Home >Documents >WAWASAN 01 Maret 2015

WAWASAN 01 Maret 2015

Date post:08-Apr-2016
Category:
View:327 times
Download:21 times
Share this document with a friend
Description:
KORAN WAWASAN
Transcript:
  • PATI - Nelayan Juwana, Kabu-pa ten Pati, berharap bisa berko -munikasi langsung denganKe menterian Kelautan dan Per-ikanan (KKP) terkait pelarang -an penggunaan alat tangkapikan jenis pukat hela dan pukattarik.

    Kenyataannya, aksi unjukra sa yang digelar di Jakarta ju -ga tidak berhasil bertemu lang-sung dengan Menteri Kelautandan Perikanan Susi Pudjias-tuti, kata Koordinator FrontNelayan Bersatu wilayah PatiBambang Wicaksono di Pati,Sabtu (28/2).

    Dengan adanya kesempatanberkomunikasi dengan menteriterkait, dia berharap, anggapannegatif terkait nelayan bisa dil-uruskan sehingga munculnyakebijakan yang berdampak luasterhadap kehidupan nelayanju ga bisa diselesaikan.

    Menurut dia, KKP harus ber -sedia duduk satu meja tanpame mandang ada pihak yangdianggap lebih rendah melain-kan sama sederajat agar reaksine layan atas Peraturan Menteri

    Ke lautan dan Perikanan No -mor 2/PERMEN-KP/2015 ten-tang larangan penggunaan alattangkap ikan pukat hela danpu kat tarik tidak berkepanjang -an. Jangan ada anggapan me-ra sa paling benar karena se la-ma ini belum bersedia berko-munikasi langsung dengan ne-layan sehingga informasi yangdiperoleh diduga masih sepi-hak dan belum ada perimbang -annya, ujarnya.

    Ia mengakui, aksi unjuk rasadi Jakarta baru-baru ini me-mang belum membuahkan ha -sil karena nelayan yang selamaini menggunakan alat tangkapyang dilarang tetap tidak bisamelaut.

    Anggapan munculnya kon-flik di nelayan karena penggu-naan alat tangkap jaring pukat,kata dia, tidaklah sepenuhnyabe nar karena pemerintah jugaperlu membuka diri bahwaper masalahan dasar juga ter-kait erat dengan tingkat kese-jah teraan nelayan. Ketika pola

    Sensus CSIS-Cyrus menun-jukkan Hatta Rajasa lebih ung-gul dari Zulkifli Hasan untukmen jadi PAN-1. CSIS-Cyrustak menggelar survei, melain-kan sensus. Sensus dilakukanpa da rentang waktu 16-19 Fe-bruari 2015 dengan metode wa-wancara tatap muka. Objek

    sen sus adalah ketua-ketuaDPW dan DPC PAN se-Indo -ne sia. Ketua partai yang berha-sil diwawancara adalah ketuadi 28 provinsi dan 484 kabupa-ten/kota.

    Hasilnya, Hatta unggul tipisdibanding Zulkifli Hasan. Di-rektur Eksekutif Cyrus Net-

    work Hasan Nasbi meng ung-kap, Hatta hanya unggul 20-ansuara dari Zulkifli. Dia jugamengungkap ada 50-an suaraDPC yang belum terjamah olehtim sukses kedua kubu

    Sedangkan Pusat data Ber -satu (PDB) menggelar surveipada rentang waktu 18-23 Fe-bruari 2015 dengan wawancaralewat telepon. Dari total peme-gang suara sebanyak 593 orang,PDB menggunakan sampel se-banyak 225 Ketua/sekretarisDPW dan DPD PAN se-Indo-nesia. Hasilnya, PDB mencatat-kan keunggulan Zulkifli Ha -san. Zulkifli Hasan mendapatsuara 36% sementara Hatta Ra-jasa 28%, kata Peneliti PDBAgus Herta Sumarto.

    Hatta Rajasa mengaku opti-

    mistis meski enggan berspeku-lasi soal dukungan. Kita se -rahkan ke pemegang hak suara.Bi ar mereka yang tentukan.Yang terpilih jadi pemimpinakan rangkul semua, solid, sa -tu, tidak terpecah. PAN tidakpernah pecah, kata Hatta.

    Hidup harus selalu opti-mis tis, sambungnya. Meskiada dua calon, mulai munculisu bahwa ketum akan dipilihsecara aklamasi. Hatta pun me -ngaku menyerahkannya ke pe-ser ta kongres. Saya tidak mauberspekulasi. Saya tidak berwe-nang, yang berwenang peme-gang suara, ucap mantanMenko Perekonomian ini.

    Hatta Rajasa juga tak gentar

    Bersambung ke hal 2 kol 1

    PEMERAN tokoh Mr. Spockdalam serial televisi Star Trek,Leonard Simon Nimoy, me-ninggal dunia pada hari Jumat(27/2) waktu setempat.

    Nimoy meninggal duniadalam usianya yang ke-83tahun. Sang istri, Susan Bay Ni -moy, mengatakan kepada NewYork Times, bahwa Ni moy me-ninggal setelah berju ang meng-hadapi penyakit pa ru-parukronis, yang dideritanya akibatkebiasaan me rokoknya pada 30tahun lalu.

    Sebelum menghembuskannafas terakhir, Nimoy telah di-rawat di rumah sakit sejak awalminggu ini. Nimoy beraduperan dengan William Shatnerdalam serial Star Trek sejaktahun 1966 hingga 1969. SosokMr. Spock diceritakan sebagairekan Captain Kirk, yang dipe-rankan oleh Shatner.

    Nimoy kembali muncul se-bagai Spock Prime dalam filmStar Trek Into Darkness yangtayang pada tahun 2013. Da -lam film tersebut, aktorZachary Quinto memerankankarakter Spock yang diperan-kan oleh Nimoy dalam serialtelevisi.

    Pada hari Senin (23/2),Nimoy menulis cuitan di akunTwitter-nya, @TheRealNimoyuntuk yang terakhir kali. Saatitu, Nimoy menutup cuitannyadengan kalimat yang sering di-ucapkan Spock, long live andprosper. Kehidupan sepertitaman. Saat-saat sempurna

    tidak dapat dimiliki selamanya,kecuali di dalam memori, tulisNimoy.

    Nimoy memang cukup aktifdi Twitter. Saat masih sehat, iamenulis ajakan untuk berhentimerokok kepada seluruhpenggemarnya. Saya telahberhenti merokok 30 tahunlalu. Belum cukup lama, tulis-nya. Kakek berkata, berhenti-lah merokok sekarang!, lanjutcuitannya.

    Tidak hanya sukses memer-ankan Mr. Spock, Nimoy jugaaktif berperan di teater, menyu-

    PEREMPUAN memiliki peranan yang sangat stategisdalam menjaga keutuhanNegara Kesatuan RepublikIndonesia (NKRI). Perempuan bukan warga negarakelas dua namun merupakanaktor dalam pembangunankeluarga, masyarakatbangsa dan negara.

    SEMARANG 4Wanita Bukan Kelas Dua

    GEBYAR

    SEBAGAI anak seorangdiplomat, aktris Nirina Zubirkerap berpindah dari satu negara ke negara lain. Jadi jangan heran kalau mantan VJMTV ini menguasai banyakbahasa dari berbagai negara,termasuk bahasa Mandarin.Aku kan pernah tinggal diHongkong hingga beberapatahun. Jadi nggak terlalusulitlah kalau berkomunikasidengan bahasa Mandarin,ujar Nirina usai nobar filmterbarunya Silent Hero (es),di Bioskop XXI EpicentrumKuningan, barubaru ini.

    Bersambung ke hal 2 kol 1

    PAN Pilih Ketua Umum

    Mr Spock Star Trek Berpulang

    Sempurna Tak Bisa Dimiliki Selamanya

    BALI - Kongres Partai Amanat Nasional (PAN)yang berlangsung di Nusa Dua Bali, Sabtu(28/2) mulai panas. Persaingan kubu Hatta Rajasa dan Zulkifli Hassan (Zul) memperebutkan posisi ketua umum semakin sengit. Kondisi bertambah panas, setelah parapendukung kedua kandidat juga mulai adu kekuatan di luar arena kongres.

    Persaingan Hatta-Zul PanasPaceklik, Pedagang Berebut Gabah Basah

    Minggu Wage 1 Maret 2015

    TAHUN KE-29 NO: 329 TERBIT 16 HALAMAN - ISSN 0215-3203Harga Eceran Rp 2.000Harga Langganan Rp 50.000

    8

    BUMIAYU - Bus Sinar Jaya B-7526-VB menyeruduk keru-mun an orang di depan PasarGrengseng Kecamatan Pa gu -yangan, Brebes, Sabtu (28/2)pa gi. Bus yang melaju dariarah Tegal menuju Purwokertoitu oleng dan sopir tidak bisa

    mengendalikan lajunya. Akibat peristiwa itu, dua

    orang pedagang tewas dan dualainnya luka-luka. Delapan unitsepeda motor milik pengun-jung pasar juga ringsek terlin-das bus. Korban tewas yakni,Daryati (35) warga Tretepan

    Desa Pandansari dan Tumyati(45) warga Pengasinan, DesaTaraban. Keduanya meninggaldunia saat sedang dalam pera-watan medis di RSU Muham-madiyah Siti Aminah Bumiayu.

    JADI TONTONAN : Bus Sinar Jaya B-7526-BB yang menyeruduk kerumunan orang depan Pasar Greng-seng, Kecamatan Paguyangan, Brebes jadi tontonan warga. SMNetwork/Teguh Inpras

    Belajar Lagi Bahasa Mandarin

    BANYUMAS Para peda-gang beras menyebut, saat inimerupakan puncak masa pa -ceklik, di mana petani mau-pun pedagang beras tidakada yang memiliki stok berasmelimpah. Bahkan, pedagangsampai harus berebut mem-beli gabah basah dari petani.Akibatnya, harga gabah ba -sahpun melonjak.

    Pedagang beras yang jugaMa najer KUD Patikraja, Ba-nyu mas Faturrahman menga-ta kan, kondisi saat ini parape tani sudah tidak memilikistok beras. Mengingat musimkemarau tahun 2014 lalu

    cukup panjang, sehingga ba-nyak petani yang tidak bisamaksimal menanam padi, ka-rena kekurangan air.

    Sementara pada masa pa -nen kemarin, hasilnya juga ti -dak maksimal, karena banyakterjadi banjir di beberawa wi-layah. Selain itu,di wilayahutara Jateng juga banyak se-rangan hama wereng. Seka-rang adalah puncak paceklik,petani dan pedagang tidakpu nya stok beras, yang adaha nya gabah basah, itupun ha -rus berebut dengan para pe-

    Bus Nyelonong ke Pasar, Dua Tewas

    Bersambung ke hal 2 kol 1 Bersambung ke hal 2 kol 3

    Bersambung ke hal 2 kol 1

    Nelayan Pati Tuntut Bertemu KKP

    Leonard Simon NimoyFoto: ist

  • Minggu Wage, 1 Maret 2015 2

    JELANG MUKTAMAR NU: Ketua Tanfidziah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah(kanan), didampingi akademisi NU, M Nuh (tengah) dan Wakil Gubernur Jatim yang juga ketua panitia daerah Muktamar NU ke-33, SaifullahYusuf (kiri) mengamati sejarah muktamar ketika soft launching Muktamar NU ke-33 di Aula Kertoharjo PWNU Jatim, Surabaya, Sabtu (28/2).Muktamar NU ke-33 bertemakan Meneguhkan Islam Nusantara, Merawat Tradisi untuk Peradaban Dunia akan berlangsung pada 1-5Agustus 2015 di Jombang, Jatim. Foto: Antara

    Dukungan untuk Ahok jugaada di salah satu media yang bia-sa nya dipakai untuk menggalangdukungan dan petisi, change.org.Hingga Sabtu (28/2) pukul 20.40WIB petisi dukungan untukAhok sudah mendapat duku-ngan lebih dari 33 ribu orang.

    Dalam petisi itu foto wajahAhok dipampang dengan disertaitulisan Bukan hanya rakyatJakarta, tapi rakyat Indonesiamendukung AHOK Anda tidaksendiri, Save Ahok. Dalam sehari

    ini, jumlah dukungan terus me-ningkat dan mendekati angka 35ribu orang.

    Dalam petisinya, sang pem-buat yang bernama Yanto Huangmenyatakan bahwa mendukungGubernur DKI Jakarta Ahok me-lakukan e-Budgeting dan meno-lak kompromi permainan ang-garan DPRD. Petisi juga mengi -nginkan agar KPK segera ber-tindak cepat atas laporan dugaanpenggunaan dana siluman diAPBD DKI Jakarta senilai lebih

    dari Rp 12 triliun.Selain dukungan lewat dunia

    maya, para pendukung Ahokjuga akan turun ke jalan besokpagi di tengah Car Free Day disekitar Bundaran HI. Ratusanorang yang mengatasnamakanteman Ahok siap menggalangdukungan masyarakat.

    Sementera itu Presiden Jokowiangkat bicara soal dana silumanAPBD DKI yang jadi pangkalperseteruan Ahok) versus DPRDDKI. Jokowi mengingatkan soalcara oknum DPRD DKI periodesebelumnya memasukkan danasiluman ke APBD DKI.

    Di sela-sela sidak di PasarBurung Pramuka, Jakarta Timur,Sabtu (28/2), Jokowi ditanya soalproses penganggaran saat dirinyamasih menjabat Gubernur DKI.Jokowi mengatakan saat itu diasudah merintis sistem e-Bud -

    geting yang diterapkan olehAhok tahun 2015 ini. Ya dulukan kita juga mempersiapkan e-Budgeting, tetapi kan belum bisaberjalan. Mundur lagi, sebe -narnya ini sudah siap, kata Jo-kowi. Dana siluman pernah adasaat Bapak jadi kepala daerah?tanya wartawan.

    Coba ditanyakan, ada yangnamanya pokir nggak? Tanya,pokir itu saya juga dengar, tapimemang belum sampai ke dalamya, karena itu kita kelibas kerjaterus. Tapi tanyakan, jawabJokowi dengan mimik serius.

