Home >Documents >RESEP Masakan Korea

RESEP Masakan Korea

Date post:18-Jul-2015
Category:
View:897 times
Download:520 times
Share this document with a friend
Transcript:

Cara membuat garaetteok adalah : 1. Bahan-bahan : Tepung beras 300 g Air 110g Minyak wijen 3 sendok makan 2 . Cara membuatnya : Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal. Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk panjang dan bulat . Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. Nah Garaetteok sudah jadi. Gampang bukan? Karena Jajanan ini sangat populer, maka Garaetteok telah diproduksi secara pabrikan, dan harganya menjadi relatif murah dan tentu tidak repot . Cara membuat Tteokbokki ( ): 1. Bahan-bahan : 200 g Teuk (kue beras) 1/4 buah bawang bombay 30 g wortel 2 buah jamur Shitake kering 1 buah cabe hijau dan merah 1 sdt minyak goreng 1 sdt minyak wijen 2. Bahan-bahan untuk bumbu 1 sdm bubuk cabe merah 1 sdm Kochujang , taujo cabe merah 1 sdm bawang putih yang dicincang halus 1/2 sdm gula pasir 3 sdm kalu daging sedikit biji wijen, lada hitam, dan minyak wijen 3. Cara memasaknya : Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen. Potong melintang bawang bombay dan wortel. Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. Potong melintang cabe hijau dan merah. Campurkan semua bahan untuk bumbu. Panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan bumbu. Setelah bumbuh masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. Masukkan dan tumislah hingga bumbu diresap pada tteok. Tteokbokki siap disajikan. ( ref. http://world.kbs.co.kr ) Di seoul, tempat yang terkenal dengan Tteokbokki adalah kawasan Sindangdong. Bagaimana dengan anda? mau mencoba ?

Bahan2: # Nori/Kim/rumput laut lembar # Nasi putih dari beras yang pulen/atau ditambah beras ketan sedikit # wortel iris panjang2(tumis dengan minyak wijen dan sedikit garam) # Timun iris panjang2(tumis dengan minyak wijen dan sedikit garam) # Daun Bayam (tumis dengan minyak wijen dan sedikit garam) # Telur didadar bisa diris panjang2 atau lebar2 # Crab sosis/sosis daging ((tumis sebentar dengan minyak wijen dan sedikit garam) # Minyak wijen, biji wijen digoreng tanpa minyak(kalau ada), garam/saus asin secukupnya

Cara membuat: # siapkan selembar kim diatas kimbab/sushi roll (kl gak ada pake kertas untuk bungkus nasi aja atau apa aja yang bisa digunakan untuk menggulung) # masukan nasi yang baru masak secukupnya disebuah mangkuk, tambahan minyak wijen, biji wijen dan gara/saus asin secukupnya aduk sampai rata # taruh nasi merata di lembar kim dengan sedikit ditekan # susun semua bahan, wortel, timun, bayam. Sosis dan telur dadar di tengah2 nasi # Gulung perlahan dengan sedikit ditekan agar gulungan padat # potong-potong seukuran 1 sampai 1 cm

Daging sapi, akar bunga lonceng (doraji), bracken (gosari, sejenis tanaman paku), kecambah, zucchini, jamur shiitake, nasi, saus gochujang, kecap asin, minyak wijen, bawang putih cincang, daun bawang cincang, biji wijen, lada hitam. Bahan-bahan seperti doraji atau gosari mungkin sulit ditemui, namun bisa didapatkan di swalayan yang menjual produk Korea, atau bisa diganti dengan sayur lain, misalnya bayam.

Cara membuatDaging sapi: bagian yang tak berlemak pon dipotong tipis-tipis, dicampurkan dengan 1 sdt kecap asin, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt bawang putih cincang, daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen, sdt minyak wijen dan digongseng di atas api besar dalam tempo sebentar, lalu angkat. Doraji: dicincang tipis, lalu diremas bersama garam, cuci lalu direbus dalam air panas, angkat, diremas sampai airnya keluar, kemudian tumis dengan bumbu 1 sdt minyak wijen, 1 sdt daun bawang cincang, sdt bawang putih cincang, 1 sdt biji wijen yang di atas api besar, setelah itu angkat. Gosari: pon mentah dibersihkan dengan air, remas sampai cairannya keluar, lalu dipotong dengan ukuran 2 inci, dan tumis cepat di atas api besar dengan 1 sdt minyak wijen, 1 sdt daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen yang dipanggang, lalu angkat. Zucchini: 1 buah zucchini dipotong tipis-tipis, direbus dalam air, angkat dan remas sampai airnya keluar campurkan dengan 1 sdt garam, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt biji wijen yang dipanggang. Jamur: 4 buah jamur pyogo (shiitake) direndam dalam air hangat dan dipotong tipis-tipis tumis dengan 1 sdt minyak wijen, 1 sdt kecap asin, 1 sdt daun bawang cincang, 1 sdt biji wijen panggang di atas api besar dengan cepat dan angkat. Nasi: (4 cangkir) dicampurkan dengan 1 sdt minyak wijen, garam dan sajikan 1 cangkir nasi dalam setiap mangkuk perorangan. Saus Gochujang: 4 sdt gochujang, dicampurkan dengan 1 sdt gula pasir, 1 sdt biji wijen panggang dan 2 sdt minyak wijen. Masukkan dan susun semua bahan-bahan yang sudah disiapkan dalam mangkuk. Di tengahtengah tuangkan saus gochujang dengan kuning telur. Aduk-aduk perlahan sampai semua bahan tercampur merata.

