Home >Documents >Cara Membuat Minuman Beralkohol

Cara Membuat Minuman Beralkohol

Date post:06-Jul-2018
Category:
View:274 times
Download:0 times
Share this document with a friend
Transcript:
  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    1/72

    Cara Membuat Minuman beralkohol

    --- Untuk mengakomodir Foto dan Video,

    silahkan kunjungi:

    https://www.faebook.om/groups/blogfortr

    o!/ ---

    Untuk berdiskusi, silahkan menggunakan halamanterakhir:

    "alaman #  "alaman $

    %edikit Ulasan &wal:

    &lkohol, disebut juga etanol, etil alkohol, alkohol murni, atau alkohol absolut, adalah

    sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan merupakan alkohol

    yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Senyawa ini merupakan obat

     psikoaktif dan dapat ditemukan pada minuman beralkohol dan termometer modern. alkohol

    adalah salah satu obat rekreasi yang paling tua.

    Fermentasi gula menjadi alkohol merupakan salah satu reaksi organik paling awal yang

     pernah dilakukan manusia. Efek dari konsumsi alkohol yang memabukkan juga telah

    diketahui sejak dulu.Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol

    'U& ()*+% &"

    Ada perbedaan mendasar yang harus anda ketahui dan harus saya jelaskan di sini, bahwa ada

    dua jenis alkohol. Etil Alkohol dan Metil Alkohol atau Metanol. Supaya tidak terjadi kesalah

     pahaman dan tidak ada tuntutan dikemudian hari.

    Etil Alkohol dan Metil Alkohol !"A# $!SA "!$E"A#A% SE&A'A #ASA MAA.

    (A')S ME*A*)! )+! *A$. Meskipun  ikipedia  bilang bisa dibedakan baunya, jangan

    coba coba.. %AA A')(A%%A.

    Metanol, juga dikenal sebagai metil alkohol, wood alcohol   atau spiritus, adalah senyawa

    kimiarumus kimia &(/(. !a merupakan bentuk alkohol paling sederhana. 0ada 1keadaan

    dengan atmosfer1 ia berbentuk cairan yang ringan, mudah menguap, tidak berwarna, mudah

    terbakar, dan beraun +ngaat... 0)1&CU*2 dengan bau yang khas 2berbau lebih ringan

    daripada etanol3. !a digunakan sebagai bahan pendingin anti beku, pelarut, bahan bakar dan

    sebagai bahan additif bagi etanol industri.

    Metanol diproduksi secara alami oleh metabolisme anaerobik oleh bakteri. (asil prosestersebut adalah uap metanol 2dalam jumlah kecil3 di udara. Setelah beberapa hari, uap

    https://www.facebook.com/groups/blogfortroy/https://www.facebook.com/groups/blogfortroy/http://troydaunan.blogspot.com/2013/06/lanjutan-cara-membuat-minuman-beralkohol.htmlhttp://troydaunan.blogspot.com/2014/05/cara-membuat-minuman-beralkohol-halaman.htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkoholhttp://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkoholhttp://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkoholhttp://troydaunan.blogspot.com/2013/06/lanjutan-cara-membuat-minuman-beralkohol.htmlhttp://troydaunan.blogspot.com/2014/05/cara-membuat-minuman-beralkohol-halaman.htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkoholhttp://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkoholhttps://www.facebook.com/groups/blogfortroy/https://www.facebook.com/groups/blogfortroy/

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    2/72

    metanol tersebut akan teroksidasi oleh oksigen dengan bantuan sinar matahari menjadi

    karbon dioksida dan air.

    'eaksi kimia metanol yang terbakar di udara dan membentuk karbon dioksida dan air adalah

    sebagai berikut4

    5 &(/( 6 /5 7 5 &/5 6 8 (5/

    Api dari metanol biasanya tidak berwarna. /leh karena itu, kita harus berhati-hati bila beradadekat metanol yang terbakar untuk mencegah cedera akibat api yang tak terlihat.

    #arena sifatnya yang beracun, metanol sering digunakan sebagai bahan additif bagi

     pembuatan alkohol untuk penggunaan industri9 0enambahan 1racun1 ini akan menghindarkan

    industri dari pajak yang dapat dikenakan karena etanol merupakan bahan utama untuk 

    minuman keras 2minuman beralkohol3. Metanol kadang juga disebut sebagai wood alcohol 

    karena ia dahulu merupakan produk samping dari distilasi kayu. Saat ini metanol dihasilkan

    melului proses multi tahap.

    Secara singkat4 gas alam dan uap air dibakar dalam tungku untuk membentuk gas hidrogen

    dan karbon monoksida9 kemudian, gas hidrogen dan karbon monoksida ini bereaksi dalam

    tekanan tinggi dengan bantuan katalis untuk menghasilkan metanol. ahap pembentukannya

    adalah endotermik dan tahap sintesisnya adalah eksotermik.Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol

    Alkohol banyak digunakan sebagai pelarut berbagai bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk 

    konsumsi dan kegunaan manusia. &ontohnya adalah pada parfum, perasa, pewarna makanan,

    dan obat-obatan.

    Membuat alkohol Etanol sangat mudah. Simak berikut ini4

    :. 'ebus sepanci air. Masukkan :;5 kg gula pasir. pakai

    gula pasar biasa, jangan gula putih karena kalah manis. Mau pake juga boleh.. tapi resikonya

     jadi boros.

    5. #alo sudah larut semua gulanya, dinginkan sampai ke suhu ruangan. Masukin ke panci

    stainless atau panci kaca, biar gak kontaminasi sama logam.

    . Sekarang masuk tahap fermentasi. )ntuk fermentasi,

    kita butuh ragi. +angan pake ragi tape, karena sifatnya beda. 'agi tape hidup kalo suasananya

    kering. #alo untuk cairan, bisa pake fermipan 2ragi roti3.

    'agi banyak macemnya. $eda ragi akan menghasilkan rasa yang berbeda juga. $isaeksperimen sendiri, baik merk maupun jenis.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol%20http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol%20http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol%20

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    3/72

    aktu fermentasi tergantung kadar gula yang ada di dalam air. Semakin banyak kadar 

    gulanya ya semakin lama waktu fermentasinya. +uga dipengaruhi banyak sedikitnya ragi yang

    masuk. Semakin banyak ragi yang masuk ya semakin cepet.

    !ntinya, proses yang terjadi di sini adalah4  Ragi makan gula. Karena makan gula dia jadicapek. Karena capek, dia bernafas dan berkeringat. Sama kaak kita, nafasna keluar !"#.

     $edana kalo kita keringetan, rasana asin plus asem bau badan, kalo ragi keringetan,

    keluarna alkohol . Mantap banget $ro 'agi ini..

    anda tanda terjadinya proses fermentasi adalah keluarnya gelembung5 kecil mengandung

    &/5. Sedikit trik di sini, kalau mau bikin minuman berkarbonasi tanpa perlu nambah

    &/5setelahnya, fermentasinya pake panci tertutup rapat seperti panci presto.

    8. Setelah sekitar : minggu, anda bisa buka itu panci presto, cicipin dah.. !tulah hasil akhir 

    eksperimen anda.

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    4/72

    &aranya juga mudah seperti yang terlihat pada skema disebelah kiri ini..

    :. Masukkan hasi brewing  tadi ke panci presto.

    5. (ubungkan pressure release pin dengan pipa alumunium.

    . $uat spiral untuk pendinginan. Spiral itu harus terendam air. "i situ uap akan dirubah

    menjadi cairan.

    8. #alau airnya sudah terlalu panas, ganti dengan air dingin, supaya tidak banyak uap yang

    terbuang.

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    5/72

     &nonmous+uly 55, 5>:5 at :>4>B AM

     posting yang sangat berguna om, apa lagi buat orang yang suka mabok hehehe...

    mau tanya nih untuk infuse yang paling enak menurut om apa ya...

    'eply

    5.

     &ndreas+uly 55, 5>:5 at ::4:> 0M

    ah.. kalo untuk infuse, saya paling suka dengan kulit jeruk saja..

    Mirip &ointreau deh..

    'eply

    .

    ded supradi+anuary :5, 5>: at 845C AM

    kulit jeruknya diapain om, maaf kurang jelas nihh..

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&S+anuary :5, 5>: at D48 0M

    (anya dikupas aja, diambil bagian yang berwarna orange. Sebisa mungkin,

     putihnya jangan ikut karena akan pahit.

    Masukkan ke dalam produk yang sudah jadi dan simpan selama kurang lebih 5

    - 8 minggu tergantung selera.