    Usut punya usut, pokir yangdimaksud Jokowi adalah pokokpikiran DPRD DKI yang masukke APBD. Pokir ini disebut-sebutkerap digunakan oknum DPRDDKI untuk menitipkan ang-garan.

    dtc-yan

    Save Ahok Panen Dukungan

    JAKARTA - Gelombang dukungan kepadaGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama(Ahok) terus bermunculan. Di media sosial, duku-ngan untuk Ahok yang tengah dihadapkan de-ngan hak angket DPRD DKI ramai diper -bin cangkan.

    Amien Tuding Hatta Bertemu JokowiBALI - Amien Rais blak-blakanmenyerang Hatta Rajasa saatpembukaan Kongres IV PANsemalam. Amien mengungkitper temuan Hatta dengan JokoWidodo dan Surya Paloh padaSeptember 2014 silam padahal diawal ia berkata akan bertemuKMP.

    Serangan itu disampaikanAmien saat berpidato di KongresIV PAN, The Westin Hotel, NusaDua, Bali, Sabtu (28/2) malam. Iaberkisah bahwa ada seorangketum yang izin mau rapat KMPnamun nyatanya bertemu de-ngan Joko Widodo dan SuryaPaloh. Sejam kemudian ketumbukan temui KMP tapi ketemuPaloh bertemu Jokowi. Siapaketum itu saya lupa namanya,kilah Amien.

    Dengan suara lantang, Amienmenegaskan serangannya. Tu-juannya meluruskannya adalah

    agar tidak ada pihak-pihak yangberbohong. Kita lurus, janganbohong. Apa adanya. Insya AllahPAN maju, pungkasnya menu-tup pidato.

    Serangan ini tentu langsungmenghujam Hatta. Ekspreksiwajah mantan Menko Perekono-mian ini pun tampak datar.

    Pertemuan itu memang ber-langsung rumah Surya Palohpada September 2014 silam.Pertemuan itu memang sempatditutup-tutupi, namun diketahuioleh awak media. Saat itu,mereka beralasan mau menya-makan persepsi.

    Hatta pun menjawab seranganAmien. Supaya jangan ada isti -lah berbohong, maka saya jelas -kan. Saya nyatakan tidak adarahasia dalam pertemuan tanggal30 September itu, kata Hattadalam jumpa pers usai acarapembukaan.

    Hatta menegaskan pertemuanitu hanya berisi silaturahim biasa.Dia menegaskan tak ada upayaberpaling dari KMP dalam perte -muan tersebut. Setelah perte-muan 30 September, tak adapertemuan lagi, ujarnya.

    Hatta Rajasa juga menying -gung posisi partainya yangberada di Koalisi Merah Putih.Hatta meyakini siapapun yangterpilih menjadi ketua umum,PAN tetap berada di KMP.Keberadaan kita dalam KMPmerupakan ijtihad politik kitabersama yang dilakukan secarasadar untuk membangun bangsaini. Saya meyakini siapapun yangakan memimpin PAN, akan tetapberada di KMP, kata Hatta.

    Hatta mengatakan, pasca Pe-milu Presiden 2014 untukpertama kalinya PAN berada diluar pemerintahan bersama-samadengan KMP. Namun posisi

    tersebut bukan berarti PAN tidakikut serta dalam pembangunan.Apapun kebijakan pemerintah,PAN akan menjadi mitra yangkonstruktif bagi pemerintah.Namun akan sangat kritis jikaprogram tersebut tidak pro rak-yat, ujar mantan Menko Pereko -nomian itu.

    Hatta mengatakan, agendakong res selain untuk memilih ke -tua umum, juga untuk menetap-kan AD/ART, membahas pro -gram kerja, platform partai, dankebijakan strategis lainmenyangkut partai dan posisinyadi luar pemerintahan.

    Siapapun calon ketua umumyang akan maju, kompetisi ada-lah sesuautu yang kita sikapidengan Arif dan bijaksana. Ja -ngan semua itu mengorbankankeutuhan partai, tegas Hatta.

    dtc-yan

    Nelayan ..... (Sambungan hlm 1)

    pikir nelayan di daerah tertentu masihbelum maju, tentunya ting kat kese-jahteraan mereka juga tidak berkem-bang, ujarnya.

    Oleh karena itu, kata dia, pemerintahjuga perlu melihat permasalahan yangterjadi di nelayan secara menyeluruh,bukan sisi luarnya saja. Apakah pemer-intah juga bisa menjamin ketika alattangkap yang dilarang tidak dipakai lagitidak akan ada konflik karena perbe-daan alat tangkap. Kami yakin konfliktetap ada ketika pemerintah tidakmenyelesaikan soal pola pikir nelayanyang belum maju, ujar nya.

    Meskipun upayanya belum mem-buahkan hasil, kata dia, FNB tetapberupaya berjuang menuntut KKPmencabut Permen KP nomor 2/2015untuk diganti dengan Permen baruyang menyatakan bahwa alat tangkapcantrang merupakan alat tangkapyang legal tanpa dibatasi ukurankapal. ant-yan

    Paceklik ..... (Sambungan hlm 1)

    dagang luar daerah yang me- nyerbu Banyumas, katanya.Menurut Faturrahman, saat ini harga gabah basah di tingkat

    petani sudah mencapai Rp 5.300 per kilogram. Harga ini ter-bilang sangat tinggi, mengingat harga pembelian pemerintah(HPP) gabah kering giling saja hanya Rp 4.200 per kilogram. Inibaru pernah terjadi, harga gabah sangat tinggi, sampai Rp 5.300per kilogram padahal itu hanya gabah basah, kalau gabah ker-ingnya tentu lebih tinggi lagi, jelas Fatur.

    Selama bulan Februari ini, KUD Patikraja hanya bisa membeli25 to gabah basah dari petani. Setelah gabah dikeringkan dandigiling, langsung habis diserbu pedagang. hef-yan

    Persaingan ..... (Sambungan hlm 1)

    meski Ketua MPP Amien Rais melarangnya jadi ketua umum PANdua periode. Pasalnya menurut Hatta, Amien Rais juga jadi ketumPAN dua periode.

    Sebetulnya kalau dari periodisasi ada lima periode. Pertamaperiode 1998-2000 itu ketua umumnya Pak Amien Rais, kedua pe-riode 2000-2005 Pak Amien Rais ketua umumnya, kemudian 2005-2010 Pak Sutrisno Bachir, kemudian 2010-2015 saya dan sekarangini kongres lagi, itu kalau kita bicara periodisasi, kata Hatta.

    Hatta lantas menegaskan bahwa tak ada aturan yang dilanggarsaat dirinya kembali maju sebagai caketum PAN. Karena AD/ARTmengatur ketum PAN bisa menjabat dua kali. Bukan soal tradisitapi bagaimana partai mengatakan di dalam AD/ART. Di dalamAD/ART diatur ketua umum itu bisa berturut-turut dua kali jaditidak ada yang dilanggar walaupun kita perlu menjaga tradisi yangbaik itu, kata Hatta.

    Namun Hatta menuturkan dirinya tetap hormat kepada AmienRais. Bagaimanapun dirinya bersama Amien Rais mendirikan PANsampai sebesar saat ini. Pak Amien seorang tokoh dan selalu jaditokoh buat kami. Beliau tokoh reformasi dan pendiri partai kami,bersama saya juga sama-sama mendirikan partai oleh karena ituPak Amien tetap kami hormati sebagai tokoh partai tokoh bangsadan tidak akan pernah kami lepas menghormati beliau, tegasnya.

    Kubu Hatta juga mengklaim banyak pendukung kompetitoratau Zulkifli yang balik arah. Dukungan semakin kuat, mayoritaske Pak Hatta, kata Wasekjen PAN yang berada di kubu Hatta, JanaSjamsiah.

    Jana mengungkap banyak pendukung Zulkifli yang beramai-ramai pindah haluan. Lantaran kekuatan Hatta, menurutnya, se-makin kuat. Karena merasa Pak Hatta menguat banyak yangsebelumnya di kubu sana merapat ke Pak Hatta. Sejak pagi banyakvoter ke Pak Hatta, kata Jana.

    Oleh karena itu, kubu Hatta Rajasa semakin yakin akan meme-nangkan Kongres PAN Bali. Insya Allah Bang Hatta menang,kata Waketum PAN Dradjad Wibowo di tempat terpisah.

    Zulkii OptimistisDi kubu lain Zulkifli Hassan yakin masih mengungguli Hatta.

    Pertarungan di kongres PAN pun bakal semakin seru. Insya Allahsaya terpilih, kata Zulkifli mengungkapkan optimisme bakalmenang kongres PAN.

    Jangan ada yang aneh-aneh. PAN tidak ada black campaign danpolitik uang atau intimidasi. Jika ada, pastilah bukan dari PAN,kata Zul saat memberi sambutan.

    Zulkifli mengatakan, jika menjadi ketum PAN, dia tak akanmenjadikan DPP pusat pengambilan keputusan. Pengurus daerahakan diberi kewenangan yang memadai untuk mengambil keputu-san secara mandiri. Tidak segala-galanya dikuasai DPP. Dan apayang disebut otonomisasi, ucap Zulkifli.

    Situasi panas setelah pendukung dua kubu berdatangan di arenakongres.Dukungan untuk caketum pilihan masing-masing pun takbisa dibendung. Kader-kader mulai tiba di The Westin Hotel, NusaDua, Bali, Sabtu (28/2/2015) pukul 18.30 WIB. Mereka memakaiatribut PAN, baik kaos maupun kemeja.

    Sambil menunggu acara pembukaan dimulai, para kadermelakukan pemanasan. Caranya adalah dengan meneriakkan yel-yel dukungan bagi caketum jagoan mereka masing-masing. Hatta!Hatta! Hatta! teriak pendukung mantan Menko Perekonomian itu.Bang Zul! Bang Zul! balas pendukung Zulkifli Hasan. dtc-yan

    Bus ..... (Sambungan hlm 1)

    Sedangkan dua korban luka adalah Sutarso (45) dan Wahyudin(33). dirujuk ke RS Ortopedi Banyumas karena menga- lami patahtulang.

    Informasi yang dihimpun menyebutkan, kecelakaan maut ter-sebut bermula ketika bus yang disopiri Basirun (45) asal Wonosobomelaju dari arah Tegal menuju Purwokerto. Sesampai di tempatkejadian, bus berusaha mendahului sebuah truk yang mogok. Padasaat kembali ke jalurnya, bus mengalami oleng dan menabrak sepe-da motor yang parkir di bahu jalan. Bukannya berhenti, bus justruterus melaju menerabas apa saja yang ada didepannya.

    Waga yang mengetahui kejadian tersebut langsung memberikanpertolongan. Empat pedagang yang menjadi korban langsung di-larikan ke rumah sakit. Korban tertabrak dan jatuh ke selokan.Luka yang dialami cukup mengkhawatir- kan, kata Karto salah se-orang warga.

    Kasatlantas Polres Brebes AKP Rendy Andy Julikhlas membe-narkan kecelakaan yang mengakibatkan dua orang meninggaldunia tersebut. Adapun penyebab pasti kecelakaan ma- sih dalampenyelidikan. Sopir bus sudah diamankan untuk diperiksa keteran-gannya, kata dia. Dugaan sementara kecelakaan maut terjadikarena sopir bus mengalami kepanikkan setelah menabrak satusepeda motor yang tengah parkir di bahu jalan. Sopir yangberusaha menguasai keadaan justru menginjak pedal gas. Penye-bab pasti kecelakaan masih menunggu hasil penyelidikan,terangnya didampingi Kanit Laka Satlantas Polres Brebes Iptu HeruIrawan. SMNetwork/H51-yan

    Sempurna ..... (Sambungan hlm 1)

    tradarai beberapa film, menulis buku, menulis puisi, merilis karyafotografi dan merekam musik.

    Obama BerdukaPresiden Barack Obama mengungkapkan kedukaannya atas ke-

    matian Nimoy. Dalam siaran pers yang diunggah akun [email protected], Obama menggambarkan Nimoy sebagai orangyang mencintai seni dan humaniora. Kata Obama, dia merupakanpendukung ilmu pengetahuan serta murah hati terhadap bakat danwaktunya.

    Dan tentu saja dia adalah Spock. Keren, logis, dengan kepedu-lian yang besar dan berkepala dingin, pusat keoptimisan Star Trek,memiliki visi inklusif terhadap masa depan kemanusiaan. Sayamencintai Spock, katanya.

    Obama bercerita, dia berkesempatan bertemu dengan Nimoysecara pribadi pada 2007. Wakatu itu dia menyapanya dengansalam Vulcansalam dengan merapatkan jari manis dengan jarikelingking dan jari tengah dengan jari telunjuk. Salam yang dipop-ulerkan oleh Nimoy ini merupakan simbol universal untuk hara-pan akan panjang umur dan hidup sejahtera.

    Setelah hidup 83 tahun di planet ini dan mengunjungi banyakorang lain, kata Obama, tentu Nimoy tak hanya seperti yangdigambarkan salam Vulcan. Dia dan istrinya, Michelle, bergabungbersama keluarga Nimoy, teman, dan para penggemarnya yangbegitu banyak dan merindukannya. cnn-yan

    JAKARTA - Dewan PimpinanPusat Partai Persatuan Pem -bangunan pimpinan (DPPPPP) Djan Faridz menyayang -kan pernyataan Ketua KomisiPemilihan Umum (KPU)Husni Kamil Malik yangmengatakan hingga saat iniDPP PPP versi Romahurmuz -zy, adalah pengurus yang ber -hak mengikuti Pilkada se-ren tak tahun ini.

    Atas pernyataan tersebut,DPP PPP kubu Djan Faridzpunmengancam akan melaporkanKPU ke Dewan KehormatanPenyelenggara Pemilu (DKPP)dan Pengadilan Tata UsahaNegara (PTUN) jika tetapmengizinkan kubu Romy me-ngikuti Pilkada serentak.