Bahan: 2 sendok makan minyak 1 sendok teh bawang putih cincang 250 gram daging potong panjang

Bumbu: 1 sendok teh minyak wijen 1 sendok makan wijen sangrai setengah halus Bumbu penyedap secukupnya 2 sendok makan kecap asin (semua bahan dicampur, dibagi dua) Tauge, bayam rebus secukupnya 4 butir telur mata sapi goreng Kimchi, acar wortel, lobak, sambal botol Cara membuat: 1. Panaskan minyak. Tumis bawang sampai harum. Masukkan daging yang sudah dibumbui. Aduk-aduk sampai matang. Angkat. 2. Tauge dan bayam direbus. Campur dengan bumbu minyak wijen. Aduk-aduk. 3. Sajikan nasi dengan daging, tauge, bayam, telur mata sapi, kimchi, sambal botol, acar wortel, lobak.

Jamur Shitake, Tauge, Wortel Parut, Courgette/Zuchini, Bayam.

beli "busan eomuk" alias "oden ala busan" :p yg berbentuk lembaran. aku beli yg paling murah, harganya nggak sampai seribu won, isinya cuma 4 lembar siapkan kecap ikan (boleh indonesia punya, boleh korea punya) dan saus tiram (punya mana aja deh, panda boleh, punya thailand boleh). tuang air di panci ramyeon 2/3 penuh (tau kan ya panci ramyeon yg warna emas gitu, pas buat bikin indomie? hehe). lalu masukkan saos tiram dan kecap ikan masing2 2-3 sendok makan, tergantung suka rasa asin atau tidak. cabe yang besar2! siapkan sekitar 4-5 biji, warna merah dan ijo, tergantung sukanya mau sepedas apa (karena jenis cabe beda2, ada yg pedas ada yg nggak). potong2 si cabe nggak usah kecil2, seperti dadu gitu deh. mau cuma separoh atau sepertiga aja juga boleh. masukkan ke dalam air rebusan.

caraku nggak mau seperti tukang odeng 500-an yg di pinggir jalan. aku potong tiap lembar odeng jadi 4 bagian. jadilah 16 lembar panjang2. tiap 2 lembar, masing2 digulung lalu tusuk di 1 tusukan, pakai tusukan yg buat makan gorengan di pinggir jalan. jadi deh 8 tusuk odeng! =D

beginilah tampang si odeng. panci ramyon jadi terlihat hampir penuh karena sudah kemasukan odeng. dalam kasus ini, aku masukkan juga potongan2 jamur. rebus terus kira2 5 menit, lalu angkat dari kompor dan siap disantap panas2!

Ingredients: 1. fish cake/odeng 5 lembar, iris melintang, 1lembar jadi 8 iris 2. bawang pre 1/2 batang iris serong, lobak iris kotak (optional) 3. tusuk sate, utk tusukan odengnya (1 tusuk utk 4 iris odeng) 4. bumbu : soy saus/kecap asin 2 sdm, merica bubuk 1 sdt, garam secukupnya Directions: 1. masak air sekitar 3 cup,bila sdh mendidih masukkan bumbu, aduk aduk 2. tambahkan bawang pre dan odeng yg sdh ditusuk2 3. masak sebentar , angkat,

Japchae adalah makanan Korea berupa sohun (dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini termasuk salah satu banchan, dan dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim. Bahan-bahan seperti daging sapi dan sayuran (wortel, paprika, jamur shiitake, bawang bombay, dan spinacia) dipotong kecil-kecil memanjang. Masing-masing bahan ditumis secara terpisah untuk mempertahankan aroma dan rasa. Bumbu berupa bawang putih, kecap asin, dan gula pasir ditumis dengan minyak wijen bersama daging sapi. Di dalam wadah atau wajan, semua bahan dicampurkan ke dalam sohun yang sudah direbus, dan diaduk-aduk bersama minyak wijen, irisan cabai, dan wijen. Nasi dengan japchae di atasnya disebut japchae-bap dan dimakan sebagai hidangan utama. Makanan ini pertama kali dibuat pada abad ke-17 ketika Semenanjung Korea diperintah Dinasti Joseon. Ketika Raja Gwanghaegun melangsungkan pesta besar di istana, salah seorang bangsawan tuan tanah menghidangkan japchae. Raja Gwanghaegun begitu menyukai rasa japchae hingga bangsawan tersebut diangkatnya menjadi byeongjo panseo Pada waktu itu, japchae hanya berupa sayur-sayuran dan jamur, seperti irisan mentimun, lobak, dan jamur shiitake. Sementara itu, sohun (dang myeon) ditambahkan ke dalam japchae pada abad ke-20. Berbeda dengan sohun Indonesia yang dibuat dari pati sagu atau pati aren dan midro dang myeon dibuat dari tepung ubi jalar.

