Home >Documents >Metro Banjar edisi cetak Senin 16 April 2012

Metro Banjar edisi cetak Senin 16 April 2012

Date post:16-Mar-2016
Category:
View:313 times
Download:10 times
Share this document with a friend
Description:
Metro Banjar edisi cetak Senin 16 April 2012
Transcript:
  • SENIN, 16 APRIL 2012 z 16 HALAMAN z NO 4.251 z TH XII ISSN 0215-2987RP 2000RP 2000RP 2000RP 2000RP 2000

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    BERSAMBUNG KE HAL 8

    BERSAMBUNG KE HAL 8 BERSAMBUNG KE HAL 8

    Amat Tetap SukaMCK di Sungai

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

    DAPAT MOTOR - Seorang peserta jalan sehat berlari, setelah nomor kuponnyadisebutkan menerima hadiah sepeda motor, Minggu (15/4) di Lapangan MurdjaniBanjarbaru. (bawah) Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin menyerahkan kunci sepeda motorkepada peserta yang beruntung mendapat hadiah utama.

    Wendy Berani Otak-atik Android Remaja Banua

    Tak Mau GaptekSEIRING perkembangan

    teknologi, gadget pun semakincanggih dengan menggunakanperangkat android.Remaja Banua puntak mau melewatkankemajuan tersebut.Salah satu caranya mereka ber-gabung dalam komunitas an-droid.

    BANJARMASIN- Pemasanganinstalasi pengolahan air limbah(IPAL) di pemukiman padat pen-duduk bakal tidak berjalan lancar.Banyak warga tidak mendukungproyek yang dikerjakan PerusahaanDaerah Pengolahan Air Limbah (PDPAL) tersebut.

    Amat, warga Pekapuran Banjar-masin Tengah, memperlihatkan sikapapatis ketika ditanya seputar proyekIPAL itu. Alasannya, IPAL tersebutakan menambah pengeluaran rumahtangganya.

    Pendapatan saya pas-pasan.Jika memang IPAL, tentu akan me-nambah pengeluaran saya dalam se-

    bulan. Selama ini saya sudah mem-bayar listrik dan air leding, ujarAmat, Minggu (15/4).

    Menurut Amat, dia sekeluargatetap memanfaatkan posisi rumah-nya yang berada di atas sungai. Ru-mah di atas sungai memudahkan ka-mi melakukan kegiatan mandi, cucidan kakus (MCK). Tidak ada biaya-nya, ujarnya.

    Ketua RT 18 Jalan Pekapuran Ra-ya, H Darlan, mengakui sebagian be-sar warganya keberatan jika adanyapemasangan pipa IPAL. Alasannya,

    pemasangan pipa itu bisa menambahrusak jalan yang menghubungkan ke

    Lingkar Dalam, Ga-toto Soebroto itu.

    Renca-nanya su-dah ada se-jak tahun lalu.Tapi sekarang initidak terdengar lagiperkembangannya. Ka-rena warga keberatan jalanrusak dan tidak banyak wargayang mau memasang IPAL,ujarnya.

    z Warga Cueki Proyek IPAL

    Pelanggan IPALdikenakan biayabulanan. Ini yangmembuat warga

    tidak mauH DARLAN

    Ketua RT 18 Pekapuran Raya

    zzzzz BanjarmasinPaling Berani

    Baca halaman8

    Kami Akan PerbaikiMENANGGAPI keluhan warga

    itu, Dirut PD PAL, Muhidin, me-ngatakan pihaknya akan memper-baiki bekas galian IPAL tersebut.

    Kami akan memperbaiki bekas

    galian pipa IPAL dengan cara ditutu-pi ulang, ujarnya, Minggu (15/4).

    Muhidin menyarankan agar

    Foto Lain

    16Hal

    z Tribun Cetak RekorBaru Tapak TanganMESKI harus berjemur di panas terik sinar

    matahari, Sri (40) tetap bersemangat mengikutipengundian hadiah gelaran jalan sehat Se-mangat MelangkahBersama Banjarma-sin Post Group, Tri-bun dan Kapal Api

    BERSAMBUNGKE HAL 8

    USAI berlaga melawan Ba-rito Putera di Stadion 17 MeiBanjarmasin, Sabtu (14/4), timPerssin Sinjai bertolak dari Ban-jarmasin menuju daerah asal-nya, Sinjai, Sulawesi Selatan,Minggu (15/4) sore.

    Sebelum menaiki bus menu-ju ke Bandara Syamsudin Noor,Andi Baso Bintang dan kawan-kawan menghampiri AnangSuryadi dan menyalaminyasembari mengucapkan terimakasih.

    Anang Trail, sapaan akrabAnang Suryadi, yang sejak pagisudah berada di Gedung Pra-muka, Banjarmasin, tempat timberjuluk Laskar Kuda Jantan

    Miris Lihat Pemain Makan Nasi Abondari Selatan ini menginap, lang-sung menyambut ucapan teri-ma kasih itu.

    Pria kelahiran 28 Januari1956 ini memang bertugas seba-gai liaison officer (LO) BaritoPutera. Tugasnya mengantar,menjemput dan melayani ke-perluan tim tamu Laskar An-tasari.

    Dia selalu menjemput danmengantarkan tim tamu Baritodi Bandara Syamsudin Noor. Se-perti tim Perssin Sinjai, yang da-tang Rabu (11/4) malam, Anangmenjemputnya di bandaramenggunakan bus yang biasa

    Anang Trail, si Pelayaan Musuh Barito

    Anang Suryadi

    ISTIMEWA

    Komunitas Android Banua

    1604/M1

  • METRO POLITANMETRO BANJAR z SENIN, 16 APRIL 2012 2

    Bawa Boneka Hadapi UN

    SUASANA berbeda terlihat diSMKN 3 Banjarbaru, Minggu (15/4)sore. Ketika sekolah lain sepi, di

    sekolah yang beralamat di Jalan Ane-ka Tambang, Kecamatan Cempaka,Kota Banjarbaru ini justru ramai oleh

    guru, siswa, dan orangtua siswa.Ya, kemarin sekitar pukul 17.00

    Wita, siswa-siswi kelas XII SMKN 3 Ban-jarmasin berdatangan ke sekolah merekauntuk menginap. Pengelola sekolahsetempat menerapkan kebijakan beda,130 siswa mereka yang mengikuti ujiannasional (UN) dikarantina di sekolahan.

    Siswa datang tidak hanya mem-bawa perlengkapan sekolah. Merekajuga membawa keperluan minimal un-tuk tidur. Mulai dari tilam, bantalsampai boneka.

    Aku bawa tilam dari rumah su-paya enak aja tidurnya. Nggak lupajuga bawa boneka buat nemenin,ungkap seorang siswa jurusan kecan-tikan, Yeni saat check in di sekolahnyakemarin.

    Rekan Yeni, Hesti tampak sibukmempersiapkan seragam sekolah. De-mikian pula dengan Nela yang asyik ber-gantian menyetrika seragam putih abu-abu yang akan digunakan selama UN.

    Tadi sudah disetrika. Tapi kusutlagi, karena dimasukkan tas, ujarNela menjelaskan.

    Nginap di sekolah bakal merekajalani selama tiga hari tiga malamatau sampai Rabu (18/4) yang meru-pakan hari terakhir UN.

    Seorang siswa lainnya, Latifah me-ngaku justru senang dengan programkarantina tersebut. Alasannya tempattinggalnya cukup jauh yakni di kawa-san Landasan Ulin. Perjalanan darirumah ke sekolahan setengah jam lebih.

    Rumahku jauh, khawatir datang

    ke sekolah telat, apalagi kalau hujan.Makanya senang banget ada programini, ujarnya.

    Senada dengan Meni. Menurutnyaselain tidak telat, nginap di sekolahanpada malam hari mereka bisa men-dapatkan bimbingan tambahan dariguru-guru di sekolah.

    Kalau ada yang nggak tahu bisaditanyakan juga dengan teman. Kalaudirumah sendirian sepi. Di sini ra-mai, ujarnya gembira.

    Kepala SMKN 3 Banjarbaru, Ro-sihan Anwar mengatakan, karantinaditujukan agar siswa lebih siap me-ngikuti UN. Alasan utama karenaletak sokal mereka yang cukup jauh.

    Apalagi tidak sedikit siswa kamirumahnya jauh dan sekarang musim

    hujan. Perjalanan siswa ke sekolahpasti akan lamban. Belum lagi, kalaukebocoran ban, bebernya.

    Rosihan menjelaskan, selama di se-kolah siswa akan mengikuti Salat Mag-rib, Salat Hajad dan sedikit siraman ro-hani. Malam harinya, barulah siswamenjalani mengikuti bimbingan belajar.

    Siswa mereka juga ditekankan un-tuk tidak merasa terbebani mengha-dapi UN. Siswa sudah dijelaskan darinilai yang mereka dapatkan selamamenempuh pendidikan disekolah ini.

    Rosihan menjelaskan, untuk pe-laksanaan karantina ini ada 3 labo-ratorium dan 3 kelas yang disulapmenjadi tempat tidur bagi siswa. Se-dangkan untuk UN, telah dipersiap-kan sebanyak tujuh bilik kelas. (wid)

    Bidan Kerap Tinggalkan DesaMARTAPURA - Keberadaanbidan desa menjadi sorotan. Pa-salnya, hampir separuh di an-tara tidak tinggal di desa setem-pat. Mereka pilih pulang pergidari kota dengan alasan tempatrumah dinas rusak dan sebagiankarena ingin melanjutkan studi.

    Catatan Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Banjar, saatini bidan desa yang ada berjum-lah 252. Dari jumlah itu, yangsering pu-lang ke kotasekitar 100orang.

    Selainfaktor ba-ngunan pus-kesmas ru-sak, bisa ju-ga rumahdinas mere-ka tak ada.Karena itumemilih untuk tidak tinggal,ujar Kabid Kesehatan KeluargaDinkes Banjar, Sandra, Minggu(15/4).

    Alasan lain yang kerap di-gunakan para bidan agar bisapulang tiap akhir pekan adalahmelaksanakan kuliah untuk me-naikkan status dan tingkatpendidikannya.

    Sumber daya manusia un-tuk bidan di Banjar 142 orangD1, D3 ada 170 dan D4 hanyaenam bidan. Karena masih ba-

    nyak yang diploma itulah me-reka akhirnya sekolah lagi.

    Memang harusnya bidanstandby 1x24 jam. Tapi merekaorang yang paling tahu terhadapkondisi masyarakat seperti hamilatau gimana. Karena itu parabidan memberitahu pasiennyadulu sebelum pergi, ujarnya.

    Prasarana kesehatan di Ka-bupaten Banjar saat ini hampir60 persen mengalami keru-

    sakan. Baik itupuskesmas, pus-kesmas pemban-tu (pustu) danrumah dokter.

    Ketua Ko-misi IV DPRDBanjar, GustiAbdurahmanmengakui bah-wa ada programDinkes Banjaryang hendak me-

    wajibkan para bidan minimaltingkat pendidikannya diploma3 pada 2015 mendatang.

    Makanya banyak yangminta surat tugas belajar. Tidaksalah, hanya diharapkan pe-layanan kesehatan masyarakatdesa terutama ibu hamil jangansampai mengganggu, katanya.

    Lebih lanjut pria yang akrabdisapa Antung Aman ini me-ngatakan, bahwa kondisi pra-sarana tempat tinggal bagi paratenaga kesehatan di daerah ini

    juga sangat minim di KabupatenBanjar ini.

    Seorang warga Gambut,Diah mengeluhkan pelayanankesehatan kadang kurangmaksimal. Kalau saya paling sering lihatpara petugas di puskesmas itudatangnya siang. Padahal, sejakpagi masyarakat sudah banyakmengantre, katanya. (nic)

    Agenda Hari IniAgenda Hari IniAgenda Hari IniAgenda Hari IniAgenda Hari Inizzzzz Wali Kota Banjarmasin memantau UNWali Kota Banjarmasin memantau UNWali Kota Banjarmasin memantau UNWali Kota Banjarmasin memantau UNWali Kota Banjarmasin memantau UN

    Tempat : SMAN 3, SMKN 3, dan MAN 2 BanjarmasinWaktu : 08.00 Wita

    zzzzz Apel Pagi BNK BanjarApel Pagi BNK BanjarApel Pagi BNK BanjarApel Pagi BNK BanjarApel Pagi BNK BanjarTempat : SMPN 2 MartapuraWaktu : 07.30 Wita

    zzzzz Salat Hajat Hari Jadi ke-13 Kota BanjarbaruSalat Hajat Hari Jadi ke-13 Kota BanjarbaruSalat Hajat Hari Jadi ke-13 Kota BanjarbaruSalat Hajat Hari Jadi ke-13 Kota BanjarbaruSalat Hajat Hari Jadi ke-13 Kota BanjarbaruTempat : Masjid Nurul Falah dan Masjid

    Al Mukarammah Landasanulinzzzzz WaktuWaktuWaktuWaktuWaktu ::::: 17.30 Wita17.30 Wita17.30 Wita17.30 Wita17.30 Wita

    Kami belummengetahui ada

    pergantianmanajemen karenabelum ada laporan

    dari pemkoataupun dari

    manajemen yangbersangkutan,

    M ISNAINIKetua Komisi II DPRD

    Banjarmasin

    Beny Tak Punya Saham di BoldBANJARMASIN - Setelah lamatutup, akhirnya tempat hiburanmalam (THM) di plaza posindoberoperasi lagi. Namun namanyatidak lagi Dunfee melainkan BoldLCC. Hal ini sempat menjadipertanyaan karena sang pemilikDunfee, Beny Buntoso hingga kinimasih buron.

    Ketua Komisi II DPRD KotaBanjarmasin, M Isnaini me-ngaku belum menerima laporanberoperasinya Bold LCC ditempat eks Dunfee.

    Setahu kami itu ditutupkarena bermasalah. Kami kiraditutup selamanya. Kami be-lum mengetahui ada per-gantian manajemen karena be-lum ada laporan dari pemkoataupun dari manajemen yangbersangkutan, bebernya, Ming-gu (15/4).

    Sementara Ketua Komisi IDPRD Kota Banjarmasin yangmembidangi proses perizinan,Arufah pun mengaku belummengetahui adanya pergantianmanajemen tempat karaokediseberang kantornya.

    Kami belum tahu tapi ka-lau sampai menyalahi aturan,maka akan kami tindak lanjutisesegeranya, tandasnya.

    Dikonfirmasi hal ini pena-sihat hukum Beny Buntoso me-nampik kliennya ada andil diBold LCC. Menurutnya, perizin-an Dunfee sudah mati dan kinidigantikan oleh manajemen baruyang perizinannya dari awal.