    Kami menyesalkan padaJumat (27/2) kemarin Ketua

    KPU menyatakan bahwa DPPPPP Hasil Muktamar Surabayamasih sah secara hukum untukmengikuti Pilkada serentakpada Desember 2015. Tidakmenutup kemungkinan bilaKPU salah mengambil kepu -tusan dan itu merupakan pe-langgaran hukum bisa di-adukan ke DKPP dan digugatke PTUN, ujar Ketua DPPPPP versi Muktamar Jakarta,Sofwat Hadi, dalam pesansingkat kepada para warta-wan, Sabtu (28/2).

    Pada 19 Januari 2015 silamKPU diketahui mengirimkansurat kepada Kementerian Hu-kum dan HAM untuk me-nanyakan pihak yang berhakmengikuti Pilkada serentakdalam tubuh PPP. KPUmengatakan bahwa DPP PPP

    hasil Muktamar Surabaya se -bagai pihak yang sah mengi-kuti Pilkada serentak 2015berdasarkan surat jawabanyang diterima atas pertanyaantersebut.

    Jika KPU tetap mengizinkanDPP PPP hasil MuktamarSurabaya mengikuti Pilkada,maka Sofwat meragukan pe -nyelenggaraan Pilkada akanberjalan lancar nantinya. Me -nurut Sofwat, kekacauan bisaterjadi jika KPU tidak mengu-bah keputusannya itu.

    Keputusan KPU RI bisamengkibatkan timbulnya ke-kacauan dalam pelaksanaanPilkada serentak 2015. Kamimohon Menkumham danKPU agar mempelajari danmelaksanakan putusan selaPTUN, ujar Sofwat. cnn-yan

    PPP Djan Faridz Ancam KPU

  • Minggu Wage, 1 Maret 2015

    230C

    310C

    230C

    310C

    Minggu, 1 Maret 2015

    04.28 11.55 14.58 18.03 19.10

    Sumber: Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah. Yn

    230C

    310C

    240C

    320C

    240C

    310C

    240C

    310CSumber: BMKG Jawa Tengah

    Dugaan Pidana AKP Hadi Diselidiki

    Penyidik Datangi Karaoke

    SIANG itu Sumarni (60), tak henti-hentinya menawakan barang daga-ngannya, setiap kali para penggunajalan berhenti di sampingnya. Ibu

    yang bertempat tinggal diSumowono Bandungan ini tak

    memperdulikan para penggunajalan itu mau membeli atau tidak.

    Ya begitulah pekerjaan yang se-ti ap harinya dilakukan ibu tigaanak tersebut sebagai penjual bu -nga di trotoar Jalan Pandanaran Se-marang. Hanya dengan berlasanka rung dan berada di bawah po -hon sebagai tempat teduh.

    Pada saat berjualan dia tidak se-lalu merasa aman. Pasalnya seringkali dirinya harus berurusan den-gan anggota keamanan dan pe nert-iban yakni Petugas Satpol PP KotaSemarang.

    Sebagian besar para penjualbunga di sini, harus berjuang kerasseperti berkejar-kejaran kepada pe -tu gas, demi memenuhi kebutuhankeluarga kami, ujar Sumarni ke pa -da Koran Pagi Wawasan, baru-baruini (26/2).

    Bunga DisitaNenek itu mengaku ketika ber -

    ju alan sering kali dikejar-kejaranoleh petugas Satpol PP, bahkan bu -nga yang dijualnya pernah disitapetugas. Sehingga, kalau ada ope -rasi ya saya pergi, kalau tidak adaoperasi saya kembali berjualan.Sebab ketika ada operasi dan ke-tangkap barang dagangan kerapdisita, imbuhnya.

    Hal serupa juga diungkapkanoleh Rumiah (40), yang meng -ungkapkan, berjualan bunga ditempat itu banyak tantangannya,tidak hanya berurusan dengan pe -tu gas penertiban dan keamanan,namun juga musim hujan.

    Sebab, ibu dua akan tersebutmengatakan bunga yang rata-ratadijual tidak tahan dengan air hujan,kalau kena air hujan bunga menjadilayu. Meskipun tidak hujan bungajuga hanya bertahan selama duahari saja.

    Maka dari itu penjual bungatidak selamanya untung, kadangbisa rungi kadang juga tidak dapetuang, katanya kepada Koran PagiWawasan, Kamis (26/2).

    Bunga-bunga yang dijual sepertibunga mawar merah dan putih,sedap malam, nisan dan lain seba-gainya. Untuk harga sendiri relatiftergantung pembeli mau beli be-

    rapa kami layani, jelas ibu yangberjualan mulai dari pagi pukul05.00 WIB sampai sore pukul 17.00WIB.

    Namun, terang dia, untuk hargarata-rata bunga yakni kisaran an-tara Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribuper kranjang tegantung besar kecilkeranjang. Dan penjual bunga tidakselamanya ramai setiap hari, pen-jual bunga ramai biasanya dihari-

    hari besar seperti bulan puasa men-jelang Lebaran, hari Natal, dan hariraya Imlek, dan Jumat Kliwon

    Kalau hari-hari biasa seperti inikami hanya mengandalkan parapeziarah kubur dan kadang jugaorang yang meninggal, papar Ru-miah yang setiap hari rata-ratamendapatkan uang Rp 30 ribu sam-pai Rp 50 ribu.

    Shodiqin-Yn

    Dua Begal Motor DitembakSEMARANG SELATAN - Empat orang perampas se -pe da motor ditangkap aparat kepolisian setelah me lan -carkan aksinya pada seorang perempuan yang barudi kenalnya. Keempat tersangka yakni RS (22), MF (17),AS (23), dan SS (22). Pelaku berkenalan dengan seorangkor ban berinisial C (16) yang masih duduk di bangkusekolah.

    Polisi masih merahasiakan identitasnya untuk me -ngem bangkan kasus, karena diduga para pelaku terlibatka sus pencurian lainnya. Salah satu pelaku, RS me ng -ung kapkan, korban telah diincar setelah berkenalan me -la lui jejaring media sosial facebook beberapa bulan lalu.

    Pelaku lalu meminta waktu untuk bertemu dengankor ban di Jalan Dr Sutomo, di dekat Lapangan Garnisun,Kamis (26/2) malam. Dia bilang perlu uang untukbayar SPP, karena sudah merasa akrab, dia mau diajakun tuk ketemuan, ungkapnya, saat gelar perkara di Ma -pol resabes Semarang, Jumat (27/2).

    Tiga pelaku di antaranya membawa parang sepan -jang 40 sentimeter untuk menakut-nakuti korban. Ba -rang-barang berharga dan sepeda motor korban laludi rampas. Lokasi perampasan yang tak jauh dari Ma pol -res tabes Semarang ini membuat korban langsung me la -por kan kejadian tersebut.

    Kapolrestabes Semarang, Kombes Djihartono me nga -takan, laporan tersebut segera direspon dengan menyisirsekitar lokasi kejadian. Dari penelusuran, mereka di -tang kap di sekitar Banjirkanal Barat. Tembakan dilepas -kan mengenai kaki dua tersangka yang saat itu akanmelawan.

    Tidak sampai dua jam, pelaku kami lumpuhkan,ungkapnya.

    Pelaku diancam hukuman penjara maksimal enamtahun dengan dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencuriandisertai kekerasan. Pihaknya saat ini tengah menyelidikiketerlibatan para pelaku dalam kasus lainnya.

    SM Network/H74,K44-Yn

    METESEH - Dusun Genting RW 6 Kelurahan MetesehKecamatan Tembalang, merupakan wilayah RW yangke lahiran bayinya cukup banyak. Wilayah RW ini, dipi -lih sebagai Kampung Nutrisi oleh PKPU (Pos KeadilanPeduli Umat) Kota Semarang dan diresmikan Walikotayang diwakili Kepala Bappeda Kota Semarang Ir Bam -bang Haryono, Sabtu (28/2).

    Acara peresmian Kampung Nutrisi Dusun Gentingini dilanjutkan penyerahan PMT (Pemberian MakananTambahan) balita dan pelantikan kader posyandu. Da -lam rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan pe nyu -luhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat), Posyandudan pemberian PMT serta pengobatan gratis untukwarga sekitar yang turut diundang dalam acara pe res -mi an program Kampung Nutrisi.

    Kepala PKPU Kota Semarang Miftahul Surur me -nya takan, PKPU fokus terhadap pemberdayaan ma sya -ra kat, kesehatan, pendidikan, dan peningkatan pere konomian masyarakat.

    Menurutnya, warga Dusun Genting ada 85 bayiuntuk ditingkatkan asupan gizinya. Dipilihnya RW 6 inisebagai Kampung Nutrisi untuk peningkatan per tum -buhan dan perkembangan bayi yang dipantau petugasPos yandu, Puskesmas, dan pusat penelitian.

    Dikatakan, Kampung Nutrisi merupakan sebuahpro gram gizi berbasis masyarakat yang fokus pada pro -ses rehabilitasi malnutrisi dan pemeliharaan status gizibalita binaan. Program ini berlangsung selama se ta hunatau dimulai Maret 2015 hingga Januari 2016 nanti. Da -na program Kampung Nutrisi bersumber dari para do -na tur PKPU Semarang yang bersedia menyalur kando nasinya untuk program ini.

    Tahap program yang sudah dilakukan hingga saatini adalah, sosialisasi program kepada daerah sasaran,rembug warga, BLS (Base Line Survey) dan PelatihanKader Posyandu.

    Ir Bambang Haryono, selaku Kepala Bappeda menyatakan bahwa, apresiasi yang besar dan penghargaansetinggi - tingginya atas terlaksananya program Kam -pung Nutrisi di Dusun Genting ini. bgy-Yn

    Kampung Nutrisi Dusun Genting Diresmikan

    KAMPUNG NUTRISI : Kepala Bappeda Kota Semarang Ir Bam -bang Haryono saat meresmikan Kampung Nutrisi Dusun GentingKelurahan Meteseh, Sabtu (28/1). Foto : Unggul Subagyo

    MOBIL KAPOLSEK : Mobil Suzuki Karimun H-9182-KG terparkir di depan Mapolsek Gunungpati untuk keperluan pengambilan data awal terkaitpengrusakan, Sabtu (28/2). Foto : SM Network/Zakki Amali-Yn

    Sejumlah penyidik dari SubDirektorat III Kejahatan dan Ke ke -rasan (Jatanras) mendatangi Ma -pol sek Gunungpati dan sebuahkaraoke yang terkait dengan pe ris -tiwa perusakan dengan disertaikekerasan oleh AKP Hadi yang sa -at kejadian masih menjabat Wa ka -polsek Gunungpati.

    Sejumlah penyidik berpakaianpreman mendatangi lokasi keja di -an di Cafe dan Karaoke KumalaAsri di Nongkosawit, sekitar 500

    meter ke arah timur dari mapolsek.Penyidik lalu mengambil kete rang -an sejumlah saksi mata, termasukKepala SPKT Polsek Gunungpati,Aiptu Mian yang menjadi saksikeributan antara AKP Hadi denganKompol Ahmadi.

    Dari pantauan di mapolsek, mo -bil Suzuki Karimun terparkir de -ngan serong menghadap sudut uta- ra mapolsek. Diduga mobil di par -kir sebagaimana posisi saat keja di -an pada 16 Februari 2014. Mobil

    ter sebut ringsek pada bagian kapmesin dan pintu setelah Hadimeng hantamnya dengan sebuahpa rang. Pengambilan keteranganawal oleh penyidik ini berlangsungsecara cepat.

    Kasubdit III Jatanras Dires kri -mum Polda Jateng, AKBP DwiCah yono mengatakan, pihaknyame nyelidiki dugaan pidana dalampengrusakan yang dilakukan Hadi.Kami hanya menangani perkarapidananya, ujarnya.

    Tak TergangguKompol Ahmadi mengatakan,

    setelah kejadian pihaknya mela por -kan kepada pimpinan yakni Ka pol -res tabes Semarang. Dari la poranter sebut kemudian dise lidiki duapi hak yakni Bidang Propam PoldaJa teng dari sisi pelanggaran kode

    etik dan Ditreskrimum dari sisi pi -dana. Kalau saya tidak laporan,sa ya salah. Mungkin dari laporansaya lalu diselidiki dari dua bi -dang, katanya.

    Ahmadi menambahkan, saat inipelayanan di mapolsek berjalan nor -mal dan tak berpengaruh dari ka suskeributan tersebut. Posisi Wa kapol-sek yang sempat kosong, karena AKPHadi dinonjobkan di Polrestabes Se -ma rang, kini bakal diisi oleh AKPWa rijan. Pak Wari jan belum resmimenduduki jabat an, karena belumada sertijab, ung kapnya.

    Terkait penyelidikan kasusnya,pihaknya sepenuhnya me nye rah -kan kepada petugas terkait. Sayatidak berkomentar soal kejadian.Se mua sudah ditangani pihak ter -kait, imbuhnya.

    SM Network/H74,K44-Yn

    SEBANYAK 32 siswa yang masihduduk di Sekolah Dasar (SD) KotaSe marang menjadi peserta khita nanmassal yang diselanggarakan Yaya -san Pendidikan Islam (YPI) Na simaSemarang, Sabtu (28/2) pagi.

    Sebelum dikhitan, para pesertadiarak mengunakan 15 delmanatau dokar yang dihias janur danmanggar. Arak-arakan khitanandi mulai pukul 06.30 WIB dari SMANasima Jalan Tri Lomba Juang Se -ma rang, finis ke SD Nasima JalanPusponjolo Semarang. Para pesertakhi tan diarak mengelilingi Kota Se -ma rang sehingga menarik perhati -an para pengguna jalan.

    Ketua YPI Nasima Semarang HAgus Safwan Hadi SH mengatakankhitan massal ini sudah terse leng -ga ra yang ke-6 kalinya. Pelak sa na -an yang digelar setiap dua tahunse kali ini disambut positif dari ma -syarakat sekitar.