    !ntinya sama dengan cara pembuatan +ack ".. yang disimpan dalam drum

    kayu itu hanya alkohol saja. arna, rasa dan aroma didapat dari kayu khusus

    yang dipakai untuk menyimpan produk tersebut.

    'eply

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1342976911261#c78262399492271490https://www.blogger.com/profile/17618968104199228508http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1343023812286#c851221752100652941https://www.blogger.com/profile/07446964446281701336http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1357993633676#c5366358987174128713https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358055275199#c8826584796675155300http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1342976911261#c78262399492271490https://www.blogger.com/profile/17618968104199228508http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1343023812286#c851221752100652941https://www.blogger.com/profile/07446964446281701336http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1357993633676#c5366358987174128713https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358055275199#c8826584796675155300

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    6/72

    8.

     &nonmous+anuary :C, 5>: at :>4: at 4:5 AM

    Selama alkoholnya didapat dari gula konsumsi 2edible sugar3 hasilnya adalah Etanol

    dan tidak berbahaya, asal jangan terlalu banyak mengkonsumsinya.

    #alau Metanol itu dihasilkan dari non-edible sugar atau gula yang tidak untuk

    dikonsumsi.

    'eply

    .

     &nonmous+anuary :D, 5>: at :54>: AM

    :;5 kg beras butuh ragi berapa banyak nih? makasih 43

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&S+anuary 5>, 5>: at C4>: 0M

    Sebenarnya tidak ada takaran baku.

     jumlah ragi menentukan kecepatan proses fermentasi.

    karena saat fermentasi, ragi juga berkembang biak.

    secara pengalaman saya, kalau beras sekitar >,< s;d : kg saya pakai < gram

    ragi sudah lebih dari cukup.

    "engan komposisi tersebut, fermentasi berlangsung sekitar C - :> hari.

    #alau mau ditambah ragi, maka proses fermentasi akan lebih cepat.

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358492320879#c5259510619353179466https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358518328370#c1728882070284722022http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358582470951#c8690647802618428479https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358737265538#c3774519595179476786http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358492320879#c5259510619353179466https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358518328370#c1728882070284722022http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358582470951#c8690647802618428479https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358737265538#c3774519595179476786

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    7/72

    +umlah penambahan tergantung selera kita. Mau :> atau :< gram juga tidak

    apa. (anya saja cost anda akan membengkak.

    'eply

    C.

     &nonmous+anuary 5C, 5>: at : at :>4> 0M

    maaf gan biasa dalam :;5 kg gula plus < kg ragi itu jadi berapa liter alcohol ya?

    And bisa ga kalow gula nya di rebus dengan bir pletok?

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1359293365905#c8386529442642423131https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1359422401573#c8730015643537282680https://www.blogger.com/profile/03231119895874622744https://www.blogger.com/profile/03231119895874622744http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1359354633452#c2667006506226013825http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1359293365905#c8386529442642423131https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1359422401573#c8730015643537282680https://www.blogger.com/profile/03231119895874622744http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1359354633452#c2667006506226013825

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    8/72

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&S+anuary 5B, 5>: at : at

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    9/72

    :>.

     &nonmous+anuary 5D, 5>: at :>48> 0M

     boleh tau ragi merek apa yg di rekomendasiin sama situ? yg mudah di dapet

    kalo bikin wine berarti bisa pake jus anggur botolan 6 gula 6 ragi gitu doang ya bro?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&S+anuary >, 5>: at :4

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    10/72

     &'(R)&SFebruary :, 5>: at D4 0M

    sekitar -8 jam.. itu pakai kompor listrik >>watt

    'eply

    :.

     &'(R)&SFebruary :, 5>: at :>4< 0M

    Sekedar info tambahan4 dari total : panci yg di suling.. ambil sekitar 5>->= aja. $iar 

    aman, tampung pakai gelas.. Setelah < gelas pertama, usahakan melakukan test

    alkohol dengan menampung tetesan pakai sendok dan di icip. kalau sudah mulai

    hambar, hentikan penyulingan dan ganti isi panci dengan hasil fermentasi yang belumdisuling.

    'eply

    :8.

     *adli Saendri. February , 5>: at C4

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    11/72

    gan,,,buat spiral almunium na berapa putaran,,,

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SFebruary B, 5>: at derajat celsius, maksimal . #alo lebih, kondensasi tidak

    akan maksimal, sehingga banyak uap alkohol terbuang..

    'eply

    :.

     &nonmousFebruary B, 5>: at D48C AM

    koJ yg di atas ada beras beras gtu,,,,ane puyeng emg beras bwt apa bro,,,bukannyacuma air, gula, ragi % perasa 2infuse3

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SFebruary B, 5>: at

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    12/72

    :C.

     &nonmousFebruary ::, 5>: at 4: at 84 AM

    #alau &/5, caranya persis prinsip gelembung oksigen di akuarium. jadi

    minuman dimasukkan ke dalam tabung tertutup, kemudian ditekan pakai &/5.

    &ara yang lebih mudah, pakai es kering. cari botol sprite atau coca cola : liter

    yang dari kaca, isi dengan minuman, lalu masukkan es kering, kemudian tutup

    rapat.

    Es keringnya jangan banyak5.. seukuran bungkus korek api kayu lalu di pecah

    kecil5 supaya bisa masuk botol. #alau terlalu banyak, botol bisa meledak.

    Saya sendiri belum pernah melakukan ini, jadi saya sarankan untuk mencoba

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1360637960974#c8109039045522048795https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1360975346418#c1042668418395713704http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361101870747#c8504827431956834076https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361105413362#c1025378857948083754http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1360637960974#c8109039045522048795https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1360975346418#c1042668418395713704http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361101870747#c8504827431956834076https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361105413362#c1025378857948083754

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    13/72

    di luar rumah, jangan di dalam rumah. $isa capek ngepel nantinya..

    kalau pasteurisasi, ya masukkan botol berisi minuman ke dalam air pana. !tu

    aja.. 43

    'eply

    :B.

     &nonmousFebruary :: at

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    14/72

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SFebruary :, 5>: at D4:5 0M

    Supaya yang lain juga kebagian ilmunya4...

    #lo gw bikin dengan kg gula, airnya kurang lebih 5> liter. $iar gampang,

     pakai : galon aJua aja.

    'ebusnya diakalin.. gula 6 air < liter aja 2atau yang penting gulanya terendam

    dan tidak resiko gosong3 biar cepet en hemat elpiji.

    api harus sampai mendidih. #lo udah larut semua gulanya baru masukkan

    sisa airnya.

    rus biarin dingin sampe suhu ruangan. 26;- > derajat selsius3 lalu masukkan

    raginya.

    utup dengan plastic wrap dan kasi lubang kecil pakai tusuk gigi. Satu lubang

    aja cukup. (anya utk keluarnya &/5 yang dihasilkan ragi.

    'eply

    5>.

     &nonmousFebruary :C, 5>: at 84>: AM

    gan, ngomong5 cari pipa bwt distilasi dmn yaa,,,susah gan,,,

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SFebruary :C, 5>: at 84

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    15/72

     pake selang, rebus dulu selangnya pakai api kecil selama minimum > menit

    supaya bau plastiknya hilang..

    'eply

    5:.

     +ohanes SulaimanFebruary 5>, 5>: at C4< AM

    mas bro..

    saya tertarik ttg cara pembuatan bir.

     bisa jelaskan lebih jauh?

     bahan5 apa saja? dan setelah direbus sepertinya tidak perlu sampai disuling kan?

    terima kasih sebelumnya.

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SFebruary 5>, 5>: at C45 0M

    &ara pembuatan bir bisa dilihat dengan klik di label $!'.

    )ntuk bahan bahan juga terinci disitu brother..

    )ntuk bir, tidak disuling..

    5.

     +ohanes SulaimanFebruary 5:, 5>: at C45: AM

    maksudnya klik cari di google gtu mas?

     penjelasannya ga lengkap.. lagian bahan yg mereka jelaskan itu tdk tersedia di

    sini ..

    oh ya [email protected] itu apa yg di keprok bisa membesar bungkusannya?...apa itu

    sama dengan fremipan juga.?

    trims..

    .

    https://www.blogger.com/profile/01710666469849874771http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361374507782#c3727486035259908312https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361416980278#c8257258640669197472https://www.blogger.com/profile/01710666469849874771http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361460105038#c7998075113562646383https://www.blogger.com/profile/01710666469849874771http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361374507782#c3727486035259908312https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361416980278#c8257258640669197472https://www.blogger.com/profile/01710666469849874771http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361460105038#c7998075113562646383

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    16/72

     &'(R)&SFebruary 5:, 5>: at 848 0M

    (ehehehe.. bukan di google Mas +o.. di sini nih..

    http4;;troydaunan.blogspot.com;5>:5;>;minum-bir-bukan-hal-yang-aneh.html

    itu ada section khusus proses pembuatan bir.

