Home >Documents >G A L E R I S E N I U K I R J E P A R A

G A L E R I S E N I U K I R J E P A R A

Date post:12-Jan-2017
Category:
View:229 times
Download:9 times
Share this document with a friend
Transcript:
  • i

    T U G A S A K H I R

    G A L E R I S E N I U K I R J E P A R A SEBAGAI WADAH REPRESENTASI DAN SARANA PELESTARIAN

    SENI UKIR DAN KERAJINAN JEPARA DENGAN

    PENDEKATAN PADA ARSEMIOTIKA

    Diajukan Untuk Melengkapi Persyaratan

    Guna Mencapai Gelar Sarjana Teknik Strata Satu

    Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik

    Universitas Sebelas Maret

    Disusun oleh:

    AHMAD ZAINUDDIN I0204033

    Dosen Pembimbing :

    IR. WIDI SUROTO, MT

    UMMUL MUSTAQIEMAH, ST, MT

    JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK

    UNIVERSITAS SEBELAS MARET S U R A K A R T A

    2 0 1 0

  • ii

    Jl. Ir. Sutami No. 36 A Surakarta 57126 ph. (0271) 643666

    LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR

    Mata Kuliah : Tugas Akhir Periode : Januari 2010 Judul : GALERI SENI UKIR JEPARA sebagai Wadah Representasi

    dan Sarana Pelestarian Seni Ukir dan Kerjinan Jepara dengan Pendekatan pada Arsemiotika

    Nama : Ahmad Zainuddin NIM : I 02 04 033

    Disetujui, Maret 2010

    Oleh :

    Mengetahui:

    DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK

    UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

    Pembimbing I

    IR. WIDI SUROTO, MT NIP. 19560905 198601 1 001

    Pembimbing II

    UMMUL MUSTAQIEMAH, ST, MT

    NIP. 19730510 200003 2 001

    a.n. Dekan Fakultas Teknik UNS Pembantu Dekan I

    IR. NOEGROHO DJARWANTI, MT.

    NIP. 19561112 198403 2 007

    Ketua Jurusan Arsitektur

    Ir. HARDIYATI, MT NIP. 19561209 198601 1 001

  • iii

    KATA PENGANTAR

    Alhamdulillah, puji syukur tak terhingga kepada Allah SWT atas segala

    rahmat dan hidayah yang diberikan oleh-Nya kepada penyusun. Sholawat serta

    salam kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rasulNya sehingga penyusun bisa

    merasakan nikmat iman dan petunjuk di dunia ini. Tugas akhir ini merupakan

    dorongan dalam benak penyusun dan berkat karuniaNya dan dukungan dari

    berbagai pihak untuk memberikan semangat sehingga dapat terselesaikan

    dengan baik.

    Tugas akhir ini menjadi sebuah momen dan berawal dari keinginan

    penyusun untuk menggali lebih dalam tentang seluk-beluk Jepara dari berbagai

    aspek sehingga tercetuslah sebuah ide tentang Galeri Seni Ukir Jepara sebagai

    Wadah Representasi dan Sarana Pelestarian Seni Ukir dan Kerajinan Jepara

    untuk mencover semua permasalahan yang ada sehingga menjadikan sebuah

    rumusan dan tujuan.

    Selama proses rancang bangun dari mulai tahap eksplorasi (muter-muter

    Jepara, cari info sana-sini baik dari saudara, teman, survey, wawancara sampai

    dunia maya, makasih mbah google kamu cukup membantu..!), tahap

    pencetusan ide sampai pada tahap desain tugas akhir ini, sudah dimulai

    penyusun sejak akhir tahun 2008 sampai diujikan pada bulan Maret 2010,

    banyak menemukan berbagai hal yang menarik untuk digali, berpotensi dan perlu

    diwujudkan dalam realitas saat ini ga cuma mimpi ato mengada-ada dan untuk

    menjawab tantangan kedepan. Walaupun demikian dalam proses tugas akhir ini

    sempat tertunda beberapa bulan lantaran mendapatkan amanat, tapi tak apa

    karena hidup ini tak lain untuk kemanfaatan bersama.

