Home >Documents >unduhan resep

unduhan resep

Date post:25-Jun-2015
Category:
View:160 times
Download:5 times
Share this document with a friend
Transcript:

Akhirnya kesampaian bikin pempek, sebetulnya sih udah beberapa kali bikin cuma yg sebelumnya gatot - biasanya kekerasan ihiks! Beli ikannya udah dari kapan tahu, disimpen aja di freezer secara malez banget mau bikin. Yang diatas pempek kapal selam, nyoba yang diisi telur mentah, huaaahhh...syusyahnya! Karena ga sabar aku cuma bikin satu yg dari telur mentah, lainnya pake telur rebus aja, abis kaki udah pegel diri lama di dapur. Hasilnya lumayan...pempeknya lembut ga keras/liat, ga tahu deh yang asli palembang itu yang gimana, yg penting pas dg lidahku aja Bahan: Ikan warna putih haluskan (bagusnya tenggiri) 350-500 gr, tepung tapioca 1,5 bungkus (750 gr), 2 telur, bawang putih, garam, bahan II : 2 sdm tapioca, 200 ml air, 1 sdm tp terigu dimasak dibuat lem. Cuko : ebi, cabe, bawang putih semua dihaluskan, gula merah, garam, kecap, cuka, semua dimasak. Cara: buat lem, dinginkan. Aduk ikan, telur, garam, lem, tapioca dimasukan sedikit2 diulen sampai rata & bisa dipulung. Pulung bentuk lenjer atau kapal selam. Rebus air, masukan adonan rebus sampai mengambang & matang. Pelengkap: Mie, cuko & timun.

Bahan:

1 Cangkir (1 bagian) Ikan Tenggiri Giling 1 Cangkir (1 bagian) Air putih Garam secukupnya 2 sdm minyak goreng Tepung kanji secukupnya

Saus Cuko:

1 kg gula merah yang bagus,potong-potong cabai rawit sesuai selera

200 g bawang putih 3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis garam secukupnya 2 liter air

Cara Membuat:

Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya. Tambahkan tepung kanji secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak. Adonan pempek siap dibentuk sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk, isi dengan telur ayam mentah lalu rekatkan agar tidak bocor. Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Masukkan dalam air dingin. Untuk pempek lenjer, bentuk adonan seperti silinder dan rebus sampai mengambang kemudian angkat dan masukkian dalam air dingin. Untuk andaan, ambil adonan secukupnya, tambahkan sedikit bawang goreng atau daun bawang iris seta telur, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengapung dan matang.

Saus Cuka:

Masak gula merah bersama air secukupnya hingga larut. Haluskan bawnag putih dan cabai rawit lalu tambahkan ke dalam rebusan gula dan didihkan. Masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak kental. Angkat dan saring. Sajikan bersama pempek dengan ebi yang dihaluskan.

Catatan:

Pilih ikan tenggiri yang segar dan ambil dagingnya lalu haluskan hingga serabutserabut putih dari dagingnya terangkat. Untuk resep tradisional ini, ukur daging tenggiri halus dalam wadah atau mangkuk. Kemudian tambahkan air sebanyak ukuran daging ikannya (misal, jika setengah mangkuk ikannya, air yang dipakai setengah mangkuk juga). Jumlah tepung kanji yang dipakai disesuaikan dengan tingkat kekenyalan pempek yang diinginkan. Makin banyak kanji akan makin kenyal atau keras. Secara tradisional pempek disajikan tanpa mi kuning.

Resep Pempek Palembang ini diambil dari detikfood, siapa tau ada yang mencoba membuat pempek palembang sendiri. Siapa tau resep ini berguna dan bermanfaat. http://food.detik.com/read/2008/11/08/113144/1033434/362/pempek-palembang Kalau tak ada rencana ke luar rumah, coba saja bikin pempek palembang sendiri. Tidak terlalu sulit, apalagi resep tradisional ini bisa disesuaikan dengan selera. Juga pedas manis cukonya bisa dibuat sesuai kesukaan. Jangan lupa simak catatan khusus di resep ini ya! Bahan: 1 Cangkir (1 bagian) Ikan Tenggiri Giling 1 Cangkir (1 bagian) Air putih Garam secukupnya 2 sdm minyak goreng Tepung kanji secukupnya Saus Cuko: 1 kg gula merah yang bagus,potong-potong cabai rawit sesuai selera 200 g bawang putih 3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis garam secukupnya 2 liter air Cara Membuat: Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup Tambahkan tepung kanji secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak. Adonan pempek palembang siap dibentuk sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk, isi dengan telur ayam mentah lalu rekatkan agar tidak bocor. Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Masukkan dalam air dingin. Untuk pempek lenjer, bentuk adonan seperti silinder dan rebus sampai mengambang kemudian angkat dan masukkian dalam air dingin. Untuk andaan, ambil adonan secukupnya, tambahkan sedikit bawang goreng atau daun bawang iris seta telur, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengapung dan matang. Saus Cuka: Masak gula merah bersama air secukupnya hingga larut.

Haluskan bawnag putih dan cabai rawit lalu tambahkan ke dalam rebusan gula dan didihkan. Masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak kental. Angkat dan saring. Sajikan pempek palembang dengan ebi yang dihaluskan. Catatan:

Pilih ikan tenggiri yang segar dan ambil dagingnya lalu haluskan hingga serabutserabut putih dari dagingnya terangkat. Untuk resep tradisional ini, ukur daging tenggiri halus dalam wadah atau mangkuk. Kemudian tambahkan air sebanyak ukuran daging ikannya (misal, jika setengah mangkuk ikannya, air yang dipakai setengah mangkuk juga). Jumlah tepung kanji yang dipakai disesuaikan dengan tingkat kekenyalan pempek palembang yang diinginkan. Makin banyak kanji akan makin kenyal atau keras. Secara tradisional pempek palembang disajikan tanpa mi kuning.

