya

    terse lesaikan.Artinya, Surabaya

    masih butuh sentuhan Risma.

    Sebab, masihbanyak problem

    atau pekerjaanyang harus disentuh

    oleh Walikotakhususnya.

    Senin Pon, 10 Maret 2014

    Surabaya Masih Butuh Risma

    Puan pilih penetapan capres setelah pileg.

    Sekadar menunda atau ada maksud lain ya?

    ***

    Polri tak bisa panggil paksa Boediono.

    Tak bisa dan tak berani sangat tipis bedanya.

    HARAPAN besar publik terhadap penyelesaian kasus me -ga skandal Bank Century tampaknya mulai menemukan titikterang. Setidaknya hal itu tercermin ketika mantan DeputyIV Gubernur Bank Indonesia (BI) Bidang Moneter dan De -visa Budi Mulya, didakwa bersama-sama Boediono, mantanGubernur BI yang kini menjabat Wakil Presiden, terkaitkasus dugaan korupsi pemberian fasilitas pendanaan jangkapen dek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bankga gal berdampak sistemik yang harus diselematkan. Dalamsi dang di Pengadilan Tipikor Jakarta Selatan, Kamis (6/3),jak sa penuntut umum (JPU) pada Komisi PemberantasanKorupsi (KPK) KMS A Roni secara terang-terangan menya -takan bahwa Budi Mulya tidak sendirian.

    Dalam dakwaan setebal 185 halaman yang dibacakanJPU, Boediono selaku Gubernur BI, Miranda S. Goeltomse la ku Deputy Senior Gubernur BI, Siti Chalimah Fadjrijahselaku Deputy Bidang Pengawasan Bank Umum dan Syari -ah, bersama dengan Budi Mulya memutuskan pemberianFPJP kepada Bank Century. Mereka juga disebut ikut dalampenetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampaksis temik. Akibatnya sangat fatal, karena negara dirugikanhingga Rp 689 miliar dalam pemberian FPJP, dan Rp 6,7tri liun untuk penetapan Bank Century sebagai bank gagalberdampak sistemik. Aspek psikologi pasar mereka pilihsebagai alasan paling masuk akal untuk menetapkan BankCentury sebagai bank gagal berdampak sistemik, sehinggaharus diselamatkan.

    Masyarakat sangat berharap kepada Komisi Pembe -rantasan Korupsi (KPK) untuk segera menuntaskan kasusCentury. Bukan saja karena kasus tersebut begitu menyitaperhatian publik, namun juga karena jumlah kerugian negarayang ditimbulkan sangat besar. Dan yang sangat meng -herankan, proses pengucuran dana pun dilakukan dengancara-cara yang menyimpang serta mengakali aturan. Sulitdi bantah bahwa kasus tersebut sangat kental dengannuansa politik. Maka tidak mengherankan jika proses pengu -sutan kasus Century berjalan bak langkah siput dan penuhde ngan drama. Akibatnya, masyarakatpun banyak yang pe -si mistis kasus Bank Century dapat diusut tuntas dengan me -nyeret aktor-aktor besar yang kini berada di panggungke kuasaan.

    Dengan disebutnya nama Boediono di dalam dakwaanhing ga 67 kali, tentu ada makna yang bisa dibaca. Seti -daknya KPK telah membuktikan keseriusannya untuk men -jawab keraguan dan pesimisme masyarakat akan pe- nun tasan kasus Century. Tidak berlebihan jika dari sidangperdana kasus Bank Century dengan terdakwa Budi Mulyatersebut ada secercah harapan akan lahirnya sebuah babakbaru yang akan diikuti dengan babak-babak menarik se -lanjutnya. Tugas yang harus ditunaikan KPK masih sangatberat, karena mulai menyentuh aktor-aktor penting yang ber -ada dan terlindungi oleh kekuasaan. Karena itu, publik harusikut mendorong dan mengawal agar KPK mampu membawasiapa pun yang terlibat ke pengadilan Tipikor. Semoga!

    digali oleh Bapak Bangsa kita, Bung Kar -no? Mengapa kita melupakan dan men-campakkannya? Padahal dalam situasidan kondisi berkebangsaan seperti inilahkita justru sangat membutuhkan Pan-casila. Wahai para pemimpin bangsa,sadarlah dan bertobatlah! Hidupkankem bali Pancasila! Insyaallah, bangsa dannegara Indonesia akan damai dan se-jahtera!

    Moch. Noor KholisSurodadi, Sayung, Demak

    Ganjar menang pilgub Jateng & akan di-lantik sbg Gubernur Jateng sampai 2018.Sbg Gub tdk cuma utk PDIP, tp utksemua. Maka kita berharap, dg jiwa besar& Jiwa Pelopor Ganjar & PDIP maumelepas dari PDIP. PDIP rela melepaskader terbaiknya, sbg persembahan kpdbangsa & negara. Nanti kalau tugas Gu-bernurnya selesai & sehat, boleh kembalilagi di PDIP. Meski itu ketentuan etika. Tpkalau itu terwujut, pasti PDIP akan dike-nang atas jiwa besar & keploporanya6285724457275

    nanik y. mranggen Yth Bpk pimp BTNpeterongan smg.sy kleim asuransi ke-bakaran ma jiwa kok disuruh nngu cair 1th dr pegw asuransi. tolg klo bisa lebihbijak dlm krj samanya6281228999147

    Joko, tanggul mas Smg - jabatan wa-likota semarang kurang 18 bulan. Kalaubp Hendi pingin dipilih lagi, segera atasibanjir dan rob di semarang6281901822560

  • Senin Pon, 10 Maret 2014

    PEKALONGAN - SekolahTinggi Agama Islam Negeri(STAIN) menjalin kerjasamadengan Kolej University Per-guruan Ugama (KUPU) SeriBegawan Brunei Darussalam.Panandatanganan nota ker-jasama secara simbolis dila-kukan oleh Ketua STAIN DrAde Dedi Rohayana MAg de-ngan Rois Doktor Hajah Mas-non binti haji Ibrahim, selakudelegasi Kolej University Per-guruan Ugama Seri BugawanBrunei Darussalam di GedungAuditorium STAIN Pekalo-ngan, Sabtu (8/3).

    Selain penandatanganankerjasama, kehadiran delegasiUniversity Ugama tersebutdalam rangka mengikuti se-minar dengan tema Prospekkajian keislaman pada lem-baga pendidikan Islam di Asiatenggara dan Asia Selatan. Se-bagai narasumber dari pihakKUPU Brunei Dr Adanan binHaji Bashar, dan Prof Dr Abdulkarim, Guru Besar SejarahPeradaban Islam dari UIN Su-nan Kalijaga Yogyakarta.

    Menurut Ade Dedi Roha-yana, nota kerjasama tersebutdiawali dengan kunjungandelegasi STAIN ke KolejUniversity Ugama Seri Bega-wan, akhir tahun 2013. Dankali ini, giliran Kolej Univer-sity berkunjung ke STAIN.Dikatakan, nota kerjasama di-lakukan, sejalan dengan pro-ses pengajuan alih status ke-pada Direktorat Jenderal Pen-didikan Islam KementerianAgama Republik Indonesiadari STAIN Pekalongan men-jadi IAIN Pekalongan.

    Di samping itu, dalamrangka meningkatkan pe-ngembangan kapasitas kelem-bagaan dan kerjasama inter-nasional, kata Ade. Dalampeningkatan kapasitas ke-lembagaan, STAIN Pekalo-ngan telah melakukan pe-ngembangan program studipada strata Sarjana dan Ma-gister. Hingga saat ini, katadia, STAIN Pekalongan telahmemiliki 12 program studipada jenjang D3 dan S1 serta 2program studi pada S2.

    Di samping itu, kerjasamadilakukan dalam rangkamemberikan kesempatan luasbagi pengembangan diri paradosen dalam mengimplemen-tasikan Tri Dharma perguruantinggi, mengetahui sistem pe-ngembangan kapasitas kelem-bagaan dan manajemen inter-nal kampus tersebut. Terma-suk sistem pengembangandan manajemen perpustakaanKUPU.

    Rois Doktor Hajah Masnonbinti Haji Ibrahim menyambutbaik adanya kerjasama antarakampusnya dengan STAINPekalongan. Dikatakan, sela-ma ini kampusnya telah men-cetak guru-guru di Brunei Da-russalam. Dengan adanyakerjasama ini diharapkan bisalebih berkembang, ujar HajahMasnon. Dijelaskan, di KolejUniversity Perguruan Ugama,telah membuka program dok-tor falsafah. Di samping itu,program diploma tinggi, danakan membuka program-pro-gram lainnya.