    Bold LCC memiliki izin ba-ru dan bukan memakai izinDunfee. Kebetulan saya ikutmengurus izinnya, semua darinol. Pak Beny juga tidak adasaham di Bold LCC, tegasnyasaat dihubungi Metro via tele-pon, Minggu (15/4).

    Fauzan menambahkan izinoperasional Dunfee habis pada2011 dan akhirnya diserahkanke manajemen baru.

    Ibaratnya gedung itu su-dah dijual lalu dilakukan izinbaru sehingga wajar namanya

    berganti, tambah dia.Kadisparpora Banjarmasin

    Noor Hasan mengatakan untukperizinan THM ada di badanperizinan Banjarmasin. Pihak-nya hanya melakukan pemerik-saan di lapangan.

    Sebelumnya ada izin Dun-fe namun karena bermasalahsehingga di nonaktifkan. Kemu-dian ada manajemen baru me-masukan izin dengan nama

    Bold LCC, jelas dia.Apakah hal itu diperboleh-

    kan, Hasan menambahkan bisasaja asal perizinan baru dilaku-kan dengan prosuder yang benarseperti izin lainnya.

    Kepala Badan PelayananPerizinan Terpadu dan Penana-man Modal (BP2TPM) PemkoBanjarmasin, Ihsan Alhak me-ngatakan, pemberian izin tem-pat hiburan berdasarkan reko-mendasi dari disparpora.

    Untuk THM di Posindomanajemen beda dan kamimemberikan izin kepada mana-jemen baru berdasarkan hasilobservasi dari disparpora. Sia-pa nama pemiliknya lupa,ujarnya.

    Sebagaimana diberitakan,Polda Kalsel memasang garispolisi di Dunfee setelah padapenggerebekan 4 Agustus 2011lalu plisi menemukan narkobajenis sabu sebanyak dua kilo-gram di gudang lantai limaDunfee. Sabu tersebut paketandari Jakarta. (has/arl)

    z Eks Dunfee Sabu Jadi THM Lagi

    Ditangani JakartaPEJABAT sementara (Pjs) Kabid Humas Polda Kalsel

    AKBP Winarto mengatakan, karaoke dan pub di JalanLambung Mangkurat Banjarmasin itu memang sempat diberi garis polis. Namun katanya saat itu adalah Dunfeebukan yang baru.

    Terkait perkembangan kasusnya, mantan KapolresTanahbumbu ini mengatakan, yang lebih berwenang adalahPolres Jakarta Barat karena penyidikan langsung diJakarta.

    Kasus ini ditangani Polres Jakarta Barat. Karenasebelum ditemukan sabu itu di Banjarmasin, PolresJakarta Barat lebih dulu menemukan dua kilogram sabu,lanjut dia.

    Penasihat Hukum Benny, Fauzan Ramon mengatakankasus sabu empat kilogram yang menyeret kliennya sudahdisidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat.

    Bahkan empat terdakwa sudah divonis dua terdakwadi antaranya anak buah Pak Benny, lanjut dia.

    Dua orang Benny itu hanya dikenakan pasal 131mengetahu namun tidak melaporkan. (arl/has)

    Belajar Jalan di Kolam RenangBANJARMASIN - Setelah ham-pir satu bulan menjalani pe-ngobatan saraf tulang belakang,akhirnya HA Sulaiman kembalike Banua. Kemarin, Minggu (15/4), tokoh Kalsel ini kebanjirantamu di kediamannya, JalanKampung Melayu,Banjarmasin.

    Tamu bersi-laturahmi seka-ligus berdoa a-gar kesehatanpria yang akrabdisapa Haji Le-man itu pulih se-perti sedia kala

    pascaoperasi di Sixth Fooor,South Tower Allegheny GeneralHospital 320 East North AveneuPittsburg Amerika Serikat.

    Alhamdulillah Allah me-ngabulkan doa para sahabat,ulama, dan warga Kalsel se-

    hingga operasinya berjalanlancar dan sekarang sudah

    tidak sakit lagi. Semogaamal baik ini mendapatlimpahan rahmat dariAllah SWT, bebernya.

    Meski demikian lan-jutnya, saat ini masih

    dalam tahap pen-yembu-

    han sehingga aktivitas yang di-jalani terbatas tidak bisa sepertiorang normal.

    Misalnya untuk sementaratidak boleh membungkuk 40 de-rajat. Jadi untuk salat terpaksaduduk saja, ujar Ketua DPDPartai Golkar Kalsel ini.

    Kepada tamu yang datang,Haji Leman juga bercerita se-putar perjalanan dan pengoba-tannya di Amerika Serikat. Me-nurutnya, operasi tidak lamanamun perjalananlah yangmembuat lama.

    Jika perjalanan langsung keAmerika penerbangan mema-kan waktu 19 jam. Sementara

    dirinya tidak bisa duduk lamasehingga harus menginap duludi Jepang.

    Kalau operasinya cepatsaja. Jam 8 masuk ruang ope-rasi, setengah 10 saya sudah sa-dar. Jam 11 naik ke kamar lang-sung disuruh makan dan jalan.Sekarang saya juga disuruhberlatih jalan di kolam renang,ujarnya.

    Haji Leman berharap bisasembuh seperti sedia kalahingga dapat menjalankanaktivitas dan menyelesaikanamanah di sejumlah organisasisosial, olahraga, partai politik,dan lainnya. (has)

    BANJARMASIN POST GROUP/APUNK

    SIAP UN - Siswi SMKN 3 Banjarbaru mempersiapkan baju sekolah, Minggu(15/4). Mereka nginap di sekolah selama pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

    BANJARMASIN POST GROUP/DONY SOPHANDY

    FUNGSI GANDA - Warga memanfaatkan mobil pribadi untuk berdagang pakaian di momen car free day di Jalan Sudirman, Banjarmasin,Minggu (15/4).

    Puskesmas dan PustuPuskesmas dan PustuPuskesmas dan PustuPuskesmas dan PustuPuskesmas dan Pustudi Kabupaten Banjardi Kabupaten Banjardi Kabupaten Banjardi Kabupaten Banjardi Kabupaten Banjar

    z Total Puskesmas 23 Unit Rusak Berat 5 Unit Rusak Ringan 2 Unit Kondisi Baik 16 Unit

    z Total Pustu 72 Unit Rusak Berat 17 Unit Rusak Sedang 22 Unit Rusak Ringan 12 Unit Kondisi Baik 20 Unit

    HA Sulaiman

    1604/M2

  • METRO BUBUHAN3METRO BANJAR z SENIN, 16 APRIL 2012

    ANDA yang sedang mencari pekerjaan atau memerlukan pekerjaanbaru, Metro Banjar membuka kesempatan bagi Anda untuk mem-promosikan diri di rubrik ini. Caranya, sebutkan data diri Anda,spesifikasi kemampuan, dan pekerjaan yang diharapkan. Kirimpesan singkat atau sms ke nomor ponsel 08125062943.

    Redaksi

    SAYA perempuan, umur 25 tahun. Pernah kerja di perusa-haan bagian administrasi. Saya ingin kerja di perusahaan ataukantor. Terima kasih.

    (081251155842)

    BEKERJA di bidang yang sesuai dengan latar belajangpendidikan, tentulah idaman setiap orang. Demikian halnyaChairun Nisa yang merasa cocok dengan pekerjaannya,karena sesuai pendidikannya di bidang akuntansi.

    Meski saat ini masih honorer di Kepolisian Daerah (Polda)Kalsel, tapi bagi Nisa pekerjaan itu sangat dinikmatinya. Apalagidunia kerja baginya memberikan banyak manfaat, tidak sematamanfaat finansial atau keuangan tapi juga mental dan sosial.

    Saat masih sekolah, uang jajan dapat dari orangtua.Alhamdulillah sekarang sudah bisa cari uang sendiri, katagadis berlesung pipi yang akrab disapa Nisa.

    Namun, lanjutnya, manfaat bekerja bukan hanyasoal uang tapi juga memberikan perubahan dalam polapikir dan bersosialisasi. Dia pun merasa sudah bisabertanggungjawab terhadap diri sendiri. Mengaturkeuangan pribadi, mengelola waktu antara bekerjadan bergaul dengan teman.

    Selain itu, dunia kerja memberikanpengalaman baru karena banyak bertemudengan orang baru dengan berbagai karakter.

    Setelah lulus sekolah dan masuk duniakerja, memberikan semangat bagi diri pribadi.Semoga saja pekerjaan yang saya gelutisekarang dapat memberikan masa depanyang baik, apalagi jika nanti bisa diangkatsebagai pegawai negeri, harapnya.

    Nisa juga bersyukur, meski sudahbekerja tapi dia masih bisamenyempatkan waktu untukmenyalurkan salah satuhobinya, yaitu olahragabeladiri. Latihan karate masihbisa dia lakukan, bahkan diabisa ikut bertanding dalamsetiap kejuaraan. (dea)

    Nama : Chairun NisaTTL : Banjarmasin,

    30 Desember 1992Pendidikan: SMK BanjarmasinPekerjaan : Honorer di Polda Kalsel

    Biofile

    Tenaga WelderSAYA berpengalaman sebagai tenaga welder. Siap kerja

    apabila diperlukan, di proyek, tambang, konstruksi, kapal/tongkang, tug boat, dan lain-lain. Kerja harian atau borongan.Silakan hubungi saya.

    (081349309785)

    Desain BangunanNAMA saya Arief. Saya mengetahui bidang bangunan, bisa

    mendesain/menggambar rancangan bangunan. Apabila Andamencari orang untuk menjadi tenaga di lapangan untukpembangunan, proyek, merenovasi rumah, dan lain-lain, silakanhubungi saya. Saya siap bekerja.

    (08125191910)Administrasi Kantor

    BR

    EAK

    LOWONGAN-KERJA.TOKOBAGUS.COM

    ISTIMEWA

    BONEKA, mobil-mobilan,kapal-kapalan, hingga pernak-pernik karakter tokoh animasiyang sedang digandrungi, AngryBirds, menjadi koleksi sebagianbesar anak-anak sekarang. Takhanya karena bentuknya yangmenggemaskan, juga dibelikarena pada dasarnya setiap anakmemang menyukai mainan.

    Mainan bisa merangsangpertumbuhan kecerdasan dankreativitas. Bahkan dalam masapertumbuhan, perkembanganpsikomotorik dapat dirangsangdengan berbagai macam per-mainan.

    Ribuan jenis mainan telah di-ciptakan dari tahun ke tahun,setiap generasi memiliki jenismainan masing-masing. Zamandulu, tipe mainannya sangattradisional, maka mainan anaksekarang lebih modern dan u-mumnya bikinan pabrik.

    Menjual mainan anak meru-pakan peluang bisnis yang pastiawet. Selama anak masih sukamainan dan selama mainantersebut tidak bisa dibikin sen-diri oleh anak atau orangtuanyaatau mereka ingin mudahnyasaja dengan membeli, maka

    MELAKONI bisnis jual mainan, terutama yang belum punya modalbanyak, perlu kiat khusus. Berikut trik yang dibagi Yanto, seorang penjualmainan:

    z Tempat yang terbaik adalah tempat yang banyak anak-anak, diantaranya lingkungan sekolah atau kawasan permukiman.

    z Mainan yang dijual tentunya murah meriah, sehingga terjangkaukantong anak-anak.

    z Jika ingin membuka kios atau toko mainan, analisa dulu kondisikeuangan keluarga yang tinggal di wilayah itu untuk disesuaikan denganbisnis kita. Akan sangat menyulitkan bila membuka toko mainan yangmahal dan eksklusif di wilayah permukiman penduduk yang ekonominyatidak mendukung.

    z Perhatikan pelanggan. Pelanggan hanya ada dua yaitu anak-anakdan orang dewasa. Kita harus memahami untuk siapa mainan itu.Apakah ada manfaat mainan itu bagi mereka ataukah justru merusak.

    z Pelayanan terhadap pelanggan juga patut diperhatikan. Barang yangbagus dan murah akan sia-sia, bila pelayanan kita kurang menyenangkandan tidak berkesan. (dea)

    peluang ini akan ada terus.Memulai usaha mainan anak

    ini bisa dimulai dari modal kecil,walaupun stoknya sedikit asal-kan banyak macam dan mo-delnya. Peluang usaha ini ban-yak digeluti kawula muda, lihatsaja di depan sekolah anak kitaatau adik kita, banyak penjualmainan, apalagi saat jam istira-hat sekolah.

    Contohnya Yayang, wargaJalan Purnawirawan, Banjar-baru, bisnis mainan anak yangdigelutinya dalam beberapabulan terakhir, dirintis denganberjualan di SD-SD. Usaha inidiakuinya memang perlu tenaga,kendaraan bermotor ataupunsepeda dan keliling di sekolah-sekolah.

    Prospeknya sangat bagus.Saat jam istirahat dan sebelummasuk sekolah, banyak anak-anak yang membelanjakan uangsaku mereka untuk beli mainan.Jadi yang dijual adalah mainanmurah meriah yang terjangkaukantong mereka, kata Yayang.

    Mainan dibelinya di tokogrosir di Banjarmasin atauMartapura. Harga grosiran itu,kemudian dijual eceran ke anak-anak sekolah. Misal satu mainan

    anak jenis mobil-mo-bilan kecil, modal belanjagrosir jika dihitungsatuannya Rp 1500, kemudiandijual lagi seharga Rp 2500hingga Rp 3000.

    Karena mainan kecil danharganya murah, untungnyamemang Rp 1000 hingga Rp 2000,tapi omsetnya lumayan. Jika lagiramai, sehari bisa beromset Rp75 ribu hingga Rp 100 ribu,bebernya.

    Bisnis sama juga dilakoniYanto, warga Banjarmasin yangsaat ini berbisnis mainan diSamarinda, Kalimantan Timur(Kaltim). Menurutnya, janganmalu jika ingin menangkappeluang. Apalagi jika bertepatanmusimnya, satu jenis produkakan laku keras dan banyakanak mencarinya. Saat itulahbisnis mainan akan terasa indah.

    Meskipun mainan tidakmemiliki tanggal kedaluwarsa,tapi mainan juga memiliki trendan kita perlu waspada, karenadengan banyaknya barang yangsisa berarti ada uang yangtertahan dalam bentuk barang,ujar Yanto.

    Namun, lanjutnya, hal itu ma-sih bisa diatasi dengan programdiskon atau dijadikan sebagaihadiah untuk menyenangkanpelanggan. Jika sudah memilikikeuangan yang kuat, kita jugadapat menyimpan mainantersebut hingga trennya kem-bali naik, karena tren tersebuttidak dapat diprediksi.

    Yanto memulai bisnisnyadari jualan keliling sekolah, dankini sudah memiliki toko yangcukup memadai. Dipapar-kannya, saat naik kelasmenjadi kios atau toko mai-nan, seperti dirinya, hen-daknya tata tempat usaha itusemenarik mungkin sehing-ga anak-anak kerasan.