BAHAN: 500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus (pilih yang betul-betul segar) 10 sendok makan air es 2 1/2 sendok makan tepung terigu 150 gram tepung kanji 2 sendok teh garam 1/2 sendok teh vetsin CARA MEMBUAT : 1. Haluskan ikan dengan saringan sampai lembut. 2. Masukkan air es, vetsin, dan garam. Aduk sampai lengket. Tambahkan tepung terigu dan kanji sambil diuleni hingga tidak menempel lagi ditangan. 3. Bentuk adonan sesuai dengan jenis pempek. TIP : 1. Makin segar ikan, makin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan menyimpannya dalam lemari pendingin atau freezer 2. Banyak variasi resep pempek yang ada. Yang patut diingat, semakin banyak cairan (air), makin banyak kanji yang harus ditambahkan. Biasanya, hasilnya jadi makin kenyal. 3. Bila Anda kesulitan membentuk pempek, lumuri tangan Anda dengan tepung kanji. 4. Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak merekat di dasar wajan. Baik sekali kalau Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus. ***** Versi II Sumber: ???

Bahan 1: 1 kg bersih daging Ikan Tenggiri, haluskan dengan blender 200 ml air 2 butir telur Bahan 2: 50 gram Tepung terigu 2 sendok makan garam 2 sendok teh gula pasir 4 siung bawang putih 200 ml air Bahan 3: 800 gram tepung Sagu tani + sedikit tepung Tan Mien Cara membuat: 1. bahan 1 dicampur dan diaduk-aduk dengan jari tangan sampai tercampur homogen. masukan kulkas, biarkan menjadi mengental. 2. Bahan 2, dicampur dan didihkan dengan api kecil sambil diaduk terus sampai mengental, dinginkan dan masukan kulkas. 3. 30 menit kemudian, Campurkan adonan bahan 1 dan bahan 2, aduk dengan jari tangan sampai tercampur rata. 4. Masukan tepung sagu kedalam campuran adonan Ikan sedikit demi sedikit, sambil diuleni dengan ujung jari tangan. 5. Adonan masih agak terasa lengket, supaya gampang dibentuk, lumuri tangan dengan sagu, ambil sesendok makan adonan dan bentuk bulat panjang. atau bisa juga dijadikan pempek kapal selam. 6. Masukan pempek yang sudah dibentuk dalam air mendidih, sampai matang (pempek akan mengapung). ***** Versi III Sumber: detikfood Bahan: 1 Cangkir (1 bagian) Ikan Tenggiri Giling 1 Cangkir (1 bagian) Air putih Garam secukupnya 2 sdm minyak goreng Tepung kanji secukupnya Saus Cuko: 1 kg gula merah yang bagus,potong-potong cabai rawit sesuai selera

200 g bawang putih 3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis garam secukupnya 2 liter air Cara Membuat: 1. Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya. 2. Tambahkan tepung kanji secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak. 3. Adonan pempek siap dibentuk sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk, isi dengan telur ayam mentah lalu rekatkan agar tidak bocor. 4. Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Masukkan dalam air dingin. 5. Untuk pempek lenjer, bentuk adonan seperti silinder dan rebus sampai mengambang kemudian angkat dan masukkian dalam air dingin. 6. Untuk andaan, ambil adonan secukupnya, tambahkan sedikit bawang goreng atau daun bawang iris seta telur, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengapung dan matang. 7. Saus Cuka: Masak gula merah bersama air secukupnya hingga larut. Haluskan bawnag putih dan cabai rawit lalu tambahkan ke dalam rebusan gula dan didihkan. Masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak kental. Angkat dan saring. Sajikan bersama pempek dengan ebi yang dihaluskan. Catatan: Pilih ikan tenggiri yang segar dan ambil dagingnya lalu haluskan hingga serabut-serabut putih dari dagingnya terangkat. Untuk resep tradisional ini, ukur daging tenggiri halus dalam wadah atau mangkuk. Kemudian tambahkan air sebanyak ukuran daging ikannya (misal, jika setengah mangkuk ikannya, air yang dipakai setengah mangkuk juga). Jumlah tepung kanji yang dipakai disesuaikan dengan tingkat kekenyalan pempek yang diinginkan. Makin banyak kanji akan makin kenyal atau keras. Secara tradisional pempek disajikan tanpa mi kuning. ***** Versi IV (Untuk sikon di Jerman, versi Echa) Bahan: 750 gr Rotbarschfilet atau Victoriabarschfilet atau Pangasiusfilet, dll