    SMNetwork/H63-jie

    STAIN Pekalongan Kerjasama Dengan Kolej University

    UNS Wisuda 1.811 SarjanaSOLO - Sebanyak 1.811 sar-jana lulusan Universitas Se-belas Maret (UNS) Surakartadiwisuda Rektor Prof DrRavik Karsidi MS. Acara wi-suda bagi 610 lulusan pro-gram Pasca Sarjana dan 25lulusan program PendidikanDokter Spesialis serta 1.176l u l u s a nprogramSarjanab e r -l a n g -sung diA u d i -toriumU N S ,S a b t u(8/3).

    Pada kesempatan itu, RektorUNS Ravik Karsidi memintake-pada lulusan agar mampuberadaptasi di universitas danberkarya yang sesungguhnyayakni masyarakat. Bekalakademik dan keterampilanyang ditimpa selama berku-liah hendaklah menjadi lan-dasan untuk mengembang-kan diri secara berkesinam-bungan dan berkelanjutan, se-hingga menjadi berguna danbermakna bagi masyarakat,bangsa dan negara, ujar Ra-vik.

    Pembantu Rektor I UNSProf Drs Sutarno MSc PhDdalam laporanya menyebut-

    kan, 609 lulusan programsarjana terdiri atas

    13 lulusan programdoktor yang bera-sal dari enamprogram studi.Selain itu, 597lulusan pro-gram magis-ter dari 26p r o g r a mstudi. Se-d a n g k a n25 lulusanp r o g r a mp e n d i d i -kan dokters p e s i a l i s

    berasal dari tujuh programstudi.

    Sementara 1.176 lulusanprogram sarjana sebanyak 67orang lulusan Fakultas Sastradan Seni Rupa; 358 lulusanFakultas Keguruan dan IlmuPendidikan, 53 lulusan Fa-kultas Hukum dan 126 lulu-san Fakultas Ekonomi.

    Serta 108 lulusan FakultasIlmu Sosial dan Politik, 190lulusan Fakultas Kedokteran,111 lulusan Fakultas Perta-nian, 106 lulusan FakultasTeknik dan 57 lulusan Fa-kultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam.

    Sejak berdiri hingga wi-suda pada hari ini, UNS telahmemiliki 100.510 alumni. Ter-catat sebanyak 8.729 alumnimerupakan lulusan programPascasarjana yang terdiri 100orang program doktor dan8.629 lulusan Program Ma-gister, serta 1.620 diantaraberpredikat cumlaude.

    Sedangkan lulusan dariprogram Pendidikan DokterSpesialis mencapai 337 orang,lulusan Program PendidikanProfensi Akuntansi 197 orang.Sementara alumni dari pro-gram sarjana sebanyak 91.250orang dan 3.683 diantaraberpredikat cumlaude, jelas-nya.

    K-2/jie

    COLOMADU- Para gurumempertanyakan kapan pem-bayaran tunjangan sertifikasibakal direalisasikan. Pasalnyamereka pernah mendapatjanji bila tunjangan itu bakaldi-bayarkan setelah diperiksaoleh Badan Pemeriksa Ke-uangan (BPK). Namun hinggasaat ini, janji itu belum di-realisasikan, padahal paraguru sudah lama mendam-bakannya.

    Salah seorang guru yangbertugas di Kecamatan Colo-madu mengatakan, jangankanuntuk tunjangan sertifikasi ta-hun 2014, yang untuk tahun

    2012 saja masih ada dua bulanyang belum dibayarkanhingga kini. Yakni untuk bu-lan November dan Desember2014. Sebenarnya kapan tun-jangan itu akan dibayarkan,hingga saat ini kami tidakpernah kejelasan dan kepas-tian, kata guru tersebut,sembari meminta agar iden-titas dia tidak disebutkan.

    Guru itu mengatakan, se-lain dua bulan di tahun 2012,yang belum terbayarkanhingga kini adalah rapelansertifikasi dari 2011 ke 2012dan dari 2012 ke 2013. Pi-haknya sendiri sudah berkali-

    kali menanyakan ke DinasPendidikan, Pemuda danOlahraga (Disdikpora) danDinas Pendapatan, Penge-lolaan Keuangan dan AsetDaerah (DPPKAD). Kali te-rakhir kami mendapat jawa-ban kalau masih harus me-nunggu pemeriksaan BPKbaru bisa dibayarkan, namunhingga saat ini belum jelaskapan, tegasnya.

    Sementara itu Kepala Dis-dikpora Karanganyar H SriSuranto ketika ditemui me-ngatakan, untuk tahun 2012memang masih ada dua bulanyang belum dibayarkan. Ka-

    mi sudah melaporkan hal ituke pemerintah pusat, kata-nya ketika ditemui pekan lalu.Sri Suranto mengatakan, pada4 Maret lalu sudah ada perte-muan dengan Badan Penga-was Keuangan dan Pemba-ngunan (BPKP), yang me-lakukan pemeriksaan.

    Dia juga membenarkan bilauntuk tunjangan sertfikasi2012 yang belum dibayarkanmemang tidak boleh diba-yarkan sebelum adanya pe-meriksaan dari BPKP. Pa-dahal saat itu sebenarnya su-dah hampir dibayarkan, teta-pi karena adanya larangan

    itu, maka tidak jadi untukdibayaarkan, terangnya. Diajuga mengaku sudah menan-datangani Surat PerintahPencairan Dana (SP2D) un-tuk memerintahkan Bank Ja-teng untuk melakukan pem-bayaran tunjangan sertifikasi.

    Ketika ditanya tentang ke-mampuan Pemkab memba-yar, mantan guru yang per-nah bertugas di Makassar itumengemukakan bila uangnyaada dan Pemkab sanggupmembayar untuk itu. Uang-nya ada, untuk kebutuhan itusemua sekitar Rp 30 miliar,tandasnya. Sementara Bupati

    Karanganyar Juliyatmonosendiri mengemukakan, paraguru sudah menyampaikankeluhan tentang tunjangansertikasi tersebut.

    untuk pembayaran tun-jangan sertifikasi memangmembutuhkan surat dari BPKatau BPKP yang melakukanpemeriksaan. Kalau untukuang ada sekitar Rp 36 miliaryang tersimpan di kas daerah.Kalau ada bunganya itudicatat dan tidak bisa disalah-gunakan karena masuk ke kasdaerah, katanya ketika diGondangrejo, belum lamaini. SMNetwork/H53-jie

    Tunjangan Sertikasi Guru Dipertanyakan

    KERJASAMA : Ketua STAIN Pekalongan Dr Ade Dedi Rohayana MAg didampingi unsur pimpinan,menyerahkan dokumen kerjasama kepada delegasi Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri BegawanBrunei Darussalam dipimpin Rois Doktor Hajah Masnon binti haji Ibrahim, usai penandatanganan notakerjasama. Foto: SMNetwork/Kuswandi

    JEPARA - Kegiatan OrientasiAkademik (KOA) digelar Unis-nu (Universitas Islam NahdatulUlama) Jepara, Sabtu (8/3).Kegiatan ini dilakukan sebagaibagian untuk meningkatkankualifikasi akademik para dosenpendidik di lingkungan Unisnu.Kegiatan yang digelar di Ge-dung Fakultas Dawah Lantai IIItersebut menghadirkan Di-rektur Pendidik dan Tenaga Ke-pendidikan Dirjen Dikti, ProfDr Supriyadi Rustad MSi.

    Rektor Unisnu, Prof Muh-tarom menyatakan, Unisnuyang baru berumur satu se-tengah tahun, jelas perlu ba-nyak berbenah dan memer-lukan banyak bimbingan dariDirjen Dikti, Kopertis dan se-luruh stakeholder yang ada.

    Kehadiran Supriyadi Rustaddiharapkan bisa menjadi mediasharing bersama seluruh unsurcivitas akademika, untuk bisabelajar lebih baik lagi.

    Ini adalah kesempatan ba-giseluruh civitas akademika Unis-nu untuk mendapatkan ber-bagai masukan untuk me-ngembankan Unisnu. Kita ma-sih perlu banyak belajar untukbisa menjadi lebih baik danberguna bagi masyarakat,ujarnya;

    Sementara itu, SupriyadiRustad dalam materinya Je-para Pernah Jaya Pada Masa-nya, mendorong agar Jeparabisa kembali mendapatkan ke-jayaannya. Konstruksi pendi-dikan di Indonesia menurutnyaperlu didukung dengan ele-

    menelemen yang bersinergi.Untuk bisa, diperlukan SDMdosen-dosen yang hebat.