    Mas +o, [email protected] itu apa ya? kok saya belum pernah denger..

    8.

     +ohanes SulaimanFebruary 55, 5>: at 54:B AM

    ini lho mas.. coba liat di @ideo nya

    http4;;www.youtube.com;[email protected]/AEFfsjgs di detik 2>.

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    17/72

    atau jenis lain? namanya apa?

    trims..

    C.

     +ohanes SulaimanFebruary 5, 5>: at 48 0M

    +adi...sepertinya tidak mungkin bagi kita utk membuat bir sendiri dirumah ya

    mas?...kendalanya kalau mau mencoba mengolah birr dirumah...adalah soal"mana bisa mendapatkan gandumnya ituI??II 43

    https://www.blogger.com/profile/01710666469849874771http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361669514213#c4387157184095824270https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361724211240#c3917895279480422190https://www.blogger.com/profile/01710666469849874771http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361860460039#c5401314192438402053https://www.blogger.com/profile/01710666469849874771http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361669514213#c4387157184095824270https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361724211240#c3917895279480422190https://www.blogger.com/profile/01710666469849874771http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361860460039#c5401314192438402053

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    18/72

    :>.

     &'(R)&SFebruary 5, 5>: at :54 AM

    Siapa bilang tidak bisa... 4"

    $iasa aja.. /rang !ndonesia kan panjang akalnya..

    $eli gandum mentah biasa yang butiran, itu masih banyak yang jual.

    #emudian ekstrak sari gandumnya supaya dapat rasa-nya.

    )ntuk alkoholnya, tambahkan gula saat merebus..

    Ane udah pernah coba bikin hasilnya dapet nilai A6...

    hehehe.....

    +angan menyerah bro.. coba dulu..

    'eply

    55.

     &nonmousFebruary 5:, 5>: at 4> AM

    maap gan ,saya mau tny lagi cK saya agk kurang jelas..

    inti dr langkah pertama itu adalah merebus gula;beras;ketan dengan air sampai

    mendidih trus di dinginkan sampai suhu ruangan lalu di di campur dengan fremipan gty?

    klo bnr,hasil dr perebusan tersebut di dinginkan sampai suhu ruangan lalu di masukan

    ke botol yg di tutup ya?apakah tmpt penampungan hasil rebusan tersebut

    mempengaruhi rasa dr hasil frementasinya?

    rsa apa yg terasa dr hasil fermentasi tersebut apakah tawar tapi beralkohol?

    n pertanyaan terakhir apaka proses infuse itu yg membuatnya jdi berabau n berasa ya?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SFebruary 5:, 5>: at 4>D 0M

    #ayaknya anda agak tercampur antara proses $!' dan S0!'! 2minuman

    dengan kadar alkohol tinggi3.

    Supaya tidak salah proses, saya jabarkan di sini ya..

    #alau untuk bikin $!'4

    https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361867616599#c5005313266092009767http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361446228525#c584359928866029771https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361498940355#c8065727815043999053https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361867616599#c5005313266092009767http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361446228525#c584359928866029771https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361498940355#c8065727815043999053

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    19/72

    :. gulanya diambil dari jenis gandum atau beras.

    0roses ekstraknya dikisaran suhu >-B> derajat saja. 0rosesnya sekitar >

    menit. )ntuk Ektraksi maksimal, disarankan gandum atau berasnya dipecah

    agak kasar. +angan sampai jadi tepung.

    5. Setelah itu, disaring, dipisahkan antara gandum dan sarinya, kemudian

     barulah direbus hingga mendidih sambil mencampur bumbu yang diinginkan.Masukkan bumbu saat mulai mendidih. didihkan selama > menit.

    $umbu yang sering saya pakai 2untuk 5> liter $!'34

    #ulit +eruk dari buah jeruk.

    #etumbar - :>gram

    Nanili - :;8 sendok teh atau kurang. 2sekitar : gram3

    . "inginkan ke suhu ruangan, lalu masukkan ke botol, kasi ragi, tutup dengan

     plastik dan dikareti, kasi : lubang pakai tusuk gigi, diamkan di suhu ruangan

    sekitar :> jam supaya raginya bekerja dengan maksimal.

    *alu pindahkan ke kulkas yang settingan suhunya 6;- ;8.

    Maksudnya begini4 setelan dingin kulkas kan ada M!% dan MAO, setel kira

    kira ;8 mendekati MAO.8. Setelah hari ke coba diicip. Seharusnya alkohol sudah mulai terasa.

    simpan terus sampai ragi mengendap seluruhnya dan bir jadi sedikit bening

    2Sekitar :> hari3.

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    20/72

    5.

     +ohanes SulaimanFebruary 55, 5>: at > AM

    melanjutkan penjelasan mas andreas ada yg ingin saya tanyakan disini..

    . boleh tau rinciannya..? berapa byk gandum; beras dalam jumlah air berapa

    dan jumlah ragi berapa byk utk membuat bir? dan knp harus dimasak >-B>=

    saja. ga sampai mendidih donk?

     jadi tanpa gula sama sekali ya?

    trims

    .

     &'(R)&SFebruary 55, 5>: at 4-5 liter air, pakai sekitar :>gram saja

    sudah lebih dari cukup.

    #enapa dimasak di suhu >-B> supaya gandumnya tidak menjadi bubur.

    Mendidihnya nanti setelah gandum selesai dikeluarkan..

    8.

     &'(R)&SFebruary 55, 5>: at 4

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    21/72

    :.

     &'(R)&SFebruary 5: at D4:C AM

    Monggo... silahkan dicoba..

    #alau perlu konsultasi, langsung aja ditanyakan di sini..

    Free of &harge... hehehe...

    'eply

    58.

     &nonmousFebruary 5, 5>: at :54 0M

    nyoba air gula campur fermipan kok jadi rada bau tape ya?

     belom di minum sih... baru berjalan hari...

    kira5 sampe berapa lama ya fermentasinya?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SFebruary 5, 5>: at hari..

    'eply

    5: at :545< AM

    https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361812647130#c1396222485595802921http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361910995759#c2889068017795889553https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361929374114#c8716189637284463424http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361953527122#c5411206283480457857https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361812647130#c1396222485595802921http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361910995759#c2889068017795889553https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361929374114#c8716189637284463424http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361953527122#c5411206283480457857

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    22/72

    Mantab bro artikelnya, wa suka banget ama wawasan kek beginian, apalagi di tempat

    saya org chinese, termasuk saya menyukai minuman bermerek,seperti jack

    daniel,jhony walker, ama bir. #lo gitu wa boleh reJuest bahan dan pembuatan

    minuman bermerek gak gan. 0engen coba neh, sekalian usaha tar. akkaka. #lo

    emang tujuan tercapai ntar bro dapat komisi dah.

    'eply

    5.

     &'(R)&SFebruary 5C, 5>: at 4>5 AM

    (ahaha.... komisi ni yee....

    #alo resep minuman bermerek mah itu rahasia perusahaan masing masing..Ada yang pakai kayu /ak untuk warna dan rasa, seperti +ohnny alker.

    Ada yang menyaring alkoholnya pakai arang aktif 2sempet liat di "[email protected] &hannel3

    Ada yang pakai rempah rempah, ada yang pakai buah.. banyak deh.

    "ari sekian kali percobaan, gw baru berhasil niru cointreau.

    (anya dengan distilasi kg gula 6 5> liter air dan :=. Simpan di botol kaca

    selama : bulan sambil dikasi kulit jeruk dari :;5 butir jeruk.... Eureka... dapet deh

    liter cointreau.. 43

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SFebruary 5C, 5>: at 4:: AM

    0ernah coba bikin pakai bahan kelapa muda.

    #arena pendinginan kurang bagus, jadinya asem.erus nyoba lagi baru berhasil.

    resepnya4

    butir kelapa muda, diambil airnya dan daging kelapanya.

    "aging kelapanya diblender, sisihkan.

    'ebus air kelapa dengan : kilo gula.

    Setelah mendidih, tambahkan air sehingga totalnya jadi 5> liter.

    Setelah matang, dinginkan lalu campurkan blenderan kelapanya.

    !ngat4 blenderan kelapa jangan direbus. ntar hasilnya jadi kental seperti

    minyak.

    masukin ragi dan fermentasikan di kulkas selama C-:> hari.