40 gr terigu 3 sdt garam 150 cc air 40 gr Speisestrke *) (bisa diganti dengan maizena) 350 gr tapioka**) sedikit minyak sayur untuk air rebusan Cara Membuat: 1. Cairkan ikan kalau membeli ikan yang beku. Mencairkannya alami saja, jangan dengan microwave. Dalam keadaan sudah tidak beku tapi masih dingin, haluskan ikan (saya biasanya pakai Kchenmaschine). Dinginkan dalam kulkas. 2. Masukkan terigu, garam, dan air dalam panci (paling bagus panci anti lengket), buat bubur. Setelah uapnya hilang, dinginkan juga di dalam kulkas. 3. Setelah ikan dan bubur terigu dingin, bisa mulai langkah selanjutnya. Campur ikan, bubur terigu, Speisestrke, dan tapioka hingga tercampur rata. Kalau dengan Kchenmaschine adonan yang sudah rata ditandai dengan menyatunya adonan membentuk seperti gumpalan yang menyatu. 4. Oh ya, sembari mengadon, jerang air yang cukup banyak untuk merebus pempek. Beri minyak sedikit airnya. Setelah air mendidih, bulatkan adonan sedikit lalu rebus. Setelah matang, cicip. Kalau perlu tambah garam atau tapioka lagi. Tapi sedikit demi sedikit tambahnya. Kira-kira 2 sdm sekali tambah, lalu giling lagi, cicip lagi:-). 5. Setelah rasa dan kekenyalan pas, mulai bentuk pempeknya (lihat di bagian resep pempek kapal selam, lenjer, dsb). Lalu rebus hingga matang. Catatan: Kalau menggunakan ikan beku, rasa ikan sudah sangat berkurang. Kalau mau lebih berasa bisa menggunakan ikan segar Victoriabarschfilet yang seperti dijual di Nordsea. Atau kalau Anda kuat dengan baunya, bisa dikombinasikan dengan ikan makarel atau spanische makarel (ikan tenggiri). Menggunakan jenis ikan ini, lebih terasa ikannya. Perbandingannya sesuai selera masing-masing *) Kalau menggunakan Pangasiusfillet, Speisestrke bisa dihilangkan karena daging ikannya sudah cukup kenyal. **) Tapioka bisa dikurangi hinga 150 gram untuk memberi rasa ikan yang lebih kuat. Tapi adonan akan lebih lembek. Artinya sedikit lebih sulit untuk dibentuk. Untuk lebih mudah, tangan harus lebih sering dibalur tapioka. Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Salah satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning. Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting. Pempek bisa ditemukan dengan gampang di seantero Kota Palembang. Ada yang menjual di restoran, ada yang di gerobak, dan juga ada yang dipikul. Juga setiap kantin sekolah pasti ada yang menjual pempek. Tahun 1980-an, penjual pempek biasa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya. Pempek sekarang ada dua jenis yaitu Pempek biasa dan Parempek, campuran antara Pare dan Pempek.

Resep PempekSumber: Sedap Sekejap BAHAN: 500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus (pilih yang betul-betul segar) 10 sendok makan air es 2 1/2 sendok makan tepung terigu 150 gram tepung kanji 2 sendok teh garam 1/2 sendok teh vetsin CARA MEMBUAT : 1. Haluskan ikan dengan saringan sampai lembut. 2. Masukkan air es, vetsin, dan garam. Aduk sampai lengket. Tambahkan tepung terigu dan kanji sambil diuleni hingga tidak menempel lagi ditangan. 3. Bentuk adonan sesuai dengan jenis pempek. TIP : 1. Makin segar ikan, makin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan menyimpannya dalam lemari pendingin atau freezer 2. Banyak variasi resep pempek yang ada. Yang patut diingat, semakin banyak cairan (air), makin banyak kanji yang harus ditambahkan. Biasanya, hasilnya jadi makin kenyal. 3. Bila Anda kesulitan membentuk pempek, lumuri tangan Anda dengan tepung kanji. 4. Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak merekat di dasar wajan. Baik sekali kalau Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus.

Sumber: detikfood BAHAN: 1 Cangkir (1 bagian) Ikan Tenggiri Giling 1 Cangkir (1 bagian) Air putih Garam secukupnya 2 sdm minyak goreng Tepung kanji secukupnya BUMBU CUKA: 1 kg gula merah yang bagus,potong-potong cabai rawit sesuai selera 200 g bawang putih 3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis

garam secukupnya 2 liter air CARA MEMBUAT : 1. Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya. 2. Tambahkan tepung kanji secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak. 3. Adonan pempek siap dibentuk sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk, isi dengan telur ayam mentah lalu rekatkan agar tidak bocor. 4. Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Masukkan dalam air dingin. 5. Untuk pempek lenjer, bentuk adonan seperti silinder dan rebus sampai mengambang kemudian angkat dan masukkian dalam air dingin. 6. Untuk andaan, ambil adonan secukupnya, tambahkan sedikit bawang goreng atau daun bawang iris seta telur, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengapung dan matang. 7. Saus Cuka: Masak gula merah bersama air secukupnya hingga larut. Haluskan bawnag putih dan cabai rawit lalu tambahkan ke dalam rebusan gula dan didihkan. Masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak kental. Angkat dan saring. Sajikan bersama pempek dengan ebi yang dihaluskan.

Catatan: Pilih ikan tenggiri yang segar dan ambil dagingnya lalu haluskan hingga serabut-serabut putih dari dagingnya terangkat. Untuk resep tradisional ini, ukur daging tenggiri halus dalam wadah atau mangkuk. Kemudian tambahkan air sebanyak ukuran daging ikannya (misal, jika setengah mangkuk ikannya, air yang dipakai setengah mangkuk juga). Jumlah tepung kanji yang dipakai disesuaikan dengan tingkat kekenyalan pempek yang diinginkan. Makin banyak kanji akan makin kenyal atau keras. Secara tradisional pempek disajikan tanpa mi kuning.

Mesin Es Krim 1 Kran Kapasitas 8 Liter / jam (Best Seller)

Mesin es krim ini sangat cocok untuk Anda yang memulai usaha es krim. Mesin es krim buatan Taiwan ini bisa memproduksi es krim dengan kapasitas 8 liter / jam. Mesine es krim ini menggonakan kontrol digital. Dasain yang menarik dan tidak memakan tempat, menjadikan mesin es krim ini sangat cocok untuk usaha / bisnis es krim Anda Spesifikasi dan Harga Mesin Es Krim ini

Tipe ES 8A Kapasitas 8 liter / jam Listrik 400 watt Berat 46 kg Digital control Origin : Taiwan Harga : Rp 14.750.000

Mesin Es Krim 1 Kran, PLUS Jelly Topping (8 liter/jam)

Kami jual mesin es krim satu kran yang dilengkapi dengan jelly topping. Fungsi jelly adalah menghiassi atas es krim sehingga lebih menarik dan lebih beraneka rasa. Mesin es krim plus jelly ini sangat cocok untuk bisnis es krim Anda. Mesin produksi Taiwan ini mampu memproduksi es krim sekitar 8 liter / jam

Spesifikasi dan Harga Mesin es Krim plus Jelly

Tipe : ES-8B Kapasitas : 8 liter / jam Litsrik : 400 watt, 220 V, 50 HZ, 1P Berat 46 kg Digital control Origin : TaiwanHarga : Rp Rp 16.750.000