    Selanjutnya pihaknya ber-janji akan membantu penye-diaan dosen-dosen muda yangsudah disekolahkan Dikti keluar negeri untuk bisa mengajardi Unisnu. Selain itu, pihaknyajuga berjanji akan mengusa-hakan agar Dikti bisa menye-diakan beasiswa S-2 dan S-3untuk dosen Unisnu baik didalam maupun luar negeri.

    Kami akan membantu mem-besarkan Unisnu, karena me-mang layak dan pantas menjadibesar. Unisnu layak untuk bisamenjadi besar seperti UGM,Undip, Unnes atau perguruantinggi yang sudah maju lain-nya, tegas Supriyadi. dis-jie

    20.026 Siswa Peroleh Beasiswa

    Direktur Pendidikan Seko-lah Menengah Atas Kemen-dikbud Ashari Iskandar PhDdalam sambutannya menga-takan, Kriteria BSM untuk ta-hun ini yaitu pemegang kartu

    pendidikan sosial (KPS) . Bagipenerima tahun 2013 akan oto-matis mendapatkan BSM lagidi 2014. Bagi pemegang KPStetapi belum sempat masukdalam daftar BSM, dipastikan

    tahun 2014 akan mendapat.Selain itu, siswa dari keluargaKPH juga berhak untuk men-dapatkan.Berikutnya adalahsiswa yang yatim/piatu sertadari panti sosiL.

    BSM tahun 2014 besaran-nya mengalami peningkatandibandingkan sebelumnya. Se-bagai gambaran pada tahun2013 siswa SD menerima Rp360 ribu/siswa/tahun, makauntuk tahun 2014 mereka akanmenerima Rp 450 ribu. UntukSMP mulai tahun 2014 akanmenerima Rp 750 ribu/siswa/tahun dari sebelumnya Rp 560ribu. Sedangkan untup pelajarSMA/SMK besaran bantuanmasih tetap Rp 1 juta. Untukmahasiswa Bidikmisi jumlah-

    nya Rp 12 juta/ ahun. Jadi ka-lau penerima BSM masuk keperguruan tinggi dan kuliah-nya gratis juga dapat uangsaku.

    Karena itu kepada siswahendaknya sekolah setinggimungkin, belajar dan beriba-dah rajin. Program BSM sudahdisediakan hingga jenjang S3.Kepada pemda dihimbau me-lanjutkan program silver dangold serta kalau perlu mem-perbesar cakupannya. Sayayakin BSM akan tetap berjalansiapapun presidennya. Hal de-mikian terjadi karena tiada laindari doanya orang yang ku-rang mampu, yatim piatu ke-pada Allah SWT, tegasnya.

    Masih dalam kesempatan

    sama anggota BPK RI RizalDjalil dalam sambutannya me-nyatakan sepakat tidak me-nyebut BSM sebagai bantuansiswa miskin melainkan bea-siswa untuk maju. Bantuanyang diberikan merupakan im-plementasi daripada sila ke li-ma dalam Pancasila. Payungkonstitusi dan filosofinya su-dah ada, hanya saja baru se-karang teringat pada hal yangmendesak, jelasnya.

    Sementara itu AnggotaKomisi I DPR-RI Puan Maha-rani ketika menyampaikansambutan menyatakan, melihatUUD pasal 31 ayat 1 jelas ter-tulis menyatakan, pendidikanadalah hak setiap warga ne-gara. Untuk itu pihaknya akan

    terus mendukung programbeasiswa untuk maju bukanbeasiswa untuk siswa miskin.Karena nantinya kayaknyaakan ada capnya. Mau pinterada capnya kok miskin. Pada-hal kita sebagai bangsa haruspunya harga diri bahwa hak itumemang diberikan negara,jelasnya.

    Pihaknya berjanji akan tetapmemperjuangkan program iniuntuk seluruh warga negaraIndonesia . Juga memperjuang-kan program yang sama untuksiswa maju bukan siswa mis-kin karena memang kewajibannegara untuk memberikanpendidikan kepada seluruhrakyat.

    K2-skh

    SOLO- Sebanyak 20.026 siswa di Kota Surakartamemperoleh bantuan siswa miskin (BSM) dariKementrian Pendidikan dan Kebudayaan(Kemendikbud). Penyerahan bantuan bantuanbernilai total Rp 11.768.100.000 bagi siswa SD,SMP dan SMA/SMK diserahkan DirekturPendidikan Sekolah Menengah AtasKemendikbud Ashari Iskandar PhD kepadaWalikota Surakarta dalam suatu acara di Solo,baru-baru ini.

    Unisnu Gelar OrientasiAkademik untuk Dosen

    Ravik Karsidi

    STIS Gelar Wisuda Perdana KEBUMEN - Sekolah TinggiIlmu Syariah (STIS) Kebumenmenggelar wisuda perdana diGedung Juang 45 Kebumen,Sabtu (8/3) lalu. Wisuda yangdiikuti sebanyak 40 maha-siswaitu diisi orasi ilmiah dari Ka-puslitbang Kehidupan Keaga-maan Badan Litbang dan DiklatKementrian Agama RI Prof DrPhil HM Nur Kholis Setiawan.

    Terpilih sebagai wisudawan

    terbaik Tri Septiawati dariprogram studi (prodi) AhwalAs-Syahsiyah dan Muhanif,dari Prodi Muamalah. Prosesiwisuda berlangsung khitmad.Kabid Dikmen pada DinasPemuda dan Olahraga (Dik-pora) Kabupaten KebumenSudirman menuturkan, Allahakan meningkatkan derajatorang-orang yang berilmu.Karena itu, pihaknya meminta

    agar para wisudawan terusmeningkatkan ilmunya ken-dati sudah menyandang gelarsarjana. Ijazah itu hanya labelsaja, kata Sudirman.

    Lebih lanjut, keberhasilanseseorang itu ditunjang olehempat komponen yakni modal10 persen, kecerdasan 20 per-sen human relation 30 persen,dan akhlak mulia 40 persen.

    SMNetwork/K5-jie

  • Senin Pon, 10 Maret 2014

    MEMUKAU: Penampilan Tantri (kanan) dan Chua memukau Sahabat Kotak di E-Plaza, Minggu (9/3). Foto: Felek Wahyu

    Curhat Soal Izin Konser

    Dengan kolaborasi apikbersama bassist cantik Chua,Tantri yang mengenakanjaket jeans tanpa lengan,tidak saja menampilkantembang berirama keras.Namun, beberpa lagubernuansa slow pundipersembahkan untukSahabat Kotak.

    Kita berbangga bisa

    tampil di Semarang. Ini yangkesekian kali kita diSemarang, teriak vokalisyang punya nama panjangTantri Syalindri Ichlasari itu.Yang lebih membahagiakan,pengganti Pare, mengaku ditahun pemilu 2014 ini, izinkonser sangat sulit.Karenanya, untuk clubbersSemarang diberikan

    penampilan khusus yangjarang ditunjukkan padakonser out door. Tahunpolitik sangat sulit izinkonser. Karenanya, kitaberterima kasih bisa bertemusahabat Kota di E-Plaza,teriaknya.

    Band yang terbentuk dariThe Dream Band ini, mulaimenyapa penggemar pukul00.00. Dimana, Tantri (vocal),Chela (gitar), dan Chua (bas)tidak saja menampilkanpermainan musik yang apik,namunjuga menampilkanatraksi yang tentu membuatpenonton terbuai danmengikuti aksi mereka.

    Seperti saat diiringilantunan kerasgitar Chela,Tantri

    menyuguhkan lagu SelaluCinta, clubbers yang sedari tadikoor mulai berjingkraksembari tetap melantunkantembang bertema cinta yangsedang didendangkan vokalisdi atas panggung. Kendatidalam dari awal penampilakoor Sahabat Kotak sudahterdengar, namun, barumenjelang penampilan laguBeraksi yang diposisikansebagai lagu penutup hysteriapengunjung terasamemuncak. Selain apikmenjadi backing vocal, Chuayang bernama asli SwastiSabdastantri di posisi bassyang mengenakan bajubergambar mawar makin

    diberondong teriakan ILove You dari

    penggemar karenaaktrasi gitarnyayangmemukau.

    lek-jie

    LUMAYAN lama wajah cantik MarissaNasution menghilang dari hiruk pikuk duniahiburan, ternyata diam-diam ia disibukasuting film terbarunya 99 Cahaya di LangitEropa Part 1. Lantaran perannya lumayanberat, karena Marissa dituntut harus piawaidalam berbahasa Jerman. Kesulitannya ya,soal lafal Jerman. Makanya saya harusbelajar keras, ini yang membuat saya tidakbisa menerima tawaran pekerjaan lain. Jadikesannya saya menghilang, padahal lagisibuk syuting, cetus Marissa di Jakarta,Minggu (9/3).