    Hal ini terlihat, tidak hanya sis -

    wa-siswa SD Nasima saja yangmenjadi peserta. Akan tetapi darisiswa-siswa SD yang lainnya. Al -ha sil dari jumlah seluruh peserta

    hanya tujuh peserta dari siswakami, dan sebanyak 25 peserta darisiswa SD lainnya, ujar Agus.

    Dia mengatakan, pelaksanaan

    khitan massal ini sudah menjadibudaya dari YPI Semarang. Tu ju an -nya yakni menyampaikan masya -ra kat bahwa khitan ini menujukkanmasa akil balik peserta sudah tiba.Karena kami yayasan Islam yangmemiliki siswa-siswa cukup ba -nyak di Kota Semarang tidak adasalahnya pelaksanaan khitan ini ka -mi selenggarakan sebagai salah sa -tu syiar Islam, imbuhnya.

    Sementara Katua Pengawas YPINasima Dr Ragil Wiranto menga ta -kan menginjak masa akhir balik, di -ha rapkan para peserta yang dikhi tan bisa lebih baik dalam me nem -puh pendidikan, tidak hanya aka -de mik namun sosial juga sangatpenting.

    Ramsih salah satu orang tua pe -serta khitan mengaku senang de -ngan diselenggarakannya khitanmassal ini. Menurutnya hal ini sa -ngat membantu dari segi ekonomikeluarga. M13-Yn

    Khitanan Massal Nasima Ke-6

    Peserta Diarak Keliling Kota dengan Delman

    Pendagang Bunga di Trotoar Jalan Pandanaran

    Sumarni Cari Rezeki Dibayangi Kejaran Satpol PP

    SEMARANG - Kasus pengrusakan mobilSuzuki Karimun H-9182-KG milik KapolsekGunungpati, Kompol Ahmadi, mulai diselidikioleh penyidik Direktorat Reserse KriminalUmum Polda Jawa Tengah.

    MENUNGGU : Sumarni (60), tengah menunggu para pembeli bungayang dijual belikan tepatnya di trotoar Jalan Pandanaran Semarang, Kamis(26/2). Foto : Shodiqin-Yn

    DIARAK : Para peserta khitan massal diarak mengelilinggi Kota Semarangdengan menggunakan delman yang dihias sebelum dilaksanakan khitan diSD Nasima Semarang, Sabtu, (28/2). Foto : Shodiqin

  • Minggu Wage, 1 Maret 20154

    SEMARANG TENGAH - Satu-satunya gereja di Kota Semarangyang ibadahnya menggunakanbahasa mandarin, Gereja KristenIndonesia (GKI) Stadion, mengge lar pesta lampion selama 15ha ri. Gereja yang terletak diJalan Ki Mangunsarkoro 3 inimempunyai cara sendiri untukmerayakan Im lek sebagai per -gan tian tahun.

    Berangkat dari kerinduan.Je maat kita mayoritas Tiong -hoa. Ter masuk untuk meng -har gai bu da ya. Selain itu jugamem buat da ya tarik tersendiri, kata Pdt Ponco Trihandoko, Pendeta di GKI Stadion,Jumat (27/2),

    Lampion, kata Ponco, diambiluntuk mewakili perayaan Imlek.Lampu khas Tiongkok tersebutsudah terlihat di depan gereja.Po hon setinggi sekitar empat me -ter dipasang lampion di bagianrantingnya.

    Masuk ke area dalam gereja,war na merah lampion penuhmeng hiasi setiap sudut. Mulaida ri lantai satu hingga lantai tiga.Di halaman lantai satu dan dua,disediakan khusus untuk nuansanegeri tirai bambu.

    Kalau hari minggu, di lantaisatu ada foto gra fernya khusus.Bi sa langsung cetak. Photo boothini dibuka un tuk umum. Silahkansaja jika mau foto, tuturnya.

    Dijelaskannya, tidak ada sin -kre tisme (percampuran agama)da lam perayaan Imlek di gereja.Lampion diambil sebagai asesorisdan jauh dari makna lain.

    Ini ju ga memberi pencerahanke pa da ma syarakat. Kita meng

    har gai ke budayaan tertentu. Ka -re na sudah be rakar. Kami me la -ku kan yang tidak bertentangande ngan iman Kristen. Kalau adahal tidak se suai iman, tidak akanka mi pakai. Merayakan denganba tasan iman, ungkapnya.

    Tanpa GambarMenurut Ponco, terkait simbol

    dan mengandung makna lainda lam lampion sudah dibatasi.Pe milihan lampion khusustanpa gambar yang membentukarti la in. Simbol mengandung

    mak na itu sebetulnya karena di -be ri kan oleh orang yang mem -per cayai. Tidak dari diri simbolitu sendiri. Kami maknai bahwalam pion ini indah, bagus, te -rang dan me na rik. Tidak adamis tis, paparnya.

    Penanggung jawab pestalam pion, Yohanes Eng Tjay,me nu tur kan lampion yang ter pa -sang sekitar 400 buah. Meru pa -kan per sembahan para jemaatke pada ge reja.

    Hampir semuanya diberioleh jemaat. Ada yang dilukis

    sen diri juga, jelas Eng Tjay.Lampion tersebut dipasang

    hingga Kamis (5/3), bertepatande ngan berakhirnya perayaanIm lek, biasa dikenal capgome.Di u tarakannya, pesta lampionakan dilakukan secara rutin se -tiap tahun.

    Kami pasang selama pera ya -an Imlek. Perayaannya 15 harisampai capgome. Harapannyaru tin. Dan tahun depan semogale bih banyak lagi, tukasnya.

    SM Network/akv-Yn

    Ada banyak hal yang bisadilakukan, salah satunya lewatpendidikan kebangsaan dankenegaraan di dalam lingkungankeluarga. Seperti halnya mem -per kenalkan nilai-nilai Pancasiladalam segala aspek keluarga,pa par Ketua Badan PengkajianMPR RI Bambang Sadono di selapengajian Al Hidayah di Komplek DPD Golkar Jateng JalanKyai Saleh, Jumat (27/2).

    Di satu sisi, dirinya menilai sa -at ini makna dan arti penting Pancasila mulai memudar seiring de -ngan tidak dimasukannya ke da -lam UUD 1945. Pancasila tidaksecara eksplisit disebutkan, me -mang di dalam pembukaan UUD

    1945 sila-sila yang ada dalamPancasila disampiakan. Namunperlu penegasan dengan di ma -sukkan dalam pasal UUD 1945agar posisi Pancasila sebagai da -sar negara dan sumber dari se ga -la sumber hukum jelas, te rangnya.

    Bambang Sadono menyata -kan, selama satu tahun ini pi hak -nya menyerap aspirasi untukme nyiapkan bahannya.Ide-idedasar dari kelompok yang inginkembali ke UUD 45 asli dianggaphilang pada saat amandemen yai -tu, Pancasila, GBHN, posisi MPRdan TAP MPR. Posisi MPR yangtidak jelas dan hilangnya TAPMPR ini perlu disampaikan ke

    masyarakat, ujarnya.Dirinya berharap berbagai ma -

    sukan dari masyarakat dan aka -de misi, bisa menjadi pertim ba-ngan dalam penyusunan ke rang -ka kerja selanjutnya. Seluruh as -

    pi rasi masyarakat ini akan di-sampaikan dalam rapat di BadanPekerja MPR sehingga bisa disu -sun rencana kerja pada 2015-2016ini, tutur anggota DPD dari Ja -teng tersebut. Rix-Yn

    MUGASARI Perempuan memiliki perananyang sangat stategis dalam menjaga keutuhanNegara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Perempuan bukan warga negara kelas dua,namun merupakan aktor dalam pembangunankeluarga, masyarakat bangsa dan negara.

    Ibadahnya Gunakan Bahasa Mandarin400 Lampion Hiasi di GKI Stadion

    TUGU MUDA - IkatanAr sitek Indonesia (IAI)menggelar pameran ber ta juk Konservasi Arsi -tek tur & Komunitas Ko -ta di gedung La wangSe wu. Pa meran yang di -buka mulai Ju mat (27/2) ini mengha dir kan do -kumentasi kar ya 10 ar -sitek Indonesia dankar ya komunitas di Ko -ta Semarang.

    Salah satunya adalahar sitek yang lahir danke rap berkarya di KotaSe ma rang yakni LiemBwan Tjie. Pria kela hi -ran 1891 - meninggal diBelanda, 1966 ini adalaharsitek ter na ma dan pe -lo por arsi tek tur moderngenerasi per ta ma diIndonesia. Kar ya nya diKota Semarang me liputiKantor pusat Oei TiongHam Concern di JalanKe podang, Villa HanTiauw Tjong di JalanTum pang,

    Stadion Renang (Ge -

    meen te Zwembad) diJa lan Ki Mangun sar ko -ro, Ru mah Jalan Dr Wa -hidin, Stand Oei TiongHam Pa sar Malam, Ru -mah R Van Duinen,Grand Bioskop dan Res -toran Semrang. Kar yalainnya Rumah KwikTjien Gwan Ta wang ma -ngu, Stadion Me dan,Ge dung Bioskop di Ja -kar ta, Lapangan AtletikMerdeka Jakarta, GerejaR-K Kerk Cililitan, OeiTiong Ham Concern Su -ra ba ya, Sekolah Pergu -ru an Cikini Semarang.

    Selain itu juga di tam -pilkan karya arsitek Hoe -mar Tjokrodiatmo, Ah mad Noeman, Mus tafaPa muntjak, Soejoedi, Za -e nu din Kartadiwiria,Moer djoko, FriedrichSilaban, Han Awal danBianpoen.

    Pameran ini dise -leng ga rakan kelilingempat kota besar di In -do nesia. Yakni Ban -

    dung, Se ma rang, Yog -ya karta dan Su ra baya.

    Semarang ada lahko ta kedua. Kami me -nge nalkan kegiatan IAIdan komunitas yangber hu bungan dengankre atif, kata Satrio Nu -groho, Ketua IAI JawaTe ngah, kemarin.

    Dijelaskannya, kegi -atan yang dikenalkanlebih me ngarah kepadarevitalisasi bangunankuno di Kota Semarang.Acara ini di ge lar sampaiMinggu (1/3).

    Dalam pameran, jugaditampilkan karya fotoyang sering masuk diSa lon Foto Indonesia(SFI), ajang bergengsi

    fotografi. Tahun ini, SFIke 36, di selenggarakandi Kota Se marang. Se ba -gai penye lenggara ada -lah Ko mu nitas Foto grafer Se marang (KFS). SFIrencananya dihelat perte ngahan tahun ini.

    SM Network/akv-Yn

    Karya Arsitek Kuno Digelar di Lawang Sewu

    LAMPION : Pesta Lampion di GKI Stadion diwarnai dengan maraknya 400 lampion tanpa gambar. Foto : Aricx Ardana-Yn

    KARYA ARSITEK :Pengunjung sedang

    menikmati dokumentasikarya arsitek yang

    dipamerkan di acara dengantajuk Konservasi Arsitektur

    & Komunitas Kota. SMNetwork/Aristya Kusuma

    Bisa Jadi Aktor Pembangunan Bangsa

    Wanita Bukan Kelas Dua

    MEMAPARKAN : Ketua Badan Pengkajian MPR RI Bambang Sadonosaat memberi materi di sela pengajian Al Hidayah di Komplek DPDGolkar Jateng Jalan Kyai Saleh, Jumat (27/2). Foto : Arixc Ardana

  • BLORA Meski petun-juk tehnis (juknis), petun-juk pelaksanaan (juklak)dan Peraturan KomisiPemilihan Umum (PKPU)untuk pemilihan kepaladaerah (Pilkada) serentakdigelar Desember 2015belum turun, KPU Kabu-paten Blora menyatakankesiapannya untuk meng-gelar pilkada yang dijad-walkan akhir tahun ini.

    PKPU, juknis, juklakmemang belum turun,anggaran baru disediakanAPBD sebesar Rp 11 mil-iar, dan berharap tamba-han dana pada APBD-P,kami siap melaksanakanPilkada Desember 2015,jelas Ketua KPU Kabu-paten Blora Arifin, Sabtu(28/2).

    Sebelumnya anggotaKomisi II DPR RI ArwaniThomafi mengatakan un-tuk tujuan efektif dan efi-sien, pelaksanaan pilkadaakan berlangsung singkat.

    Selain dihapusnya pro-gram uji publik, peraturanterbaru nantinya pilkadahanya satu putaran, danpasangan peraih suaraterbanyak langsung jadipemenangnya.

    Diatur dalam Un-dang-Undang Nomor 1tahun 2015 tentang Pilka-da, pasangan peraih suaraterbanyak langsung jadicalon kepala daerah (ca-kada) terpilih, paparnyaruang pertemuan KPUBlora dalam program re-ses sosialisasi Pilkada, ba-ru-baru ini.

    Arwani yang juga ang-

    gota Panitia Kerja (Panja)DPR untuk penyusunanaturan terkait pilkada itumembeberkan prosespembahasan panjang UUPilkada di DPR RI. UUyang telah disahkan itu,kata dia, antara lain berisisejumlah ketentuan baruterkait dengan Pilkada.

    PasanganMenurutnya, UU itu ti-

    dak ada ambang batas ke-menangan atau dengankata lain ambang batas ke-menangan nol persen. Se-hingga kemenangan pasa-ngan calon di pilkada di-tentukan berdasarkan pe-rolehan suara terbanyak,ini akan lebih efisiensiwaktu dan anggaran.

    Anggota DPR dari Per-satuan Pembangunan(PPP) ini menambahkan,untuk bisa dicalonkanmenjadi kepala daerahdan wakil kepala daerah,sejumlah persyaratan ha-rus dipenuhi dan persya-ratan itu juga diaturdalam UU Pilkada.