Mesin Es Krim 3 Kran Harga Hemat

Kami menjual mesin es krim untuk usaha es krim Anda. Mesin es krim dengan harga hemat ini terdiri dari 3 kran. Jadi Anda bisa membuat 2 rasa es krim, plus satu rasa campuran. Mesin es krim ini sudah banyak digunakan pengusaha es krim di Indonesia dan beberapa negara. Mesin es krim ini portable, cocok untuk didisplay di mall-mall atau tempat rekreasi Spesifikasi Mesin Es Krim 3 Kran ini :

Tipe : ES 25 A Kapasitas Storage : 6.5 liter x 2 Kapasitas prodsuksi : 16-25 liter / jam Rifrigerant : R22 / R404A Listrik : 1600 watt, 220 V, 50 Hz Berat ; 115 kg Dimensi : 655x540x810 Digital control Origin : RRCHarga : Rp 21.750.000

BT 7230 (3 Kran)

Kapasitas : 120 cone / jam (30 liter/ jam) Dimensi : 87x54x85 cm Suhu : - 6 C Listrik : 2400 watt Berat mesin : 150 kg Origin : RRC (Donper) 3 kran (3 toggle) --- 2 rasa + 1 mix Body stainless steel Control panel digital Automatic control Air Cooler System Proses produksi otomatis Harga : US $ 3.500

BH 7256 (3 Kran)

Kapasitas : 220 cone / jam (56 liter/ jam) Dimensi : 65 x 54 x1435 cm Suhu : - 6 C Listrik : 2800 watt Berat mesin : 175 kg Origin : RRC (Donper) 3 kran (3 toggle) --- 2 rasa + 1 mix Body stainless steel Control panel digital Automatic control Air Cooler System Proses produksi otomatis Harga : USD 5.300 Harga bisa berubah (naik) sewaktu-waktu.

Bonus Setiap pembelian mesin es krim, kami berikan bonus berupa :

Manual Book (tutorial mesin)

Keunggulan Mesin es Krim Kami

Telah dipakai lebih dari 40 negara

Mesin es krim kami telah dipakai lebih dari 40 negara. Sebagai bukti bahwa mesin es krim ini memiliki kualitas tinggi, dan telah digunakan untuk kepentingan bisnis

Telah mendapatkan sertifikasi kualitas dari berbagai lembaga internasional

Mesin es krim kami telah diakui sebagai mesin dengan standart kualitas tinggi. Beberapa lembaga internasional telah mengakuinya :

Sertifikat ISO 9001:2000 Serifikat Asosiasi Teknologi Prancis

Harga mesin terjangkau

Bandingkan harganya dengan mesin-mesin lain sejenis. Biasanya mesin es krim dengan fungsi sama berharga hingga lebih dari 2 kali lipat. Padahal fungsinya sama, dan kualitas sama.

Proses produksi es krim mudah

Cara membuat es krim dengan mesin ini sangat 'gampang'. Cukup masukkan adonan bubuk es krim dan air ke mesin selama 15 menit, maka es krim siap saji.

Perawatan mudah

Perawatan mesin pembuat es krim kami sangat mudah. Kami akan memberi manual book dan CD-nya.

Mesin bisa dibawa kemana-mana

Ukuran mesin yang tidak terlalu besar, menjadikan mesin es krim ini bisa Anda bawa ke mana-mana. Banyak customer kami yang membawa mesin untuk berjualan dengan mobil, motor Tossa, dll

Ada garansinya

Kami memberikan garansi 1 tahun. Garansi ini akan lebih menjamin kesuksesan Anda di bisnis es krim

Spare part ada / mudah didapat

Spare part ada dan mudah didapat / dibuat. Bandingkan dengan mesin-mesin sejenis yang ada.

Tersedia bubuk es krim siap pakai

Kami menyediakan bubuk es krim siap pakai untuk Anda. Detail bubuk es krim, klik disini

Model Lain Mesin Soft Ice Cream 3 Kran, KLIK DISINI

MESIN ICE CREAM - RESEP ICE CREAM - JUAL BAHAN & KURSUS ICE CREAM - PELUANG BISNIS ES KRIM09 August 2010 02:12 | dibaca 1873 kali Peluang Bisnis Ice Cream. Bisnis es krim/ice cream kini menjadi bisnis yang cukup banyak peminatnya. Hal ini berdasarkan data INFOMESIN.COM, bahwa mesin es krim adalah salah satu mesin paling laris diantara mesin bisnis lainnya. Puluhan mesin es krim telah kami kirimkan ke berbagai kota di Indonesia mulai dari Medan, Pekan Baru, Riau, Metro, Lampung, Banda Aceh, Padang, Pontianak, Balikpapan, Makasar, Jakarta, Tangerang, Bandung, Pati, Gresik, Mataram, dan Paling Jauh Papua...dll INFO: Telp 031-8708071 08883203340. Website: KURSUSTRISTAR.COM Peluang bisnis ice cream sangat menjanjikan, berdasarkan hitungan kami, balik modal di bisnis ini sekitar 1 tahun. Pengelolaan bisnis es krim juga sangat mudah, Iklim Indonesia yang tropis, sangat cocok untuk usaha ini, terlebih di daerah yang agak panas, bisnis es krim tentu sangat