    Berperan sebagai Maria, oleh sangsutradara, Marissa diwajibkan bisa bicaraceplas-ceplos. Dalam peran ini Marissadigambarkan lahir di Jakarta kemudianmenghabiskan masa kecilnya di Jerman.Maria diceritakan warga lokal yang jugakuliah bersama Rangga (AbimanaAryasatya), Stephan (Nino Fernandez) danKhan (Alex Abbad).

    Saya tidak menemui banyak kesulitanselama syuting film, Semua adeganberkesan, terlebih jadi wanita penggoda,seru aja ujar dara kelahiran Jakarta, 8Februari 1986 ini.

    Selama dua minggu syuting film 99Cahaya di Langit Eropa, Marissa juga begitumenikmatinya. Meski cuacanya dingin saatsyuting di Wina, Austria, Marissa bisaberadaptasi dengan cepat. Saya besar diJerman. Nggak susah untuk adaptasi. Dulupernah terbiasa di sini, jadi tidak adakendala apa pun, tandas bintang film GetMerried 2 ini.

    Ketika ditanya soal pilihan karier, antaraakting dan menjadi presenter, dengan tegasMarisa lebih menyukai dunia presenter.Saya lebih suka presenter, karena itucomfort zone saya. Dari awal saya panduacara musik, dan sekarang acara gosip.Saya lebih nyaman di dunia presenter,pungkas Marrisa. Buyil-jie

    Nyaman di DuniaPresenter

    Hari Musik IngatkanPembajakan LaguDALAM rangka memperingati Hari Musik Nasional (HMN)yang jatuh pada 9 Maret , Persatuan Artis Penyanyi PenciptaLagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) bersamaKemenparekraf gelar perayaan Hari Musik Nasional 2014. Danuntuk menunjukkan HMN yang bertepatan dengan harilahirnya komposer WR Supratman itu, dipusatkan di TamanMini Indonesia Indah (TMII) pada Minggu (9/3) pagi hinggasore.

    Seperti dijelaskan Ketua PAPPRI Tantowi Yahya, didampingipengurus lain seperti Iga Mawarni dan Tika Bisono, pengiatmusik di Indonesia patut berbangga hati setelah Pemerintahmengeluarkan Keppres 9 Maret 2013, yang menentukankelahiran WR Supratman sebagai Hari Musik. Perayaan HMNdipusatkan di TMII, di mana 33 anjungan di sana menampilkanmusik asli daerahnya masing-masing.

    Dikatakan dia, peringatan HMN merupakan momentumyang tepat untuk kembali mengingatkan publik akan bahayanyapembajakan karya lagu pencipta dan seniman musik Indonesiayang mencapai 90 persen.

    Sementara itu, memperingati HMN, dan untuk mendorongperkembangan musik Indonesia, Kementerian Pariwisata danEkonomi Kreatif memberikan penghargaan kepada tokoh musikdi Tanah Air.

    Pada tahun ini, penghargaan diberikan kepada 7 tokohmusik. Mereka diantaranya adalah Chrismansyah Rahadi(Chrisye) sebagai penyanyi, Djauhar Zaharsjah Fachrudin Roesli(Harry Roesli) sebagai komponis, Nano Suratno (Nano S)sebagai pencipta lagu, Addie Muljadi Sumaatmadja (Addie MS)sebagai musisi, Pono Banoe sebagai pendidik musik dan FransSartono sebagai pemerhati musik. Buyil-jie

    Anggota PAPPRI berfoto bersama. Foto: Buyil

    Album Kawanku, KolaborasiMusisi Legendaris MUSISI sekaligus pencipta lagu, Egon kembali hadirmewarnai industri musik Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung, pria berambut panjang ini menggandeng paramusisi legendaris Indonesia seperti Oddie Agam (vokal),Addie MS (piano dan orkestra), Gugun Gugun BluesShelter (gitar), Achmad Albar God bless (vokal), IanAntono God Bless (gitar) dan Deddy Dhukun (vokal).

    Album bertajuk Kawanku yang diluncurkan pada 22Januari lalu di Jakarta tersebut menghadirkan sebelas lagu,seperti Bilakah, Kamu Memang Cantik, Kawanku, Rindu Selalu,Rahasia, Ayo Pergi, Waktu, Jangan, Aku Cinta Padamu, Biarlahdan Aku Harus Jadi Superstar.

    Dengan hadirnya para musisi dari berbagai genre musikini tentunya melahirkan sebuah musik yang unik dan fresh,mulai dari pop, rock, blues, sampai orkestra. Namun kalauditanya jenis musik yang kita bawakan, saya bisa sebutkankita lebih Rock N Blues, terang Egon saat tur promo albumdi Semarang, Sabtu (8/3).

    Dirinya menambahkan album tersebut bisa dibilangproyek ini idealisme bermusik para musisi yang tergabungdidalamnya. Lirik di album ini tidak hanya menceritakantentang cinta namun Egon dan kawan kawan juga berusahamenyampaikan lirik tentang kehidupan dan persahabatan.Walau masih membawakan lagu lama tetapi tidak membuatpara pendengar bosan karna dengan arransmen Rock N Bluesmenjadi terdengar lebih fresh dan unik dengan sentuhanorkestra dari Addie MS.

    Proyek musik ini memang terbentuk dari pertemanan danmengesampingkan komersialitas dengan tidak memikirkanselera pasar, namun dengan pengalaman para personilnyadalam bermusik membuat musikalitas dari album ini tidakterdengar asal asalan, tambah Egon. Deddy Dhukun sertaOdde Agam yang turut hadir dalam promo album tersebutjuga mendukung pernyataan Egon.

    rix-jie

    LUNCURKAN Musisi Egon, Deddy Dhukun serta Oddie Agamsaat promo album mereka Kawanku di Semarang, Sabtu (8/3).Selain itu turut hadir penyanyi Reka - Rela yang juga meluncurkanalbum Tanda-Tanda Cinta milik mereka. Foto Arixc Ardana

    AKSI nakal Tantri kembalimengguncang Semarang. Vokalis bandkenamaan Kotak dengan aksi lincahberpadu suara keras karakter rockmembuat ratusan Sahabat Kotak danclubbers yang memadati E-Lounge, E-Plaza Semarang, tetap berjingkrakkendati waktu menunjukan Minggu(9/3) dini hari.

    Foto: BuyilMarissa Nasution

  • SEMARANG - Buntut tawur -an kakak beradik yang mene -waskan Susanto (40) wargaJa lan Cerme, Lampersari, Se-ma rang Selatan, menyeret Su -silo (42) ke jeruji tahananPol sek Semarang Selatan. Su si -lo diduga menghabisi nyawaadik nya Susanto.

    Kapolsek Semarang Selatan,Kompol Wahyuni Sri Lestaridi dampingi Kanit ReskrimAKP Hengky kepada Wawasan,Minggu (9/3) mengungkap-kan, Susilo ditahan sesaat sete-lah berkelahi dengan adiknyasen diri di depan rumah JalanCer me, Lampersari, Jumat(7/3) malam. Susilo dibawa keM apolsek Semarang Selatanoleh sejumlah anggota polisida ri unit Rekrm Polsek Sema-rang Selatan menggunakanmo bil hitam. Sudah kami te -

    tap kan sebagai tersangka. Un -sur pidana umumnya sudahter penuhi dan saat ini sudahka mi lakukan penahanan,ungkapnya.

    Kom pol Wahyuni menam-bah kan, kendati dalam kete-rangan sementara terungkapSu silo melakukan pemukulanka rena berusaha menyelamat -kan sang ayah, namun penahan -an tetap dilakukan guna keper -luan proses penyelidikan ter kaitkasus yang menimpa Su santo.Kami akan lidik, masuk nya pi-dana umum, tambah nya.

    Selain meminta keterangandari pelaku, tim Reskrim jugame lakukan pemanggilan sejum-lah saksi yang melihat seca ralangsung perkelahian yang me-narik perhatian warga Lamper-sari geger karena dilakukan dipertigaan jalan. lek/m12-yan

    Mengenang .....

    (Sambungan hlm 1)

    dimaksudkan sebagai salah sa tu cara penyampaian pesanme ngenai lingkungan kepadama syarakat agar sungai menjadi bersih.

    Artinya meminta kepadama syarakat untuk tidak membuang sampah ataupun limbahru mah tangga ke sungai. Kare na sungai itu bukan toilet atautempat pembuangan. Pesande mikian harus terus menerusdisampaikan agar menumbuhkan kesadaran pada diri masyarakat, ungkap Parsik.