    Persyaratan tersebutantara lain terkait dukun-gan partai politik (parpol)maupun persyaratan ca-lon perseorangan. Syaratdukungan bagi calonyang diusung parpol ataugabungan parpol, mini-mal 20 persen kursi diDPRD atau 25 persen per-olehan suara pemilu lalu.Termasuk calon perseo-rangan dinaikkan syaratdukungan antara 6,5 per-sen sampai 10 persen ter-gantung jumlah pen-

    duduk. Politisi asal Rembang

    menambahkan jika Per-ppu Nomor 1 Tahun 2014cakadanya hanya satuorang saja (tanpa wakil),UU baru ini pengajuanpasangan calon dilakukansecara berpasangan, yaknicalon kepala daerah/ wa-kil kepala daerah.

    Di KPU, program resesArwani Thomafi hadirianggota KPU, sejumlahanggota DPRD Blora, Wa-kil Bupati H Abu Nafi,Asisten I Riyanto dan un-dangan lainnya. Saya den-gar anggaran Pilkada diBlora tidak ada ma-salah,hanya masih kurang saja,nanti bisa dianggarkan diAPBD perubahan, kata-nya. K-9-ad

    Minggu Wage, 1 Maret 2015 5

    Debit Air Bendung Sokawati Dipantau

    Jika debit air di bendung yangterhitung besar ini meluap makadipastikan beberapa desa di Ulu-jami khususnya yang berada ditepian Sungai Comal akan men-dapatkan kiriman air. Maka, de-bit air bendungan itu terus di-pantau.

    Pihak kecamatan selalu ber-koordinasi dengan penjaga Ben-dung Sokawati untuk menge-tahui elevasi air di bendung.Khususnya pada saat hujan turundengan intensitas yang ting-gi,tandas Purjanto mantan Ca-mat Ulujami yang kini pindahtugas menjadi Camat Bantar-bolang, Jumat (27/2).

    Tak mengherankan ratusanwarga di desa-desa sekitar Su-ngai Comal rela melakukan upa-ya antisipasi dengan membanguntanggul-tanggul berupa karungyang diisi tanah.

    Tak hanya para petani sajayang ikut membuat namun war-ga dari berbagai latar belakangprosesi. Hal ini karena merekapernah mengalami susahnya ke-banjiran yang terjadi setahunsilam.

    BendungTerpisah penjaga Bendung

    Sokawati, Damudi pada warta-wan mengatakan jika selama BulanPebruari elevasi air di bendungmasih cenderung normal. Hal inidisebabkan ketinggian hanya ber-kisar dibawah 2 meter sehinggatidak akan menyebabkan banjirdidaerah hilir Sungai Comal, ber-beda halnya jika ketinggian airsudah melebihi angka dua meter

    maka sudah harus diwaspadai.Berdasarkan data, ketinggian

    pernah mencapai 3,8 Meter yangmasuk Sungai Comal dari Ben-dung Sokawati. Sementara padasaat yang bersamaan elevasi Ben-dung Kaliwadas mencapai duameter, sehingga ketinggian bua-ngan air yang masuk sungaimencapai 5,8 Meter.

    Terpisah Kepala Badan Pe-nanggulangan Bencana Daerah

    (BPBD) H Wismo, juga mem-benarkan jika selama musim hu-jan pihaknya memang mening-katkan kewaspadaan terkait an-caman terjadinya bencana. Baikitu bencana banjir maupun tanahlongsor, dimana untuk daerahrawan banjir berada di jalur pan-tura sedangkan rawan longsorberada di daerah selatan yangmerupakan pegunungan.

    Obo-ad

    PEMALANG - Jika diJakarta BendungKatulampa selalumenjadi acuan untukmemperkirakan akanterjadi banjir atautidak, di Pemalang bagiwarga Ulujami,Bendung Sokawatimempunyai peranyang sama.

    SOLO-Sebanyak 91 pedagangbatu mulia bakal mengikutiSolo GEMS AWARD. Kegiatanpameran batu mulia yang di-gelar bersama antara FestivalPermata Nusantara, MajalahPer- mata dan Gems Loverbakal berlangsung empat harimulai 5 Maret 2015 di KotaSolo.

    Kegiatan yang diikuti olehpeserta dari seluruh Indonesiadiharapkan dapat memwujud-kan transaksi antara Rp 1 mi-liar hingga Rp 2 miliar setiaphari, ungkap Ketua Panityapenyelenggara SOLO GEMSAWARD, Agustono Dwi RMSi CPG, Sabtu (28/2).

    Dia membeberkan kegiatandigelar dalam rangka menge-nalkan batu mulia kepada ma-

    syarakat yang sudah mulaimengalami pergeseran. Jika dimasa lalu batu mulia mungkinhanya digunakan sebagai per-lambang kedigdayaan, tetapisetelah mengalami pergeseran,banyak orang yang meman-faatkan untuk menambah nilaifashion.

    Disamping itu perdaganganbatu mulia diharapkan dapatdiberdayakan sebagai suatu al-ternatif untuk mendapatkanpendapatan yang dapat meng-gerakkan ekonomi kreatif.

    Potensi bisnis batu mulia san-gatlah luar biasa. Meski gejalabooming baru setahun terakhir,diperkirakan ke depan- nya akanlanggeng. Karena bisnis batumulia sudah teruji waktu, mulaizaman Belanda hingga kini

    masih terus bertahan sepanjangmasa. Beda de-ngan tanamandan ikan yang bisa diproduksi.Batu mulia tidaklah demikian,terang-nya.

    Sementara itu Kepala DinasKebudayaan dan PariwisataEni Tyasni Suzana yang jugahadir menyambut baik dise-lenggarakannya pameran batumulia di wilayah setempat.Terlebih lagi kegiatan dimas-kud baru pertama kali diselen-garakan di Jateng dan dipas-tikan akan menarik perhatianpecinta batu mulia dan ma-syarakat berkunjung ke Solo.

    Ketua Paguyuban PedagangBatu mulia Gladag Solo AbdulBasid mengatakan boomingbatu mulia juga terjadi di daer-ahnya. Dikatakan, dengan ba-

    nyaknya konsumen yang me-nyukai batu mulia menjadikantransaksi meningkat sekitar 30persen.

    Barang dagangan batumulia yang diperdagangkanoleh 43 anggota paguyubanberasal dari berbagai daerah.Di antaranya Bengkulu, Paci-tan, Wonogiri, Purbalinggadan Aceh

    Booming batu nusantarasangat menunjang masyarakatkecil. Masyarakat sekarangberlomba mencari batu mulia.Batu mulia yang diperda-gangkan di Gladag mulai har-ga Rp 100 ribu hingga puluhanjuta rupiah, tuturnya serayamenunjukkan cincin bermatabatu jenis Chalcedoy bermotifangka delapan. K-2-ad

    Pengetahuan Masalah Hukum Perlu DitingkatkanBANJARNEGARA Sebanyak 60 peserta mengikutikegiatan Orientasi Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum)yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabu-paten Banjarnegara. Kegiatan ini dilaksanakan di RuangAula PKK Kabupaten Banjarnegara, baru-baru ini.

    Ketua Panitia Penyelenggara, Ny Hj Sundari Fahrudinmengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan iniyakni untuk meningkatkan pengetahuan tentang hukumdan masalah-masalah hukum aktual. Kemudian untukmeningkatkan keterampilan para kader Pokja I dalamusaha penyebarluasan produk hukum dan mencegah ter-jadinya pelanggaran hukum.

    Maksud dan tujuan kegiatan ini yakni untukmeningkatkan kemampuan penanganan awal padakasus hukum sekaligus sebagai wahana berbagi pengala-man dan pemahaman tentang penyuluhan kesadaranhukum, katanya.

    Ny Hj Sundari Fahrudin menambahkan narasumberpada kegiatan ini yakni ada dua. Pertama dari BagianHukum Setda Kabupaten Banjarnegara yang akanmemaparkan materi tentang Pelaksanaan RANHAM diKabupaten Banjarnegara.

    Kedua dari Polres Banjarnegara yang akan mema-parkan materi tentang Proses Perdagangan Manusia.

    Sementara itu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabu-paten Banjarnegara Ny Hj Sakinatun Hadi Supeno dalamsambutannya mengatakan Kegiatan Orientasi Kadarkummerupakan wadah bertemunya pengurus TP PKK Kabu-paten, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa Binaanserta pengurus Pokja I yang membidangi masalahhukum.

    Tujuan utama dari kegiatan ini yaitu untuk menye-barluaskan informasi dan pemahaman terhadap normahukum dan peraturan perundang-undangan serta untukmengembangkan kesadaran hukum masyarakatkatanya. ST-ad

    KPU Siap Gelar Pilkada Satu Putaran

    RAPI : Kotak suara eks Pemilu tertata rapi di gudang KPUsiap dimanfaatkan lagi untuk pelaksanaan Pilkada 2015. Foto: Wahono-ad

    BENDUNG - Selama musim hujan sejumlah bendung diawasi untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktuterjadi banjir. Foto : Probo Wirasto-ad

    Bisnis Batu Mulia Tetap Bertahan

    Harga Beras Naik Rp 700/KgWONOGIRI- Anggota Komisi X DPR RI, HamidNoor Yassin, memandang melonjaknya hargaberas belakangan ini sudah berada di atas ambangbatas kewajaran. Sangat ironis, di negara agrarisharga beras melambung tinggi, bahkan di sejum-lah daerah terjadi kelangkaan beras.

    Kelangkaan ataupun melonjaknya harga berasdi pasaran merupakan hal yang mengherankan.Pasalnya di wilayah Surakarta merupakan sentraberas. Untuk Wonogiri sendiri juga merupakansalah satu lumbung beras. Jadi, sangat di-mungkinkan adanya kartel yang bermain di baliksemua ini, kata Hamid, di rumahnya Sabtu(28/2).

    Seharusnya pemerintah, dalam hal ini Bulogselaku penyangga atau badan yang bisa mensta-bilkan harga beras dipasaran, segera bersikap agarharga beras tidak semakin keterlaluan,usulnya.

    Dikatakan, sebenarnya hal-hal seperti itu bisadihindari. Ada tiga hal penting yang harus di-lakukan pemerintah saat ini. Pertama pemerintahharus meningkatkan produk pertanian.

    Dalam hal ini merubah tata niaga pupuk,karenasetiap masa tanam pasti terjadi gejolak ke-langkaan pupuk. Kemudian yang kedua, Bulogharus benar-benar menjaga kondusifitas hargaberas dipasaran. Ketiga kalinya ini perlu diberan-tas yakni adanya kemungkinan pihak tertentuatau kartel yang bermain.

    Sementara dari hasil pantauan terakhir pasarWonogiri Kota, harga beras masih berada padakisaran Rp 10.000 hingga Rp 11.500 per kilogramatau naik antara Rp 500-Rp 700 per kg dibandingbeberapa hari sebelumnya. Pm-ad

  • BREBES Bentuk komitmennyata untuk memperbaiki infra-struktur jalan di KabupatenBrebes, dilakukan Bupati Hj IdzaPriyanti SE dengan memberikanpengarahan langsung kepadasekitar 40 tenaga teknis penambaljalan di halaman pendapa kabu-paten setempat, Jumat (27/2).

    Tenaga teknis yang sedangmelakukan pekerjaan perbaikandan penambalan jalan di ruangBrebes Jatibarang ini diberi pen-garahan oleh bupati sebelummelaksanakan tugasnya. Per-baikan dan penambalan jalanyang berlubang mendapat perha-tian serius bupati.

    Selain banyaknya ruas jalanyang rusak, juga tidak ingin per-baikan yang dilakukan asal-asalan.

    BerlubangKeluhan masyarakat akan

    banyaknya jalan berlubang sete-lah diperbaiki ternyata masih

    belum memberikan rasa amandan nyaman ketika melintasinya.

    Di beberapa titik baik jalanpantura nasional maupun daerahterkesan dalam melakukan per-baikan atau penambalan jalanmalah menimbulkan masalahbaru. Yakni mengunduknyabekas tambalan jalan.

    Sehingga masih saja rawan ke-celakaan bagi pengendara yangmelewatinya dan masyarakatmenyebutnya jalan keriting.

    Berbeda kondisi perbaikanatau penambalan jalan di daerahlain yang masih tetap nyaman di-lalui. Untuk itu, tak segan-seganBupati Idza belajar langsungkepada petugas Bina Marga yangsedang melakukan penambalandi ruas jalan Ciregol, Tonjong be-berapa waktu yang lalu.

    Ilmu yang didapat itulah yangingin ditransfer bupati kepadapetugas penambal jalan di Kabu-paten Brebes.

    Saya salut dengan petugaspenambal jalan, di bawah terikmatahari tetap bekerja demimasyarakat. Akan lebih bernilaiketika hasil pekerjaan tidak men-dapat celaan dari masyarakatkarena kurang rapih dan mem-buat tidak nyaman berkendara,kata bupati di hadapan petugaspenambal jalan.

    Sementara itu, Kepala UPTDDPU dan Taru Kecamatan Bre-bes, Kargam saat mendampingibupati menyatakan siap melak-sanakan pekerjaan dengan se-baik-baiknya.

    ero-ad

    Minggu Wage, 1 Maret 2015

    Subali Bongkar Komplotan Curanmor

    Polisi menangkap pemetik,penadah, dan pembeli sepedamotor curian saat menggelaroperasi Subali di KecamatanBandar.

    Kasat Reskrim Polres Ba-tang, AKP Hartono SH, baru-baru ini, menerangkan, pe-nangkapan komplotan curan-mor berawal dari pelaksanaanoperasi Subali di wilayah Keca-matan Bandar.

    Pada saat itu, polisi menja-ring seorang pengendarasepeda motor Yamaha Jupiter,namun si pengendara tidakbisa menunjukkan surat-suratkenda-raannya.

    Petugas yang curiga denganmotor yang tidak ada surat-suratnya itu kemudian menge-cek salah satu laporan, dan ter-nyata kendaraan tersebut me-rupakan motor yang dicuri pa-da tahun 2014 lalu.

    Setelah terbukti jika sepedamotor tersebut merupakan ba-rang hasil curian, pengendaradimintai keterangan dan me-ngaku jika kendaraan tersebut

    dibeli dari Raadi, warga DesaBinangun, Kecamatan Bandar.

    Dari keterangan itulah petu-gas langsung menangkapRaadi saat berada di rumahnya.Saat diperiksa Raadi mengakuia hanya sebagai penadah ba-rang-barang hasil curian.