    Kalau mereka kerasandi toko kita, merekamempunyai kesempatanuntuk melihat dan me-nilai berbagai mainanyang ada dan membang-kitkan keinginan untukmemiliki, urainya.

    Buat juga sudut ber-main bagi anak-anak.Di sudut inilah berikankesempatan anak-anak mencoba mai-nan yang akan dibeli.

    Dengan cara ini, diharapkanomset jual mainan anak akanmeningkat, pungkasnya. (dea)

    Siswa SDsepulangsekolahmemilihmainanyangdisukainya.

    Sesuai Kantong PelangganHARIANSEMARANGEDUCATION.BLOGSPOT.COM

    Jadi yang dijual adalahmainan murah meriah

    yang terjangkaukantong mereka

    MAINANMURAHONLINE.COM

    SELALU DISUKA - Aneka mainan dibuat untuk mengisi indahnya masa anak-anak, dan sekarang satu di

    antara yang digandrungi adalah karakter tokoh animasi Angry Birds. Karena disuka anak-anak, bisnis

    mainan pun tak ada matinya, awet sepanjang masa. BERIT

    AFOT

    O.N

    ET

    YAYANG Warga Banjarbaru

    Senin: KarierKarierKarierKarierKarierSelasa: MasakMasakMasakMasakMasakRabu: MancingMancingMancingMancingMancingKamis: HobiHobiHobiHobiHobiJumat: LeisurLeisurLeisurLeisurLeisureeeeeSabtu: MasakMasakMasakMasakMasakMinggu: MancingMancingMancingMancingMancing

    1604/M3

  • METRO BANJAR z SENIN, 16 APRIL 20124

    METRO SPORT

    Kesempatan Jadi Karateka NasionalPARA jawara ajang

    Kejuaraan Lemkari se-Indonesia Danlanal Cup VI diGOR Hasanudin Banjarmasin,beberapa waktu yang lalu, kiniberkesempatan menjadikarateka nasional.

    Mereka yang berjumlah 16karateka Lemkari itu,dipromosikan untukmengikuti seleksi tingkatnasional yang dilakukan olehPengurus Besar LemkariPusat.

    Seleksi tersebutdimaksudkan sebagaipersiapan PB Lemkari Pusatuntuk mengikuti sebuahkejuaraan karate tingkatdunia.

    Atlet yang terpilih untukmengikuti seleksi akandipanggil ke Jakarta dalamwaktu dekat. Apabila merekalolos seleksi, maka akandiikutkan dalam kejuaraandunia.

    Ke-16 karateka yangnamanya diajukkan untukmengikuti seleksi tersebut,adalah para jawara dalam

    ajang Danlanal Cup VI diGOR Hasanudin, baik kategorikata maupun kumite.

    Para atlet yang diajukanLemkari Kalsel itu, jugadiseleksi langsung oleh PBLemkari. Saat Danlanal CupVI lalu, pemantauan kualitasatlet yang berpotensidilakukan langsung olehWillem Mantiri, pengurus PB

    Lemkari yang membidangiKomisi Kepelatihan.

    Mereka yang dipilihadalah yang memenuhikriteria standar nasional. Dan,mereka nanti kita seleksi lagidi Jakarta, ujar Willem.

    Dia menambahkan,kejuaraan dunia akandilaksanakan sekitar Junimendatang. Ada dua

    kejuaraan tingkat dunia padaJuni ini. Tempatnya diNorwegia dan Meksiko. Kitaakan mengikuti salahsatunya, terangnya.

    Sementara, Ketua MajelisSabuk Hitam Lemkari Kalsel,Arjudin SPd menyambutgembira atlet Kalselberkesempatan mengikutiseleksi tersebut.

    Mudah-mudahan atletdaerah kita bisa lolos seleksidan berlaga di tingkat dunia,katanya. Minggu (15/4) siang.

    Arjudin yakin atlet Kalselakan bisa mengikuti seleksitersebut dan lolos. Pasalnya,menurut dia atlet LemkariKalsel cukup andal.

    Atlet kita sangatberpotensi. Bahkan, sudahbanyak prestasi di tingkatnasional yang diraih,jelasnya.

    Selain itu, Arjudinmengatakan, ajang seleksinasional ini menjadikesempatan besar bagi atletKalsel untuk berlaga di kancahdunia. (ran)

    BPOST GROUP/FRANS

    Willem Mantiri

    KONI Kelola Stadion 17 Mei Diserahkan Pemprov Selasa

    Agustiar Batubara dankawan-kawan. Mereka tentutidak ingin dicap sebagai timjago kandang.

    Pada putaran pertamakita juga bisa memperolehpoin penuh di kandang lawan,masing-masing ketikamelawan Biak dengan skor 3-1, Perseru Serui (10) dan PSMojokerto Putra (3-2), kataSalahudin, pelatih BaritoPutera, kemarin (15/4).

    Dia pun berharap trendpositif itu, dapat diulangipada tur pertama putarankedua Divisi Utamayang dilaksanakan18 April melawanPSBK Blitar.Kemudian,dilanjutkan lawanPersekam Metro FC22 April dan PersidJember 26 April.

    Diakui Salahudin, untukmeraih poin di kandang ketigacalon Barito tersebut, memangsangat berat. Sebab, katapelatih Barito berkepalagundul ini, tiga tim tersebutsudah melakukan perubahanpemain.

    Mereka juga pasti tidakakan menyia-yiakan peluangmeraih poin di kandangsendiri, kata Salahudin.

    Dikatakan Salahudin, agarmeraih poin di kandanglawan, kemungkinan besarBarito akan membawa seluruhpasukannya, kecuali yangcedera seperti Ahmad ZahrulHuda, Sugeng Wahyudi.

    Kita tidak tahu lagiapalah Sackie Doe bisa tampilatau tidak nanti. Karenapergelangan telapak kaki

    kanannya ketikamembela Baritomelawan Perssin Sinjaikemarin masih sakit.Kita berharap SackieDoe cepat sembuh,

    kata Salahudin.Salahudin beralasan Barito

    lebih banyak membawapasukannya, di tiga lagatersebut karena jadualpertandingan timnya padat.

    Mereka seolah tidak adaistirahat. Tanggal 18 mengha-dapi PSBK Blitar, kemudiantanggal 22 melawan PersekamMetro FC, selanjutnya sebelumkembali ke Banjarmasinbermain melawan tuan rumahPersid Jember tanggal 26.Menyisiati hal itu Barito harusbutuh tenaga segar, kataSalahudin yang akan membe-rangkatkan pasukannya, Senin(16/4).

    Dia tetap optimisBarito Putera tampil dikandang lawan.Apalagi, Salahudintidak kuatir dengan

    rotasi yang dilakukannya,karena skill dan kemampuanpemain Barito hampir merata.

    Mantan pelatih PerseparPalangkaraya itu menambah-kan, agar bisa meraih poin, diafokus menekankan disiplinkepada pemain sektorpertahanan dan gelandang.Pemain juga ditekankan agarsiap mental dari tekananpemain lawan dan suportertim tuan rumah.

    Stoper Barito, Henru NjobiElad optimis Barito membawapulang poin dari tiga lagadilaksanakan Tim LaskarAntasari nanti.

    Semua tim bagi Njobisama, tidak ada yang perluditakutkan. Kita harus fokuspada pertandingan agar dapatpoin, kata stoper asalKamerun tersebut.

    Henry Njobi mengatakan,setiap tekanan baik itu pemainlawan dan suporter lawanmerupakan hal wajar dalamsepakbola. Kita harus fokusdan siap mental bertanding.Njobi yakin Barito akanmeraih poin nanti. Minimaldua poin, kata Henry Njobi.

    Dia yakin poin itu bisadidapat Barito ketika mela-wan Persekam Metro FC danPersid Jember. Dua tim itukualitasnya di bawah Barito.Tapi, untuk PSBK saya tidakberani memprediksi, kataNjobi yang menyumbang satugol ketiga melawan PersigoGorontalo. (buy)

    BARITOPutera

    Banjarmasinsukses meraihhatrik atau tigakali kemenanganberturut-turut dikandang sendiri,Stadion 17 Mei,pada lanjutan

    putaran keduaDivisi Utama Liga

    Indonesia.Tiga poin penuh

    yang diraih Tim LaskarAntasari itu, yakniketika menjamuPersepam MaduraUnited dengan skor 3-0,kemudian PersigoGorontalo 3-0 dan terakhirPerssin Sinjai 1-0, Sabtu

    (14/4) lalu.Sukses

    mendulangpoin penuh ditiga laga

    tersebut, menjaditantangan tersendiri bagi

    Agar bisa meraihpoin, pemainsektor pertahanandan gelandangharus disiplin.Pemain juga harussiap mental daritekanan lawandan suporter tuan

    rumahSALAHUDINPelatih Barito Putera

    Laga TLaga TLaga TLaga TLaga Tandang Baritoandang Baritoandang Baritoandang Baritoandang Barito 18 April melawan PSBK Blitar 22 April melawan Persekam Metro FC 26 April melawan Persid Jember

    Tidak Menyangka JuaraMUHAMMAD Zamroni terus mengucap

    alhamdulillah. Sebab, tak sia-sia dia datangajauh-jauh mewakili Kota Amuntai, KabupatenHSU, untuk mengikuti turnamen biliar keBanjarmasin.

    Pada Tournament Biliar Pemula PratamaHandicap Ball yang dihelat untuk memperinga-ti HUT ke-66 AURI dan dilaksanakan KingzPool itu, berhasil menjadi jawara.

    Pebiliar kelas dua MAN 1 Amuntaitersebut, sukses membawa pulang trofi HUTAURI 9-14 April 2012.

    Saya tidak menyangka bisa juara, katapebiliar masa depan Kalsel kelahiran Amuntai28 Oktober 1993 tersebut.

    Pebiliar binaan A2Pool Amuntai kaget,karena selama ini dia selalu kalah. Palingtinggi delapan besar karena saya selalu grogi,katanya.

    Roni demikian Muhammad Zamroni disapa,bisa juara pada turnamen tersebut karenaselalu dapat support dari pelatihnya, Masmu-rady.

    Tadinya saya sempat grogi karena lawanbagus-bagus di delapan besar dan semifinal.Tetapi karena terus disupport abang Yadi (diamenyebut Masmuriadi), semangat saya jadibertambah. Syukur alhamdulillah saya bisajuara, kata Roni yang mengaku berdomisili diBihmanvila RT 7 No 47 samping Pasar Amuntaitersebut.

    Pelatih Masmuriadi mengatakan, Ronipunya potensial jadi pebiliar besar. Hanya,penyumbang medali perak double 10 untukKalsel pada PON XVII Samarinda, Kaltim 2010tersebut, Roni harus lebih banyak jam terbangbertanding.

    Dia hanya kurang pengalaman bertanding.Baru dua kali pertandingan, dia bisa juara. Diaakan kita ikutkan pada kejuaraan apa saja diKalsel, guna menambah pengalamannya, kataMasmuriadi.(buy)

    BPOST GROUP/BURHANI YUNUS

    PUKUL - Komandan Lanud (Danlanud) Lelkol PnbMokhammad Mukhson memukul bola, saatpembukaan turnamen biliar, beberapa waktu lalu.

    KEINGINAN Pemerintah Provinsi Kalselagar KONI Kalsel mengelola sarana olahragamilik pemerintah, seperti GOR Hasanuddindan Stadion 17 Mei Banjarmasin tidak hanyaisapan jempol.

    Selasa (17/4) besok, pemerintah Kalseldalam hal ini Gubernur Kalsel Rudy Ariffinmelakukan penandatangan MoU, tentangpengelolaan GOR Hasanuddin Noor danStadion 17 Mei Banjarmasin.

    Ketua Bidang Hukum KONI Kalsel, HEdy Sukarno mengatakan,dari Pengprov Kalsel pematangan draftpengelolaan tersebut sudah ada, tinggalKONI Kalsel melihat bagaimana yang perludisempurnakan.

    Selasa (besok) merupakan lanjutanpertemuan Pemerintah Kalsel dengan KONIKalsel pada Kamis (12/4) lalu, kata H EdySukarno.

    Ditanya siapa nanti jadi pengelolaStadion 17 Mei termegah di Kalsel tersebut,H Edy Sukarno mengatakan, hal tersebutnanti disepakati pada pertemuan pengurusKONI Kalsel.

    Ketua Laskar Mania (Lasman) Banjar-masin, Jumansyah, mengatakan khususStadion 17 Mei Banjarmasin, Lasmanmenyambut baik dengan adanya penyerahanpengelolaan tersebut.

    Dia berharap, lapangan segera diperbai-ki, terlepas siapa pun pengelolanya. Karena,kondisi Stadion 17 Mei Banjarnasin, sudahcukup memprihatinkan. Terutama rumputdan atap stadion.

    Kalau Barito mau masuk ISL,maka lapangan kita harus

    ikut standar nasional.Apa saja

    kriteria-

    nya kita juga belum tahu, kata Jumansyah.Koordinator lapangan Barito Mania

    (Bartman), Normansyah menyatakanbersyukur atas niat baik pemerintah.Semoga, katanya, ini menjadi langkah awaldalam pengembangan dan pengelolaanstadion ke arah yang lebih baik lagi.

    Dalam artian tribun lebih diperba-nyak, rumput stadion digantidengan yang lebih bagus danberkualitas, serta jangan lupaada penerangan lampu,katanya.

    Pengamat sepakbola,Kalsel, Ibrahim,berharap KONI Kalselmenyerahkanpengelolaan Stadion17 Mei tersebut ketangan tenagaprofesional.

    Contohnya, diStadion Segiri Kaltim. Segiri sangatluar biasa bagusnya sekarang.Padahal sebelumnya StadionSegiri terletak di tengah kotaSamarinda tersebut kondisinyalebih parah dari Stadion 17 MeiBanjarmasin sekarang, kataIbrahim.

    Menurut dia, saat ini Stadion17 Mei ini hanya bisa digunakanuntuk laga final kompetisisepakbola seperti Divisi III, II.