    KejayaanKepala Dinas Kebudayaan

    dan Pariwisata (Disbudpar) Ko ta Surakarta Eni Tyasni Susa na, mengatakan kegiatan iniru tin setiap tahun bertujuan sebagai ajang promosi wisata dikota Solo. Sekaligus mengenang kejayaan perairan sungaiB engawan Solo di masa lampau. Ketika itu, Bengawan Solomerupakan urat nadi transportasi di Solo Raya hingga keGre sik Jawa Timur.

    Walikota Surakarta FX HadiRu dyatmo yang ikut dalam festi val tersebut mengatakan, kegiat an ini diharapkan dapatmem bangkitkan ekonomi kerak yatan di wilayah setempat.Melihat antusiasme kabupatendi seputar kota Surakarta danPemerintah Prov Jateng, tidaktertutup kemungkinan BSGFakan diubah menjadi lomba gethek pada tahun depan. Penyelenggaraan BSGF diharapkannjuga bisa memberikan dorong an kepada masyarakat untuk

    te tap menjaga kondisi sungaibe bas dari sampah.

    Kehadiran Bengawan Solodi masa lalu menurut seja ra wan MT Arifin, menjadikan Solodikenal sebagai kota yang didirikan masyarakat buaya putih.Berdasarkan penelitian sarjanaBarat yang dimaksud masyarakat Buaya Putih adalah masyarakat yang mengandalkan ke hidupannya dari penguasaaanperdagangan pasar dan transpor tasi sungai serta darat. Bu kan dari hasil pertanian/ agra ris. Kemunculan kota Solo sebagai pusat perdagangan padazaman Majapahit tertera pra sasti saat kerajaan dipimpinHa yamwuruk.

    Penyebutan Bengawan Solobukan Kali Solo didasarkan ataspiagam Dyah Balitung terha daptambangan Telang di Wo nogiritahun 903 yang menye butkanBengawan Solo sebagai SangHyang Mahawan. La ma kelamaan sebutan Sang Hyang Mahawan dilafalkan men jadi Benga wan yang kedu dukannyadi kaitkan dengan fungsi DarmaKamulan. Benga wan Solo dikenal masyarakat se telah ditulisBupati Bojonego ro R Adipati Ar ya Reksakusuma (1916) dansungai yang ada menggabungkan 11 aliran sungai dan mengalir melewati 12 kabupaten kota.

    Panjang alirannya dari kotaSolo hingga Gresik tak kurang356 mil atau sekitar 634 Km.Hulu bengawan berasal dari tebing tenggara pegunungan Se wu yakni dataran tinggi Dlepihdi Wonogiri yang kakinya dikita ri hutan pilang putih dan diling kari 11 gunung kecil danmua ranya di kali Wuning ,Tenggar . Bagus Adji Wyan

    Senin Pon, 10 Maret 2014

    Diduga .....

    (Sambungan hlm 1)

    di Thailand. Weiss tidak akanmengonfirmasi identitas, mes kipun situs web Inggris DailyMir ror menamainya sebagaiChristan Kozel.

    Ketika sanggahan itu mun cul, CNN segera me wa wan carai seorang pejabat intelijenAS. Pejabat itu mengatakan su dah mendengar laporan ten tang hilangnya paspor duaorang karena dicuri dan di gu nakan oleh penumpang Ma lay sia Airlines. Namun pejabat itumengaku belum menemukanindikasi terorisme. Belum adahubungan dengan terorisme.Wa laupun itu tidak berarti de finitif. Kami masih melacak, ka ta pejabat intelijen AS itu ke pada CNN.

    N ew York Time pun me ra mai kan isu ini dengan me waw an carai pejabat senior in telijen Amerika Serikat. Pejabatitu mengatakan lembaga pe ne gak hukum dan intelijen sedangmenyelidiki masalah ini. Na mun, kata dia, sejauh ini me reka tidak memiliki petunjuk .Pada saat ini, kami belummeng identifikasi ini sebagaiaksi terorisme, kata pejabat itu,yang berbicara tentang kondisianonimitas karena penyelidikanterus dilakukan.

    Soal isu terorisme ini, Ke pala Eksekutif Malaysia Air li nes, Ahmad Jauhari Yahya, ke pada wartawan di Bandara In ternasional Kuala Lumpur padaSabtu malam mengatakan tidakmengesampingkan masalahapa pun. Sejauh yang kami ke ta hui sekarang, itu hanya la poran.

    Terekam CCTVDua penumpang Malaysia

    Airlines dalam manifes me ma kai paspor curian milik LuigiMa ladi dari Italia dan ChristianKo zel dari Austria. Dua pe num pang itu terekam dalam CCTVdi Kuala Lumpur InternationalAirport (KLIA).

    Hanya ada 2 penumpangyang terekam dalam pesawatini dengan paspor palsu, dankami memiliki rekaman CCTVpenumpang itu mulai dari checkin, hingga titik keberangkatan,kata Dirjen Penerbangan SipilMalaysia Datuk AzharuddinAbdul Rahman dalam jumpapers di Hotel Sama Sama, Se pang, Malaysia, Minggu (9/3).D an rekaman CCTV ini s e ka rang diinvestigasi, imbuh Az ha ruddin.

    Otoritas Malaysia menga ta kan ada 4 penumpang dar i totalmanifes penumpang MalaysiaAirl ines yang sedang di inv estigasi oleh badan intelijen.Malaysia juga akan memeriksaCCTV bandara di mana pe sa wat Malaysia Airlines MH 370itu terbang.

    Departemen PenerbanganSipil akan memeriksa KLIAterkait adanya dua penumpangMH 370 dengan paspor palsu,demikian disampaikan dalambreaking news kantor beritaMalaysia, Bernama, Minggu(9/ 3).

    Berbalik ArahSementara itu, Menteri Per

    hu bungan Malaysia Hi sh ammuddin Hussein me n ga ta kandia belum mengetahui laporanlengkap detikdetik hilangnyape sawat Malaysia AirlinesMH370. Namun radar militerme nemukan bukti pesawat ber

    ba lik ke arah bandar udara in ter nasional di Ibu Kota KualaLumpur namun pilot tidak me lapor.

    Situs the Malaysian Insiderme laporkan, Ahad (9/3),panglima angkatan udara Ne geri Jiran Jenderal Tan Sri Da tuk Sri Rodzali Daud meng klaim pihaknya mendapat sinyalpesawat berpenumpang 239orang itu menukik balik ke arahban dara. Kami memiliki re kam an dan mendapati terjadike mungkinan pesawat kembalike Kuala Lumpur, ujar Rodzalidalam jumpa pers.

    Pihaknya bersama denganpe merintah mencoba me nye lidiki kasus ini. Mereka juga be kerja sama dengan dinas per hubungan antar bangsa.

    Hal ini menambah ke ce mas an maskapai lantaran kasus hil angnya pesawat belum pernahterjadi. Pilot berbalik arah tentuberarti ada bahaya hingga tidakmeneruskan perjalanan.

    Biasanya setelah keputusanbalik dibuat mereka melapor kemenara kawalan perjalananuda ra. Namun laporan ini tidakper nah ada. Demikian di sam paikan Direktur Eksekutif Ma laysia Airlines Ahmad JauhariYahya.

    FBI TurunSejumlah negara terus ber

    samasama melakukan pen carian terhadap pesawatBoeing 777200 yang hilang ini.Setidaknya enam negara yaituMalaysia, Filipina, Singapura,Vietnam, Cina, dan AmerikaSerikat kompak mengerahkankekuatan untuk mencari pe sa wat canggih buatan AS ter sebut.

    Keenam negara itu sepakat

    untuk melakukan bantuan da rurat. Cina bersedia mem be ri kan bantuan untuk evakuasipe numpang jika pesawat telahdi temukan. Sedangkan Vietn am juga sudah menyiapkan timSAR dan pesawat untuk me la ku kan pencarian.

    Pemerintah Filipina jugatelah menyiapkan pesawat C130 Hercules milik AngkatanBersenjata Filipina, termasukpasukan Angkatan Laut danpesawat pengintai ke perairanLaut Cina Selatan. Pencariandilakukan di wilayah jalur per airan di wilayah Palawan.

    Sementara pemerintah Thai land juga bersiap mengerahkantiga kapal perangnya dan satupe sawat untuk membantu pen carian dan evakuasi korban.Na mun hingga kini statusnyama sih siaga dan masih me nung gu koordinasi dari p em e rintah Malaysia.

    Pemerintah Amerika Serikat(AS) mengirimkan Biro In ves tigasi Federal (FBI) untuk mem bantu penyelidikan hilangnya pe sawat. Keikutsertaan tim FBI inikarena ada warga AS yang ikutdalam penerbangan ter se but.

