Tugas TIK Galau

Date post:30-Jun-2015
Category:
View:162 times
Download:4 times
Share this document with a friend
Description:
Power Point Slide Share
Transcript:
  • 1. Setiap orang pasti pernah merasakan Galau, dan kata ini sudah menjadi populer untuk saat ini mulai dari social media maupun di kehidupan nyata. Galau tidak pandang bulu dan tidak mengenal usia menyerang seluruh lapisan masyarakat. Banyak hal membuat orang jadi galau. Diputus pacar, bikin galau. Bertengkar dengan pacar, bikin galau. Kelamaan menjomblo juga sering jadi galau. Diomelin ortu atau atasan, juga bikin galau. Ini itu galau, apa-apa bikin galau Hari gini banyak loh ya, orang-orang yang bangga dengan status kegalauannya.. Bahkan sampe ada yang mikir Gak Galau, Gak Gaul Sampai sekarang masih gak ngerti apa maksud jargon seperti itu. Apa maksudnya untuk bisa jadi anak gaul itu kita kudu jalan-jalan sambil minum baygon cair? Apakah demi status Gaul Gheelaa itu kita kudu nongkrong di tower sambil nyilet-nyilet tangan? Asli.. Ini random banget. Lalu apakah arti galau yang sebenarnya?? Benarkah kata galau telah digunakan dengan tepat sesuai peruntukkannya? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi galau berarti kacau (pikiran); bergalau berarti (salah satu artinya) kacau tidak karuan (pikiran); dan kegalauan berarti sifat (keadaan hal) galau. Merujuk ke definisi menurut kamus keadaan galau adalah saat pikiran sedang kacau tak karuan. Orang yang tengah galau pikirannya sedang kacau. Kacau dalam kamus diartikan (salah satunya terutama berkaitan dengan pikiran) kusut (kalut) keruan.

2. Yang pertama ini adalah sebuah perasaan yang sangat sering sekali menghampiri anak-anak remaja pada umumnya. Pada umumnya anak remaja atau anak muda yang sedang merasakan cinta memang pasti akan di di hampiri perasaan seperti ini karena bawaan dari suka terhadap lawan jenisnya. Dan biasanya perasaan ini juga tidak tahu dengan apa yang dia rasakan. Mengeluh memang hal yang memang wajar untuk setiap orang, tapi yang terlalu over, itu bisa saja disebabkan karena perasaan galau dan tidak bisa merespek apa yang sedang dia alami. Saat bertemu teman mengeluh tentang ini dan itu.Poin yang terakhir ini adalah poin terusan dari poin yang kedua. Mengeluh memang boleh saja, tapi jika 3. Dalam berbagai legenda dan cerita fiksi, tokoh utama meninggal setelah mengalami kehilangan yang luar biasa. Namun bahkan dalam dunia nyata, seseorang bisa meninggal akibat patah hati. Sindrom patah hati umumnya dianggap sebagai akibat kematian seseorang yang pasangan hidupnya sudah duluan meninggal, namun penyebabnya tidak selalu jelas. Kondisi ini bisa dipicu oleh tekanan emosional mendadak akibat putus hubungan traumatik atau kematian orang yang dicintai. Sindrom patah hati secara klinis berbeda dengan serangan jantung, karena pasien memiliki sedikit faktor risiko yang mendorong penyakit jantung dan sebelumnya sehat sebelum pelemahan otot-otot jantung. Tingkat kesembuhan para penderita "sindrom patah hati" lebih cepat daripada penderita serangan jantung dan kesembuhan penuh pada jantung bisa tercapai dalam waktu dua minggu. 4. Kenapa Patah Hati itu Rasanya Sakit? 5. Semua Terpusat Di Otak Kita 6. Banyaknya Tahapan Yang Mesti Dilewatin Nah, kalo si ACC kan reaksi fisiknya, berikutnya reaksi psikisnya. Namanya Proses Grieving. Isinya antara lain ketidakstabilan emosional (emotional rollercoaster), kognitif (cara berpikir / perubahan cara pandang) dan perilaku. Tahapan yang harus kamu lewatin supaya bisa melangkah maju dari kelamnya masa lalu bersama si mantan adalah : 7. 1. Denial/Penyangkalan Ini adalah tahap pertama, dimana kamu masih menyangkal kejadian yang baru kamu alami. Rasanya masih gak percaya gitu, belum bisa menerima kenyataan. Jadi masih suka cubit-cubit diri sendiri gitu. Teah.Contoh kasus : Kamu masih sms/bbm selamat pagi, siang, sore, malam, udah makan belum, hati-hati di jalan, hujan nih bawa jaket ga? Dan gak pernah dibalas. Dibaca sama dia, tapi gak dibales. Kamu masih merasa status status fb dan twitter yang kangen dan pujian-pujian #nomention itu ditujukan kepada kamu. Padahal sih buat tukang nasi goreng. 2. Anger/ Kemarahan Ini adalah ketika kamu ngerasa diinjak-injak dan tiba-tiba kamu jadi kesel dan benci banget sama situasi yang menimpa kamu. Kalo ini hubungannya sama mantan, ya benci banget sama si mantan deh.Contoh kasus : 8. 3. Bargaining/Penawaran.4. Depression. 9. 5. Acceptance. Pada tahap ini, kamu sudah gak tau lagi apa yang dapat dilakukan untuk membuat perasaan jadi lebih baik. Ibaratnya mau marah juga udah gak bisa dan gak tau ke siapa lagi, mau nawar nawar juga udah gak ngerti caranya gimana, jadi kamu terima aja keadaan kayak gini. Kamu akhirnya mulai menjalani kehidupan kamu seperti biasa.Contoh kasus : Kamu bangun pagi, lihat matahari dan tiba-tiba aja merasa semua bisa dijalanin. Sedap. Ah elah, patah hati emang sesuatu yang serius. Bisa mengakibatkan kematian kalau gak tertangani dengan baik. Tahapan diatas bisa berbeda-beda bagi setiap orang, rentang waktunya juga. Ada yang bisa berlama-lama di tahap anger tapi langsung loncat ke acceptance. Atau ada juga yang gak pernah sampe ke tahap acceptance tapi terus aja muter balik ke denial. Hati emang penuh misteri. Tapi paling gak dengan baca artikel ini, kamu jadi tau kan kenapa dinamakan patah hati? Karena rasa sakitnya nyata bro. Pedih. Ah. Asik. 10. Mengatasi Galau Akibat Patah Hati 1. Jangan berfokus pada patah hatimu Semakin berfokus pada patah hati, semakin kita memikirkan si dia. Lupakan dia! anggap dia itu Baji*ngan khilaf ( maaf agak kasar ..) Inget2 aja kelemahan si dia, untuk melawan rasa galau kamu. Memang sih ngga mungkin kita melupakannya, hanya amnesia solusinya. Hehehe. Tapi, ngapain juga mikirin dia terus, mikirin momen-momen indah kalian berdua, dsb.2. Lihat sekitarmu Kalu kita berfokus pada diri sendiri, kita akan merasa yang paling menderita. Padahal ada banyak orang di luar sana yang lebih menderita. Jadi, coba buka mata! Lihat sekitarmu! Adakah yang bisa kamu bantu? Dengan aktif bergaul dengan sekitar, membantu orang lain dan sebagainya, itu akan ngebuat kita tidak berfokus pada diri sendiri yang akhirnya bisa mengikis sakitnya patah hati. 11. 3. Sibuk4. Denger lagu-lagu mewek melow secukupnya saja5. Curhat 12. Terima Kasih

Click here to load reader

Embed Size (px)
Recommended