    #alau sudah jadi, saring pake kain tipis.(asilnya wangi banget dengan kadar alkohol sekitar :>=...

    https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361973774424#c1398166457327386613https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361974309354#c6350444648850968628https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361973774424#c1398166457327386613https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1361974309354#c6350444648850968628

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    23/72

    'eply

    5C.

    aja safelineMarch :, 5>: at 4:B AM

     pengen coba pake air kelapa ah.......cma ane g ngerti ni gan....Setelah mendidih,

    tambahkan air sehingga totalnya jadi 5> liter.

    Setelah matang, dinginkan .apakah air yang 5>liter ikut direbus dengan hasil rebusan

    air kelapa?kalo cuma dicampurkan aja tanpa direbus gpp.....mohon penjelaannya

    gan.....?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SMarch :, 5>: at 4>8 AM

    Hunakan aJua aja, supaya hemat elpiji.

    kalau mau merebus air 5> liter sih ya silahkan aja.. cuma kan boros.. 43(arap diingat, bahwa hasil akhirnya adalah low alkohol ya.. jadi jangan

    disuling. kalau disuling, akhirnya jadi alkohol biasa. aroma dan rasa kelapanya

    hilang.

    5.

     &'(R)&SMarch :, 5>: at 4>B AM

    !ngat, jangan menggunakan air matang yang sudah berumur lebih dari 5- jam

    di suhu ruangan dalam kondisi tidak tertutup. %anti bisa asem.

    #arena kalau sudah terpapar udara ; oksigen terlalu lama, maka bakteri akan

    mudah masuk.

    $ila menggunakan aJua, saat proses produksi, semaksimal mungkin galon

    aJuanya ditutup.

    'agi sangat sensitif terhadap kehadiran bakteri.

    .

    https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362136712616#c8462442369592630797https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362146640809#c642837745492634545https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362146898471#c8372737959727290593https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362136712616#c8462442369592630797https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362146640809#c642837745492634545https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362146898471#c8372737959727290593

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    24/72

    aja safelineMarch :D, 5>: at C4: at B4:< 0M

    haha... terhitung gagal kalo untuk yang tidak disuling.

    tapi jangan dibuang. lanjutin aja terus sampai selesai fermentasi. setelah itu

    disuling..

    yang sudah ada di dalam galon, biarin aja apa adanya.nanti saat mau disuling, ambil airnya aja, trus disuling.

    dari total : galon 2kalo penuh3 dapetnya sekitar 5- liter maks 2kalo mau

    alkohol diatas =

    tampung pakai gelas atau mangkok.

    usahakan setiap panci baru disuling, setelah gelas pertama, di icip hasil

    sulingan yg keluar dari selang ; pipa, pakai sendok. kalo udah hambar hentikan

     penyulingan dan ganti dengan yang baru. supaya kadar akhir alkohol tidak jadi

    terlalu rendah.

     biasanya sekitar :;5 panci tersuling, udah bisa dibuang sisanya.

    'eply

    https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363705043540#c8162205422929875940https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363738932652#c7047313243575657665https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363745471628#c8429470968519425227https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363749328820#c6499867913237827269https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363705043540#c8162205422929875940https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363738932652#c7047313243575657665https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363745471628#c8429470968519425227https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363749328820#c6499867913237827269

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    25/72

    5B.

     &nonmousMarch , 5>: at D4>B AM

    mau nanya nih $os., mana yang lbh bagus hasilnya waktu proses fermentasi pake

    wadah yg tertutup rapat;panci presto,atau pake galon aJua yg diberi sedikit lubang

    diatasnya.?

    'eply

    5D.

     &'(R)&SMarch , 5>: at 8455 0M

    Saya sarankan pake galon aJua. karena bahan penampungnya tidak akan

    mempengaruhi rasa produk.

    #alo panci presto, saya gak yakin bahannya. bisa bisa pengaruh ke rasa dan aroma.

    #alo bisa dapet presto yang asli stainless, bisa dipake. Malah disarankan sekali bila

    yang akan dibuat adalah bir..

    #arena dengan begitu, kita gak perlu masukin es kering utk karbobasi. &ukup dengan

    menahan &/5-nya si ragi supaya gak keluar, kita sudah dapet bir 6 karbonasi.

    ang perlu diperhatikan adalah tekanan. Masalahnya presto gak punya pengukurtekanan.

    #alo terlalu tinggi [email protected] karbonasinya juga gak enak minumnya.. 43

    'eply

    'eplies

    :.

     &nonmousMarch , 5>: at ::48> 0M

    oke thanks bos.,oh ya mana yg kbh tinggi kadar gulanya antara apel sm sawo

     bos.?

    5.

     &'(R)&SMarch , 5>: at :4:> AM

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362330495224#c1850458504397606425https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362356532988#c4598574562186132285http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362382844668#c4487469362044631340https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362561059386#c4143992168966379989http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362330495224#c1850458504397606425https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362356532988#c4598574562186132285http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362382844668#c4487469362044631340https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362561059386#c4143992168966379989

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    26/72

    #ayaknya sawo deh.. lebih manis soalnya.. 43

    'eply

    >.

     &nonmousMarch 8, 5>: at B4:C AM

    mau tny nih lagi nih,saya baca1 di blog1 nya org n liat dr youtube mengenai cara

    membuat makkoli nah itu makkoli termasuk spirit ato beer?

    misal klo mau mbikin nya pke bahan beras nya :;5kg trusfremipant nya :>>g cukup g

     boK? kira1 ntar jadi nya kadar alkohol brp yah?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SMarch , 5>: at :458 AM

    $aru denger ttg makkoli.. sesuai info yg saya dapet si katanya masuk golonganwine, rice wine.. tapi ada yg bilang juga liJuor..

    #alo hanya dengan :;5 kilo beras, alkoholnya pasti rendah, paling sekitar :-

    5= aja tergantung @olume air.

    tambahin gula aja, supaya jadi alkoholnya banyak..

    fermipan :>> gr kebanyakan bro.. gram aja cukup. paling banyak juga

    :: at 848 AM

    ditambahin gula?mksd nya nasi yg uda di ratain dgn fermipan trus di tambahin

    gula pasir gt??mo tny fermipan ; ragi roti itu kan ada 5 jenis yg kering n yg

     basah.. klo mau membuat makkoli itu pke g ragi basah kan?pinacle itu ragi

     basah kan??

    'eply

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362413863606#c4030865738743849102https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362561851512#c1844896732350098230http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362660362608#c2905208073967178942http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362413863606#c4030865738743849102https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362561851512#c1844896732350098230http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362660362608#c2905208073967178942

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    27/72

    :.

     &nonmousMarch D, 5>: at ::48D AM

    mao nanya $os., bisa nggak alkohol hasil dr destilasi dicampurkan sm hasil yg sdh

    difermentasi2brewing3.? maksudnya saya ingin bikin jus buah yg difermentasi tp

    kadar alkoholnya agak tinggi. bisa gak $os.?

    'eply

    5.

     &nonmousMarch D, 5>: at 4: 0M

    nyoba bikin kilju, gula6air6ragi

    tapi hasilnya malah kaya syrup gitu rada kentel tapi fermentasi udah selesai

    coba di minum hasinya setenguk kerasa asam tapi berasa alkoholnya itu asamnya dari

    mana ya? apakah ini batch gagal?

    'eply

    .

     &'(R)&SMarch D, 5>: at : at ::4>C 0M

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362858552891#c3304132773489166439http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362871915652#c8885683616527345468https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362879250807#c2059023380273437354http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362899266740#c3980944595489375215http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362858552891#c3304132773489166439http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362871915652#c8885683616527345468https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362879250807#c2059023380273437354http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1362899266740#c3980944595489375215

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    28/72

    thank banget $os.

    'eply

    8.

     &nonmousMarch :, 5>: at :>4:: AM

    mo nanya nih $os., bisa nggak hasil brewing kt tambahin gula 6 masak 6 fermentasi

    lg.? atau hasil brewing kita tambahin air gula yg sdh dimasak trus difermentasi lg.?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SMarch :, 5>: at D45D 0M

    #alau sebelum proses fermentasi, bisa.

    api kalau sudah fermentasi trus dimasak lagi, tidak bisa. karena akoholnya

    akan rusak.

    5.

     &nonmousMarch :8, 5>: at D4: AM

    /ke $os., tp kl nggak dimasak lg gmn, bs nggak.,? maksudnya hasil brewing

    ditambahin air gula yg sdh dimasak, trus difermentasi lg.,alkohol yg ada

    dihasil brewing pertama td bs rusak nggak.?

    .

     &'(R)&SMarch :8, 5>: at

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    29/72

    kadar alkoholnya, ragi akan mati.