    Seorang pejabat lembagape negak hukum di Washingtonmengatakan, seorang bayi ikutbersama tiga orang warga AS.Kemungkinan besar bayi ter sebut juga merupakan wargane gara AS, kata pejabat pe negak hukum tersebut yangenggan disebutkan namanya,seperti dikutip dari The Star,Minggu (9/3).

    Ini memberi kita hidanganuntuk kasus ini. Penyelidikan(FBI) baru saja dimulai. Namunsejauh ini apa yang terjadiadalah sebuah misteri, tam bahnya. vvn/dtc/ant/yan

    Pembunuh Susanto Ditahan

    MALANG - Hampir semuawar ga yang tinggal di MalangRaya merasakan dampak darigempa berkekuatan 5,4 SkalaRichter (SR). Gempa terjadi pu -kul 20.42 WIB.

    Semuanya memilih keluarrumah untuk menyelamatkandiri. Seperti yang terjadi di ka-wasan Perum Sawojajar I, Ke-ca matan Kedungkandang, Ko -ta Malang. Warga mayoritaspe rempuan berlarian ke luarru mah. Ada gempa, ucap Ri-na wati warga tengah berdiridepan rumahnya.

    Rinawati (45), bersama war -ga lain tampak gelisah denganguncangan gempa yang dirasa-kan. Tadi pas nonton televisi,sambungnya.

    Badan PenanggulanganBen cana Daerah (BPBD) Kabu-pa ten Malang masih mencariadanya kerusakan atau korbandari dua gempa yang terjadi.Masih cari informasi ini, se-mentara belum terima laporan

    adanya kerusakan atau kor-ban, jelas Kepala BPBD Kabu-pa ten Malang Hafie Lutfi,Minggu (9/3).

    Menurut dia, gempa yangte rjadi cukup meng kha wa tir -kan, karena memiliki kedala-man hanya 10 kilometer de -ngan lokasi di Kabupaten Ma- lang bagian tenggara Hampirseluruh wilayah di pesisir pan-tai selatan sedang kita telusuriuntuk adanya dampak darigempa tadi, ungkapnya.

    Dia membeberkan, gempapas tinya sangat dirasakan c u -kup kuat bagi warga tinggal diwilayah Ampelgading, Sum-bermanjing Wetan, Turen, Ban-tur, hingga Donomulyo. Kamisedang bekerja untuk menggaliinformasi sebanyak-banyak-nya.

    Gempa terjadi pada pukul20.42 WIB dengan kedalaman10 kilometer. posisi gempa ber-ada di 115 km tenggara Kabu-pa teng Malang. dtc-yan

    Gempa 5,4 SR Guncang Malang

    Kalau Jokowi akan di ca -pres kan, suara PDIP akan naikdan itu sudah dibuktikan be be -rapa survei, ujar direktur pe -ne litian Saiful Mujani Researchand Consulting, Djayadi Ha -nan, di Hotel Sari Pan Pacific, JlMH Thamrin, Jakarta Pusat,Minggu (9/3).

    Djayadi menduga, Jokowise ngaja disimpan oleh PDIP diakhir waktu kampanye. Hal initen tu saja bisa merusak ske na -rio yang telah dibuat partailain. Memang PDIP akan me -nge luarkan di ujung menjelangakhir kampanye. Jokowi ada -

    lah kartu truf PDIP, jelasnya.Pendeklarasian Jokowi di

    akhir waktu kampanye tentubu kan tanpa alasan. PDIP tidakingin konflik internal antara ka -der pro Megawati dan pro Jo -ko wi terlihat di publik se hing-ga mempengaruhi suara partai.Lebih baik dibuka di ujung,kalau Jokowi dibuka sekarangkonflik internal bisa terlihatpublik, tutur Djayadi.

    Kalau mereka mau menangbe sar, Jokowi harus di de kla ra -si kan. Sangat tidak rasional ka -lau tidak menggunakan ke sem-patan itu, tegasnya.

    PDIP juga akan men da pat -kan profit lain selain menangbe sar di Pileg jika me n de kla ra -sikan Jokowi sebagai capres diakhir masa kampanye. Jokowidi yakini akan langsung me -lenggang dengan lancar me nu -ju Istana. Satu putaran, baikitu capres atau cawapres tetapsa tu putaran. Bisa menang diatas 60 persen, ungkap Dja -yadi.

    DeklarasiSementara itu relawan Jo -

    kowi yang mendeklarasikandiri semakin meluas. Ratusanorang dari berbagai elemenma syarakat, Minggu (9/3)men deklarasikan gerakan MasBejo (Banyumas Berjuang Un -tuk Jokowi) yang siap me -ngantarkan Jokowi ke kursipre siden.

    Ketua Panitia deklarasi, Su -herman menyatakan, banyak

    sekali aspirasi masyarakat yangma suk dan menginginkan Jo -kowi untuk menjadi calon pre -si den, sehingga pihaknya ter -ge rak untu mem prakarsainya.Pencalonan Jokowi sebagaipre siden ini sudah menjadihar ga mati dan banyak ma sya -ra kat yang mendukung, se -hing ga kita melakukan de -klarasi ini. Semoga aspirasi dariberbagai daerah ini menjadimasukan bagi DPP PDIP dalammenentukan capres, tuturnya.

    Koordinator gerakan du -kung Jokowi di Solo, Setya Bu -di yang juga hadir dalam acaratersebut mengatakan, saat inisudah terbentuk gerakan du -kung Jokowi sebagai capres pa -da 14 kabupaten/kota di JawaTengah. Pihaknya men tar get -kan gerakan ini akan terbentukpa da 35 kabupaten/kota yangada di Jateng.

    dtc/hef-yan

    DEKLARASI : Aliansi masyarakatBanyumas yang terdiridari berbagai elemen,Minggu (9/3)mendeklarasikangerakan Mas Bejo(Banyumas BerjuangUntuk Jokowi) sebagaicalon presiden. Foto: Hermiana EEffendi-yan

    JAKARTA - Nama Joko Widodo menjadisemacam senjata pamungkas untuk PDIP. JikaJokowi dideklarasikan sebagai capres sebelumpemilu digelar, maka PDIP diprediksi akanmenang besar dan Jokowi melenggang mulus keIstana Negara dalam satu putaran Pilpres.

    TNI ..... (Sambungan hlm 1)

    katan Udara Malaysia mengenai objek yang tidak dikenal kearah barat laut. Namun, inisemua baru dugaan ya. Karenasebelumnya sempat disampaikan bahwa pesawat MalaysiaAirlines diketahui memutar balikke arah kiri menuju bandaratempat lepas landas, ujar Untung.

    Indonesia bergabung dengan lima negara lainnya yakni

    China, Vietnam, Singapura, Filipina dan Amerika Serikat, yangsudah lebih dulu diterjukan kelokasi untuk mencari pesawatyang memuat 227 penumpangdan 12 kru.

    AS sendiri seperti menurunkan kapal perang penghancurkelas Arleigh Burke mereka keperairan Vietnam untuk membantu pencarian . Misi pencarian itu juga melibatkan pe sawat tempur, kapal fregat dankapal selam. vvnyan

    Dua .....

    (Sambungan hlm 1)

    nyatakan keduanya terbuktimelanggar Pasal 3 Jo Pasal 18Un dangundang nomor 31tahun 1999 yang telah ditambahkan dalam UU nomor 20tahun 2001 tentang pembrantasan korupsi Jo pasal 55 ayat(1) ke1 KUHP. Mereka divonissatu tahun penjara.

    Atas vonis itu, jaksa mengajukan upaya banding. OlehPengadilan Tinggi (PT) Jatengyang memeriksa, dalam putus

    annya menguatkan vonis Pengadilan Tipikor Semarang.

    Jaksa yang sebelumnya me nuntut kedua terdakwa denganpidana tujuh tahun penjara danpidana denda Rp50 juta subsidair tiga bulan kurungan danuang pengganti Rp230 juta,lalu mengajukan upaya kasasi.Namun putusan mengejutkandijatuhkan MA yang mengadilisendiri perkara itu. MA membatalkan putusan sebelumnyadan membebaskan kedua terdakwa.

    Setahun DipenjaraDalam pemeriksaan perkara

    itu, kedua terdakwa mengakusudah menjalani setahun lebihmendekam di balik jeruji besiLapas Kedungpane Semarang.