    Tugas akhir ini mengambil konsep Arsemiotika yang merupakan sebuah

    konsep baru di dunia arsitektur dan mulai diangkat sejak era arsitektur

    postmodern yaitu era dimana para arsitek mulai menyadari adanya kesenjangan

    antara kaum elite pembuat lingkungan dengan orang awam yang menghuni

    lingkungan, sehingga awalnya penyusun cukup kesulitan mencari referensi

    terutama aplikasinya di dalam sebuah karya arsitektur, karena pada dasarnya

    semiotika merupakan disiplin ilmu yang lahir dari dunia filsafat dan linguistik.

    Akan tetapi penjelajahan semiotika sebagai metode kajian ke dalam

    pelbagai cabang keilmuan ini dimungkinkan karena adanya kecenderungan

  • iv

    untuk memandang pelbagai wacana sosial sebagai fenomena bahasa.

    Berdasarkan pandangan semiotika, bila seluruh praktik sosial dapat dianggap

    sebagai fenomena bahasa, maka semuanya dapat juga dipandang sebagai

    tanda, hal ini dimungkinkan karena luasnya pengertian tanda itu sendiri (Piliang,

    1998:262). Dengan berdasar pada hal tersebut maka konsep arsemiotika dengan

    mengangkat aspek budaya setempat dengan mengambil ukiran khas Jepara

    yang berfilosofi dan bermakna maka layak untuk diangkat menjadi sebuah

    konsep dalam tugas akhir ini.

    Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan konsep perancangan

    tugas akhir ini terdapat kekurangan karena setiap materi tak ada yang tercipta

    sempurna, oleh karenanya penyusun merasa terbuka untuk menerima masukan

    dan kritik membangun dari pembaca.

    Akhir kata, semoga konsep perancangan tugas akhir ini dapat bermanfaat

    bagi pembaca sekalian.

    Surakarta, 23 Maret 2010

    R Ahmad Zainuddin

  • v

    PERSEMBAHAN

    Tugas Akhir ini kupersembahakan untuk

    Ibu dan Bapakku yang selalu mendoakan dan menyayangiku,

    Keluarga, sahabat-sahabatku dan teman-temanku..

    Semoga sedikit tulisan dalam buku Tugas Akhir ini bermanfaat

    Amiinn

  • vi

    Special thx for..

    Allah SWT, syukur Alhamdulillah atas segala limpahan berkah, rahmat dan

    kemudahan yang Engkau berikan padaku.

    Muhammad Rasululloh SAW, sebagai Guru abadiku, sholawat serta salam selalu

    tercurah untukmu.

    Ibuku, terimakasih atas semua perhatian, doa serta semangat yang kau berikan

    setiap hari. Kalo ak di Solo, Ibuk ndak pernah bosen telpon aku ya..love u mom

    Bapak, ayah aneh yang memanggilku dengan sebutan le... Meskipun bapak ndak

    oke kalo diajak cerita tapi semangat dan doa yang Bapak kasih buatku selalu ada.

    Sodara-sodaraku di rumah, Mbak Winna, Mas Yudha dan De Yodie terimakasih

    untuk doa dan dukungannya.

    Eyang Jakartaku, kaka Cindy dan keluarga yang lain, makasih ya bantuan

    dan doanya

    buat mas pojokan, mas M. Luthfi Fauzi , temen curhat, temen nglembur, temen

    pulang, temen guyon, temen jalan-jalan ndak jelas. Sahabat, Kakak, pacar skaligus

    lawan berantem, seseorang yang bisa mengajakku bangkit dan tetap bersemangat.