    Padahal, kata warga JalanHandil Bakti tersebut, timkebanggaan banua, BaritoPutera, sebentar lagibertanding pada kastasepabola tertinggi Indone-sia, seperti Indonesia SuperLeaque (ISL). (buy)

    Juara HUT ke-66 AURI 2012Juara HUT ke-66 AURI 2012Juara HUT ke-66 AURI 2012Juara HUT ke-66 AURI 2012Juara HUT ke-66 AURI 20121. Muhammad Zajroni2. Faisal3. Herman4. Dedi

    Stadion 17 Mei BanjarmasinBANJARMASIN POST GROUP/MUKHTAR WAHID

    1604/M4

    Tak Ingin JagoKandang

  • Support Abda

    METRO LIGINAMETRO BANJAR z SENIN,16 APRIL 2012

    5AGENDA BOLA NASIONALAGENDA BOLA NASIONALAGENDA BOLA NASIONALAGENDA BOLA NASIONALAGENDA BOLA NASIONAL

    Hasil LagaHasil LagaHasil LagaHasil LagaHasil LagaMinggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)

    Pelita Jaya 4 vs Persegres 0Persib 2 vs Persiba 3

    Klasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen Sementara1. Sriwijaya FC 1812 3 3 40-16 392. Persipura 1911 6 2 34-20 393. Persiwa 1810 4 4 31-22 34

    4. (8) Persiba 19 8 5 6 31-34 295. Persela 19 7 7 5 30-24 286. (5) Persib 19 8 4 7 24-28 287. Persija 17 7 6 4 27-13 278. Mitra Kukar 17 8 3 6 31-24 279. (9) Pelita Jaya 19 8 3 8 38-31 27

    10. Persisam 17 6 4 7 22-21 2211. PSMS 18 5 7 6 23-24 2212. Persidafon 18 6 4 8 29-41 2213. PSPS 18 6 3 9 26-29 2114. (14) Persegres 19 6 211 22-38 2015. PSAP 17 4 6 7 18-25 1816. Persiram 18 4 5 9 22-35 1717. Deltras 18 4 311 17-27 1518. Arema Ind 18 3 510 19-31 14

    TTTTTop Skorop Skorop Skorop Skorop Skorererererer1515151515 GolGolGolGolGol Keith Kayamba Gumbs (Sriwijaya FC)1212121212 GolGolGolGolGol Mohd Safee Sali (Pelita Jaya)1111111111 GolGolGolGolGol Hilton Thon Mauro Moreira (Sriwijaya FC)

    Bambang Pamungkas (Persija)1010101010 GolGolGolGolGol Christian Gonzales (Persisam)

    Mario Alejandro Costas (Persela)Alberto Goncalvez (Peripura)Herman Dzumafo Epandi (PSPS)

    Hasil LagaHasil LagaHasil LagaHasil LagaHasil LagaMinggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)

    Persiraja 2 vs Persiba 1PSM 2 vs Persibo 1

    Klasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen Sementara1. Semen Padang 13 6 6 1 23-12 24

    2. (4) PSM 13 6 4 3 20-18 223. (2) Persibo 13 6 2 5 17-14 204. Persebaya 12 6 1 5 15-12 195. (5) Persiba 12 5 3 4 14-11 186. (8) Persiraja 13 4 5 4 16-18 177. Persema 11 5 2 4 16-17 178. Persija 12 3 5 4 17-17 149. Persijap 12 3 4 5 10-18 13

    10. Arema 10 3 3 4 16-14 1211. Bontang FC 11 2 4 5 10-14 1012. PSMS 12 2 3 7 12-20 9

    TTTTTop Skorop Skorop Skorop Skorop Skor8 Gol Edward Wilson Junior (Semen Padang)7 Gol M Nur Iskandar (Persibo)

    Emile Bertrand Mbamba (Persema)Ferdinand A Sinaga(Semen Padang)

    Jadwal LagaJadwal LagaJadwal LagaJadwal LagaJadwal LagaSenin (16/4)Senin (16/4)Senin (16/4)Senin (16/4)Senin (16/4)

    PSIM vs Persitema(live antv pukul 16.25 Wita)

    Divisi Utama Grup IDivisi Utama Grup IDivisi Utama Grup IDivisi Utama Grup IDivisi Utama Grup IKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen Sementara

    1. PSIM 13 8 4 1 20-8 282. Persebaya 13 8 1 4 18-10 253. Persiku 12 5 6 1 17-11 214. Persita 11 6 3 2 12-6 215. Persip 12 5 2 5 17-14 176. Persitara 11 5 2 4 20-15 177. Persis 12 3 4 5 12-19 138. Persih 11 3 3 5 10-11 129. PS Bengkulu 11 3 3 5 7-13 12

    10. Persitema 12 3 0 9 8-20 911. PSGL 10 0 2 8 9-23 2

    TTTTTop Skorop Skorop Skorop Skorop Skor77777 GolGolGolGolGol Emile Lingkers (PSIM)

    Michel de Souza (Persitara)55555 GolGolGolGolGol Nuroyo (Persip Pekalongan)

    Agus Santiko (Persiku)

    Jadwal LagaJadwal LagaJadwal LagaJadwal LagaJadwal LagaHasil LagaHasil LagaHasil LagaHasil LagaHasil Laga

    Minggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)Minggu (15/4)PSMP Mojokerto Ptr vs Persid Jember

    Divisi Utama Grup IIDivisi Utama Grup IIDivisi Utama Grup IIDivisi Utama Grup IIDivisi Utama Grup IIKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen Sementara

    1. Barito Putera 13 9 2 2 28-10 292. Sumbawa Barat 11 6 4 1 14-6 223. Persepam MU 12 5 4 3 15-13 194. PSBK Blitar 11 5 2 4 13-12 175. Perseru Serui 11 4 3 4 9-7 156. PSBS Biak 11 3 5 3 12-13 147. Persigo 13 4 2 7 13-26 148. Persid Jember 11 4 1 6 10-12 139. Persekam Metro 11 3 2 6 14-16 11

    10. Perssin Sinjai 11 2 4 5 13-20 1011. PSMP 11 2 3 6 7-13 9

    TTTTTop Scorop Scorop Scorop Scorop Scorererererer1313131313 GolGolGolGolGol Sackie Doe (Barito)

    99999 GolGolGolGolGol Saddam Husain (Sumbawa)

    PSIM Yogyakartamelangkah pasti, hinggamenjalani 13 partai DivisiUtama Liga Indonesia.Sebagai pemuncak klase-men sementara Grup I, timLaskar Mataram initampaknya tidak bakalkesulitan saat menjamuPersitema Temanggung.

    Pada laga melawanPersitema di StadionMandala Krida, Senin (16/4) sore ini, PSIM memangsedang dihantui cederapemain andalannya.

    Gelandang sayap kananasal Belanda, LorenzoRimkus dan pemainbertahan Joni Sukirto,diperkirakan absenlantaran dibekap cedera.Yang menyedihkan, sepertidiutarakan pelatih fisikPSIM, Lorenzo Rimkuspaling tidak akan diistira-hatkan selama sebulan.

    Meski demikian, itu takmembuat pelatih PSIMHanafing khawatir. Diajustru masih berharapkedua pemain itu bisaditurunkan. Terutamayang saya harapkan adalah[Lorenzo] Rimkus,ujarnya Minggu (15/4).

    Menurutnya, peranRimkus cukup penting.Hanafing meyakini pemaintersebut memiliki skill dankecepatan untuk meno-pang serangan PSIM.

    Cedera otot paha kananyang dialami Rimkus,membuat permainannyaterlihat tidak maksimal.Bahkan pada pertandinganterakhir PSIM menghadapiPersip Pekalongan, Kamislalu (12/4) di StadionMandala Krida, Rimkushanya bermain selama 45menit.

    Untuk mengantisipasi

    LIVE

    Sabtu (16/4)Pukul 16.30 Wita

    Head to headHead to headHead to headHead to headHead to head00000Head to HeadHead to HeadHead to HeadHead to HeadHead to Head

    6/3/12 Persitema 0 - PSIM 1 Divisi Utama

    Empat Laga TEmpat Laga TEmpat Laga TEmpat Laga TEmpat Laga TerakhirerakhirerakhirerakhirerakhirPSIM YPSIM YPSIM YPSIM YPSIM Yogyakarogyakarogyakarogyakarogyakartatatatata

    12/4/12 PSIM 3 - Persip 0 Divisi Utama4/4/12 Persis 0 - PSIM 0 Divisi Utama31/3/12 Persiku 2 - PSIM 0 Divisi Utama16//12 PSIM 2 - Persis 0 Divisi Utama

    Persitema TPersitema TPersitema TPersitema TPersitema Temanggungemanggungemanggungemanggungemanggung12/4/12 Persebaya 1 - Persitema 0 Divisi Utama2/4/12 Persitema 1 - Persip 0 Divisi Utama11/3/12 Persip 3 - Persitema 1 Divisi Utama6/3/12 Persitema 0 - PSIM 1 Divisi Utama

    Satrio KagetDipanggil PSSI

    7 Pemain PSM Seleksi Timnas

    kemungkinan terburuk,Hanafing telah menyiap-kan pengganti Rimkus. MRomli bakal dipasang disayap kanan jika Rimkusterpaksa absen.

    Bermodal kemena-nangan telak 3-0 atastamunya Persip Peka-longan, beberapa hari lalu,Hanafing yakin Abda Alidan kawan-kawan kembaliakan menuai sukses.

    Gelandang Abda Alidiharapkan tampil baikuntuk mensupport EmileLinkers, yang menjaditarget man PSIM.Pencetak golterbanyakdigrupI ini,kinibertekatmenambah koleksigolnya.

    Secara jujur, PSIMmemang masih lebih baikdibanding Persitema yangkini menduduki peringkat10 klasemen sementara.Catatan buruk juga terusmenemani tim asal KotaTemanggung ini.

    Namun, PersitemaTemanggung kini menda-patkan tambahan kekuatanseiring bergabungnyadefender asing, CarterBakrie.

    Kepastian berga-bungnya Carter Bakrie ditim Persitema menambahdaftar pemain asing yangsebelumnya juga ikutbergabung. Yakni AntoniJomah Ballah sebagaipemain tengah dan NtoloArsene Aime pemainsebagai pemain depan.

    Manajer PersitemaTemanggung, Yunianto,sedikit lega dengan

    bergabungnya CarterBakrie. Dia telah mengikutilatihan bersama tim.Namun, Carter sih me-nunggu hasil verifikasi PTLiga Indonesia untuk dapatditurunkan pada lagaresmi.

    Kami telahmendapat kepastianizin, namun saat inimasih menyelesaikansoal administrasi saja,ujar Yuniato.

    Dengan bergabungnyaCarter, paling tidak linibelakang Persitema yangdinilai sangat rapuh, akansedikit terbantu.

    Menghadapi PSIM,diharapkan Carter bisabahu membahu denganrekannya guna mengha-dapi gempuran EmileLinkers dan Abda Ali.Target Persitema jugatak muluk-muluk dikandang PSIM. Hasilseri atau satu poin,sudah cukup memuas-kan bagi Temanggung.(bln/ant/mhd) Abda Ali

    ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY

    Menangis Tinggalkan Tim

    Satrio Syam

    POTENSI pemain PSM Makassarsudah tidak diragukan lagi. Ituterbukti dengan dipanggilnya tujuhpemain PSM Makassar untukmengikuti seleksi timnas.

    Lima pemain akan mengikutiseleksi timnas U-23 sebagai persia-pan menuju SEA Games 2013 diMyanmar. Mereka adalah AdityaPutra Dewa, Rasul Zainuddin,Muhammad Azwar, Rasyid AssahidBakri, dan Kurniawan Karman.

    Sementara dua lagi dipanggiluntuk seleksi timnas senior, yaitugelandang Syamsul Chaeruddindan bek Satrio Syam. Keduanyadiseleksi untuk mengiuti turnamen

    AL-Nakbah International pada 13-24 Mei di Palestina. Selain itu, jugapersiapan laga persahabatanmelawan Inter Milan di Jakarta.

    Jika Syamsul sudah pernahberkostum timnas, Satrio malahbaru pertama kali ini dipanggilmengikuti seleksi timnas. Maka-nya, pemain yang akrab disapa Rioitu mengaku kaget sekaligusbersyukur dengan pemanggilantersebut.

    Maklum saja, mantan pung-gawa Persebaya Surabaya inisudah lama memendam harapan-nya menanti panggilan negara.Kini, peluang masuk tim Garuda

    terbuka lebar. Rio pun akantampil sebaik-baiknyauntuk membuktikankepercayaan itu.

    Mudah-mudahan sayabisa berbuat banyak buattimnas Indonesia. Sayasangat kaget bercampurbahagia mendapat pang-gilan, walau baru tahu lewatberita di internet dan grupblackberry messenger,kata Satrio.

    Awalnya saya tidakyakin dengan kabartersebut. Tapi, setelah adapenyampaian dari manaje-men, barulah saya percayadipanggil timnas, lanjutnya.

    PSSI mengeluarkan suratpemanggilan dengannomor: 1335/AGB/358/IV-2012 tertanggal 12 April2012. Selain menyebutkannama-nama pemain yangdipanggil ikut seleksi, jugadikatakan bahwa timnassenior akan mengadakanpelatnas di Hotel EdelweissYogyakarta, 16 April-11Mei. (bln)

    LAGA Semen Padang FCmelawan Persebaya di Sta-dion Agus Salim, Padang,Sabtu (14/4), menjadi mo-men spesial bagi Nil Maizar.Sebab, itu menjadi kesem-patan terakhirnya mendam-pingi Kabau Sirah --julukanSemen Padang FC-- sebe-lum naik pangkat menjadipelatih Timnas Senior.

    Karenany itu, pelatihyang hobi membaca ini ter-lihat emosional ketika men-yampaikan kata perpisahan.

    Terima kasih kepadawarga Padang yang selalumendukung kami hingga timini berada di papan atas kla-semen IPL, kata Nil menga-wali sambutannya. Denganberurai air mata Nil menam-bahkan bahwa berkat duku-

    ngan warga Padang-lahdirinya bisa terpilihmenjadi arsitek timnas.

    Saya sangat terhormatbisa menjadi pelatih SemenPadang selama ini. Sayamenjadi pelatih timnas ju-ga karena dukungan wargaPadang dan tim Semen Pa-dang, tutur pria kelahiranPayakumbuh, SumateraBarat, 2 Januari 1970 ini.

    Nil seolah berat me-ninggalkan tim yang ber-peran besar terhadap per-kembangan karirnya itu,baik sebagai pelatih mau-pun sebagai pemain.

    Insya Allah saya akankembali lagi ke Padang.Selamat tinggal warga Pa-dang terima kasihsekali lagiatas dukungannya kepada

    saya, urai Nil. Usai mengu-capkan kata-kata perpisa-han, Nil kemudian menge-lilingi lapangan bersama pa-ra pemain Semen Padang.

    Sekitar 15 ribu suporterSemen Padang yang mema-dati stadion tak henti me-ngelu-elukan namanya. Nilpun membalasnya denganlambaian tangan sambilmembentangkan syal Se-men Padang. Kapten timSemen Padang Elie Aiboymemberikan dukungan pe-nuh kepada Nil yang akanberkiprah di timnas.