    Sesuai pengalaman saya, sampai dengan batas sekitar := alkohol, ragi

    fermipan akan mati.

    'eply

    : at B45> 0M

    -Mau tanya gan seandainya dari APua masuk gula di tambah ragi tanpa perebusan

    gimana hasilnya ..?

    -perebusan di lakukan setelah hasil akhir apa mempengaruhi kwalitasnya ?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SMarch :B, 5>: at :>48 0M

    +angan dilakukan. prosesnya terbalik.

    east akan mati..

    'eply

    .

     &nonmousMarch 5>, 5>: at B4> AM

    mo tny klo misal dlm pembuatan fermentasi gini ragi nya kurang gmn?misal gula yg

    di pke tidak tau pasti berapa kg otomatis akan kira1 juga kan takaran ragi yg di

    campuran.... apakah bila ragi kurang takaran nya masi bisa jdi??

    'eply

    'eplies

    :.

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363576801431#c2512945242411569566https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363671984304#c1223266432935711161http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363791986951#c8008298212322263431http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363576801431#c2512945242411569566https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363671984304#c1223266432935711161http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363791986951#c8008298212322263431

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    30/72

     &'(R)&SMarch 5:, 5>: at :54: at 548 AM

    lanjutan dr pertanyaan saya sebelum nya,saya mulai fermentasi hari mgu saya

    cek hari ini uda lumayan banyak buih nya n berbau asem1 kyk nasi basi gt...

    kira1 itu jdi apa g ya? klo misal bsk saya saring uda bisa di minum g yah?

    .

     &'(R)&SMarch 5:, 5>: at 4: AM

    kayaknya gak dimasukkan ke kulkas ya?

    kalau udah terlanjur basi, jangan dibuang. biarkan saja sampai fermentasi

    selesai, lanjut dengan proses penyulingan..

     jangan diminum dalam kondisi seperti sekarang. pasti sakit perut..

    8.

     &nonmousMarch 5:, 5>: at D45 AM

    aduh kyk nya salah ragi nya nih Q

    saya pke ragi basah , bahan nya saya pke nasi

    wah kyk nya gagal total dah LL

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    31/72

    C.

     &nonmousMarch 5:, 5>: at D48C AM

    Sob gw dah coba udh berjalan C hari saya coba kok rasanya pait ya padahal gula

     banyak air < liter gula :;5 kilo airnya berubah jadi agak kuning itu gagal apa berhasil

    sob tenk..

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SMarch 5:, 5>: at :>45 AM

    agak kuning itu dapet dari raginya. kalo pahit.. hmm.. kok belum pernah

    terjadi ya.. selain ragi, dimasukin apa lagi?

    'eply

    B.

     &nonmousMarch 5:, 5>: at :>48: AM

    ang saya pakai aJua,bibit ragi sama gula itu saja rasa manisnya ilang pait1 tawar gitu

    tp aroma tapenya tajem betul

    'eply

    D.

     ste-eMarch 5, 5>: at 488 0M

    saya mau tanya, klo masukin raginya selagi air gulanya masih panas;hangat boleh

    gak? klo air terlalu panas apa ragi bisa mati? thG

    'eply

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363884467512#c8210097777486659655https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363886809297#c116188184466671313http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363887681552#c860337498895605932https://www.blogger.com/profile/03669395121830318792http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364089450516#c8682005470615392625http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363884467512#c8210097777486659655https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363886809297#c116188184466671313http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1363887681552#c860337498895605932https://www.blogger.com/profile/03669395121830318792http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364089450516#c8682005470615392625

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    32/72

    8>.

     ste-eMarch 5, 5>: at 4: at D45> 0M

     prinsipnya, ragi boleh masuk di suhu maksimal suhu ruangan, atu makaimal

    >derajat.

    : hari disuhu ruangan masih bisa, hanya saja harus tetap diperhatikan.. karena beda

    daerah beda suhu dan tingkat kontaminasinya..

    'eply

    85.

     ste-eMarch 5, 5>: at :>4>5 0M

    hG bro

    'eply

    8.

     ste-eMarch 5, 5>: at D48D 0M

    $ro mau tanya, bedanya ethanol absolute, ethanol teknis sama food grade? klo abolute

     bisa di konsumsi jugakan ya?

    'eply

    https://www.blogger.com/profile/03669395121830318792http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364089940281#c122677475238954166https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364098859337#c8457307819107660580https://www.blogger.com/profile/03669395121830318792http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364101364559#c811527268750956866https://www.blogger.com/profile/03669395121830318792http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364359746250#c3845860500788151749https://www.blogger.com/profile/03669395121830318792http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364089940281#c122677475238954166https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364098859337#c8457307819107660580https://www.blogger.com/profile/03669395121830318792http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364101364559#c811527268750956866https://www.blogger.com/profile/03669395121830318792http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364359746250#c3845860500788151749

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    33/72

    88.

    Stefann ungMarch 5C, 5>: at B4

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    34/72

    satu lagi mas ketinggalan hehehehe

    kan diatas mas ada jelaskan karena pendinginnya kurang bagus jadinya asem

     pertanyaan4

    :. harus berapa ya suhu kulkasnya??5. terkadang suhu kulkas suka ga stabil karena sering dibuka ; banyaknya barang yang

    masuk kedalam kulkas 2 anak kos pada sumpel makanan banyakk -QQQ-3

    ada solusi mas? thG 43

    'eply

    8.

     &'(R)&SMarch 5C, 5>: at 845> 0M

     bro [email protected],

    Etanol absolut itu maksudnya Etanol murni. biasanya mendekati :>>=.

    kalau Etanol teknis itu maksudnya Etanol yang dipakai di *ab. umumnya kisarannya

    sekitar C>= aja.

    sedangkan masalah food grade, itu adalah suatu kondisi dimana etanol itu dianggap

    layak konsumsi atau tidak. karena etanol juga ada yg dibuat utk fungsi yg tdk ada

    kaitannya dengan makanan. disini prosesnya sering tidak steril. misalnya4 pancinyakotor atau gak pernah dicuci.

    kalo yg food grade, berarti pembuatannya sudah pasti sgn rujuan utk dikonsumsi.

    sehingga kebersihan saat proses pembuatan akan dijaga.

    [email protected] food grade ini ditentukan oleh $0/M.

    'eply

    8C.

     &'(R)&SMarch 5C, 5>: at 84 0M

    sista Stef..

     pertanyaanya buanyak amaaaaat.. wkkkk....

    to ga papa.. no problem..

    :. untuk daging kelapa, dicincang juga boleh. sama saja..

    5. setelah mendidih, mau diaduk juga tidak masalah.

    . kalo ragi murah paling ya fermipan.. na kalo masalah jumlahnya, biasanya saya

     paka pack utk 5>liter air dan kg gula.

    8. kalau bisa pakai btl kaca. klo panci ga stainless takutnya pengaruh ke rasa.

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    35/72

    kainnya.

    . suhu ideal sih kisaran :>-< derajat sih.. tapi kalo naik ke :< derajat, masih bisa. asal

     panci or botol jgn sampe gak sengaja terbuka.. kalo ini sih solusinya cuma satu..

     pengatur suhu kudu di set ke maG... ato....... beli kulkas sendiri... hahahaha.....

    2smoga bermanfaat sista....3

    'eply

    'eplies

    :.

    Stefann ungMarch 5D, 5>: at : at ::4

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    36/72

    thG for reply mas Andreas ahahha banyak yaaa jadi maluu ", saya ada coba

    konsultasiin ke dosen pembimbing saya mengenai rasanya

    nah saya mw tanya nih mas untuk rasa kira1 yang dari air kelapa ini hampir sama ga

    seperti minuman merk coconut malibu? sejenis rhum gitu mas

    untuk pembuatan yang seperti cointreau yang sudah pernah mas coba

    1(anya dengan distilasi kg gula 6 5> liter air dan :=. Simpan di botol kaca

    selama : bulan sambil dikasi kulit jeruk dari :;5 butir jeruk1

    alatnya bisa ga mas bikin sendiri tapi ga pake panci prestooo, ak ga ada 42

    thanksss mass

    'eply

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    37/72

    :.

    Stefann ungMarch 5D, 5>: at 84: at B4:: AM

    Stef,

    kalo yg sy buat, rasanya kayak cointreau juga tapi ga ada bau jeruknya. manis,

     beralkohol, smooth.. jauh dong sama tuak.. beda banget..

    #alo pake kelapa tua sy belum pernah coba..