menjanjikan. Untuk memulai bisnis es krim, kini telah tersedia mesin pembuat es krim/ mesin hard ice cream. Ingin membuat Ice Cream Sendiri? Bisa ikuti resep cara membuat ice cream dibawah ini: KOMPONEN PENYUSUN ICE CREAM: Whipping Cream Susu Skim Air Gula Pasir Stabilizer Flavour/Essence Pasta Buah KADAR AIR Kadar air dalam es krim antara 60%-62%, jika air terlalu banyak maka es krim menjadi kasar, jika air terlalu sedikit maka es krim akan menjadi terlalu padat. Untuk bisa creamy, 60%-62% itu sudah ukuran yang teruji. Dengan demikian maka kadar bahan kering adalah 38%-40%. MANFAAT WHIPPING CREAM. Krim adalah bagian yang paling banyak mengandung lemak pada susu. Panaskan susu sapi sampai suhu pasteur (70C-80C), kemudian dinginkan agak lama sampai muncul selaput yang makin lama makin tebal. Selaput inilah yang dinamakan krim, memang cuma sedikit karena kadar krim dalam susu sapi hanya 3.5%. Fungsi dari krim ini adalah memberikan aroma susu dan mencegah pembentukan kristal yang terlalu besar. Pada hakekatnya krim adalah lemak, maka kita bisa menggunakan lemak lain, umumnya adalah santan atau telur. Dengan konsekuensi akan berkurangnya/hilangnya aroma susu diganti menjadi aroma santan atau aroma telur, bisa juga kita campur ketiga lemak tersebut, terserah selera. Tapi tidak semua lemak bisa kita pakai untuk es krim, mentega atau korsvet akan membuat es krim ngendal, minyak kelapa tidak ngendal tapi aroma es krim menjadi aneh. Jadi yang direkomendasikan adalah lemak susu, lemak telur dan lemak santan. Saran saya, tetap gunakan lemak susu meskipun sedikit, agar apa yang ibu-ibu buat nanti bisa dinamakan es krim. Kadar lemak dalam es krim adalah 8%-16%. MANFAAT SUSU SKIM Setelah susu sapi diambilnya krimnya, maka yang tersisa tinggal air dan bahan padatan lain

meliputi protein, karbohidrat dan mineral. Jika kadar air tersebut dihabiskan, maka yang tersisa itulah yang dinamakan skim. Yaitu bahan padatan susu sapi tanpa lemak. Fungsi skim pada es krim adalah sebagai tubuh yang membentuk tekstur. Membuat es krim tanpa skim hasilnya ya seperti kocokan whipping cream, hasilnya memang lembut, tapi ringan. Sama dengan krim, pada hakekatnya skim ini adalah bahan padatan yang terdiri dari protein, karbohidrat dan mineral, jadi bisa diambilkan dari telur atau santan. Kadar skim dalam es krim adalah sama dengan krim yaitu antara 8% sampai 16%. MANFAAT GULA PASIR Gula tidak hanya berfungsi sebagai pemberi rasa manis pada es krim, tapi juga menurunkan titik beku adonan, sehingga adonan tidak terlalu cepat membeku saat diproses. Ini penting agar udara yang masuk kedalam adonan bisa lebih banyak sehingga tekstur menjadi lebih lembut production cost lebih murah, karena ice cream lebih mengembang. Kadar gula dalam es krim adalah +- 15% (atau sesuai selera). MANFAAT STABILIZER Adonan es krim jika dibekukan tanpa stabilizer, maka molekul lemak dan molekul air yang sebelumnya sudah tercampur rata akan memisah pelan-pelan. Membentuk kelompok air dan kelompok lemak. Lemak menjadi keras sedangkan air menjadi kristal. Stabilizer berfungsi untuk emulsi, yaitu membentuk selaput yang berukuran mikro untuk mengikat molekul lemak, air dan udara. Dengan demikian air tidak akan mengkristal, dan lemak tidak akan mengeras. Stabilizer juga bersifat mengentalkan adonan, sehingga selaput2 tadi bisa stabil 7 tidak mudah memisah. Kadar stabilizer dalam es krim adalah +- 0.3%. MENENTUKAN KOMPOSISI Nah sudah lumayan jelas kan? sekarang misal mau buat resep, tentukan dulu komposisinya. Misal lemak 10%+skim 14%+gula 15%+stabilizer 0.3% = 39.3%. Atau mungkin yang agak rendah lemak? yaitu lemak 8%+skim 16%+gula 15%+stabilizer 0.3% = 39.3%. Jadi bahan keringnya 39.3%, sesuai aturan kan? Kalau lemak 0%, saya belum pernah coba, silahkan atur sendiri komposisinya. MEMILIH BAHAN

Bisa langsung air dicampur dengan susu full-cream. Ingat didalam susu full-cream sudah ada lemak, skim dan gula. Angkanya lihat di box. Jadi bisa dihitung sendiri kira-kira perlu menambah gula berapa gram. Atau bisa juga pakai susu kental manis. Yang penting kita harus tahu kadar lemak, skim, gula dan air dari bahan-bahan yang kita pakai. Bisa juga kita pakai susu sapi. Susu sapi itu kadar lemak 3.5%, skim 8.5% sisanya air yaitu 88%. Jadi terlalu banyak air kan? padahal aturannya kan air 60%-62%? jadi kita harus menambah padatan, bisa pakai whipping cream powder/Ultra Quick, kalau mau murah ya pakai kuning telur saja. Jangan putihnya, sebab putih telur banyak airnya (87%). Kalau kuning telur, airnya cuma 50%. Berapa butir yang harus kita tambahkan, bisa dihitung sendiri. Kuning telur bisa diganti dengan Ultra Quick. 1 butir kuning telur +- bisa diganti dengan 10gram Ultra Quick, kelebihan ultra Quick dibandingkan dengan kuning telur, adalah menghindari bau amis dari telur, apabila kita memakai kuning telur dalam jumlah yang banyak. Kalau skim yang ada dalam bahan-bahan tersebut dirasa kurang, kita bisa tambahkan susu bubuk skim/ skim milk Powder. Untuk stabilizer, bisa dipilih, dari hewan atau dari tumbuhan. Kalau dari hewan bisa memakai gelatin. Kalau dari tumbuhan bisa memakai Carboxy Methyl Cellulose/CMC Food Grade. Atau bisa gabungan dua stabilizer ice cream yang saya sebutkan diatas. MENCAMPUR ADONAN Kalau ini terserah ibu-ibu, yang penting adonan harus higienis, kalau telur ya harus dimasak, susu sapi harus pasteurisasi. Tidak mudah memanasi adonan yang sudah dicampuri kuning telur, harus diaduk terus. pergunakan api kecil untuk memasak adonan ice cream. Adonan yang sudah dimasak dan dicampur harus didiamkan dalam lemari es, lamanya tergantung stabilizer yang kita pakai, kalau dari hewan 24 jam, kalau dari tumbuhan cukup 4 jam. Waktu ini digunakan oleh stabilizer untuk membentuk selaput dan mengikat molekul. Kalau