    Saya rasa coach Nil pan-tas menjadi pelatih timnas.Sebab dia adalah mengertidan sanggup membawapemain dalam suasanakondusif, terang Elie . (ipl)

    PSIM VS PERSITAMA

    NET

    1604/M5

  • Player to Watch: Carlos Tevez

    Data Data Data Data Data DiriDiriDiriDiriDiriNamaNamaNamaNamaNama: Carlos Tevez

    PanggilanPanggilanPanggilanPanggilanPanggilan: Carlitos

    LahirLahirLahirLahirLahir: Buenos Aires, 5

    Februari 1984

    TinggiTinggiTinggiTinggiTinggi:170 cm.

    BeratBeratBeratBeratBerat:72 Kg.

    PosisiPosisiPosisiPosisiPosisi: Striker

    Nomor PunggungNomor PunggungNomor PunggungNomor PunggungNomor Punggung: 32

    Hattrick Penebus DosaCARLOS CARLOS CARLOS CARLOS CARLOS Tevez lambat laun kembalimenemukan jati dirinya sebagai penyeranghebat. Setelah melewati masa-masa kelamakibat pertentangan dengan pelatih RobertoMancini, Tevez kini kembali jadi pahlawan buatThe Citezens.

    Penyerang asal Argentina itu mencetakhattrick buat City pada laga melawan Norwich,Minggu (15/4). Tiga gol itu jadi bukti bahwaCarlitos belum habis sekaligus jadi jawabanbahwa dia masih sangat dibutuhkan Cityuntuk memberi prestasi.

    Berkat tiga gol tersebut, The Citizen berpestagol dengan kemenangan 6-1 sekaligus memberitekanan kepada Manchester United yang saatini jadi tim paling berpeluang untuk menjuarai

    Liga Primer Inggris.Tergambar aura kebahagiaan dari muka

    Tevez setiap kali dia menceploskan bola kegawang City. Selebrasi yang dilakukannya jugaselalu unik. Selebrasi gol ketiganya sepertipemain golf yang memukul bola ke arahpenonton. Mungkin gol itu dipersembahkankepada fans City.

    Kembalinya Carlitos langsung mendapatrespons positif dari Mancini yang sebelumnyabersitegang dengan Tevez dalam kurun waktusetengah musim lebih.

    Tevez meningkat dalan dua pekan terakhir.Dia bermain 60 menit melawan West Brom,kemudian 80 menit hari ini. Dia lebih baguskini, kami tak bersamanya selama lima bulan.Mungkin jika dia terus bersama, kami akanmencetak lebih banyak gol lagi, kata Mancinidilansir mcfc.co.uk.

    Pelatih asal Italia itu juga mulaimemaklumi apa yang telah terjadi antaradirinya dengan Tevez. Kini mantan pelatihInter Milan itusudah memaafkanulah Tevez yangdianggapnyamembangkangpada saat Citymelawan BayernMunich diChampions lalu.(Tribunnews.com/(Tribunnews.com/(Tribunnews.com/(Tribunnews.com/(Tribunnews.com/cen)cen)cen)cen)cen)

    VS 2 BARCELONA2 BARCELONA2 BARCELONA2 BARCELONA2 BARCELONALEVLEVLEVLEVLEVANTE 1ANTE 1ANTE 1ANTE 1ANTE 1

    AFP/ JOSE JORDAN

    DIKEPUNG- Penyerang Barcelona, Lionel Messi (tengah) dikepung tiga pemain Levante saat lanjutan La Liga di Stadion Ciutat deValencia. Messi mencetak dua gol untuk membawa Barca menang 2-1.

    Susunan pemainLevanteLevanteLevanteLevanteLevante: Munua; Pedro Lopez,

    Ballesteros, Cabral, Juanfran; Xavi

    Torres, Iborra; Valdo, Barkero,

    Botelho (Ghezzal 79')

    BarcelonaBarcelonaBarcelonaBarcelonaBarcelona: Valdes; Puyol,

    Mascherano, Adriano; Busquets,

    Thiago, Xavi (Cuenca 45'), Fabregas;

    Pedro (Iniesta 54'), Messi, Alexis

    (Dani Alves 75')

    Terkesan denganSuporter Inggris

    Messi Bertabur RekorLIONEL Messi bertabur rekorketika mencetak dua gol untukkemenangan Barcelona 2-1atas Levante dalam lanjutanLa Liga di Ciutat de Valencia(15/4). Dua gol itumembuatnya menyetaraiprestasi striker asal Brasil,Ronaldo de Lima, yangmampu mencetak 10 golberturut-turut dalam semusimdi Liga Spanyol.

    Ronaldo mengukir prestasiitu ketika bermain di Barcelonapada musim 1996/1997.Mengingat Liga Spanyolmasih menyisakan lima lagalagi, peluang Messi menyalipRonaldo terbuka lebar.

    Rekor lain dari si Kutuadalah, ia bisa melewati rekorgol terbanyak satu musimyang dipegang CristianoRonaldo dengan 40 gol padamusim 2010/2011 lalu. Kini,ia bersaing dengan Ronaldoyang sama-samamembukukan 41 gol musimini.

    Dua gol kemarin itu jugamembuatnya kini mengoleksi201 gol selama empat musimditangani Pep Guardiola ataurata-rata 0,96 gol per laga.Sebelumnya, saat Barcaditukangi Frank Rijkaard pada2004, ia mencetak 42 gol dari110 pertandingan resmi atau0,38 gol per laganya.

    Dengan total 243 gol, Messi

    menjadi topskorer sepanjangmasa Azulgrana, menggeserCesar Rodriguez yang punya234 gol.

    Toh, statistik itu bukanfokus utama si Kutu. Iahanya peduli padakemenangan timnya agar bisaterus menempel Real Madrid.Di pertandingan sebelumnya,Real Madrid menggilasSporting Gijon 3-1 lewat golHiguain, Cristiano Ronaldo,dan Karim Benzema.

    Madrid kini masihmemimpin pemuncakklasemen sementara La Ligadengan 85 poin dikuntit Barca81 poin. Persaingan pun akankian ketat kala kedua timbertemu di El Clasico pekandepan..

    Ini partai yang sangatsulit. Levante tampil luarbiasa. Untungnya kita bisamenang hingga bisa terusmenempel Real Madrid. Kitaharus terus meneruskantradisi menang seperti iniujar Messi di situs klub.

    Levante terbukti memangsulit ditaklukkan. Pasukanasuhan Juan Ignacio Martnezmembuat kejutan ketikamampu unggul lebih dulu dimenit 23. Diawali handsballSergio Busquets di kotakpenalti, wasit menunjuk titikputih yang dieksekusisempurna oleh Jose Mari

    Barkero.Tertinggal satu gol, Barca

    terus menekan. namunrapatnya benteng pertahanantuan rumah membuat Messidkk sulit menciptakan gol.

    Kebuntuan akhirnyadipecahkan oleh Messi. SiKutu tampil sebagai pencetakgol Barca ketika di menit 64sebuah sepakan kaki kiri kepojok kanan gawang takmampu dijangkau Munuadan gol ini menuntaskankerjasama satu-duanyadengan Alexis.

    Enam menit setelahnya

    Barca berbalik unggul setelahwasit menghadiahi penaltimenyusul dijatuhkannyaIsaac Cuenca di kotak penalti.Messi mengonversinya jadi golsekaligus menambah pundigolnya menjadi 41 musim ini.(Tribunnews/den)

    SETELAH SETELAH SETELAH SETELAH SETELAH memastikankemenangan berturut-turutBarcelona di ajang La Liga,Lionel Messi mengajak rekan-rekannya segera bersiap untukmisi selanjutnya: menggempurChelsea di Stamford Bridgepada semifinal Piala Champi-ons tengah pekan ini.

    Sekarang saatnya berpikirtentang Chelsea. Ini partaisangat penting, dan pastinyajauh lebih berat ketimbangmelawan Levante, ujar Messidi situs klub.

    Messi mengaku, ia penontonsetia Premier League. Saya

    sangat mengagumi sepakbolaInggris. Liga mereka sangatkompetitif. Permainan merekasangat cepat. Mereka bermaindengan hati, semangat dandeterminasi yang tinggi, kataMessi seperti dilansir The Sun.

    Pemain berusia 24 tahun inijuga memuji para suporterPremier League yang terkenaldengan loyalitas mereka. Parasuporter selalu antusias danbergairah ketika menonton timfavorit mereka. Saya tahu daripengalaman saya bermainmelawan klub Inggris, ujarnya.(den)(den)(den)(den)(den)

    VS SEVILLASEVILLASEVILLASEVILLASEVILLAGETGETGETGETGETAFEAFEAFEAFEAFE

    L I V EL I V EL I V EL I V EL I V E ONONONONON

    Selasa (17/4)Selasa (17/4)Selasa (17/4)Selasa (17/4)Selasa (17/4)Pukul 02.00 WIB

    Serie A akan Berlakukan Tes Jantung Pemain Morosini Tewas di LapanganSEPAK bola dunia kembaliberduka. Penyakit jantungseolah menjadi monster yangkian menakutkan bagi paraatlet di lapangan hijau. Jikagelandang Bolton Wanderers,Fabrice Muamba masih bisadiselamatkan nyawanyaketika collaps saat melawanTottenham Hotspur empatpekan lalu, nasib lebihmengenaskan menimpagelandang Livorno, PiermarioMorosini.

    Gelandang 25 tahunpinjaman dari Udinese inimeregang nyawa di lapangansetelah terkena seranganjantung saat memperkuattimnya melawan Pescaradalam lanjutan Serie B Italia,Sabtu (14/4).

    Masuk menit 30, Morosinisecara tiba-tiba terjatuh danberusaha bangkit sebanyaktiga kali sebelum akhirnya

    terkulai lemah. Pertolongancoba diberikan, namunnyawanya tidak tertolong.

    Morosini sempat dibawa kerumah sakit. Namun, menurutdokter yang menangani,Morosini telah meninggalsebelum ambulansmengangkutnya.

    Kabut duka punmenyelimuti serie A. AsosiasiSepakbola Italia (FIGC)menunda seluruh laga Serie A,Serie B, dan Lega Pro akhirpekan ini. Penundaan iniuntuk menghormati kematiantragis tersebut.

    Morosini yang mantangelandang timnas Italia U-19ini menjalani hidup yangmenyedihkan lantaranditinggalkan orang-orang yangdicintai. Ia menjadi yatim piatusejak usianya belasan tahun.Ibunya meninggal pada 2001saat ia berusia 15 tahun. Dua

    tahun berselang, ayahnyameninggal dunia. Tidak hanyaitu, adiknya juga belum lamaini meninggal dengan carabunuh diri.

    Takdir membawanyauntuk bertemu kembalidengan keluarganya. Satu-satunya hal positif yang bisasaya pikirkan adalah bahwadia sekarang mungkin telahbahagia berada bersamakeluarganya lagi, katamantan pelatihnya, SerseCosmi, seperti dilansir FootballItalia (15/4).

    Kematian Morosinimembuat Presiden AsosiasiPemain Sepakbola Italia (AIC),Damiano Tommasi.berencanauntuk mendiskusikanmengenai tes jantung pemain.

    Kami berencana segeramengadakan pertemuanuntuk mendiskusikan tragediini dan masalah terkait

    jaminan keselamatanpemain, tuturnya.

    Sebelumnya, kalanganmedis Italia mendesak teskesehatan jantungpesepakbola harus diperketat.

    Kematian Morossini, 25tahun, menambah daftarpanjang pesepakbolaprofesional yang meninggalakibat serangan jantung saatatau setelah bermain bola.

    Salah satu yang masih segardi ingatan adalah tewasnyapemain InternasionalKamerun Marc Vivien Foe,yang mendadak jatuh saatberlaga di semi final Confed-erations Cup melawanColombia pada 2003. Foemeninggal di Rumah Sakit.

    Tragedi serupa juga dialamidua pemain Spanyol, AntonioPuerta (Sevilla) pada 2007 danDani Jarque (Espanyol), 2009.(Tribunnews)

    Kejar Target

    FOTO-FOTO: AP, AFP

    TRAGEDI MOROSINI- Para pemain Livorno, dan Pescara histeris setelah gelandang Livorno, Piermario Morosini tak sadarkan diri, dan kemudian meregang nyawa diStadion Pescara Adriatico (14/4) (Foto 1). Tampak pemain Udinese, Antonio di Natale yang sangat terpukul saat menerima kabar duka tersebut (Foto 2). Jauh di Kanada,para pemain Toronto Fc dan Chivas USA mengheningkan cipta sebelum bertanding untuk menghormati almarhum (foto 3).

    SEVILLA menargetkan tigakemenangan sejak kekalahandari Athletic Bilbaoakhir pekan lalu.Target pertamasudah mereka penuhidengan memenangilaga melawan RealZaragoza tengahpekan lalu. Pada lagaitu, Sevilla menangdengan skor telak 3-0.

    Tengah pekan ini Sevillaakan kembali berusahamemenuhi target keduamereka meraih poin penuh dikandang Getafe, StadionColiseum Alfonso Perez,dalam laga lanjutan LigaPrimera Spanyol, Selasa (17/4)dini hari.

    Jika kami mampumemenangi dua pertandingansetelah ini maka situasi akanberubah. Kami menang atasZaragoza dan kini harusmemenuhi target selanjutnyameraih poin penuh di Gatafesebelum melawan Levante,kata Gelandang Sevilla, PiotrTrochowski dilansir7Msports.com, Minggu (15/4).

    Kemenangan kini hargamati buat Sevilla untukmewujudkan ambisimengakhiri kompetisi dengantiket Liga Champions digenggaman. Dibutuhkankerja keras untukmewujudkan itu sebab Sevillasaat ini masih berada diurutan tujuh klasemenberselisih lima poin dariMalaga yang ada di posisi

    empat.Saya berada disini untuk

    meraih sukses bersamaSevilla danmemenangkan trofi.Saya ingin bermain diLiga Champions tapikini kami harusmemikirkanpertandinganselanjutnya. Kamiharus sabar dan bekerja

    keras, kata Trochowski.Sevilla kemungkinan besar

    masih takkan diperkuatpenyerang berusia 34 tahunFrederic Kanoute yang masihberkutat dengan cederahamstring. Pemain lain yangdiragukan tampil adalahDiego Perotti, Jose Reyes,Tiberio Guarente dan Calajuga karena cedera.