    Pelaku LainDari hasil pengembangan,

    petugas menangkap Taufik(29), warga Pucanggading, Ban-dar, yang bertindak sebagaipemetik. Tidak berhenti di situ,ternyata Taufik mengatakanada pelaku lainnya, yakni Di-dik (24), warga Desa Depok,Kecamatan Kandeman, yangakhirnya berhasil ditangkap.Sedangkan untuk pelaku lain-nya, yakni TP dan UM hinggasaat ini masih dalam penge-jaran petugas.

    Hartono menjelaskan, sepe-da motor Yamaha Jupiter milikAfin Dwi Saputro, warga DesaMenguneng, Warungasem ter-sebut dicuri pelaku di depanwarnet Crown Net di Kauman,

    Batang. Pencurian tersebut ter-jadi pada 22 November 2014lalu sekira menjelang Maghrib.Para pelaku me- mang mengin-car sepeda motor yang ter-parkir di pinggir jalan maupundi depan rumah.

    Pelaku biasanya menja-lankan aksinya empat orangdengan berkeliling. Setelah ke-temu sasaran, kemudian salahsatunya langsung turun danmenjalankan aksi. Untuk wak-tunya biasa saat menjelangMaghrib, karena sepi, jelas-nya.

    Sementara, untuk TKP se-peda motor Honda Scoopy ter-jadi di Jalan Tentara Pelajar,Gang Rambutan, Kalisalak,Batang pada 26 Oktober 2014lalu. Sepeda motor tersebutmilik Aswita Endah Fetriyaniyang diambil saat terparkir didepan rumah.

    Para pelaku sendiri men-gaku sudah 10 kali melakukanaksinya. Hingga saat ini, petu-gas berhasil mengamankanbarang bukti dua unit sepedamotor. Motor hasil curian sen-diri biasanya dijual ke daerahSukorejo dan Temanggunguntuk menghindari kejaranpolisi. Rata-rata sepeda motorhasil curian tersebut dijual den-gan harga Rp 1 juta hingga Rp1,5 juta tergantung merek danjenisnya. haw-ad

    BATANG - Berkat terobosan operasi SubuhNembe Bali (Subali), Satuan Reskrim PolresBatang membekuk komplotan pencurian sepedamotor (curanmor) yang akhir-akhir ini mere-sahkan masyarakat.

    Bupati Beri Pengarahan Petugas Penambal Jalan

    Pelajar Tabur Bibit Ikan di Sungai Jlegong SALAM - Untuk mengemba-likan sungai sebagai habitat ikan,ratusan pelajar SMP Negeri 1Salam, Kecamatan Salam, Kabu-paten Magelang, Sabtu (28/2)melakukan kegiatan tabur bibitikan ke Sungai Jlegong. Kampa-nye konservasi sungai bertemaAyo Kembalikan Ikan ke Sun-gai itu, karena selama ini sungaijustru dipenuhi oleh sampah.

    Kegiatan melepaskan ikan kesungai oleh pelajar SMPN 1Salam ini, didasari keprihatinanatas kondisi sungai di KabupatenMagelang yang penuh sampahdan tidak lagi menjadi habitatikan, kata Kepala Dinas Pen-didikan Pemuda dan Olahraga(Disdikpora) Kabupaten Mage-lang, Drs Eko Triyono.

    Kampanye tebar ikan, meru-pakan lanjutan yang digelarJagad Suaka di 12 sungai di Ka-bupaten Magelang, dalamrangka memperingati hari pers(HPN) 2015. Dalam kegiatan itu,Jagad Suaka melepas 103.000bibit ikan mulai ikan mas, tawes,melem, nila, beong, dan lele.

    Dalam tebar bibit ikan, parapelajar berjajar di pinggir sungaidan di atas batu-batu Kali Jle-gong di Desa Gulon sambilmenebarkan ikan bersama-sama.Mereka juga memasang sejum-

    lah spanduk bertuliskan AyoJogo Kaline, Ojo Dibuang Sam-pahe Neng Kene, dan Ojo Dis-trum Iwake, serta SMPN SalamPeduli Lingkungan.

    Temukan HabitatKampanye konservasi sungai,

    kata Triyono, dimaksudkanuntuk mengajak masyarakatramai-ramai menebar ikan kesungai, karena dengan menebarikan disungai, maka ikan mene-mukan habitatnya. Selama ini,sungai justru dijadikan tempatuntuk membuang sampah,membuar aliran sungai menjadikotor, karena penuh sampah.

    Kegiatan melepas bibit ikanke sungai ini, mendapat apresi-asi dari Eko Triyono, dengankonservasi sungai yang digelarSMPN 1 Salam bekerja samadengan Disdikpora dan JagadSuaka ini, menegaskan alamharus dilestarikan karena men-jadi sumber kehidupan.

    Manfaat pelestarian ikantidak hanya diterima pelajarnamun seluruh masyarakat.Alam pasti akan membalassemua amal baik yang kitaberikan hari ini. Alam selalumembahagiakan manusia. Kitaakan memanen apa yang kitalepas hari ini, jelasnya.

    Kabid Pendidikan Dasar Dis-dikpora Drs Haryono MPdmenyatakan, kegiatan melepasikan selain dilakukan di sungaiJlegong oleh siswa SMPN 1Salam ini, merupakan kegiatanlanjutan yang sebelumnya sudahdilakukan menggunakan 10 per-ahu karet di Kali Elo bersamaBupati Magelang Zaenal Arifin,Kepala Satker PJSA BBWSSODwi Cahyo Handono, KapolresAKBP Rifki, PPK PLG MerapiDwi Purwantoro, pimpinanDPRD Yogyo Susaptoyono,akademisi Undip, FMMH,Dipeterikan serta mahasiswaKKN dan sejumlah komunitasrelawan.

    Kepala SMP Negeri 1 Salam,Hj Atmi Tri Wigati MPd men-gatakan pihaknya menebar seki-tar 6.200 ekor ikan berbagai jenisseperti ikan tawes, graskap, niladan lainnya. Disebutkan ke-lestarian alam membawa kese-jahteraan untuk masyarakatsekitar sungai, dengan tumbuh-nya habitat ikan di sungaimenandakan aliran sungai se-makin baik.

    Para pelajar dan generasimuda harus menjadi pelopordalam konservasi lingkungan,ajak masyarakat untuk tidak laginyetrum dan meracuni ikan.

    Biarkan ikan tumbuh besar nantisilahkan dipancing untuk kese-

    jahteraan masyarakat. Ayo jogokaline, jangan buang sampah

    sembarangan, tambah Atmi. ali-ad

    PENGARAHAN: Bupati Brebes Idza Priyanti SE memberikan pengarahan kepada para petugas penambal jalansebelum melaksanakan tugasnya di pendapa. Foto. Eko Saputro-ad

    TABUR IKAN - Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Salam, bersama-sama melepas ikan ke Kali Jlegong dalam kam-panye Ayo Kembalikan Ikan ke Sungai,. Kampanye tabur ikan ke sungai ini, untuk mengembalikan sungai seba-gai habitat ikan, bukan tempat pembuangan sampah. Foto ali subchi

    DIBEKUK: Komplotan curanmor di Kabupaten Batang dibekuk melalui operasi Subuh Nembe Bali(Subali). Foto: Hadi Waluyo-ad

  • TEGAL- Di tengah gemer-lap Kota Tegal, masih ba -nyak ditemukan ma sya-rakat kurang beruntungdan butuh perhatian darimasyarakat serta Pemerin-tah setempat. Juminem(71) misalnya, janda rentayang hidup sebatang kara

    ini, salah satu potret ma -syarakat miskin di KotaTegal yang butuh menda-pat perhatian.

    Juminem, saat ini ting-gal di Jalan Blanak RT 003,RW 002 Kelurahan Tegal-sari, Kecamatan Tegal Ba -rat, Kota Tegal. Dia me -

    nempati gubuk reyot ber -ukuran 4x3 meter. Gubukdari kayu dan anyamanbambu itu di sejumlah ba -gian tampak berlubang.Lubang-lubang ditambal-nya menggunakan plastikterpal atau papan triplek.Berbagai perabot sepertiti kar, tempayan, emberserta beberapa helai pakai -an tampak berserakan di-mana-mana.

    Tak ada jendela di gu -buk berlantai tanah itu. Se-tiap kali turun hujan, airhujan masuk dari sela-selaatap dan dinding yangber lubang. Untuk pene -rangan, dia menyalur lis -trik dari rumah tetanggadengan membayar Rp25.000 per bulan. De mi ki -an juga kebutuhan air, ju -ga diperoleh dari tetanggayang tak jauh dari rumah-nya.

    Meski hidup dalamkondisi serba kekurangan,di usianya yang lanjut, Ju-minem masih tetap pro-

    duktif. Untuk mencukupikebutuhannya, sehari-haridia bekerja membuat danberjualan rempeyek.

    Ada rempeyek ka-cang, teri, udang. Kadangka lau lagi sehat, bikingemblong. Sebisanya,yang penting bisa dapatuang,ujarnya, saat dite-mui di rumahnya, Jumat(27/2).

    Juminem yang pernahmembuka usaha warungmakan di Semarang ber -sama suami pertamanyayang sudah lama mening-gal dunia mengatakan, se -kali berjualan dia bisamendapat uang Rp 60.000hingga Rp 70.000. Uangtersebut kemudian dia gu-na kan untuk membeli ba -han baku untuk membuatrempeyek seperti kacangtanah, teri, udang dan te -pung terigu serta kayubakar dan minyak goreng.Ya sisanya paling Rp10.000 untuk ma kan,ungkapnya.

    Bantuan PemerintahDengan kondisi tubuh

    yang renta dan penghasi-lan yang minim, dia me-ngaku tak mampu untukmemperbaiki rumahnyayang sudah tidak layakhu ni itu. Selama ini anakkandungnya yang pergibertransmigrasi ke Kali-mantan juga tidak pernahpulang ke Kota Tegal.Untuk itu, dia hanya bisaberharap bantuan dari pe-merintah.

    Dia mengatakan, tanahtempat dia mendirikan ba -ngunan merupakan pem-be rian dari tokoh ma sya-rakat setempat. Saat ini su -rat tanah dia serahkan ke -pada salah seorang te -tangga sebagai jaminanpinjaman senilai Rp 1 juta,yang ia gunakan untukbiaya berobat.

    Menurut Tenaga Kese-jahteraan Sosial Keca-matan (TKSK) Tegal Barat,Raharjo, melihat kondisiJuminem, dia berusaha

    memberi pendampingankepada lansia tersebut. Se-lanjutnya, ia akan berkoor-di nasi dengan lurah se -tempat, dan membuat la-poran ke dinas terkait.

    Diupayakan beliaubisa mendapat bantuan,yang bisa mengurangi be -ban hidupnya,ungkapRa harjo, yang menyebut -kan Juminem telah men-

    jadi peserta Jamkesmas.Hal senada juga diung -

    kapkan Widi,Pekerja So -sial Masyarakat (PSM)Dinsosnakertrans Kota Te -gal. Menurut Widi, pi-haknya akan mengu sul-kan Juminem mendapatbantuan yang diperun-tukan bagi lansia produk-tif. SMNet work/Cessna-sari-ad

    BLORA Tidak hanya terjadika sus kriminal di wilayah Ke-polisian Sektor (Polsek) pinggi-r an dan kawasan hutan jati,seperti kejadian begal/peram-pokan (curras) pedagang pa -lawija saat perjalanan Ran du-blatung-Blora, dan kawananpe rampok behasil ditangkap.Aksi jambret dan begal jugame nular di Polsek Kota Blora.

    Jambret dan tindak keja-hatan pencurian pemberatan(currat) juga merambah ke per -kotaan. Kami mengimbauwar ga untuk tidak memancingterjadinya kejahatan itu, jelasKapolres AKBP Mujiyono me -lalui Kepala Polsek Blora AKPSu darno, Sabtu (28/2).

    Menurutnya, kejahatan ter-jadi bisa karena ada kesempat -an, maka agar tidak me man-cing kejahatan, bila keluar ru -mah atau di tenmpat umumwarga tidak mengenakan per-hiasan yang berlebihan. Terma-suk saat membawa uang jugaja ngan terlalu banyak.

    Kejahatan itu terjadi, jugaka rena ada kesempatan. Jadisaat membawa uang secukup-nya saja, karena kondisi saat inirawan dan sering terjadi pen-jambretan, tambahnya.

    Agar masyarakat memaha -mi kondisi, dimana tempat dan

    ada kesempatan, dirinya tidakse gan-segan untuk mengingat -kan siapapun. Selain itu, diadan anggotanya turun ke pa -sar-pasar atau pusat keramaianun tuk memantauau serta me-ngingatkan warga tidak me ma -kai perhiasan yang mencolok.

    Pakaian PremanDemikian juga dengan wi -

    layah, pihaknya meningkatkanpa troli mobil, tidak hanya ma -lam hari saja, siang juga dila -kukan. Jambret dan curratme ningkat, kami prihatin de-ngan kondisi seperti ini, makapa troli keamanan diting kat -kan, katanya.

    Polres dan jajarannya, lanjutSu darno, sudah menanam parapolisi berpakain preman di se-jumlah titik rawan kejahatan.Selain itu, juga ada patroli rutinantarpolsek. Yakni dua polseksaling melakukan patroli den-gan arah berlawanan dan bers-inggungan.

    Tim patroli dari Polsek ber -beda itu, jelasnya, bertemu diperbatasan wilayah masing-masing. Selain itu, juga ada timpa troli yang terus bergerak(mo bile). Demi keamanan wi -layah, segala upaya kami la ku -kan untuk memberikan rasaaman masyarakat, tandasnya.

    Menurutnya, jalur yang di-waspadai dan dipatroli misal-nya adalah jalur-jalur sepi dikawasan tengah hutan. Diwilayah Blora banyak lokasiyang seperti itu. Misalnya jalurBlora-Cepu, Blora-Randu bla -tung, Blora-Todanan, Blora-Rembang dan lainnya.