Berbagai Jenis Japchae : - Gochu japchae , dimasak bersama irisan cabai hijau segar dan sayuran - Buchu japchae, dimasak bersama Daun Bawang khas korea - Kongnamul japchae dimasak bersama soybean sprouts - Haemul japchae dimasak bersama seafood dan sayuran - Beoseot japchae dimasak bersama jamur

The Recipe Nah, ini resep yang aku pake. Bahan: 2 siung bawang putih bawang bombay kubis wortel daging babi kentang 4 sdm pasta kacang hitam 2 sdm gula 2 sdm jahe minyak 2 sdm tepung maizena air mie Cara membuat: 1. Goreng 4 sdm pasta kacang hitam dengan 4 sdm minyak selama 3 menit. Tiriskan. 2. Potong daging babi, kubis, wortel, dan kentang berbentuk kubus. 3. Tumis jahe dan bawang putih. 4. Masukkan daging babi dan bawang bombay. 5. Setelah daging babi matang, masukkan kubis, wortel, dan kentang. 6. Saat semuanya sudah matang, baru masukkan pasta kacang hitam, gula, dan setengah cup air. Tunggu hingga mendidih. 7. Campur 2 sdm tepung maizena dengan 2 sdm air. Masukkan ke dalam saus jajang yang sudah mendidih tadi. 8. Aduk dan tiriskan. 9. Rebus mie (bisa juga dilakukan di sela-sela langkah di atas). 10. Tuang saus jajang ke atas mie. 11. Selamat mencoba... (Kalau menurut aku sih, daging babi, kubis, wortel, dan kentang tu opsional. Aku sendiri cuma pake kentang dan wortel.)

Bahan-Bahan

1 buah sawi putih 1/2 buah bawang bombay, iris tipis 1/4 btg wortel, iris tipis memanjang 1/4 btg lobak putih, iris tipis 4 btg daun bawang. 2 sdm bawang putih, parut 1 sdt jahe, parut 1/2 gelas bubuk cabe Korea 2 sdt garam 1 sdm gula 1/2 gelas garam kasar/garam laut 1 gelas air cup water 1/4 gelas saus ikan Korea 1/3 gelas air 1 sdm tepung

Cara Mengolah

1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Sesudah bersih, rendam sawi dalam campuran tiga genggam garam yang sudah dilarutkan dengan air matang untuk sedikitnya enam jam, sampai sawi putih terlihat layu. 2. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih. Tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian dengan membuang ujung-ujung sawi. 3. Saatnya mengolah sawi dengan campuran bahan-bahan bumbu. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, selada air, daun bawang, radis, saus ikan, dan sedikit garam. Baurkan campuran bumbu secara merata menutup semua bagian sawi hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan biarkan sedikitnya 224 jam sampai bumbu meresap ke dalam daging sawi dan jangan menyimpan di dalam lemari es. Proses penyimpan lebih lama akan lebih baik karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. Setelah itu, baru simpan kimchi dalam lemari es. 4. Kimchi siap saji bisa disantap begitu saja atau disuguhkan sebagai makanan pembuka sebelum makanan utama.

Tteok alin versionBahan : - ttok - fish cake (odeng) - bawang bombay - ( sesuai selera bisa di tambah wortel, kol, n kentang) Bumbu untuk saos: - air (kalo gw air'a pake air kaldu jd lbh gurih, gw liat dr resep di internet) - gochujang ( kl pke yg instan rasa'a manis kyk kmrn. kl gochujang lbh enak agag pedes) - bawang putih - bubuk cabe (kalo mw) - garam n gula secukupnya - minyak wijen ( cuma bwt tumis bwg putih ) Cara ; 1. tumis bawang putih sebentar smpe wangi 2. masukin air (kaldu) n gochujang, masak smpe mendidih smbl di aduk rata 3. masukin ttok, odeng n bwg bombay ( n tmbhn yg tdi kl mw) 4. aduk rata, n di diamkan sampe kental dan ttok'a udh empuk. kentel'a kuah sesuai selera. thu cara gw, kl yg kemaren ky Han Ssaem dy bwg putih gag di tumus dlu n cm pke air biasa. sisa'a sama. Silahkan mencoba!!!! ^_^

Embed Size (px)
Recommended