    Di sisi lain Getafe inginmemperbaiki diri setelahkekalahan telak 4-0 dariBarcelona di pertandinganterakhir. Kekalahan itumembuat Getafe berada diurutan 11 klasemen La Liga.Tentu mereka tak inginkehilangan poin lagi untuktetap survive sebagai timpapan tengah.(Tribunnews.com/cen)

    Prakiraan PemainGetafe (4-2-3-1)Getafe (4-2-3-1)Getafe (4-2-3-1)Getafe (4-2-3-1)Getafe (4-2-3-1):Moya; Valera,

    Diaz, Alexis, Torres; Michel, Lacen;

    Rios, Barrada, Gavilan; Miku

    PelatihPelatihPelatihPelatihPelatih: Luis Garcia

    Sevilla (4-4-2)Sevilla (4-4-2)Sevilla (4-4-2)Sevilla (4-4-2)Sevilla (4-4-2): Palop: Escude,

    Navarro, Fazio, Coke; Luna,

    Trochowski,Navas, Medel; Manu,

    Negredo.

    PelatihPelatihPelatihPelatihPelatih: Michel

    1 2

    3

    Diundur

    SepekanMENGHORMAMENGHORMAMENGHORMAMENGHORMAMENGHORMATI TI TI TI TI kematian tragisPiermario Morosini, pihakAsosiasi Sepakbola Italia (FIGC)menggelar pekan sunyi sepakbola di Serie A, Serie B, danLega Pro. Khusus serie A , FIGC

    memindahkan jadwal lagapekan ke-33 yang sedianyaberlangsung akhir pekankemarin ke akhir pekan depanpada 21 dan 22 April. Langkahini berarti menggeserpertandingan pekan ini selama 7hari ke depan.

    Dengan demikian, akan adalaga tengah pekan pada Rabu25 April. Pekan ke-34 yangseharusnya dimainkan akhirpekan nanti digeser kepertengahan pekan.

    Alternatif lainnya, laga pekanke-34 tetap digelar sepertijadwal biasa. Sementara itu, lagapekan ke-33 akan digelar pada25 April 2012. (Tribunnews)(Tribunnews)(Tribunnews)(Tribunnews)(Tribunnews)

    METRO BANJAR SENIN, 16 APRIL 2012 6METRO SOCCER

    Data&Fakta

    Hasil PertandinganHasil PertandinganHasil PertandinganHasil PertandinganHasil Pertandingan

    Sabtu (14/4) & Minggu (15/4)

    SEMI FINAL FA CUPSEMI FINAL FA CUPSEMI FINAL FA CUPSEMI FINAL FA CUPSEMI FINAL FA CUP

    Liverpool 2-1 Everton (L Suarez, A Carroll

    87;24 N Jelavic)

    PREMIER LEAGUEPREMIER LEAGUEPREMIER LEAGUEPREMIER LEAGUEPREMIER LEAGUE

    Norwich 1-6 Manchester City (Andrew

    Surman 51; Carlos Tevez 18', Sergio

    Aguero 27', Carlos Tevez 72', Sergio

    Aguero 74', Carlos Tevez 80', Adam

    Johnson 92)

    Swansea 3-0 Blackburn (G. Sigurdsson

    37' , N. Dyer 43', S. Dann 63 b.d),

    Sunderland 0-0 Wolverhampton

    West Bromwich 1-0 QPR (G Dorrans 22)

    Klasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen Sementara

    1 Man U 33 25 4 4 78-28 79

    2 Man City 34 24 5 5 85-27 77

    3 Arsenal 33 20 4 9 66-41 64

    4 Tottenham 33 17 8 8 57-38 59

    5 Newcastle 33 17 8 8 50-42 59

    6 Chelsea 33 16 9 8 56-38 57

    7 Everton 33 13 8 12 38-34 47

    8 Liverpool 33 12 10 11 40-36 46

    9 Sunderland 34 11 10 13 42-41 43

    10 Fulham 33 11 10 12 43-43 43

    11 Norwich 34 11 10 13 47-58 43

    12 Swansea 34 11 9 14 38-44 42

    13 Brom 34 12 6 16 40-47 42

    14 Stoke 33 11 9 13 32-45 42

    15 Aston Villa 32 7 14 11 35-45 35

    17 QPR 34 8 7 19 38-57 31

    19 Wigan 33 7 10 16 31-57 31

    16 Bolton 32 9 2 21 36-65 29

    18 Blackburn 34 7 7 20 45-73 28

    20 Wolve 34 5 8 21 34-73 23

    TTTTTop Skop Skop Skop Skop Skororororor

    27 Robin van Persie (Arsenal)

    22 Wayne Rooney (Manchester United)

    21 Sergio Aguero (Manchester City)

    LA LIGALA LIGALA LIGALA LIGALA LIGA

    Levante 1-2 Barcelona (Jose

    Barkero,pen 23; Lionel Messi 63, (pen)

    72)

    Real Madrid 3-1 Sporting Gijon (Gonzalo

    Higuain 37', Cristiano Ronaldo 73',

    Karim Benzema 82; Miguel de las

    Cuevas (pen) 30')

    Klasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen SementaraKlasemen Sementara

    1 Madrid 33 27 4 2 107-29 85

    2 Barcelona 33 25 6 2 96-24 81

    3 Valencia 32 14 10 8 50-38 52

    4 Malaga 32 15 5 12 48-45 50

    5 Levante 33 14 6 13 47-46 48

    6 Osasuna 32 11 13 8 37-52 46

    7 Sevillla 32 12 9 11 39-33 45

    8 Bilbao 32 10 12 10 47-44 42

    9 Atl Madrid 32 11 9 12 43-41 42

    10 Espanyol 32 11 9 12 39-43 42

    11 Getafe 32 11 9 12 33-43 42

    12 Mallorca 32 10 10 12 35-39 40

    13 Vallecano 32 12 4 16 49-58 40

    14Betis 32 11 6 14 39-45 38

    15Sociedad 32 11 7 14 39-48 38

    16 Granada 32 10 6 16 30-48 36

    17 Villarreal 32 8 11 13 34-45 35

    18Gijon 33 7 7 19 33-63 28

    19Zaragoza 32 7 7 18 28-59 28

    20 Santander 32 4 13 15 23-48 25

    TTTTTop Skop Skop Skop Skop Skororororor

    41 Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

    41 Lionel Messi (Barcelona)

    21 Radamel Falcao Garcia (Atletico

    Madrid)

    Serie ASerie ASerie ASerie ASerie A

    Milan vs Genoa *

    Udinese vs Inter *

    * Ditunda

    Klasemen sementaraKlasemen sementaraKlasemen sementaraKlasemen sementaraKlasemen sementara

    1 Juventus 32 18 14 0 52-18 68

    2 AC Milan 32 20 7 5 62-26 67

    3 Lazio 32 16 6 10 48-40 54

    4 Udinese 32 14 9 9 44-32 51

    5 AS Roma 32 15 5 12 52-42 50

    6 Napoli 32 12 12 8 56-41 48

    7 Inter 32 14 6 12 47-45 48

    8 Catania 32 10 13 9 42-43 43

    9 Chievo 32 11 9 12 30-40 42

    10 Atalanta 32 11 13 8 37-33 40

    11 Palermo 32 11 7 14 44-49 40

    12 Bologna 32 10 10 12 33-38 40

    13 Siena 32 10 9 13 37-34 39

    14 Cagliari 32 9 11 12 33-39 38

    15 Parma 32 9 11 12 41-50 38

    16 Fiorentina 32 9 10 13 32-38 37

    17 Genoa 32 9 9 14 43-58 36

    18 Lecce 32 8 10 14 37-48 34

    19 Novara 32 5 10 16 27-54 25

    20 Cesena 32 4 9 19 19-48 21

    TTTTTop Skop Skop Skop Skop Skororororor

    23 Zlatan Ibrahimovic (AC Milan)

    20 Antonio Di Natale (Udinese), Diego

    Milito (Inter)

    19 Edinson Cavani (Napoli)

    Jadwal PertandinganJadwal PertandinganJadwal PertandinganJadwal PertandinganJadwal Pertandingan

    PREMIER LEAGUEPREMIER LEAGUEPREMIER LEAGUEPREMIER LEAGUEPREMIER LEAGUE

    Arsenal vs Wigan

    LA LIGALA LIGALA LIGALA LIGALA LIGA

    Getafe vs Sevilla

    SERIE ASERIE ASERIE ASERIE ASERIE A

    Cagliari vs Catania

    Serie A Akan Berlakukan Tes Jantung Pemain

  • METRO INTERAKTIF7

    METRO BANJAR z SENIN, 16 APRIL 2012

    LIMBAH KAYU

    Pemimpin Redaksi: Yusran Pare

    Wakil: Harry Prihanto

    Redaktur Pelaksana: Dwie Sudarlan

    Pjs Manajer Peliputan: Elpianur Achmad

    Pjs Asisten Manajer Peliputan: R Hari Tri Widodo

    Manajer Produksi: M TaufikRedaktur Eksekutif: Muhammad Yamani (Banjarmasin Post),

    Mulyadi Danu Saputra (Metro Banjar), Irhamsyah Safari (SerambiUmmah), Ribut Rahardjo (Online/Radio)

    Manajer Redaksi: Irhamsyah SafariWakil: Agus Rumpoko

    Redaktur: M Royan Naimi, Sigit Rahmawan A, Umi Sriwahyuni,Syamsuddin, Alpri Widianjono, Kamardi, Mahmud M Siregar, AyaSugianto, Sofyar Redhani, Siti Hamsiah

    Asisten: Eka Dinayanti, Murhan, Anjar Wulandari, Ar iesMardiono,Ernawati, Idda Royani.

    Staf Redaksi: Sudarti (Reporter Senior), Hanani, Burhani Yunus,AM Ramadhani, Halmien Thaha, Syaiful Anwar, MohammadChoiruman, Anita Kusuma Wardhani, Syaiful Akhyar, MahdanBasuki, Khairi l Rahim, Ibrahim Ashabirin, Eko Sutriyanto,Sutransyah, Faturahman, Irfani Rahman, Jumadi, Edi Nugroho,Budi Arif RH, Doni Usman, Mustain Khaitami (Kabiro), Hari Widodo,Ratino Taufik, M Risman Noor, Salmah, George Edward Pah,Rahmawandi, M Hasby Suhaily, Helriansyah, Didik Triomarsidi(Kabiro), Nia Kurniawan, Mukhtar Wahid, Rendy Nicko Ramandha,Restudia, Yayu Fathilal, Frans, Nurholis Huda.

    Fotografer: Kaspul Anwar, Donny Sophandi

    Tim Pracetak: Syuhada Rakhmani (Kepala), M Syahyuni,Aminuddin Yunus, Syaiful Bahri, Edi Susanto, Sri Martini, KikiAmelia, Rahmadi, Ibnu Zulkarnain, Achmad Sabirin, Rahmadhani.

    Designer Grafis/illustrator: Ivanda Ramadhani.

    Biro Jakarta: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita,Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Fikar W Eda, FXIsmanto, Johnson Simandjuntak, Rahmat Hidayat, Yul isSulistyawan, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Sugiyarto

    Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta

    General Manager Percetakan: A Wahyu Indriyanta

    Pjs Asisten General Manajer Percetakan : Suharyanto

    Wakil PP (Bidang Humas-Promosi): M Fachmy Noor

    Pjs Asisten Manajer Iklan : Helda Annatasia (08115803012)

    Manajer Sirkulasi: Fahmi Setiadi - Riadi (08115000117)Alamat: Gedung HJ Djok Mentaya Jl AS Musyaffa No 16

    Banjarmasin 70111, Telp (0511) 3354370, Fax (0511) 4366123,3353266, 3366303

    Bagian Redaksi: Ext. 300, 301

    Bagian Iklan: Ext. 113, 114

    Bagian Sirkulasi: Ext. 116, 117

    Pengaduan Langganan: 08115000117, (0511) 3352050

    Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan5490666 Fax (021) 5495358

    Perwakilan Surabaya: Jl Raya Jemursari 64 Surabaya,Telp (031) 8471096, 8483428, Fax (031) 8471163

    Biro Banjarbaru: Jl Wijaya Kusuma No 11 Telp (0511) 4780356

    Biro Palangka Raya: Jl Tjilik Riwut Km 2,5 Palangka RayaTelp (0536) 3242361

    TARIF IKLAN:

    Display/Advertorial Hal 1: Hitam Putih (BW): Rp 22.500/mmkBerwarna (FC): Rp 45.000/mmk

    Iklan Kuping: Berwarna (FC): Rp 50.000/mmkDisplay/Advertorial Hal Dalam: Hitam Putih (BW): Rp 11.250/mmk

    Berwarna (FC): Rp 22.500/mmk

    Iklan Sosial/keluarga: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmkBerwarna (FC): Rp 15.000/mmk

    Iklan Baris: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/barisBerwarna (FC): Rp 10.000/baris

    Iklan Satu Kolom: Hitam Putih (BW): Rp 7.500/mmkBerwarna (FC): Rp 15.000/mmk

    Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%

    Harga Langganan: Rp 55.000/bulan

    Percetakan: PT Grafika Wangi KalimantanAlamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru

    Telp (0511) 4705900-01. Isi di luar tanggungjawab percetakan

    Penerbit : PT Cahaya Media AditamaSIUPP : No.1646/SK/Menpen/SIUPP/1999

    Tanggal 10 September 1999

    Direktur Utama : Herman DarmoPemimpin Umum : HG Rusdi Effendi AR

    WARTAWAN BANJARMASIN POST GROUP SELALU DIBEKALI

    TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/

    MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER

    Banjarmasin Post Group

    TELEPON PENTING

    Banjarmasin

    Banjar

    Banjarbaru

    PLN Kalselteng 4772520

    4772633

    4772261

    4772564

    PLN Cabang Banjarmasin 3359050

    PDAM Bandarmasih Banjarmasin

    3253617

    PDAM Intan Banjar 4772061

    4782004

    PDAM Barito Kuala 4799013

    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

    Kota Banjarmasin 4367171

    3360010

    Kabupaten Banjar 6292009

    Dinas Kesehatan Kalsel 3355661

    4364646

    Dinas Kesehatan Banjarmasin 304863

    365177

    304803

    Dinas Kesehatan Banjarbaru

    781588

    781588

    Dinas Kesehatan Banjar 721203

    722387

    Dinas Pendidikan Kalsel

    363885

    363885

    53913

    Polsek Gambut 9243900

    Kodim Martapura 4721488

    Posko BPBD 4721113

    BPK Melati (Martapura) 087815950460

    6109070

    BPK Buser Induk 7714690

    BPK Kompas 6216684

    RSUD Ratu Zalecha 4789454

    Polres Banjarbaru 2772266

    RSUD Banjarbaru 4772380

    Polsek Banjarbaru Kota 4772533

    Polsek Banjarbaru Timur 7571543

    Polsek Banjarbaru Barat 4705210

    Koramil Banjarbaru 4772437

    RS Syamsudin Noor 4705118

    Mulai Senin 23 Mei 2011 nomor pengirim sms dicantumkan secara utuh demi akuntabilitas dan transparansi.