    Di sisi lain, minimnya lam -pu penerangan jalan umum(LPJU), jalan yang sepi, dancenderung gelap sering diman-fa atkan penjahat untuk berak -si. Masyarakat harus selaluwas pada, berhati-hati bila me -lewati jalur seperti itu, segeralapor bila ada yang membaha -yakan, tegasnya. K-9-ad

    Minggu Wage, 1 Maret 2015

    Pangkalan Truk Mendesak Dibangun

    Semakin hari, kendaraan be -rat kini makin padat di jalur ten-gah lewat Blora, Pemkab perlusegera membangun pang kalantruk agar tidak me rusak bermdan bahu jalan, tan das JSutrisno, alumnus Tek nik SipilUniversitas Diponegoro (Undip)Semarang, Sabtu (4/5).

    Tidak tersedianya pangkalanatau terminal truk, lanjutnya,kendaraan berhenti dan parkirdi sembarang titik, dampaknyaselain membuat lingkungan ku-rang bagus, terjadi kerusakanfisik tempat trukptruk itumangkal.

    Saya lihat di gapura pintu

    masuk barat Kota Blora, eks ter-minal lama, jalan utama masukkota dan temepat lain jadi ru -sak karena untuk mangkalkendaraan bertonase puluhanton, ungkap M Ichwan, aktivislingkungan alumni UniversitasSebelas Maret (UNS) Surak-jarta.

    PositifSinggih Hartono, mantan

    anggota DPRD dan tokoh ma -syarakat Blora, juga berpenda-pat sama terkait tidak adanyapangkalan truk atau kendaraanberat selain berdampak kurangba gus pada lingkungan, juga

    men jadikan fisik jalan, berm -/ba hu jalan dan tanah di ba -wahnya menjadi rusak.

    Sering kami lihat truk-truktronton mangkal di barat kota,di sekitar gapura pintu masukyang membuat lokasi itu men-jadi rusak, katanya.

    Anggota DPRD H Supardi,menyatakan masukan para pi -hak soal perlunya pembangun -an pangkalan truk sangat po -sitif. Senin (2/3) kami usulkandi rapat dewan, Blora memangperlu pangkalan truk minimaldua lokasi, karena nantinyabisa menyumbang pendapatanasli daerah atau PAD, katanya.

    Sementara itu Kepala DinasPekerjaan Umum (DPU) HBondan Sukarno, mengakuima sukan para pihak perludibangun pangkalan truk sa-ngat positif, masukan itu kandisampaikan ke institusi ter -kait. Dia melihat, ada lokasitanah milik Pemkab di utaraKota (eks pengolahan aspalhotmix) bisa untuk pangkalantruk. K-9-ad

    BLORA Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bloraperlu segera membangun pangkalan truk. Fasilitas ini mendesak diwujudkan, lantaran jalurtengah lewat Blora semakin padat lalu lintas. Termasuk kendaraan berat truk tronton dan kontainer, agar kendaraan bertonase puluhan tontidak parkir di sembarang tempat.

    Aksi Begal Merambah Perkotaan

    TIDAK LAYAK: Juminem (71) janda yang hidup sebatangkara berada di depan rumahnya, yang dalam kondisi tidaklayak huni di Jalan Blanak RT 003 RW 002, KelurahanTegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Foto: SMNetwork/Cessnasari-ad

    AKP Sudarno SH

    KARANGANYARSetelahbe berapa hari di lokasi pe-ngungsian dilanda kebosanan,para pengungsi di Desa Balong,dan Menjing Kecamatan Jenawiakhirnya cari lokasi lain. Lokasilama dinilai kurang nyaman.

    Karena keinginannya begi -tu, ya gimana lagi. Di lokasi ba -ru mungkin lebih nyaman dankerasan, ujar Kepala BadanPe nanggulangan Bencana Dae -rah BPBD) Karanganyar, Nu-groho, Sabtu (28/2).

    Para pengungsi yang me -ning galkan lokasi pengungsianberasal dari Desa Balong danMenjing di Kecamatan Jenawiserta Desa Gempolan, Kecamat -an Kerjo.

    Untuk wilayah Desa Balong,ter dapat 49 KK dengan jumlah234 jiwa. Kemudian Desa Men-jing sebanyak 58 KK dengan

    jumlah 177 jiwa. SedangkanDe sa Gempolan terdapat 18 KKdengan 69 jiwa.

    Sebagian besar pindah kerumah famili atau saudaranya.Karena ingin mencari tempatyang lebih nyaman, paparnya.Sebab, di lokasi pengungsianmereka tidak kerasan karenaharus tidur bergerombol. Ke-mudian aktivitas keseharian-nya juga merasa terganggu.

    Nugroho memberi contohseperti tidak bisa leluasa me na -ruh barang-barang yang di-pakai untuk bekerja. Berbedahalnya jika mereka tinggal diru mah sendiri atau kerabat.Meski para korban tanah am-bles telah meninggalkan lokasipengungsian, namun BPBDtetap mendata tempat ke maname reka pindah.

    Keberadaannya tetap ter -

    kontrol mengingat BPBD ma -sih menyalurkan bantuan lo-gistik, katanya sembari me -nambah kan bantuan yang dis-alurkan berupa sembako se -perti gula, teh, beras, mie in -stan dan telur.

    BPBD menghindari membe -rikan logistik yang mudahmem busuk. Saat ini, bencanata nah ambles di ketiga desatelah memasuki masa tanggapdarurat kedua.

    Sedangkan tanggap daruratdiputuskan oleh bupati setiap14 hari sekali. BPBD belum da -pat memastikan kapan masatang gap darurat selesai. Na -mun yang jelas ketika mema-suki masa transisi, selanjutnyaakan ditangani oleh Dinas So -sial, Tenaga Kerja dan Transmi-grasi.

    Sut-ad

    Kurang Nyaman, Pengungsi Cari Lokasi Lain

    KAJEN - Masyarakat mende-sak pemerintah daerah untukbersikap tegas menutup lokasi-li sasi Kebunsuwung dan wa -rung remang-remang yang ma -rak hingga ke pelosok desa,serta tempat hiburan malamlainnya yang menyediakan pe -rempuan nakal dan menyajikanminuman beralkohol.

    Pasalnya, Kabupaten Peka-longan merupakan Kota Santriyang menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas dan religius.

    Jangan hanya razia atauope rasi rutin saja. Tutup loka -silisasi.

    Pengaruhnya maksiat bisakemana-mana. Lihat saja hasilpanen di Kabupaten Pekalong -an kerap gagal karena berbagaimacam serangan hama tikusdan wereng. Ini juga ka re nafaktor maksiat yang marak ter-jadi di sekitar kita, ujar H Roat(65), tokoh masyarakat DesaKa yugeritan, Kecamatan Ka -ranganyar, Jumat (27/2).

    Sementara itu, untuk mem-berantas penyakit masyarakat,Satpol PP Kabupaten Pekalong -an kembali melakukan razia diLokasilisasi Kebunsuwung di

    Kecamatan Karanganyar, Ka -mis malam (26/2). Di lo kalisasiterbesar dan tertua di Kota San -tri ini, petugas berhasil menga-mankan 13 pekerja seks ko -mersial (PSK) yang mangkal dilokalisasi tersebut.

    Kasi Tibum Tramas Satpol

    PP, Iratra, mengatakan, darirazia kali ini berhasil menga-mankan sebanyak 13 PSK yangada di lokasi, meskipun ada be-berapa wanita yang kabur be-gitu mengetahui kedatanganpetugas.

    haw-ad

    PURBALINGGA PemkabPurbalingga mempercepatproses pembenahan desawisata agar layak jual dan dim-inati wisatawan. Pemkabmenyiapkan bantuan keuan-gan untuk desa melalui Kelom-pok Sadar Wisata (Pokdrwis)dan sebagian lain melalui be-lanja langsung yang dikeloladinas teknis terkait. Pembena-han desa wisata ini difokuskanpada empat desa terpilih danpotensial.

    Pembenahan wahana danfasilitas akan disesuaikan den-gan kemampuan Pemkab, jikaanggaran memungkinkan,akan kami siapkan pada APBDPerubahan 2015, namun untukpembanahan yang memer-lukan dana lebih besar akandisiapkan di APBD 2016. Pem-

    benahan yang kecil-kecil, bisaditangani oleh pihak desa, mis-alnya seperti papan penunjukarah menuju desa wisata, kataKepala Bappeda Purbalingga IrSetiyadi MSi, Jumat (27/2).

    Setiyadi mengungkapkanhal tersebut pada kegiatanFocus Group Discussion (FGD)tentang pengembangan desawisata di ruang rapat Bappeda.Hadir dalam FGD, KepalaDinas Kebudayaan PariwisataPemuda dan Olah Raga DrsSubeno SE MSi, Kabid Pari-wisata Dinbudparpora Ir Pray-itno MSi, para kepala desalokasi, pengurus Pokdarwis,dan para fasilitator desa wisata.

    3 PokdarwisFGD juga dipaparkan hasil

    mapping potensi desa wisata

    oleh para fasilitator yang diter-junkan ke desa sejak bulan Feb-ruari 2015.

    Dikatakan Setiyadi, Padatahun 2014, Pemkab juga sudahmengucurkan bantuan keuan-gan kepada tiga Pokdarwis ditiga lokasi desa wisata. Desatersebut terdiri Desa LimbasariKecamatan Bobotsari, DesaSerang Kecamatan Karangreja,dan Desa Tanalum KecamatanRembang.

    Setiap desa menerima ban-tuan Rp 20 juta yang diperun-tukkan untuk mendukungwahana wisata di desa setem-pat. Di Desa Serang danTanalum, misalnya, untukpembelian peralatan outbonddan canyoning, sedang di DesaLimbasari untuk pembelianperalatan Tubing. ST-ad

    12 PSK Lokalisasi Kebunsuwung Diamankan

    Foto: Wahono

    SEMBARANGAN : Truk tronton bertonase lebih dari 30 ton ini mangkal di sembarang tempat danberdampak merusak bahu jalan. Foto: Wahono-ad

    Juminem Sebatang Kara Tinggal di Gubuk Reyot

    Pembenahan Desa Wisata Dipercepat

    DIDATA: Pekerja seks komersial yang terjaring razia didata di KantorSatpol PP Kabupaten Pekalongan. Foto: Hadi Waluyo-ad

  • Lagu Cinta yangLelehkan Hati

    Penyanyi yang pernahmenjadi bagian dari grupband Dewa 19 ini,langsung menggebrakpara penonton denganlagu pertamanya yangberjudul Arjuna MencariCinta. Sontaktembangnya langsungdisambut histeris parafans yang telahmenunggu aksipanggung penyanyi yangberdarah Manadokelahiran Makassar 21Mei 1970 tersebut.Bahkan tanpadikomando,penggemarnya ikutbernyanyi mengikutiOnce.

    Sebelum menyanyikanlagu kedua, yangberjudul Aku Maupenyanyi yang sekarangmemilih karirenyasebagai penyanyi solotersebut menyapa parapengunjung yang hadir.Setiap kali tampil diKota Semarang,penontonnya sungguh

    luar biasa. Ini yang bikinsaya merasa bangga,ungkap Once yangdisambut tepuk tanganpengunjung.

    Penyanyi bernama asliElfonda Mekel yangterkenal dengan lagu-lagu cintanya ini, malamitu memuaskanpenonton. Apalagi saatdirinya membawakanlagu lamanya saat masihbergabung di band Dewa19 yang berjudulCemburu.

    Terlihat, parapengunjung punlangsung bernyanyibersama, denganpenyanyi yang memilikisuara khas tersebut. Takingin melepas kenanganpada malam itu, parapenggemar refleksmangabadikan momenitu dengan ponsel dankamera, bahkanmengajak foto bersama.

    Lagu-lagu CintaKonser yang diiringi

    Once Band terasamelelehkan hati fansnya.Secara beruntuntembang-tembang cintadilantunkannya sepertiDealova, Hilang Naluri,Simphony yang Indah danEnglishman In New York.

    Sebelum menyanyikanBento milik Iwan Fals,Once mengaku banggamenjadi artis Indonesia.Saya bangga menjadiartis Indonesia, karenaorang-orang Indonesiasemuanya mendengarkanlagu-lagu Indonesia,ujar sambil senyumtersebut.

    Semantara laguSeparuh Nafas oleh Dewa19 menjadi lagu penutupyang sangat spektakuler,tampak para pengujungmenikmati sertamenyanyikan lagubersama-sama sehinggaterlihat sangat merasapuas dalam konser yangberjalan sekitar 1,5 jamtersebut.

    M13-jie

    Belajar Lagi Bahasa MandarinSEBAGAIanakseorangdi plo-mat,aktrisNirinaZubirkerapberpindahdari satunegara kenegara lain.Jadi

    jangan heran kalau mantanVJ MTV ini menguasai

    banyak bahasa dariberbagai negara, termasukbahasa Mandarin. Akukan pernah tinggal diHongkong hinggabeberapa tahun. Jadi

    nggak terlalu sulitlahkalau berkomunikasi

    dengan bahasa Mandarin,ujar Nirina usai nobar

    film terbarunyaSilent Hero (es),

    diBioskopXXI

    EpicentrumKuningan,baru-baruini.

    Na,begitu

    panggilan akrab Nirina,mengaku senang, akhirnyadapat menggunakan kembalibahasa Mandarin setelah 10tahun tidak berkomunikasidengan bahasa Tiongkok.Untuk sekadar melancarkanlafalnya, dia satu bulankembali belajar bahasaTiongkok.

    Saya nggak hanya harustotal akting, tapi juga berpikirbagaimana mengucapkanbahasa Mandarin yang benar.Jadi sulit sekali. PadaMandarin ada empat intonasi.Salah intonasi, maka artinyasalah. Jadi saya merasa di filmini, banyak kesulitan yangsaya temui, ucap istri musisiErnest ini.