    Himana kalo anda yg coba.. 4p ntar sharing hasilnya yaa... hahaha....

    utk bikin wine, diganti dgn anggur hijau dan kasi gula dan ragi bisa aja.. nanti jadinya

    white wine..dan pasti lebih cepat. karena teman anda menggunakan bakteri alami yg ada di dlm

    cairan dan anggur yg dia pakai..

    'eply

    'eplies

    :.

    https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364558093503#c3224612308146905253https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364569886003#c2913184545353096693https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364558093503#c3224612308146905253https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364569886003#c2913184545353096693

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    38/72

    Stefann ungMarch 5D, 5>: at :>4:: 0M

    his comment has been [email protected] by the author.

    5.

    Stefann ungApril :, 5>: at :485 AM

    kalo tuak rasanya seperti apa mas?? maklum sy ga pernah minum tuak.. kata

    dosen kalo liJuer dari air kelapa tersebut mirip tuak saya ga bisa ngajuin itu

    untuk tugas akhir saya. 43 sekarang saya udah beli bahan untuk cobain

     pembuatan cointreau dulu sih mas hehe tinggal nyoba nih takut salah tapi..

    tolong di check mas dari yang saya tangkap cara pembuatannya 4untuk liJuer kelapa4

    :. gula6air kelapa direbus dinginkan tambah air sampe jd 5>lt

    5. masukin daging kelapa sama ragi ke botol kaca

    . tutup rapat masukin ke kulkas diemin C-:>hr 

    8. saring langsung siap minum

    lt

    5. tambah ragi di panci diaduk 

    . tutup panci pake plastik wrap bolongin pake tusuk gigi : bolongan, diamkandi ruang terbuka selama 5 mgg untuk fermentasi.

    8. setelah di fermentasi langsung dipindahkan ke panci presto untuk disuling

    dengan api kecil, 2 kalo mw lebih baik ambil sulingan < gelas pertama3

    : at 5485 AM

    https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364620265046#c3315544318883151882https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364805749074#c8215731237802839640https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364809339613#c4612791345976866004https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364620265046#c3315544318883151882https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364805749074#c8215731237802839640https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364809339613#c4612791345976866004

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    39/72

    "engan Senang (ati.. %o 0roblem..

    Saya jamin rasanya tidak akan sama dengan uak. jauh banget..

    #alo pakai contoh sekolahan, uak itu S" sedangkan dari air kelapa ini udah S:.. 4"

    &ara fermentasi tuak adalah dengan menggunakan jamur alami, sehingga sudah pasti

    tercampur dengan bakteri yang ada di jamur tersebut. !ni yang membuat tuak rasanya

    agak asem dan baunya keras sekali.#alau menggunakan fermipan, baunya akan sangat soft dan wangi.

    )ntuk pembuatan *iJuer kelapa sudah benar. 0enyimpanan di kulkas.

    +angan lupa, saat fermentasi dengan menggunakan botol, mulut botolnya tutup pakai

     plastic wrap juga dan dikasi bolongan.

    +angan tutup pakai tutup botolnya supaya tidak meledak kena tekanan fermentasi ragi.

    )ntuk pembuatan &ointreau4

    yang nomor 8 itu tidak mutlak maksimumnya < gelas. saat penyulingan, sambil diicip

    aja. #alau udah mulai hambar, hentikan penyulingan. Saat sisa air di panci

     penyulingan dibuka, baunya mirip cuka.

    #ulit jeruknya yg fresh aja.. saya pake ponkam atau sejenis.. sunkist juga boleh..

    Saat infuse diruangan terbuka juga bisa, botolnya ditutup rapat ya, kalo gak

    alkoholnya menguap.

    saya sarankan, saat penyulingan dan setelah produknya jadi, mbak Stef icip meski

    hanya seujung sendok teh, jadi anda tau rasanya. +angan khawatir mabuk.. itu juga

     bagian dari proses pembuatannya.. hahaha...

    Emang kapan skripsinya?

    'eply

    'eplies

    :.

    Stefann ungApril :, 5>: at D4:: AM

    malam mas,saya sih sudah bisa mengajukan judul skripsi mas secepatnya

    supaya ga ad yang sama,nasib baik saya buka blog mas andreas, kalo ga saya

    ud pake tutup botol dan ga kebayang gimana kulkas ibu kos saya

    hahahahahahah, kebetulan saya sudah buat sih mas jamD tadi jadi untuk liJuer

    kelapanya, tapi saya ga chop halus.. saya chop kasar mas.. dan dari resep yang

    sudah mas kasih saya bagi8 semua untuk takarannya..

    nah kemungkinan besok saya mau nyobain yang buat cointreau, cuma emang

    lagi bermasalah di pipa nya mas untuk atas presto, 42

    https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364832697877#c1453528238386755385https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364832697877#c1453528238386755385

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    40/72

    nah mas untuk yang @ersi kelapa, saya harus mencari minuman yang udah

     beredar dipasaran yang mirip dengan minuman cointreau rasa kelapa ini, kira1

    mas andreas tau ga minuman merk apa yang kira1 mengacu pada minuman

    kelapa ini? soalnya saya harus beli jg mas yg aslinya -QQQ-

    thGG mass klo bs bales cpt enak nih saya mau share foto yang ud saya buattadii

    5.

    Stefann ungApril :, 5>: at ::4>5 AM

    ntuk pembuatan &ointreau4

    :.mas saat fermentasi beneran 5mgg ditaro dipanci ditutup?; digalon aJua

    yang ak tutup pake plastik tutup botolnya dan bolongin pake tusuk gigi?

    5. abis nyuling kan baunya kan mirip cuka tuh mas, baunya berbekas ga di

     panci prestonya? masalahnya itu pny mamanya temen sayaa hahaha bole

    minjem 9p

    'eply

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    41/72

    Stefann ungApril :, 5>: at :>4:5 0M

    selang airrr mass??

    untuk klpa4

    :. oh lebih mirip kemana nih mas liJueur bols coconut atau de kuyper coconut?

    5. minimal Chari sudah bisa saya ujikan kepada dosen mas?;lebih lama lebih baik?

    untuk cointreau4

    :. di panci mana aja boleh mas; harus di panci presto saat fermentasi?

    5. kira1 pas infuse efektifnya berapa lama mas? lama waktu terbaik dan lama waktu

    minimal sudah bisa diminum?

    makasih mass 43

    'eply

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    42/72

    terbuka? gini mas soalnya setelah saya nanya1 ke seluruh dosen [email protected]

    rata1 kurang demen sm coconut bols kan sulit untuk diminum straight dan

     jarang disajikan straight mas,disebabkan aromanya yg kurang diminati.

    untuk percobaan yang sedang saya buat ini kira1 mas nih sebagai yg ud jagoo

    doyan yang mana mas bols;buatan homemade ini? dan bs ga disajikan

    straight?

    thG atas bantuannya mass 43

    5.

     &'(R)&SApril 5, 5>: at 4> 0M

    #alo saya sarankan, tunggu sampai fermentasi bener5 kelar, simpan sekitar -8 hari dalam keadaan tertutup rapat di kulkas.. baru enak. Sajikan dingin.

    #alo saya lebih suka straight on the rock 2pake es batu3.. dibandingkan dengan

     bols coconut asli, yg homemade ini baunya lebih soft.. Asal kita tidak masukin

    kelapanya terlalu banyak.

    #alo udah jadi cocktail, ciri coconutnya tercampur dengan yang lain jadi gak

    terasa..

    'eply

    : at B458 AM

    mas satu lagi 43

    saya ada search ternyata minuman bols coconut terbagi lagi menjadi < jenis ya mas?

    : +une $ug

    5 #ey est &ooler

    *ights of ([email protected] Hadfly

    < ropical &ream

    diantara < ini mana yg lebih mirip mas sm yg sekarang sedang saya buat? mau nitip

    tante beli di duty freee heheheheh

    'eply

    'eplies

    https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364952608330#c8376210038702666125https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364916273583#c2264435378536858558https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364952608330#c8376210038702666125https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1364916273583#c2264435378536858558

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    43/72

    :.

     &'(R)&SApril 5, 5>: at 48B 0M

    #alau yg anda sebut di atas itu cocktailnya mbak Stef..

    yg saya inget +une $ug.. campuran dari jenis bols. Melon, $anana dan

    coconut 6 beberapa juices.

    kalo yg sedang anda buat itu bols coconut liJueur-nya.

    http4;;www.bols.com;products;bols-coconut;

    'eply

    : at 45> AM

    ohh gituu , iya deh mass sorry tuh ga ngerti bgt akuuuu 42, hari ini fermentasi ud

     berjalan ke hari mas , nanti kalo udah bener1 jadi rasanya manis dan ga ada asem kan

    mas??