    BANJARMASIN POST GROUP/DONNY SOPHANDI

    Warga mengumpulkan limbah kayu yang sudah tidak terpakai di pinggir sungai alalak, Banjarmasin, Minggu (15/4). Limbah kayu tersebut kemudian dikumpulkan dan dijual untuk kayu bakar.

    HALO BANJARMASIN

    Minuman SodaHampir Kedaluwarsa

    KEPADA kepala Balai Pemeriksaan Obat dan Minuman (BPOM) Banjarmasin. Mohontertibkan penjual minuman bersoda di pinggir jalan. Sebab sudah hampir kedaluwarsa, walaupunitu produk bermerek terkenal. Pasalnya, banyak masyarakat awam yang tidak tahu bahayanyameminum-minuman tersebut. Bisa menyebabkan sakit perut dan diare.

    085754120016

    Sediakan ATMYTH pimpinan Bank Mandiri di Banjarmasin.

    Untuk memudahkan nasabah melakukan tran-saksi perbankan, mohon disediakan ATM Mandiridi daerah Handil Bakti, karena kalau mau keATM Mandiri lumayan jauh dari Handil Bakti.Mohon perhatiannya.

    082153043006

    TANGGAPAN:MENANGGAPI permintaan ATM Mandiri di daerah

    Handilbakti, akan menjadi perhatian kami ke depannya.Bank Mandiri berkomitmen untuk memberikan pelayananyang terbaik untuk nasabah.

    Saat ini untuk daerah Handil Bakti di Support olehATM mobile/mandiri mobile yang beroperasi di lokasi danjadwalnya sbb: Anjir Pasar tanggal 1 tiap bulannya. RM Pawon Tlogo tanggal 4,5,10,11,12, 20 dan 27 tiap

    bulannya PT Tanjung Selatan (sebelum Jembatan Barito) minggu

    ke II tanggal 6,9 dan minggu ke IV tanggal 22-25 tiapbulannya.

    Edwin DwidjajantoRegional Manager Bank Mandiri Wilayah IX Banjarmasin

    Penonton NyamanYTH siapa saja yang berwenang menanganinya. Tolong

    pang direhab Stadion 17 Mei. Supaya masyarakat merasanyaman dan bangga ketika menyaksikan pertandinganBarito Putera. Apalagi, daerah lain punya lapangan yangpantas. Kita saja yang merana.

    081256417066

    Mohon TambahKuota BBM

    KEPADA gubernur Kalsel. Tolong tambah kuota jatahBBM daerah kita. Memang harga BBM tidak jadi naik,tetapi kenyataan harganya mahal di eceran kalau di SPBUantrenya panjang.

    089691313717

    Perlu HET PremiumYTH wali kota Banjarmasin. Tolong kalo bisa dibuatkan

    perda tentang harga eceran tertinggi (HET) BBM jenispremium di tingkat pengecer. Usul saya paling mahal Rp5.500 per liter. Supaya para pengecer tidak seenaknyamembandrol harga. Karena bebeas menjual inilah, kemu-dian pelangsir meraja lela, mengingat keuntungannya besar.

    081253102240

    Giatkan KembaliRazia Hotel

    KEPADA wali kota Banjarmasin serta aparat Satpol PP.Coba dirazia hotel di kawasan Jalan Haryono MT dan diJalan Nagasari. Di sana bukan hanya menjadi menjaditempat maksiat tetapi juga ada bisnis terselubung.Biasanyatim gabungan melakukan razia ke hotel-hotel pada waktumalam, tetapi akhir-akhir ini tidak kedengaran lagi.

    081349755557

    MangidamLapangan Barumput

    KAMI, pecinta Barito Putera sangat prihatin dengankeadaan Stadion 17 Mei yang kada layak pakai lagi. Dilapangan bukan lagi dipenuhi rumput tetapi sudahdidominasi tanah. Bila hujan tentu saja berubah menjadilicak. Kasihan para pamainnya seperti bermain di pahumaan.Buat Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin tolong aja diperhatikansupan lawan banua lain yang mampunyai stadion layakpakai. Lawas dah para pecinta Barito mangidam lapanganyang baik. Buat Barito, maju terus!!

    082149653033

    Maambil Tanah PulangYTH wali kota Banjarmasin. Pian handak maambil pulang

    wilayah Aluhaluh lah? Wali kota dahulunya sudah banyakmaambil tanah ampun Kabupaten Banjar. ContohnyaTatahbangkal, Tatahlayap, Pemurus, Pal 6. Mun kadapercaya takuni tatuha di sana. Tanahnya diolahkan serfikatKota Banjarmasin.

    085390914430

    HALO BANJAR

    Jalan Penuh LubangKEPADA bupati Banjar atau camat Gambut. Tolong

    diaspalkan Jalan Asang Pemai kilometer 11 KecamatanGambut. Kondisinya sangat memprihatikan, sudah rusakdan belubang, becek pula. Jadinya hancur lebur. Kasihananak-anak, khususnya, yang hendak berangkat ke sekolah.Kalau terperosok mereka harus pulang sebab pakaiannyasangat kotor.

    085347121011

    Ubah Posisi RuangBersalin

    YTH kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan kepalaDinas Kesehatan Kabupaten Banjar. Tolong ruang bersalindi RS Ratu Zalecha posisinya diubah. Sebab yang sekarangterlalu terbuka, sehingga setiap orang yang lewat bisamenonton prosesi persalinan.

    082152746257

    HALO BANJARBARU

    Banyak yangKecebur

    TERIMA kasih banyak kepada pihak yang membiarkanlubang di tengah jalan Jembatan Cempaka Banjarbarutetap menganga sehingga banyak yang dengan suksestercebur di situ. Atau barangkali diperbaiki menunggusampai ada korban kecebur yang meninggal.

    085248024623

    ILUSTRASI BPOST GROUP/MIRZA

  • METRO BANJARMETRO BANJAR z SENIN, 16 APRIL 2012

    8

    Wendy Berani ...Adalah Wendy Faisal, yang

    sudah bergabung dalam komu-nitas android itu. Saat ditemui,dia asyik mengotak-atik gadgetkesayangannya, handphone Gal-axy Ace. Jempol kedua tangan-nya bergerilya di antara keypadponsel canggih tersebut.

    Saya tertarik mengguna-kan handphone android karenamemang saat ini lagi ngetrend.Selain itu sistem pengoperasio-nalannya open source, kata priakelahiran 1990 itu.

    Dia mengatakan, padaponsel yang sudah mengguna-kan android, juga bisa mene-mukan aplikasi apapun. Bah-kan sebagian besar pengguna-nya bisa mendapatkan aplikasigratis di play store-nya, ujarnya.

    Saat asyik berselancar di du-nia maya melalui gadget terse-but, kata Wendy, tanpa sengajadia chating di catfiz, messengeruntuk android buatan anak In-donesia.

    Saat itulah muncul ide danada saran dari rekan-rekannyauntuk bisa kopi darat supayalebih mengenal satu sama lain.Minggu 15 Januari lalu terben-tuklah komunitas sesama peng-guna android. Kami namainyaCatfizer Banua, ujarnya.

    Pada hari itu juga langsungmembentuk kepengurusan danmemilih ketuanya.

    Manfaat yang kami rasa-kan selama ini adalah banyakdapat ilmu masalah android,master-master di bidang android,dan juga sharing masalah an-droid, ujarnya.

    Kini, kata Wendy, keanggo-taan Catfizer Banua sebanyak400 orang. Awalnya saya be-lum berani mengorek android na-mun setelah bergabung dalamkomunitas tersebut akhirnyaberani mengotak-atik sistemandroid, ujarnya.

    Androiders (sebutan pecintaandroid) yang tergabung Cat-fizer Banua lainnya, Ahmad TriAdiyadma (20), mengatakanandroiders yang ingin bergabung

    bisa ngeklik www.catfiz.com.Atau gabung jejaring sosial face-book komunitas catfizer androidBanjarmasin. Komunitas initergabung dengan www.android-indonesia.com yakni komunitasandroid terbesar di Indonesia.

    Alasan bikin komunitas,pertama untuk share seluruhperkembangn hp android, baikdari segi upgrade os, upgrade cus-tom rom, aplikasi, perbaikanmasalah hp maupun modif sys-tem android, ujar Ahmad.

    Warga Jalan Cendana, Ban-jarmasin ini juga mengatakankeberadan komunitas androidjuga menjadi wadah silaturah-mi. Kita jadi banyak teman.Baik yang sudah punya anak,mahasiswa, pegawai, pengang-guran, siswa sekolah semuaada. Di lingkup dunia mayaandroid kita terkoneksi dengan

    messenger catfiz, ujarnya.Anak ke-3 dari 5 bersaudara

    ini juga mengatakan komunitasini tidak hanya ramai di duniamaya, tapi juga pada kehidu-pan yang nyata.

    Anggota komunitas ini jugasering berkumpul. Kalau lagingumpul, kami membahas per-kembangan android, ujarnya.

    Ketua komunitas, yang kinikuliah di Poliban program studiteknik geodesi semester 6, inimengatakan komunitas ini se-ring berkumpul di Siring SungaiMartapura, Banjarmasin.

    Kadang di rumah makan.Biasa kumpul 2 minggu sekali,tapi kalau lagi ada acara bisalebih dari sekali pertemuan,ujarnya.

    Keuntungan bergabung ko-munitas, kata Ahmad, anggotabisa ikut acara yang dibuat oleh

    sebuah perusahaan tertentu. Ke-untungan lain, dikomunitassemua gratis dari perbaikan hpsampaiupgrade system, ujarnya.

    Ariadi, anggota komunitasandroid dari Tunjung Maya,mengaku banyak hal seru danmengasyikan bila gabung komu-nitas.

    Kami makin melek gadgetdan tambah banyak teman,ujar mahasiswa Poliban ini.

    Menurut dia, ponsel androidmiliknya tidak hanya sekadardimanfaatkan untuk eksis dikomunitas, tapi bermanfaatsebagai buku elektronik.

    Aplikasi portable hotspotyang saya miliki, saya bagikanke teman-teman yang inginberinternet ria dengan android.Itulah senangnya di komunitas,bisa borong dan sharing aplikasipendukung gadget android,ujarnya. (has/kur)

    Dapat Diunduh GratisANDROID adalah salah satu OS yang pada

    sasaran utamanya ditujukan untuk perangkatmobile (baik handphone maupun tablet). Androidsendiri saat ini merupakan salah satu OS yangpaling pesat perkembangannya.

    Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitubersifat open source. Artinya, pihak luar (selainGoogle) dapat berpartisipasi dalampengembangannya. Inilah yang menyebabkan an-droid berkembang sangat pesat.

    Data terakhir menyebutkan bahwa pihak de-veloper application lebih senang menjual produkmereka di android market, ketimbang di iOS (OSbesutan Apple), karena ternyata lebih banyakmenghasilkan pemasukkan di android market daripada di apple application store.

    Kedua, banyaknya perangkat mobile yangmenjual perangkatnya dengan OS android.Bandingkan dengan pesaingnya seperti Apple danBlackBerry, yang masing-masing juga punya OSsendiri akan tetapi penggunaanya hanya terbataspada perangkat mobile buatan mereka sendiri.

    Pada android, kita bisa melihat perangkatyang dijual beragam dari mulai yang segment lowend (seperti buatan Cina) sampai high end (sepertiSamsung Galaxy Tab), kata Rano Wijaya,pemerhati IT Kalsel.

    Ketiga, jumlah aplikasi yang sangat banyak.

    Saat ini jumlah aplikasi yang ada di android mar-ket mencapai 500.000 lebih.Walaupun jumlah ini masih kalah dengan Apple(dengan Apple Store-nya) yang sudah mencapai600.000 lebih, akan tetapi jumlah free application,software yang dapat diunduh gratis dari androidjauh lebih banyak presentasinya, yakni 60 persendibandingkan para pesaingnya.

    Bandingkan dengan para pesaingnya, yangsetelah membeli perangkatnya harus juga membeliaplikasi-aplikasi yang mereka butuhkan. Ini pulayang memicu terjadinya kasus seperti jail breakpada iPad, ujarnya. (has)

    Tips Merawat dan Optimasi AndroidTips Merawat dan Optimasi AndroidTips Merawat dan Optimasi AndroidTips Merawat dan Optimasi AndroidTips Merawat dan Optimasi Android1. Matikan animasi layar (Settings; Display;

    Animation).2. Nonaktifkan plugin browser (Browser;

    Settings; Plugins).3. Gunakan launcher pihakketiga seper ti

    LauncherPro atau ADW Launcher.4. Matikan Live Wallpaper.5. Kurangi jumlah widget dan ikon di layar

    utama.6. Uninstall aplikasi yang tidak/ hampir tidak

    pernah digunakan.7. Kurangi frekwensi update data (Settings;

    Accounts).

    Oleh : m royan naimiUsul Usil

    Kurang Jeli Baca PotensiPADA 2005, Android Inc masih

    berupa perusahan kecil besutan AndyUbin dan rekannya, Rich Miner, Nick Searsdan Chris White, berbasis di Palo Alto,California, Amerika Serikat. Namun,tahun itu jadi tonggak sejarahperkembangan android ketika dibeliraksasa search engine, Google.

    Andy (Andrew) Rubin yang ikutbergabung di Google akhirnya menelorkansistem operasi berbasis Linux untukponsel dan perangkat mobile lainnya. Bisadibilang, Andy Rubin adalah bapak(pelopor) penggunaan sistem operasiandroid di ponsel dan perangkat bergeraklainnya.

    Kini, android menjadi salah satusistem operasi yang mendominasi pasarbersama iOS (Apple) dan BlackBerry(RIM). Lalu, berturut-turut muncul sistemoperasi Android Cupcake 1.5, AndroidDonut 1.6, Android Eclair 2.0.x/2.1.x,Android Froyo 2.2.x,Android Gingerbread 2.3, Android Ginger-bread 2.3.3, Android Honeycomb 3.0 danAndroid Ice Cream Sandwich 4.0.

    Melihat jejak rekam Andy Rubin,

    sukses yang diraihnya melalui produkandroid seperti sekarang bukan semudahmembalik telapak tangan.

    Ada proses yang harus dilalui. Adatahapan pada tiap levelpekerjaannya yang membentukAndy Rubin menjadi sepertisekarang.

    Apa yang diusung androidadalah spirit keterbukaan (opensource). Ketika mayoritas vendorpelit membagi sistem operasi-nya untuk bisa diutak-atik olehpelanggannya sendiri, androidbesutan Rubin dan kawan-kawan menabrak pakem itu.Android memungkinkan tiap pemilikpunya hak mengembangkan sendirigadget-nya. Hal ini sedikit demi sedikitditiru vendor lain.

    Kami tidak sedang membuat sebuahponsel Google. Kami memungkinkanribuan orang untuk membuat ponselGoogle, ucap Rubin suatu ketika.