    Awalnya disel di Purwokertosejak 28 Oktober 2012 selamadua bulan. Dari sana, lalu dialihkan ke Kedungpane. S aatpemeriksaan banding, te tap didalam sel. Saya tahu be bas(sesuai putusan MA) pada dibebaskan pada 7 November2013. Sesuai hukuman satutahun, harusnya saya keluar 27Oktober 2013, kata Eko Tjiptartono, adik mantan RektorUndip, Eko Budiharjo itu mengaku tak mengerti.

    Atas putusan bebasnya, Ekomengaku akan menuntut kerugian atas masalah yang sempat menyeretnya ke mejasidang itu. Saya punya hak,terkait rehabilitasi, rekopensi,dan akan saya akan lakukanitu, kata dia, mengaku upayamenuntut ganti rugi akan ditempuh setelah turunnya salinan putusan.

    Sementara, atas putusan itu,jaksa Kejari Purwokerto be lumbisa dimintai keterangan. Terkait putusan itu, jaksa demi ke pentingan hukum, bisame ngajukan Peninjauan Kembali (PK). rdiyan

    Jokowi Capres, PDIP Menang Besar

    Sang ..... (Sambungan hlm 1)

    mereka lelaki 53 tahun itu sa ngatlah piawai mengemudikanpesawat lantaran telah mengabdi 33 tahun jadi pilot.

    Sementara itu pilot lain me ngaku sempat mengontak pilotMalaysia Airlines Boeing 777200ER sesaat sebelum hilang.Pilot tersebut menghubungi pesawat bernomor penerbanganMH370 itu karena diminta olehpetugas pengatur lalu lintasuda ra Vietnam yang kehilangankontak dengan pesawat tersebut. Adapun pilot itu terbang 30

    me nit di depan MH370 danmeng hubungi pesawat tujuanBeijing tersebut melalui frekuensi darurat.

    Menurut pilot yang enggandi sebut namanya itu, dia kesulitan berkomunikasi denganawak MH370. Banyak ganggu an. Saya hanya dengar gumaman di sana, katanya.

    Menurutnya, ia tak dapatmembedakan suara antaraKap ten Zaharie (Ahmad Shah)dan Fariq (Abdul Hamid), kopilot. Tapi saya yakin itu adalahko pilot (Fariq), katanya. yan

  • Senin Pon, 10 Maret 2014

    30

    PETA KEKUATAN: Seorang pria melintas di depan layar monitor yang menayangkan hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research &Consulting (SMRC) tentang Persaingan Partai Menjelang Pemilu 2014 di Jakarta, Minggu (9/3). SMRC dalam rilisnya menyatakan secara umumpeta kekuatan partai menjelang Pemilu Legislatif 9 April 2014 mendatang semakin terfragmentasi (terbagi) sehingga belum ada partai yang mendapat25 persen suara pemilih sebagai syarat untuk mencalonkan capresnya sendiri. Foto: Antara

    Ada Provokasi SuratSuara Sudah Dicoblos

    SEMARANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Jateng Joko Purnomo memastikan suratsuara yang rusak akan segera diganti. Kerusakanyang bisa diakibatkan oleh berbagai faktortersebut menjadi tanggung jawab masing-masing kabupaten/ kota di Jateng. SementaraKPU akan mengawasi dan menyalurkan laporantersebut kepada KPU Pusat.

    Ada beberapa surat suarayang memang rusak di Jateng.Ada juga yang disebabkan ka -rena penyortirannya tidaktuntas. Di Jateng ada 111 juta su -rat suara, jadi kalau rusak 4.000sampai 5.000 ya wajar, jelasJoko di sela kegiatan jalan sehatbersama KPU Jateng, Minggu(9/3) pagi di Kantor KPU JatengJalan Veteran Se ma rang.

    Sementara ini, pihaknya su-dah banyak menerima laporanmengenai kerusakan tersebut.Hanya saja, kata dia, jumlahkerusakan se-Jateng belum bisadipastikan angkanya. Itu (datakerusakan) ada di daerahmasing-masing. Kalau baru-baru ini saya menerima laporanada surat suara yang berlubang.Perlu diingat, berlubang karenatidak disengaja, timpalnya.

    Surat suara yang terdapatlubang, kata Joko, terjadi di KotaKudus. Surat suara tersebutrusak akibat tertimpa besi pintusaat dimasukkan dalam kenda -raan ekspedisi menuju Kudus.Ha nya saja, karena lubang terse -but ada pihak yang mempro -vokasi bahwa surat tersebutsudah dicoblos untuk kepen ti -ngan partai tertentu. Itu tidak

    benar, fitnah dan provokasiyang tidak bisa dipercaya, te-gasnya.

    Joko menjamin tidak akanada wilayah di Jateng yang me-ngalami kekurangan surat suara.Pasalnya, jika ada kekurangansurat suara, pihaknya masih bisamenggunakan surat suara daripemilih tambahan.

    Pelayanan pencoblosan KPUdilaksanakan di berbagai lokasiseperti lembaga pemasyaraka-tan (Lapas), Lokalisasi, dan tem -pat lain kecuali di Rumah Sakit(RS). Di RS, pihaknya akanmenginstruksikan Tempat Pe -mungutan Suara (TPS) terdekatuntuk keliling RS. Syaratnya,TPU yang ditunjuk terlatih danmemiliki jumlah partisipan pe-milu antara 200-250 pemilih. Pa-sien yang akan memilih, akandilayani oleh prtugas pemu-ngutan suara keliling.

    Kalau dia warga Dapil V,tapi pas sakit dirawat di Dapil II,yang bersangkutan tetap me-milih dapil II. Itu sudah menjadikeputusan bersama. Jadi, suratsuara yang akan digunakanadalah sudat suara di lokasi ma-na pasien memilih, tandasnya. M9-yan

    Surat Suara DPD Kaltim Nyasar UNGARAN - Ratusan lembarsu rat suara DPD Kalimantan Ti -mur (Kaltim) nyasar di Kabu pa -ten Semarang. Adanya kesa-lahan pengiriman surat suara itudiketahui KPU Kabupaten Se -marang saat melakukan penyor-tiran dan pelipatan surat suaraDewan Perwakilan Daerah(DPD) di GOR Wujil, KecamatanBergas, Kabupaten Semarang.

    Ketua KPU Kabupaten Sema-rang, Guntur Suhawan me -ngungkapkan, surat suara DPDKaltim tersebut masuk dalamsalah satu dus surat suara DPDJawa Tengah. Ada 100 lembarsurat suara DPD KalimantanTimur yang nyasar ke Kabu-paten Semarang. Inilah tujuandilakukan penyortiran dan peli -patan surat suara, sehingga dike -tahui bila ada kesalahan ataukeru sakan surat suara, ungkap -nya, kemarin.

    Guntur mengatakan, temuansurat suara DPD Kaltim tersebutsudah dipisahkan untuk disim-pan di tempat lain. Pihaknyasudah menyiapkan ruangankhu sus untuk menampung ada -

    nya temuan kesalahan ataukerusakan surat surat. Sejauhini kita belum menghitung bera-pa jumlah total surat suara yangsalah atau rusak setelah dilaku -kan penyortiran dan pelipatan.Karena saat ini proses penyor -tiran dan pelipatan surat suarabelum selesai 100 persen, ujar-nya.

    Menurut Guntur, adanyakesalahan maupun kerusakansurat suara tersebut akan dila-porkan ke KPU Pusat melaluiKPU Provinsi untuk dimintakangantinya. Sehingga KPU Kabu-paten Semarang tidak menga-lami kekurangan surat suarasaat pelak sanaan Pileg 2014pada 9 April mendatang. Kitamasih berupaya mengumpul -kan ke-mungkinan adanya ke -salahan atau kerusakan suratsuara melalui pensortiran danpelipatan kertas surat suara.Jumlah surat suara untuk Kabu-pa ten Semarang otomatis akanberkurang bila ada surat suarayang bermasalah, katanya.