langsung dimasukkan ke Mesin Ice Cream, hasilnya adonan kurang halus & kurang mengembang. PROSES PEMBUATAN ES KRIM Nah adonan yang sudah didinginkan, siap dimasukkan Mesin Hard Ice Cream/ Ice Cream Maker. Pada dasarnya itu adalah membekukan adonan dengan cara mengaduk perlahan sedemikian rupa sehingga semua bagian dari adonan bisa menyentuh dinding Mesin Ice Cream. Jadi pengadukan disini berfungsi tiga, pertama menjaga agar adonan tidak membentuk kristal, kalau adonan diam maka ada kemungkinan molekul air yang berdekatan bersatu membantu kristal, tapi kalau diaduk terus maka tidak ada kesempatan untuk bersatu. Mengapa masih terbentuk kristal? kan sudah ada selaput yang dibentuk stabilizer? betultapi stabilizer 0.3% itu tetap harus dibantu dengan proses fisika, yaitu pengadukan, antisipasi jika ada molekul air yang belum terikat, bisa saja kita memperbanyak stabilizer hingga cukup dibekukan dalam freezer tanpa pengadukan, tapi terlalu banyak stabilizer akan menyebabkan adonan sangat kental dan molor, contoh serbuk ice cream instan merk P atau D. Ice cream Instant itu tanpa Mesin Ice Cream sudah bisa menghindari kristal, ini karena stabilizernya banyak, tapi coba lihat hasilnya terlalu ringan & bersifat mulur. Jadi tetap gunakan Ice Crema Maker/ Mesin Hard Ice Cream untuk menghindari kristal, agar hasilnya mantap. Fungsi kedua dari pengaduk adalah memberi kesempatan semua bagian adonan bisa menyentuh dinding Mesin Ice Cream secara bergantian dan berkala, FYI agar membeku maka adonan es krim harus bersuhu antara -5C sampai -20C, dibawah -20C adonan akan terlalu keras, kurang dari -5C adonan akan cair. Suhu sedingin itu bisa didapat dari freon (sekitar -17C) atau lelehan es batu dengan garam grosok (-7C), nah bagaimana cara memindahkan suhu tersebut kedalam adonan? yaitu dengan penghantar suhu terbaik (stailess steel atau aluminium), adonan harus langsung menempel pada penghantar agar bisa mendapatkan suhu dingin dengan cepat. Itulah fungsi pengaduk. Tanpa pengaduk maka bagian yang membeku hanya yang menempel/terdekat dengan

dinding Mesin Ice Cream saja, sedangkan bagian tengah tetap cair. Inilah sebabnya kenapa adonan yang kita taruh dalam freezer lama bekunya, bisa sampai 12 jam, sedangkan dengan Mesin Ice Cream cukup 30-45 menit. Fungsi ketiga adalah, dengan cara diaduk tersebut maka udara akan masuk perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit kedalam adonan, sehingga es krim terareasi, bisa mengembang dan texturnya menjadi empuk dan lembut. Untuk memberi rasa Ice cream, cara yang paling mudah, kita bisa menambahkan Essence & warna yang sesuai dengan Ice cream yang kita buat. tetapi apabila kita menginginkan rasa yang lebih enak & mantap, kita bisa menambahkan Pasta buah yang bisa kita buat sendiri semacam selai atau bisa juga menggunakan Pasta Jadian untuk Gelato. Pasta untuk Gelato ada berbagai macam rasa antara lain; Rasa mocce, Biscotto, Kiwi, Strawberry, Blue berry, Choco-Hazelnut, Pisthacio, dll. penggunaan Pasta Gelato bisa seseuai dengan jumlah yang direkomendasikan atau bisa juga sesuai selera. Dikirim oleh: Juwono Saroso | Kunjungi Website

Step bikin pempek kapal selam Posted by sherry on Jan 14, '08 10:00 PM for everyone Slideshow Ini dia step by step pempek kapal selam palembang..Suami berdarah palembang cirebon..Jadi hobby bgt pempek...Kalau sang istri emang demen apa aja..Hehehe... Keterangan foto di klik aja ya...Resep ada disini: http://sherryfreddy.multiply.com/journal/item/27/Pempek_Kapal_Selam

bubur tepung,ikan giling,sagu tani 2 Comments

setelah kalis 2 Comments

wadahi telor 2 Comments

pelan2 2 Comments

didihkan air

telok kecil

telok kecil

adaan dan lenjer

hasil yg besar

lenjer kecil2 2 Comments

telok kecil

hasil jadi 2 Comments

adaan juga bikin 2 Comments

setelah digoreng

ada satu yg ga dikasih mecin

cuko

Tags: recipe, pempek kapal selam, sumatera, seafood

ADONAN DASAR PEMPEK Bahan:

500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus (pilih yang betulbetul segar) 10 sendok makan air es 2 1/2 sendok makan tepung terigu 150 gram tepung kanji 2 sendok teh garam 1/2 sendok teh vetsin

Cara membuat:

Haluskan ikan dengan saringan sampai lembut.

Masukkan air es, vetsin, dan garam. Tambahkan tepung terigu dan kanji aduk hingga tercampur rata.