    Nirina pun berhasilmembuktikan kapasitasnyasebagai artis peran denganmasuk ke dalam nominasiPemeran Pembantu WanitaTerbaik versi Festival FilmIndonesia (FFI) 2014 laluberkat perannya sebagaiKarina di film ini.

    Makanya waktu masuknominasi FFI itu wow bangetkarena belum keluar (dirilisresmi) filmnya. Padahallumayan keringat dinginsetiap kali shooting,ungkapnya.

    Film Produksi DuckoChan yang akan tayang 5Maret ini juga menampilkanAlena Wu, Nirina Zubir,Freddy Zu, Ivanaldy Kabul.Kata teman teman sayayang menahami BahasaMandarin, mereka salut danmengakui kalau bahasaMandarin saya bener. Iniyang membuat saya lega,pungkasnya.

    Buyil-jie

    Rekaman di Tiga NegaraLANGKAH besardilakukan grup band /rif.Grup band asal Bandung iniakan rekaman di StudioAbbey Road, LondonInggris. Upaya itu dilakukanagar lagu-lagu /rif diterimapasar internasional.

    Kami bermimpi inginmenembus pasarinternasional. Selain itu kamiingin menaikan kelas albumkami agar bisa diterimapasar dunia, cetus Andysang vokalis saat bincangdengan wawasan di RollingStone Cafe Jakarta, Sabtu(28/2).

    Dalam rangka ulangtahunnya ke /Rif akan

    menghelat berbagaikegiatan. Setelah rekamankelar Inggri, bulan April,band ini akan berangkat keAmerika dam Kanada untukproses finishing.

    Di hari jadi kami yangke-21, kami inginmemberikan album yangberbeda. Untuk itu kamisengaja rekaman di tiganegara yang teknologi danindustri musiknya lebihmaju dari kita, ujar Andy.

    Istimewanya padapengerjaan rekaman kali ini/rif akan didukung olehnama nama besar di studiorekaman, diantaranya DamPkell yang akan

    mengerjakan mixing, dimanadia adalah seorang mixingengineer yang sudah banyakterlibat proyek musisi kelasdunia PJ Jarvey, CountingCrows, The Mars Volta danFoster The People.

    Andy mengungkapkankala /rif akan membawa 10lagu untuk di ekam studio diInggris dan semua liriknyaberbahasa Inggris.

    Temanya tentangkebahagiaan, supaya yangmendengar lagu kami bisamerasakan kebagiaan kami.Jadi syairnya menghibur danmembawa kebahagiaan,tandasnya.

    Buyil-jie

    Grup Band /rif berpose bersama. Foto: Buyil

    MENGHIBUR: Once tampil elegan didepan para penggemarnya yang tengahmenghibur dengan lagu-lagunyacintanya dalam konser bertajuk OnceLive In Concert di Entertaiment Plaza,Semarang. Foto: Shodiqin

    TAMPIL dengan setelan jas warna hitam,membuat penampilan Once Mekel dalamkoser musik bertajuk Once Live In Concertterlihat elegan di depan para pengunjungyang memadati Entertainment Plaza,Semarang, Jumat (27/2) dini hari.

    Minggu Wage, 1 Maret 2015

    Foto: Buyil

  • Namun Chelsea jelasme rupakan favorit padalaga final kali ini. Di lihatdari sisi mana pun, saat initim asuhan Jose Mourinhounggul dari skuad arahanMauricio Pochettino. Na -mun di sebuah laga final,apa pun bisa terjadi.

    Bek Chelsea, BranislavIvanovic menegaskan, te -kad timnya menjuarai Pia -la Liga Inggris, secarakhu sus untuk NemanjaMa tic, yang harus absen,karena larangan tampil.Ivanovic mengaku, TheBlues amat terpukul denganabsennya Matic pada lagafinal ini, akibat hukumansetelah menerima kartumerah, akibat insiden de-ngan pemain Burnley, Ash-ley Barnes, pekan lalu.

    FA pada prosesnyasudah memotong jumlahlarangan bermain untuk

    Matic, tetapi hal itu tetapmembuatnya harus absendi dua pertandingan,yakni lawan Spurs danWest Ham United, Rabu(4/3) mendatang.

    Semua melihat insi-dennya, dan tahu apayang terjadi. Aku sempatberharap dia mendapatkesempatan bermain, ka-rena itu merupakan situasiyang tak biasa. Semua me-lihat apa yang terjadi, dantahu harusnya bagaimana.Tapi secara mental diakuat, dan tahu bagaimanacara mengatasi banyak si-tuasi, kata Ivanovic, ke-pada London EveningStandard, Sabtu (28/2).

    Di final, wajar berusahasekuat tenaga tak pedulilawan siapa, karena Andamengejar trofinya. Tapi se-lalu ada hal-hal untukmemberi motivasi spesial,yang biasanya tak Anda te-mukan. Kami semua akanpunya motivasi itu untukmenjadi juara bagi Matic.

    Kami punya skuad yangcukup besar. Jadi apa punyang terjadi, kami tahukami sudah siap, serunya.

    Melihat catatan laga ter-akhir keduanya, pada Ja-nuari lalu, TottenhamHotspur berhasil menggu-lung Chelsea 5-3. KubuSpurs tentu berharap, hasilserupa akan hadir di Wem-bley. Dua pertemuan antaraChelsea dengan Spurs dikompetisi Premier Leaguemusim ini, tuntas dengansatu kemenangan buat TheBlues dan satu kemenanganlain untuk The Lily Whites.Di awal Desember, Chelseamemetik kemenangan 3-0di Stamford Brige. Spurs ke-mudian membalas di WhiteHart Lane pada awal Ja-nuari lalu, dengan keme-nangan 5-3.

    Arti SpesialPertandingan lawan

    Chelsea itu penuh sukaduka. Aku benar-kecewa,ketika harus ditarik ke-luar, tapi ini sudah me-nyenangkan, bisa beradapada momen indah buatklub,, kata pemain Spurs,Ryan Mason.

    Sementara itu, pertan-dingan final ini disebutJose Mourinho, memilikiarti penting. Bagi Mou-

    rinho, trofi di ajang ini bisajadi mempunyai arti spe-sial. Sebabnya, gelar juaraPiala Liga Inggris menjaditrofi pertama yang disum-bangkan The Special One,saat pertama kali menu -kangi Chelsea pada 2004.

    Kala itu Chelsea men-jadi juara, setelah menga-

    lahkan Liverpool denganskor akhir 3-2, dalam per-tandingan yang berlang-sung hingga babak tam bah- an. Kini, Mourinho mem-persiapkan tim besutannyadengan sungguh-sungguh.Apalagi, final ini menjadikans dia untuk menyum-bangkan trofi buat Chelsea,

    setelah balik ke StamfordBridge musim lalu.

    Ini final paling pentingdalam karierku. Lebih pen-ting dari final Liga Cham-pions. Lebih penting jikadibandingkan dengan ke-juaraan lainnya yang per-nah kumainkan, kataMourinho, seperti dikutip

    di Sports Mole, Sabtu (28/2).Apakah aku tampak

    bodoh? Itu hanya karenalaga itu merupakan pertan-dingan berikutnya. Yanglainnya ada di museumklub. Medali saya berada disuatu tempat di rumahku,aku tak tahu di mana,imbuhnya. Am-Did

    J A D W A L P E R T A N D I N G A N

    H A S I L P E R T A N D I N G A N

    K L A S E M E N S E M E N T A R A

    Foto:rtrMinggu Wage, 1 Maret 2015

    LA LIGA1. Real Madrid 24 20 0 4 7422 602. Barcelona 24 18 2 4 6714 563. Atletico Madrid 24 17 2 5 5022 534. Valencia 24 15 5 4 4321 505. Sevilla FC 24 14 3 7 4230 456. Villarreal 24 13 5 6 3822 447. Malaga 24 11 5 8 2627 388. Espanyol 25 9 5 11 3236 329. Celta Vigo 24 8 7 9 2524 31

    10. Real Sociedad 24 6 9 9 2834 2711. Eibar 24 7 6 11 2533 2712. Athletic Bilbao 24 7 6 11 2131 2713. Getafe 24 7 5 12 2032 2614. Rayo Vallecano 24 8 2 14 2441 2615. Deportivo LC 24 6 6 12 2038 2416. Almeria 24 6 5 13 2239 2317. Elche 24 6 5 13 2144 2318. Levante 24 5 7 12 1944 2219. Granada 24 3 10 11 1537 1920. Cordoba 25 3 9 13 1839 18

    BUNDESLIGA1. Bayern Munich 23 18 4 1 6310 582. VfL Wolfsburg 22 14 5 3 4824 473. Gladbach 22 10 7 5 2918 374. Schalke 04 22 10 5 7 3224 355. FC Augsburg 22 11 2 9 3229 356. Leverkusen 22 8 9 5 3629 337. Hoffenheim 22 8 6 8 3435 308. Werder Bremen 22 8 6 8 3644 309. Eintracht F 22 7 7 8 4044 28

    10. Hannover 96 22 7 5 10 2533 2611. Mainz 22 5 10 7 3031 2512. Dortmund 22 7 4 11 2831 2513. FC Cologne 23 6 7 10 2129 2514. Hamburg SV 22 6 6 10 1531 2415. Paderborn 07 22 5 8 9 2341 2316. SC Freiburg 22 4 10 8 2431 2217. Hertha Berlin 22 6 3 13 2742 2118. VfB Stuttgart 22 4 6 12 2340 18

    CAPITAL ONE CUPChelsea vs Tottenham HotspurSCTV Live (Minggu 1/3, Pukul 23.00 WIB)

    PREMIER LEAGUELiverpool vs Manchester CitySCTV Live (Minggu 1/3, Pukul 19.00 WIB)Arsenal vs EvertonSCTV Live (Minggu 1/3, Pukul 21.05 WIB)

    LA LIGAValencia vs Real SociedadFox Sports Live (Minggu 1/3, Pukul 18.00WIB)Eibar vs Athletic BilbaoSevilla FC vs Atletico MadridFox Sports Live (Senin 2/3, Pukul 01.00 WIB)Real Madrid vs Villarreal

    Fox Sports Live (Senin 2/3, Pukul 03.00 WIB)

    BUNDESLIGABorussia Monchengladbach vs SC Paderborn 07Werder Bremen vs VfL Wolfsburg

    SERIE ACagliari vs Hellas VeronaBein Sports Live (Minggu 1/3, Pukul18.30 WIB)Atalanta vs SampdoriaCesena vs UdineseGenoa vs ParmaPalermo vs EmpoliSassuolo vs LazioInternazionale vs FiorentinaBein Sports Live (Senin 2/3, Pukul 00.00 WIB)Torino vs Napoli

    LA LIGAEspanyol 1 (Abraham 43) Cordoba 0

    BUNDESLIGABayern Munich 4 (Schweinsteiger 3, Ribery10, Robben 67, Lewandowski 75) Cologne1 (A Ujah 45+1)

    Final Spesial MouLONDON- Tottenham Hotspur memilikikesempatan untuk meraih trofi pertamamereka musim ini, saat menghadapiChelsea di final Capital One Cup, yangdigelar di Stadion Wembley Inggris,Minggu (1/3) malam ini.

    Peran Mauricio Pochettinodan Harry Kane, sangat menentukan agresivitas DiegoCosta dan pelatih kontroversial, Jose Mourinho,untuk menggaet Piala LigaInggris, Capital One

  • Minggu Wage, 1 Maret 2015OLAHRAGA

    KEBUMEN- Tim SepakbolaPra-PON Jateng, terus menuaihasil positif. Setelah beberapakali meraih kemenangan da -lam pertandingan uji cobanya,pada Sabtu (28/2), anak-anakasuhan Firmandoyo itu, kem-bali meringkus tim yang te-ngah bangkit, Persak (Kebu- men), dua gol tanpa balas,pada laga uji coba yang dige-lar di Stadion Candradimuka,Kebumen.

    Dalam pertandingan yangsempat diguyur hujan derasitu, dua gol kemenangan timPra-PON Jateng dicetak lewattitik penalti oleh ZaenalAceng Arifin menit 55. Se-dangkan gol kedua dicetak AdeKurniawan, lewat sebuah sepa-kan memutar yang cukup spek-takuler.

    Penampilan tim Pra-PON Ja-teng kali ini cukup mendapat-kan perlawanan dari Persak,

    yang diperkuat beberapa pe-main berpengalaman, sepertiM Irfan (eks PSIS & PSIM), TriFebrianto (Persitara, Per-sitema), Arifin (PSIS), dan be-berapa pemain tenar lainnya.

    Alhamdulillah, meski me-nang tetapi anak-anak cukupmendapatkan perlawanan. Ujicoba seperti ini yang sebenar-nya yang kami inginkan. Se-hingga kami bisa melihat sisikekurangan dan kelebihan un -tuk bahan evaluasi, kata Pela-tih Kepala Tim Pra-PON Ja-teng, Firmandoyo, usai pertan-dingan.

    Tiga PekanHal senada diungkapkan

    Asisten Manajer Tim Pra-PONJateng, Eko Wahyudi. Menurutdia, para pemainnya meng-alami peningkatan yang cukupbaik. Meskipun dia menya-yangkan beberapa pemain

    belum bisa tampil, karena ce-dera maupun berhalanganhadir.

    Sementara itu pelatih Per-sak, Sartono Anwar, menilai,timnya tidak tampil buruk.Namun memang timnya kalahpersiapan. Kami baru berlatihtiga pekan. Saya pikir ini sudahcukup baik, meski masih perluditingkatkan, kata Sartono.

    Di pertandingan kemarin,Sartono juga mencoba tiga pe-main baru, untuk mengisi po-sisi striker, winger serta bekkanan dan kiri. Menurut pan-dangannya, ketiga pemain itupenampilannya cukup mum -puni.

    Tapi nanti kami bicarakanlagi di internal tim, untuk se-gera memutuskan hal ini, katamantan pelatih yang mengan-tarkan PSIS juara Perserikatanpada 1987 silam itu.

    Did-Am

    KEBUMEN- Para pengurusAsosiasi PSSI Kabupat

Click here to load reader

Reader Image
Embed Size (px)
Recommended