    Tapi, sukses yang diraih Googlebersama android memang bukan sematagara-gara Rubin. Kesuksesan ini adalah

    gabungan dari visi jenius seorang AndyRubin, ditempa melalui proses panjang,ditambah kejelian pimpinan Google untukmengembangkan bisnis mobile.

    Tak terbayangkan jika,David Lawee yang menjabatVice President of CorporateDevelopment Google tidakmempercayai kemampuanAndy Rubin. Lawee memangsempat ragu karena dua tahunsetelah akuisisi, Rubin belummenghasilkan sesuatu yangsepadan dengan apa yangsudah dikeluarkan Google. Namun, seperti fakta saat

    ini, android menguasai pasar ponsel dangadget lainnya. Apalagi android adalahsistem yang mudah dioperasikan, fleksibeldan mudah di-upgrade.

    Indonesia sebenarnya punya orang-orang macam Andy Rubin, orang pintaryang punya visi jauh ke depan. Sayang,tenaga mereka tak bisa maksimaldikeluarkan di Tanah Air (malah dihargaidi luar negeri) karena pemimpin negeri ini,kurang jeli membaca potensinya. (*)

    Amat Tetap ...Menurut Darlan, warga di RT

    18 rata-rata sudahlah memilikiWC sendiri dan juga dari segikemampuan ekonomi beragam.

    Sepengetahuan saya, jikamenggunakan jasa PD PAL,maka pelanggan dikenakan bia-ya bulanan. Ini yang membuatwarga tidak mau, ujarnya sera-ya menambahkan jumlah Kepa-la Keluarga di RT 18 sebanyak125 KK. Rata-rata mereka ber-penghasilan rendah.

    Sampai sekarang, kata Dar-lan, dia tidak mengetahui apa-kah rencana pemasangan pipaIPAL itu tetap dilakukan atautidak. Tahun lalu, terakhir kalisaya diundang menghadiri so-sialisasi terkait pemasanganpipa IPAL itu, ujarnya.

    Kondisi serupa juga tidakberbeda di Jalan PekapuranLaut RT 15, yang berpenduduksebanyak 105 KK. Warganyabanyak tidak mau memanfaat-kan jasa PD PAL.

    Ketua RT 15 Jalan Pekapu-ran Laut, Hermansyah, menga-takan di kawasannya sudahlahlama terpasang pipa IPAL.Penggalian, pemasangan danmengembalikan lagi kondisi ja-lan atau gang bekas galian pada2010 lalu.

    Sudah lama ada pema-sangan pipa PAL, kalau tidaksalah 2010 lalu. Meski demikian,banyak yang tidak memasangjuga, karena memang sudahada WC di rumah masing-ma-

    sing, ujarnya.Kecewa

    Keberadaan IPAL ini jugamembuat warga kecewa. Pan-tauan Metro Banjar di Jalan Per-dagangan Kompleks HKSN mi-salnya, saluran pipa utamaIPAL ada yang mangkrak. Ak-ses saluran menuju rumah war-ga sudah tersedia, namun belumtersambung ke jamban warga.

    Warga satu kompleks punragu memanfaatkan IPAL ter-sebut. Alhasil proyek IPAL ti-dak aktif.

    Memang, dari pengembangdiharuskan menjalankan proyekIPAL ini. Tapi hingga kini belumada pelaksanaannya. Warga sa-tu kompleks belum ada mema-sang, ujar Salim, salah seorangwarga Kompleks HKSN.

    Salim mengatakan, saat pe-masangan pipa utama, jalansudah beraspal jadi rusak. Ti-dak semanis janji, pihak pe-ngembang pun terpaksa kerjadua kali untuk memperbaiki ja-

    lan rusak, ujarnya.Rasa jengkel juga dirasakan

    Lainudin, warga HKSN lainnya.Yang saya heran itu, tidakmemanfaatkan tapi masih dike-nakan tarif. Belum sambung kerumah, malah bayar. Ini mem-beratkan. Saya sempat bayarsatu kali, setelah itu saya kom-plain dan sekarang tidak lagibayar, ujarnya.

    Warga kompleks lainnya,Amir, menolak memasang pipalIPAL meski sudah mengikutisosialisasi yang dilakukan PDPAL. Ada beberapa blok yangmenolak. Warga berpikiran, ma-sak buang air bayar, ujarnya.

    Masalah lainnya, kata dia,jalan di kompleks yang sudah di-aspal jadi rusak. Tidak dikem-balikan seperti semula. Kamijuga kecewa karena dalam pe-mungutan tarif itu tidak jelas dantransparan. Kaya pencurian saja,karena tiba-tiba masuk rekeningPDAM namun tidak tercantumrinciannya, ujarnya. (has/kur)

    Kami Akan ...warga langsung menginforma-sikan kepada PD PAL, terkaitkerusakan jalan akibat pipaIPAL. Kami akan meneruskan-nya kepada pihak kontraktor.Pengerjaannya dari provinsi,tapi kami ikut bertanggungja-wab, ujarnya.

    Menurut Muhidin, PD PALakan terus berusaha menerap-kan IPAL di setiap pembuanganlimbah rumah tangga. Hinggaakhir 2011 lalu, tercatat 4.632pelanggan, yang terdiri atas em-pat instalasi IPAL yang berope-rasi. Yakni IPAL HKSN di Ke-camatan Banjarmasin Utara,IPAL Lambung Mangkurat danIPAL Pekapuran Raya di Keca-matan Banjarmasin Tengah, danIPAL Basirih di Kecamatan Ban-jarmasin Selatan.

    Target 2012 ini, PD PAL bi-sa melayani 2.500 pelanggan ba-ru, sehingga total pelanggan pa-da 2012 bisa mencapai 6.000

    sampai 7.000 pelanggan, ujar-nya.

    Sebanyak 2.000 sambungan,kata dia, bakal diberikan ke-pada masyarakat berpenghasil-an rendah dan 100 untuk pe-langgan niaga. Dengan total tar-get pelanggan sebanyak 2.500pelanggan.

    Di Kecamatan Banjarma-sin Selatan kami bangun insta-lasi IPAL Tanjung Pagar, renca-nanya untuk melayani dua ke-lurahan, Pemurus dan Berun-tung, ujarnya.

    Informasi didapat, sistemtarif pelayanan pengelolaan airlimbah ini diatur dalam Pera-turan Walikota No 16 Tahun2006 tentang Tarif Jasa Pelayan-an Pengelolaan Air Limbah KotaBanjarmasin.

    Bagi pelanggan PD PALyang juga Berlangganan PDAM,besarnya biaya pelayanan pe-ngelolaan air limbah ditentukan

    sekian persen dari jumlah pe-makaian air bersih untuk setiapgolongan pelanggan.

    Untuk pelanggan PD PALyang tidak berlangganan PDAMditentukan besarnya tarif di an-taranya setiap orang atau badanhukum yang membuang lum-pur tinja di IPLTL dikenakanbiaya pelayanan sebesar Rp10.000 per m3.

    Khusus biaya pengolahanlindi sampah TPA Basirih diIPLTL Basirih dikenakan sebe-sar Rp 2.000 per m3. Untuk pe-narikan tarif jasa pelayanan pe-ngelolaan air limbah bagi yangberlangganan PDAM langsungdijadikan satu rekening denganpembayaran rekening PDAM.

    Bagi yang tidak berlang-ganan PDAM akan dilakukanpenarikan biaya biaya pelayan-an dengan rekening tersendirioleh petugas yang diangkat olehDirektur PD PAL. (dia)

    Banjarmasin Paling BeraniKEBERADAAN Instalasi Pembuangan Air

    Limbah (IPAL) di Banjarmasin, menurut PengamatTata Kota, Bachtiar Gradepp, sudah sangat ideal.

    Memiliki IPAL bagi semua kota adalahsebuah keharusan, ujar Bachtiar.

    Jika dibandingkan dengan kota-kota lainnyadi Indonesia, kata Bachtiar, Banjarmasin tergolongyang terkemuka.

    Banjarmasin ini termasuk yang berani sudahmembangun IPAL dan memberlakukannya. Tidakheran Banjarmasin mendapat penghargaan be-berapa waktu yang lalu. Termasuk juga menda-patkan bantuan dari luar negeri, jelasnya.

    Terkait adanya masyarakat yang menolakpemberlakuan IPAL ini, menurut Bachtiar, memangtidak dapat dipungkiri. Program IPAL ini sudahsangat baik. Namun masih ada beberapa keku-rangan yang harus secepatnya diperbaiki, ujarnya.

    Bagaimana pengolahan limbah PD PAL? DirutPD PAL, Muhidin sedikit memberikan gambaran.Untuk limbah rumah tangga, untuk sementarahanya bisa membuang limbah sesuai dengan stan-dar buang Kemen LH No 122 dan sesuai denganketentuan Pergub.

    Sementara untuk limbah bekas cucian, seperti

    bekas laundry, wastapel, bisa diolah kembali. Air-nya bahkan dibukatikan dengan memelihara bibitikan hidup dari bekas air yang diolah tersebut.

    Air olahan malah digunakan untuk meme-lihara ikan. Ikannya bisa hidup kok, ujarnya.

    Pengolahan limbah, terang Muhidin, terdiriatas dua bentuk, yakni air olahan dan lumpurpadat. Air olahan berupa air bersih sesuai standarbaku mutu yang kekeruhannya sudah dinetralisirhingga 90 persen.

    Sementara lumpur padat digunakan untukpupuk, khusus pupuk tanaman hias dan pupukpersediaan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Ko-ta Banjarmasin. Pupuk inilah yang digunakan dihalaman instalasi IPAL untuk tanaman hiasnya.

    Hanya untuk tanaman hias dan tanamanpelindung, soalnya masih mengandung logamberat, seperti timbal. Untuk tanaman lain tidakdisarankan, ujarnya.

    Apa yang dilakukan PD P

of 16/16
SENIN, 16 APRIL 2012 16 HALAMAN NO 4.251 TH XII ISSN 0215-2987 RP 2000 RP 2000 RP 2000 RP 2000 RP 2000 BERSAMBUNG KE HAL 8 BERSAMBUNG KE HAL 8 BERSAMBUNG KE HAL 8 BERSAMBUNG KE HAL 8 Amat Tetap Suka MCK di Sungai BANJARMASIN POST GROUP/APUNK DAPAT MOTOR - Seorang peserta jalan sehat berlari, setelah nomor kuponnya disebutkan menerima hadiah sepeda motor, Minggu (15/4) di Lapangan Murdjani Banjarbaru. (bawah) Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin menyerahkan kunci sepeda motor kepada peserta yang beruntung mendapat hadiah utama. Wendy Berani Otak-atik Android Remaja Banua Tak Mau Gaptek SEIRING perkembangan teknologi, gadget pun semakin canggih dengan menggunakan perangkat android. Remaja Banua pun tak mau melewatkan kemajuan tersebut. Salah satu caranya mereka ber- gabung dalam komunitas an- droid. BANJARMASIN- Pemasangan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di pemukiman padat pen- duduk bakal tidak berjalan lancar. Banyak warga tidak mendukung proyek yang dikerjakan Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD PAL) tersebut. Amat, warga Pekapuran Banjar- masin Tengah, memperlihatkan sikap apatis ketika ditanya seputar proyek IPAL itu. Alasannya, IPAL tersebut akan menambah pengeluaran rumah tangganya. “Pendapatan saya pas-pasan. Jika memang IPAL, tentu akan me- nambah pengeluaran saya dalam se- bulan. Selama ini saya sudah mem- bayar listrik dan air leding,” ujar Amat, Minggu (15/4). Menurut Amat, dia sekeluarga tetap memanfaatkan posisi rumah- nya yang berada di atas sungai. “Ru- mah di atas sungai memudahkan ka- mi melakukan kegiatan mandi, cuci dan kakus (MCK). Tidak ada biaya- nya,” ujarnya. Ketua RT 18 Jalan Pekapuran Ra- ya, H Darlan, mengakui sebagian be- sar warganya keberatan jika adanya pemasangan pipa IPAL. Alasannya, pemasangan pipa itu bisa menambah rusak jalan yang menghubungkan ke Lingkar Dalam, Ga- toto Soebroto itu. “Renca- nanya su- dah ada se- jak tahun lalu. Tapi sekarang ini tidak terdengar lagi perkembangannya. Ka- rena warga keberatan jalan rusak dan tidak banyak warga yang mau memasang IPAL,” ujarnya. Warga Cueki Proyek IPAL “Pelanggan IPAL dikenakan biaya bulanan. Ini yang membuat warga tidak mau” H DARLAN Ketua RT 18 Pekapuran Raya Banjarmasin Paling Berani Baca halaman 8 “Kami Akan Perbaiki” MENANGGAPI keluhan warga itu, Dirut PD PAL, Muhidin, me- ngatakan pihaknya akan memper- baiki bekas galian IPAL tersebut. “Kami akan memperbaiki bekas galian pipa IPAL dengan cara ditutu- pi ulang,” ujarnya, Minggu (15/4). Muhidin menyarankan agar Foto Lain 16 Hal Tribun Cetak Rekor Baru Tapak Tangan MESKI harus berjemur di panas terik sinar matahari, Sri (40) tetap bersemangat mengikuti pengundian hadiah gelaran jalan sehat “Se- mangat Melangkah Bersama Banjarma- sin Post Group, Tri- bun dan Kapal Api” BERSAMBUNG KE HAL 8 USAI berlaga melawan Ba- rito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Sabtu (14/4), tim Perssin Sinjai bertolak dari Ban- jarmasin menuju daerah asal- nya, Sinjai, Sulawesi Selatan, Minggu (15/4) sore. Sebelum menaiki bus menu- ju ke Bandara Syamsudin Noor, Andi Baso Bintang dan kawan- kawan menghampiri Anang Suryadi dan menyalaminya sembari mengucapkan terima kasih. Anang Trail, sapaan akrab Anang Suryadi, yang sejak pagi sudah berada di Gedung Pra- muka, Banjarmasin, tempat tim berjuluk Laskar Kuda Jantan Miris Lihat Pemain Makan Nasi Abon dari Selatan ini menginap, lang- sung menyambut ucapan teri- ma kasih itu. Pria kelahiran 28 Januari 1956 ini memang bertugas seba- gai liaison officer (LO) Barito Putera. Tugasnya mengantar, menjemput dan melayani ke- perluan tim tamu Laskar An- tasari. Dia selalu menjemput dan mengantarkan tim tamu Barito di Bandara Syamsudin Noor. Se- perti tim Perssin Sinjai, yang da- tang Rabu (11/4) malam, Anang menjemputnya di bandara menggunakan bus yang biasa Anang Trail, si Pelayaan “Musuh” Barito Anang Suryadi ISTIMEWA Komunitas Android Banua 1604/M1
Embed Size (px)
Recommended