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril , 5>: at 4 AM

    (ehehe.. gak pa pa Sist.. kita sama sama belajar kok..

    #alu diskusi gini kan ilmu kita sama sama nambah.. 43saya juga jadi tau klo coconut liJueur ternyata kurang disuka karena

    aromanya.. 4"

    kalau masalah rasa final produk, selama tidak terjadi kontaminasi bakteri, pasti

    tidak asem..

    #alau masalah manisnya, itu bisa ada bisa tidak. terganting tingkat

    fermentasinya..

    logikanya begini4

    ragi mampu menghasilkan :

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    44/72

    diperlukan 5kg gula.

     %ah, pas bikin, ternyata anda masukkan kilo gula.. jadi yg sekilo pasti gak

    terurai jadi alkohol.. tetep gula..

    sehingga hasil akhirnya pasti ada manisnya.

     %amun ini hanya berlaku untuk yang tidak disuling lho ya.. kalo disuling,

    manisnya akan hilang.

    untuk produk yang disuling, kalo mau ada manisnya, tambahkan simple syrup

    2gula cair3 aja setelah proses penyulingan.. 43

    $egitu ceritanya Sist..

    'eply

    >.

    edi guitaraApril , 5>: at B4 AM

    malam $os.,liat obrolan $os sm mbak Stefanny diatas, jd kl kg gula 6 5> liter air itu

    difermantasi cm sktr 5 kg aja gulanya yg terurai jd alkohol,smntr yg : kg nya tdk.,? kl

    misalnya waktu proses fermentasinya diperpanjang lg, apakah yg sekilonya lg bs

    terurai jd alkohol..? Apa proses destilasi dpt mengurai semua gula yag ada di brewing

     jd alkohol $os..? Soryy $os saya jd bingung.

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril 8, 5>: at B45 0M

    0agi Mas Edi..itu hanya sebagai contoh aja mas.. 43

    saya sih belum pernah menghitung berapa tepatnya.

     %amun, dari beberapa kali produksi dengan gula kg ; 5> liter air, masih

    tersisa sedikit manis.. jadi pas diminum jadi nikmat.. 2soalnya saya suka yg

    ada manisnya3

    Masalah proses fermentasi, tidak dapat diperpanjang selama kita

    menggunakan jenis ragi yang sama..

     jadi, intinya, proses fermentasi terhenti karena dua hal berikut4

    :. karena kandungan gula sudah habis

    5. karena kandungan alkohol sudah terlalu tinggi untuk raginya. pada tahap iniragi akan mati.

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365003191872#c4561998507201506490https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365132400638#c2238141455615654213http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365003191872#c4561998507201506490https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365132400638#c2238141455615654213

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    45/72

     pada dua tahap di atas, proses fermentasi tidak dapat diperpanjang.

    Sedangkan pada tahap distilasi, sisa gula tidak akan diurai lagi, melainkan

    ditinggal atau dibuang

     proses distilasi hanya memadatkan kandungan alkohol dengan caramengeluarkan kandungan airnya.

    Semoga tidak bingung lagi.. hehehe... 43

    5.

    edi guitaraApril C, 5>: at C4: 0M

    hanks $os.,he..he..he..

    'eply

    :.

    Stefann ungApril 8, 5>: at 5458 AM

    wah makasih ya masss, hehehe nanti hari selasa itu : minggu sudah mas, kira1 hari ke

     berapa saya bisa buka untuk disaring dan dicobain ya mas? hari ke :> ; :5 baiknya?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril 8, 5>: at B45C 0M

    Sebaiknya ditunggu sampai proses fermentasi benar5 selesai dan seluruh ragi

    mengendap. kalo saya, biasanya saya tunggu sampai hasil fermentasi jadi

     bening.. 43

    'eply

    5.

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365387380439#c8693369069794577716https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365067459945#c5226157580537092334https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365132467495#c8552891950524530508http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365387380439#c8693369069794577716https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365067459945#c5226157580537092334https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365132467495#c8552891950524530508

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    46/72

    edi guitaraApril C, 5>: at C4:B 0M

    hanks $os.,he..he...he..

    'eply

    .

    edi guitaraApril B, 5>: at :>4:< AM

    Malam $os, mau tny lg nih, tingginya kadar gula yg ada dlm brewing itu

    menghasilkan banyaknya;jmlh alkohol yg didpt atau tingginya kadar;prosentase

    alkohol yg didpt stlh proses destilasi.? lng dijelasin $os, thanks.

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril B, 5>: at , 5>: at D4:D 0M

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365387519439#c5556138396035027221http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365441338705#c8219025905896819764https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365467488420#c7239297359742235659https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365653989654#c2592719337003900373http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365387519439#c5556138396035027221http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365441338705#c8219025905896819764https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365467488420#c7239297359742235659https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365653989654#c2592719337003900373

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    47/72

    siang bang.........eksperimen dri kelapa dah jadi bang yang pertama mah ane suling

    semua bang abisnya hasil akhirnya jadi asem g tau nih mo di apain alkoholnya trus

    ane buat lagi yg kedua wah mantep bang hasilnya ane ampe mabuk bang soalnya ane

    minum hampir setengah galon abis enak bang.........kalo masa kadaluarsanya berapa

    hari ni bang yang untuk dari kelapa.....?trus bang ane mocoba pake buah lontar kira5

    sama ga prosesnya sama pake kelapa........?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril ::, 5>: at 4 hari rata rata.

    kalau yg sulingan bisa lama banget, sekitar -:5 bulan bahkan lebih.

    )tk pemakaian buah lontar terus terang saya belum pernah coba. $uah lontar

    itu buah siwalan bukan?

    5.

    aja safelineApril :5, 5>: at 48B 0M

    wah apa y namanya.......biasanya sih airnya sukadijual dipinggir5 jalan kalo ga

    salahnamanya lagen gitu.......kalo disuling rasa dari kelapanya bisa hilang

    ga.........kalo iya apakah bisa di kasih kulit jeruk seperti testi diatas......

    .

     &'(R)&SApril :5, 5>: at B4: 0M

    /h iyaa... *egen.. tapi sy belum pernah coba tuh.. 4"

    tapi kemungkinan sama mengingat jenis buahnya kurang lebih sama.

    #alo disuling, rasa dan aroma sudah pasti hilang.

     bisa di kasi kulit jeruk setelah di suling.. hasilnya akan sama..

    'eply

    https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365731768010#c8340741977191691556https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365817702861#c6018350188767557551https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365822968363#c1181516744470303829https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365731768010#c8340741977191691556https://www.blogger.com/profile/17106966276568263924http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365817702861#c6018350188767557551https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365822968363#c1181516744470303829

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    48/72

    : at D48 AM

    Malam $os, waktu saya destilasi hasil fermentasi kenapa hasil pertamanya berwarna

    agak keputihan;spt air beras, apakah itu normal $os.? tp pd hasil berikutnya bening.

    aktu destilasi saya masukin sktr gelas, dan saya ambil hasilnya 5 gelas. Apakah

    kebanyakan hasil yg saya ambil $os, atau cukup : gelas aja.?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril :8, 5>: at =

    5.

    eApril 5>, 5>: at D45 AM

    Emang bener $os, tetesan yg agak keruh waktu saya cicpin terasa olkoholnya

    lumayan tinggi., sesudah saya tampung semua hasilnya kedlm botol 2termasuk 

    yg bening;gelas ke53 waktu saya cicip malah terasa hambar;alkoholnya nggak

    terasa $os.? Apa saya salah wkt proses destilasinya.? aktu proses destilasi

    hasil tetesnya saya tampung pk gelas yg saya ksh tutup.,maksud saya spy tdk

     bnyk uap yg keluar.

    'eply

    .

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365957976975#c5285864617646576310https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365986961558#c7869726099626905721http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366474990002#c2219539364753459642http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365957976975#c5285864617646576310https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1365986961558#c7869726099626905721http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366474990002#c2219539364753459642

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    49/72

    Stefann ungApril :: at C455 AM

    mas andreasss, hasil dari buah kelapa yang ak buat udah jadii tapi rasanyaaa asemm,

    ga enakk hiks... baunya jg..

    apa itu krn kurang steril ya? ; karena takaran bahannya saya salah?2 krn saya buat jumlah nya sedikit hasil cm 5 botol sirup mas3

    saya kasi bapak kos saya nyoba katanya rasanya kaya buah kelapa yg udah jatuh dr

     pohon :mingguan.. sy ga ngerti tuh mas gimana rasanya.. ad saran mas untuk saya??

    makin telat ngajuin judul tugas akhirr hhuhuhuhu

     QQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQ 

     buat mas ajay4 mas kemarin bikinnya berapa ya takarannya?? pelajaran ap yg didapet

    smpe bisa sukses?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril :: at

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    50/72

    kalo buat 5> liter ragi :< gr ya mas? kmrn sy buat yg tkrann raginya :: at :4 litr air hasilnya jd brp ltr alkohol y

    'eply

    C>.