    Terimakasih abang../Ill save the best for last/

    Temen-temen studio 117, studio yang benar-benar aneh. Sepi tapi rame

    itu mungkin kata yang tepat untuk studio kita. Beta, Wiwik, Atien, Wildan temen 1

    blokku, tetep kompak ya. Yuni, Esti, Yayan, Rini, Rista, ojok serius-serius ta lek

    garap iku..Mas-mas dan mbak-mbak 2002-2004 yang invisible, mas Ari ndut, mas

    Dias, mas simbah, mas Anton, mas Wira, mbak Pipit, mas Wira, mas

    Burhan, mas Barok, mas zein, mbak Miming, mbak Amel, mbak Widi,

    mbak Novia, sukses!!!

    Tim TA ku, Buyung, Arip, Rojan suwun banget yo..maaf kalo misal slama ini tak

    creweti terus. Tanpa kalian ndak tau tugas akhirku kayak gimana.

    Temen-temen kost KUSUMA MURTI, mbak ky2 (my 2nd sista) jd inget demi

    masa depan yang cerah dek,hehe..ijul yang udah rela keluar subuh-subuh buat

    nyariin jajan pas hari-H tiba, makasi juga dah nemenin aku empat taun ini di kostan.

    della-dew yang panik pas aku mendadak sakit di H-1 pendadaran, rekta, nyoki,

    mput yang belain dateng pas pendadaran, eka dokter cintaku, tips dan trik yang kau

    berikan begitu MANTAP!! Icha, uthe, dan temen-temen yang lain, makasiiiii banget.

  • vii

    Sahabat-sahabatku, Mas Wedho, sodara, temen, mas sekaligus musuhku,

    heheheterimakasih sudah memberiku banyak pelajaran berharga, Dyas yang selalu

    menemaniku, meskipun kamu agak merepotkan tapi kamu emang TOP, bang Ari dan

    mas Tatas yang jauh disana makasi dah mau jadi tempat curhatku. Yang ndak

    pernah lupa nanya kabarku, makasih ya abang-abangku.. Dilah, meskipun kamu

    sempat menghilang tapi kau selalu di hatiku, hehe. Mas Aris yang bersedia tak

    telpon di detik-detik menjelang pendadaran tiba. Genduk Saras, nang ndi ae

    sampean?hehe.

    Temen-temen 2005 seng ganteng-ganteng, ayu-ayu..sukses selalu!

    Soul AE 3966 BD yang selalu membawaku kemanapun tanpa mengenal lelah

    Dan semua pihak yang ikut berperan dalam tugas akhirku ini, terimakasih

  • viii

    DAFTAR ISI

    HALAMAN JUDUL LEMBAR PENGESAHAN KATA PENGANTAR PERSEMBAHAN UCAPAN TERIMA KASIH DAFTAR ISI DAFTAR GAMBAR DAFTAR TABEL DAFTAR SKEMA

    i ii iii v vi vii xi xii xiii

    BAB I PENDAHULUAN A. PENGERTIAN JUDUL.. B. LATAR BELAKANG...

    1. Umum............. a. Sejarah dan Budaya b. Pariwisata . c. Fenomena

    2. Khusus. C. PERMASALAHAN DAN PERSOALAN..

    1. Permasalahan 2. Persoalan ...

    D. TUJUAN . E. BATASAN DAN LINGKUP PEMBAHASAN .

    1. Batasan .. 2. Lingkup Pembahasan ..

    F. METODA PEMBAHASAN 1. Pengumpulan Data .. 2. Analisa Data .. 3. Sintesa 4. Konsep Perencanaan dan Perancangan ..

    G. SISTEMATIKA PEMBAHASAN . H. POLA PIKIR ... BAB II TINJAUAN TEORI A. GALERI

    1. Pengertian...... 2.Sejarah Galeri.. 3. Perkembangan Fungsi Galeri.. 4. Tipe Galeri..

    B. UKIR. 1. Pengertian... 2.Motif-Motif Ukir Tradisional Jawa. a. Mengenal Bentuk-Bentuk Stilasi(Gubahan) . b. Motif Ukiran Tradisional Jawa .

    c. Bentuk-Bentuk Bagian Pada Motif Ukiran . 3. Ciri-Cir

Click here to load reader

Embed Size (px)
Recommended