    rbd-yan

    Warga Antusias Gerak Jalan Ayo NyoblosSEMARANG - Benedictus (36)sengaja datang dari KabupatenSemarang untuk mengikuti ja -lan sehat bersama KomisiPemilihan Umum (KPU) Jateng.Antusiasmenya dalam mengi-kuti kegiatan ditunjukkan dariniatnya mendatangi kantorKPU di Jalan Veteran Semarangusai subuh. Benedictus meru-p

of 24/24
TAHUN KE-28 NO: 344 TERBIT 24 HALAMAN Justru kini misteri hilangnya pesa- wat yang mengangkut 239 orang ter- sebut semakin meluas, dengan ada- nya embusan isu terorisme yang membajak pesawat tersebut. Ini lan- taran ditemukan dua manifes penum- pang yang diduga menjadi korban dalam pesawat, justru tidak ikut dalam penerbangan tersebut. Dua penumpang siluman di pesa- wat tersebut menggunakan paspor ile- gal, atas nama Luigi Maraldi (37), warga Italia dan Christian Kozel (30), seorang warga negara Austria. Seperti dilaporkan Koran South China Mor- ning, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Italia, mengatakan tidak ada warganya yang naik pesawat itu. “Dia telah melaporkan paspornya dicuri Agustus lalu,” ujarnya. Demikian pula Juru Bicara Kemen- terian Luar Negeri Austria, Martin Weiss. Dia menegaskan bahwa nama yang terdaftar di manifes cocok de- ngan paspor seorang warga Austria yang dilaporkan dicuri dua tahun lalu Foto: ist KUALA LUMPUR - Pesawat Malaysia Airlines jenis Boeing 777-200 yang hilang di Laut Cina Selatan hingga Minggu (9/3) masih belum ditemukan. Hanya jejak avtur yang ditemukan di perairan Vietnam, menjadi satu-satunya indikasi titik jatuhnya pesawat, namun sejumlah pihak terkait belum bisa memastikan kebenaran titik temuan tersebut. Malaysia Airlines Berbalik Arah Bersambung ke hal 7 kol 3 Dua Terdakwa Korupsi PDAM Banyumas Bebas SEMARANG - Mahkamah Agung (MA), membebaskan dua terdakwa korupsi perkara mark up harga tanah proyek pembangunan instalasi pe- ngelolaan air limbah PDAM di Kabu- paten Banyumas. MA yang meme- riksa kasasi jaksa penuntut umum Ke- jari Purwokerto mengadili sendiri, me- nyatakan terdakwa tidak terbukti korupsi sebagaimana dakwaan jaksa. Dua terdakwa yang dibebaskan, yakni mantan Direktur Utama PDAM Ba- nyumas, Achadi Budi Cahyono dan Ketua Harian Dewan Pimpinan Wila- yah Parade Nusantara Jateng, Eko Tjiptartono. “Mengadili sendiri. Menyatakan ter- dakwa Achadi Budi Cahyono dan Eko Tjiptartono tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan per- buatan yang didakwakan, membebas- kan para terdakwa dari semua dak- waan, memulihkan hak terdakwa, har- kat dan martabatnya,” kata Ketua ha- kim MA Timur P. Manurung didampingi Leopold Luhut Hutagalung dan Sophi- an Martabaya dalam amar putusan- nya yang dibacakan di sidang terbuka pada 13 Januari 2014 lalu. Putusan MA itu, Kamis (6/3) lalu di- sampaikan ke Pengadilan Tipikor Se- marang dan diberikan ke terdakwa. “Sudah turun. Dan pemberitahuan pu- tusan sudah kami berikan ke terdakwa yang bersangkutan,” kata Humas Pe- ngadilan Tipikor Semarang, Sri En- dang Widayanti, Minggu (9/3). Putusan MA itu, membatalkan dua putusan pengadilan sebelumnya, yak- ni di tingkat pertama dan banding. Pa- da Pengadilan Tipikor Semarang yang memeriksa perkara sebelumnya, me- Festival Gethek Mengenang Kejayaan Transportasi Air Masa Silam Sungai Bengawan Solo mempunyai arti sejarah penting bagi daratan Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Aliran sungai inilah yang dulunya menjadi jalur utama transportasi serta urat nadi perekonomian. SUARA sorak sorai warga bergema ketika Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo membunyikan terompet tanda dimulainya gelaran Bengawan Solo Gethek Festival (BSGF). Secara perlahan para petugas dari puluhan gethek berhias warna warni mulai me- lepas tali tambatan dan membiarkan sarana transportasi air ini mengapung meninggalkan tepian sungai di wila- yah Ngepung Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon Kota Sura- karta. Selama menghilir sejauh 3 kilome- ter menuju Badran, Kelurahan Pu- cangsawit Kecamatan Jebres Kota Surakarta, terlihat ratusan warga ber- diri di tanggul sungai untuk menyam- but melintasnya 31 gethek peserta BSGF tahun 2014, Minggu (9/3). Gethek yang ikut festival rata-rata terbuat dari lonjoran bambu dan me- manfaatkan drum plastik maupun lo- gam sebagai sarana daya apung. Se- dangkan aksesorisnya dirangkai se- demikian rupa, berbahan kain perca, botol plastik maupun tas kresek warna hitam putih. Menurut Parsik (50) koordinator pembuat gethek, hiasan pada rakit merupakan limbah yang dibuang ke sungai. Semisal kain perca bisa untuk dibuat rumbai, sedangkan botol plas- tik dibuat kreasi hingga membentuk kepala buaya. Pemanfaatan limbah INFORMASI: Sejumlah pejabat pemerintahan malaysia memberi informasi terkini terkait pesawat Malaysia Airlines MH370, minggu di Bandara Kuala Lumpur. Foto ant/rtr MERIAH: Sungai Bengawan Solo Minggu (9/3) meriah dengan melintasnya puluhan gethek dalam Bengawan Solo Festival Gethek (BSFG). Foto: Bagus Aji-yan Bersambung ke hal 7 kol 3 Sang Pilot Sempat Berperilaku Ganjil ADA perilaku aneh yang dilakukan Kapten pilot Malaysia Airlines MH370, Zaharie Ahmad Shah sebelum pesa- watnya hilang kontak hingga kini. Ia sudah menunjukkan tanda-tanda gan- jil hendak berpisah lama dengan kelu- arga, kerabat, dan kawannya. Ini di- tunjukkan dengan mengunggah gam- bar-gambar lucu di jaringan What- sApp dan membagikannya ke semua kontak ponselnya. Situs the Malaysian Insider mela- porkan, Minggu (9/3) gambar lucu itu menjadi komunikasi terakhir Zaharie dengan teman-temannya tergabung dalam sebuah grup bernama Pengge- mar Suara Mila (DAVOM). Mila di- maksud yakni Mila Jirin salah satu pe- nyanyi Malaysia. “Zaharie aktif di klub DAVOM ini dan dia selalu menjadi penyelenggara banyak kegiatan salah satunya me- ngumpulkan dana untuk warga Palestina,” ujar salah satu rekan Za- harie bernama Wahida Zamri. Zaharie dikenal pendiam namun suka menolong. Itu sebabnya sebe- lum hilang dia memperlihatkan sisi lain dirinya yang ternyata cukup je- naka. Semua rekannya terkejut ter- nyata dia mengemudikan pesawat jenis jet Boeing 777-222 itu. Setahu Bersambung ke hal 7 kol 1 Bersambung ke hal 7 kol 1 JAKARTA - Menteri Koordinator Poli- tik Hukum dan Keamanan, Djoko Su- yanto, mengatakan Pemerintah Ma- laysia telah berkomunikasi dan me- minta bantuan Pemerintah Indonesia terkait hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan rute penerbangan Kuala Lumpur - Beijing, Cina. Permintaan itu disampaikan Peme- rintah Malaysia melalui Panglima Ten- tara Malaysia kepada Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Udara dan Ke- pala Staf Angkatan Laut Sabtu ma- lam, 8 Maret 2014, untuk mendukung upaya pencarian dan pertolongan kor- ban. “TNI merespon dengan baik dan segera deploy untuk perbantuan SAR tersebut,” kata Djoko Minggu (9/3). Selanjutnya kata Djoko, unsur-un- sur TNI yang akan terlibat dalam misi itu nantinya akan berkoordinasi de- ngan otoritas Malaysia. Sebelumnya Kepala Dinas Penerangan TNI Ang- katan Laut, Laksama Pertama Untung Suropati, mengatakan bahwa peme- rintah Indonesia telah mengerahkan lima kapal milik TNI. “Iya, kami me- ngirimkan lima KRI yang terdiri dari KRI corvette dan patroli cepat, serta satu pesawat udara intai maritim,” kata Untung. Dia menambahkan kelima KRI dan satu pesawat intai itu sudah berang- kat hari Minggu pagi ini dan diperkira- kan telah tiba di lokasi titik terakhir pesawat melakukan kontak terakhir. “Tadi, sekitar jam 10.00 hingga 11.00, saya dikabari kapal-kapal kita sudah melintasi garis batas utara Selatan Malaka,” kata dia. TNI AL, ujar Untung, akan memfo- kuskan pencarian pesawat di Selat Malaka, Penang. Hal itu lantaran ada- nya informasi yang diperoleh dari Ang- TNI Bantu Mencari di Selat Malaka Zaharie Ahmad Shah Fariq Abdul Hamid Bersambung ke hal 7 kol 1 Harga Eceran Rp 2.000 Harga Langganan Rp 50.000 Senin Pon 10 Maret 2014
Embed Size (px)
Recommended