Bentuk adonan sesuai dengan jenis pempek

TIPS :

Makin segar ikan, makin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan menyimpannya dalam lemari pendingin atau freezer Banyak variasi resep pempek yang ada. Yang patut diingat, semakin banyak cairan (air), makin banyak kanji yang harus ditambahkan. Biasanya, hasilnya jadi makin keras. Bila Anda kesulitan membentuk pempek, lumuri tangan Anda dengan minyak, jangan dengan tepung kanji, karena makin lama makin banyak tepungnya membuat adonan menjadi keras. Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak merekat di dasar wajan. Baik sekali kalau Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus.

CUKO PEMPEKBahan:

250 gram gula merah, disisir 50 gram asam jawa 2 sendok teh cuka 750 ml air 5 siung bawang putih, cincang halus 2 sendok makan ebi dihaluskan 20 buah cabai rawit, dihaluskan 1 sendok makan tongcai, cincang halus 1 sendok teh garam

Cara membuat:

Didihkan gula merah, asam jawa, air, dan cuka lalu saring. Masukkan bawang putih, ebi, cabai rawit, garam, dan tongcai. Didihkan kembali lalu angkat.

PEMPEK ADAAN Pempek. Suka gak ama makanan khas Palembang yang satu ini ? Kalo suka, yuk kita buat sendiri. Cara dan bahannya relatif gampang kok, gak ribet dan hasilnya cukup memuaskan meskipun mungkin gak seenak Pempek Pak Raden yang terkenal itu. Yaaah, not bad lah untuk nyenengin keluarga dan makin disayang suami, hehehe Bahan Pempek: - 1 kg ikan tengiri, di-fillet, lalu dihaluskan dagingnya - 3/4 kg tepung kanji (kalo di Medan disebut Tepung cap Tani) - 6 siung bawang putih dihaluskan - Garam sesuai selera - 3 butir telur ayam - 250 cc air Bahan kuah (cuko):

- 300 gr gula merah - 5 siung bawang putih dihaluskan - 5 buah cabe rawit dihaluskan - Garam sesuai selera - Cuka sesuai selera Cara membuat pempek: - Campurkan telur, air, garam, dan bawang putih ke dalam adonan ikan tenggiri yang sudah halus. Aduk rata. - Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit ke dalam adonan ikan sambil dicampur. Cara mencampur adalah diaduk dan dibalik, bukan di remas-remas. Hal ini supaya hasil pempek kenyal dan tidak keras. Lakukan hingga seluruh tepung tercampur rata. - Bentuk adonan diatas menjadi seperti bakso. Bila tangan menjadi lengket, lumuri dahulu dengan tepung kanji. - Panaskan panci dan air secukupnya hingga mendidih. - Masukkan bulatan pempek ke dalam air mendidih. Tunggu lebih kurang 20 menit, dan bulatan akan mengapung. - Angkat pempek yang sudah matang, lalu tiriskan. Lakukan hingga seluruh bulatan pempek habis. - Setelah tiris, bila belum akan disajikan, pempek bisa disimpan dikulkas. Bila hendak disajikan, goreng dulu pempek hingga berwarna kecoklatan, lalu siram dengan kuahnya. Cara membuat kuah (cuko): - Rebus 1 liter air dengan gula merah. - Setelah air mendidih dan gula merah lumer serta tercampur rata, angkat. Lalu saring air gula merah tadi untuk menghilangkan kotoran yang mungkin ada. - Rebus lagi air gula merah yang sudah disaring dengan bawang putih, cabe rawit, dan garam. Biarkan hingga mendidih kembali. - Setelah mendidih, matikan api, lalu tuangi cuka sambil terus diaduk-aduk hingga rata. - Siramkan kuah ini diatas pempek yang sudah digoreng.

Mudah, kan? Dijamin rasanya seger dan pas banget untuk penganan saat weekend. Oya, pempek jenis ini disebut pempek adaan. Ada juga pempek kapal selam (Im still trying to make the right one, hehe), lenjer, lenggang, dll. OK, selamat mencoba!

TekwanCara Membuat:1. Pisahkan daging ikan dari tulangnya, lalu keruk dagingnya dengan sendok/garpu 2. Haluskan daging ikan, lalu campur dengan tepung kanji, bawang putih, merica, telur, dan garam. Campur rata dan uleni sampai halus Dengan menggunakan 2 sendok teh, bulatkan adonan ikan yang langsung dimasukkan ke dalam air mendidih. Jika adonan sudah mengapung,

Bahan:1 kg ikan tenggiri 500 gr tepung kanji 5 siung bawang putih, haluskan 2 sdt merica bubuk 2 butir telur 2 sdt garam bumbu penyedap, secukupnya

Kuah:5 siung bawang putih, haluskan 100 gr ebi, rendam, haluskan 250 gr udang kupas, cincang 50 gr sedap malam, rendam, ikat simpul 2 sdm seledri cincang 2 buah bengkuang ukuran sedang, iris korek api 1 sdt merica bubuk

3. angkat dan tiriskan. Untuk kaldunya, tambahkan air panas ke dalam air bekas membuat adonan ikan menjadi sebanyak 2 liter 4. Tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan ebi, udang, dan bumbu penyedap. Aduk sampai udang berubah warna. Angkat, lalu masukkan ke dalam kaldu 5. Masukkan sedap malam, seledri, bengkuang, dan merica. Masak sampai seluruh bahan matang, lalu masukkan tekwan 6. Masak sebentar, angkat. Hidangkan panas-panas dengan ditaburi bawang goreng dan sambal botol 7.Catatan: katanya orang Palembang sih (gua maksudnya), sebenernya cuman potong2 pempek, trus ya dikuahin pake bumbu macem2. Nggak pake bengkuang juga nggak apa2 kok

Versi Lain Tekwan:Bahan:Kaldu:

1 1/2 liter air untuk merebus 250 gr udang segar, kupas kulit dan kepalanya, cuci bersih, cincang halus 3 sdt kaldu dadu bubuk 2 sdm ebi, cincang kasar Tekwan: 250 gr daging ikan tenggiri 50 ml putih telur ayam 125 ml air 1 sdt merica buuk 2 sdt garam 250 gr tepung kanji 1 L air untuk merebus 3 sdm minyak untuk menumis 6 siung bawang putih, haluskan 25 gr jamur kuping, rendam air panas hingga lunak, tiriskan, iris kasar 50 gr bunga sedap malam, rendam air panas, tiriskan, dan simpulkan 150 gr bengkuang, kupas, iris bentuk korek api 2 batang daun bawang, ambil bagian yang putih, iris halus Taburan: 2 sdm bawang putih goreng 2 batang seledri, iris kasar Pelengkap: sambal cabai rawit merah

Cara Membuat:

1. Kaldu: Didihkan air, rebus kulit udang dan kepala udang, kaldu bubuk serta ebi 2.3. 4. 5. 6. 7. 8.

cincang hingga mendidih. Angkat, saring kaldunya, sisihkan Tekwan: Keruk daging ikan dengan sendok dan giling hingga halus. Campur ikan bersama udang cincang, putih telur, air, merica dan garam, aduk rata Tambahkan kanji, aduk kembali hingga rata. Uleni adonan hingga licin dan kalis. Sisihkan Didihkan air dalam panci. Bentuk tekwan agak memanjang dengan bantuan 2 sendok teh. Masukkan ke dalam air mendidih. Masak hingga terapung. Lakukan hingga adonan habis. Angkat, tiriskan Saring air perebus tekwan, didihkan kembali bersama kaldu udang hingga menjadi 1 1/2 liter. Sisihkan Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum dan layu. Tuangkan ke dalam kaldu mendidih. Masukkan tekwan, jamur kuping, bunga sedap malam dan bengkuang. Didihkan sekali lagi. Taburi daun bawang, angkat Taburi bawang putih goreng dan irisan daun seledri Sajikan hangat dengan sambal cabai rawit merah

untuk 6 porsi

RESEP MASAKAN PALEMBANGPEMPEKCara membuat pempek palembang:

Bahan bahan pempek: 1. Sagu Tani (bisa dibeli di HERO) sebanyak 3 bks @ 500gr (total 1500 gram) 2. Ikan tenggiri yang besar (1 kg, bila digiling/dibersihkan menjadi 700 gram) 3. Garam dapur secukupnya (untuk 1 mangkok = 1 sendok makan garam) 4. 5. 6. Bumbu penyedap (Ajinomoto) secukupnya (2 sendok teh) Air dingin matang Air panas ( buat merebus) yang diberi sedikit minyak goreng.

Cara membuatnya:

Bersihkan ikan tenggiri dan giling pakai gilingan daging, hanya dagingnya saja, kulit dan durinya dibuang. Campurkan ikan giling dengan air dingin dengan perbandingan 1:1 (atau 1:3/4 untuk lebih terasa ikannya). Takar dengan mangkok bakso (kecil/sedang) dan bila dapat 2 1/2 mangkok, campurkan dengan air dingin sebanyak 2 1/2 mangkok juga (atau kurang, tergantung mau banyak sagu atau tidak). Masukkan garam halus dengan ukuran sendok makan peres, sebanyak jumlah mangkok ikan dan air, dalam hal ini sebanyak 5 sendok makan peres. Masukkan pula bumbu penyedap (Ajinomoto) dan aduk rata. Masukkan tepung sagu perlahan-lahan sambil diaduk dan diuleni. Bila takaran tepat, akan terpakai tepung sagu sebanyak 1 kg, bila kebanyakan air, makin banyak sagu yang dibutuhkan dan rasa ikan kurang terasa. Bila adonan sudah kalis (tidak lengket), dapat dibentuk bulat atau lonjong (lenjer) dengan tangan ditawuri tepung sagu lalu rebus. Sehabis pempek mengapung direbus, angkat, tiris, lalu goreng atau siap dimakan. Bila sudah terbiasa, dapat membuat pempek isi telor mentah, seperti mempuat pastel (lihat contoh gambar di halaman lain).

Bahan cuko/kuah pempek: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 250 gram Gula aren 50 gram Asam jawa, hindari memakai cuka dapur 750 ml air 5 siung Bawang Putih, cincang halus 2 sdm ebi, dihaluskan 1 sdt garam 10 s/d 20 buah cabai rawit, dihaluskan (tergantung selera pedas).

Cara membuatnya:

Didihkan gula aren (merah), asam jawa, air lalu saring. Masukkan bawang putih, ebi, cabe rawit dan garam, didihkan kembali lalu angkat. Cuka sudah siap dihidangkan bersama pempek.

of 40/40
Akhirnya kesampaian bikin pempek, sebetulnya sih udah beberapa kali bikin cuma yg sebelumnya gatot - biasanya kekerasan ihiks! Beli ikannya udah dari kapan tahu, disimpen aja di freezer secara malez banget mau bikin. Yang diatas pempek kapal selam, nyoba yang diisi telur mentah, huaaahhh...syusyahnya! Karena ga sabar aku cuma bikin satu yg dari telur mentah, lainnya pake telur rebus aja, abis kaki udah pegel diri lama di dapur. Hasilnya lumayan...pempeknya lembut ga keras/liat, ga tahu deh yang asli palembang itu yang gimana, yg penting pas dg lidahku aja Bahan: Ikan warna putih haluskan (bagusnya tenggiri) 350-500 gr, tepung tapioca 1,5 bungkus (750 gr), 2 telur, bawang putih, garam, bahan II : 2 sdm tapioca, 200 ml air, 1 sdm tp terigu dimasak dibuat lem. Cuko : ebi, cabe, bawang putih semua dihaluskan, gula merah, garam, kecap, cuka, semua dimasak. Cara: buat lem, dinginkan. Aduk ikan, telur, garam, lem, tapioca dimasukan sedikit2 diulen sampai rata & bisa dipulung. Pulung bentuk lenjer atau kapal selam. Rebus air, masukan adonan rebus sampai mengambang & matang. Pelengkap: Mie, cuko & timun. Bahan:
Embed Size (px)
Recommended