    Stefann ungApril :, 5>: at C4:C AM

    mas andreas maaf nanya lagi,

    untuk kelapa takarannya4

    1kalo ragi murah paling ya fermipan.. na kalo masalah jumlahnya, biasanya saya paka

    pack utk 5>liter air dan kg gula.1

    nah mas saya ada beli fermipan : bungkus :: gr mas itu yg saya pake mas, sama ga

    kayak pny mas : bgks :: gr? kalo fermipan gram bnr mas?

    sy mw double check itu aja bsk saya buat ulang hehe doakan lancar mas, aminn.

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366101326026#c9102548792863281132http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366102366168#c1116001791817643654https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366121853041#c7608252189315867651http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366101326026#c9102548792863281132http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366102366168#c1116001791817643654https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366121853041#c7608252189315867651

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    51/72

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril :, 5>: at C4: at : at 4

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    52/72

     jenis wine.

    #alau dilanjut penyulingan, masuknya golongan liJuor.

    kalo dibumbuin dan ditambah gula lagi akan jadi liJueur.

     begitu.

    Saya gak punya toko.. kebetulan saya kerja di pabrik bir sebagai brewer.. 43

    +adi mohon maaf, gak bisa berkunjung.. soalnya tempat kerja sih.. 4"

    kirim aja pin bb mbak stef ke carando:>BDLyahoo.co.uk, nanti saya add.. 43

    'eply

    C5.

    Stefann ungApril :C, 5>: at :>45> AM

    mas maaf saya baru balas, saya baru selesai menyuling kelapa saya yang asam itu

    masss dari jam D sampe jam :5 tadi baru selesaii.. bingung sama apinya mas saya..

    saya kirim foto porsesnya nanti ke pin bb mas, mohon add saya secepatnya mas

    trus rasanya ga begitu ada alkohol dan masih asam2cuma lebih mendingan3, kedua

    malah berbau plastik banget mas padahal saya sudah rebus plastiknya dengan api

    kecil selama < menit

    dan pas hasil sulingan jatuh ke botol penampung masih panas mas cairannya trus saya

    cmpurin simple syrup kedalem botol dan diaduk..

    skrg sih sudah hangat dan saya kasi :;8 kulit jeruk ponkan hasilnya sih bau plastiknya

     jauh tersamarkan jadi seger bau jeruk aja hanya pas dicobain masi ad bau plastik dikit

     bercampur sm kulit jeruknya

    saya iseng1 tuang digelas sedikit mas dan cobain masukin api kedalem gelas buat

    ngetes kadar alkoholnya daaaaannn apinya mati mas.....

    hahaha kacaooooT saya ga tau ap yg salah mas.. ud jam:5 belom mandi saya liatin

    suulingan saay dari tadi hahahahahahahahah

    'eply

    C.

     &'(R)&SApril :C, 5>: at :>4B AM

    https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366219247230#c1414463010331276320https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366220335031#c4636281914098014744https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366219247230#c1414463010331276320https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366220335031#c4636281914098014744

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    53/72

    !tu total yang disuling brapa liter, trus stlh di suling dpt brapa banyak?

    jam itu sangat normal..

    Saya klo nyuling 5>liter bisa < jam.. 4"

    #lo rasa alkoholnya sedikit, ada dua penyebab4

    :. fermentasinya tidak maksimal karena terganggu bakteri 2ditandai dengan asem35. %ampung hasil sulingannya terlalu banyak.

     bau plastik sebenernya cukup normal, nanti setelah disimpan sebulan akan hilang

    sendiri ketimpa bau jeruknya.

    #alo test alkohol kadar segitu 2apalagi mbak Stef tadi bilang gak begitu ada3 gak bisa

    dengan api.

    ang saya punya, D,D= aja gak mau nyala.. hahahaha...

    'eply

    C8.

    Stefann ungApril :C, 5>: at ::4:B AM

    wah itu mah paling 5 botol sirup mas, : setengah liter lah mas, saya suling cuma

    ngambil kurang lebih 5>>ml aja mas,

    mungkin karena fermentasi yah mas saya kan menyuling dari hasil kelapa yang asam

    hahhahahahah waduhhh okehh mas masi banyak yang saya mau tanyainnn

     besok saya buat lagiiiT

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril :C, 5>: at C4: 0M

    Sharusnya kalau :,= kan masih sekitar >,< liter.. +adi kalau

    dapet 5>>ml saja, seharusnya kadar alkoholnya tinggi..

    'eply

    https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366222708182#c8058229014347335040https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366252278600#c3700461683512385680https://www.blogger.com/profile/04594945682195427315http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366222708182#c8058229014347335040https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366252278600#c3700461683512385680

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    54/72

    C: at 54

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    55/72

     &'(R)&SApril 5:, 5>: at C4C 0M

    )tk Saudara E, seharusnya tidak ada yang salah dengan proses penyulingan anda,

    karena hasil awalnya sudah terasa alkohol.

    Mungkin anda menampungnya agak terlalu banyak, sehingga kadar alkohol di dalam

     panci sudah habis, sehinggga yang keluar hanya air saja.#arena itu, saya selalu cek proses penyulingan supaya ketahuan sampai batas mana

    alkoholnya sudah hilang.

    0rinsipnya begini4

    misalnya saat tetesan pertama katakanlah kandungannya C>= alkohol dan tertampung

    hingga ml.

    tetesan terakhir saat mencapai ml kadar alkoholnya sudah tidak lagi C>=, tapi

    mungkin >=.

    +adi ml itu adalah hasil campuran dari C>= hingga >=. kemungkinan hasilnya

     berkisar di tengah5nya.. Sekitar 8-: at D45B 0M

    https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366598232643#c7861920590991765888http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366631574856#c2379943452581291581https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366691325338#c47060827085510253https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366598232643#c7861920590991765888http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366631574856#c2379943452581291581https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366691325338#c47060827085510253

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    56/72

    ah.. semoga gak terlalu panas pas masukin raginya.. biasanya sekitar >-<

    derajat sih masih bisa. suhu ruangan kan sekitar >-: derajat.. toleransi

    naiknya rata5 :-:

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    57/72

    CD.

     &nonmousApril 55, 5>: at ::4>< AM

    #eren mas ilmunya membuat aku mabuk kemaren hahaha

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril 55, 5>: at D4< 0M

    (ahaha.... congrats yaa....

    'eply

    B>.

    watucilikApril 5, 5>: at 4 mili,gula >,< kg,nanas dipotong kecil,direbus

    sampai mendidih diam kan sampai dingin lalu di masukkan fermipan B grm,terus di

    fermentasi pake botol sirup di atas nya dilubang kecil di kasih selang dan selang di

    hubungkan ke botol satunya yg berisi air aJua,co5 yg di hasilkan ragi tadi ber pindah

    mengluarkan gelembung,ujung botol di rapatin pakek lilin mainan fungsinya biar

    udara tidak masuk kedalam,cara ini didapat dari temen lab kimia,kayanya airnya

    kurang ya,kira5 jadi ngk ya mas andre?

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril 5, 5>: at C48C 0M

    wiih... airnya kurang banget.. "engan jumlah sesuai deskripsi anda, air bisa

    ditambah sampai dengan 5,

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    58/72

    +angan lupa untuk disaring sebelum dimsukin ragi. takutnya raginya mati kena

     potongan nanasnya..

    )tk sistem fermentasi sesuai saran teman lab anda, itu benar sekali.. istilahnya

    water trap

    (anya saja kalo dimasukkan kulkas, bakal makan tempat.. 43

    Selama tidak terjadi infeksi, pasti jadi.. +angan khawatir.. coba aja dulu,supaya ada pengalaman..

    'eply

    B:.

     'oa faul gabrielApril 5, 5>: at :>4>D AM

    oh ya lok selain pake arang, pake apa lagi mas kira biar jernih?? dan umpama pake

    arang caranya di apain ne cara nyaringya,,mren 5> liter air , kg gula, ragiG saya kasih

    >grm kbnykn apa enggk tue raginya.... trs masalah putaran pipa yg paling bagus pke

     brp putaran mas andre.. mksh bnyk mas andre dh di replay..

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&SApril 5, 5>: at B4: 0M

    #lo anda punya saringan dari bahan keramik yg utk air minum, itu juga boleh.

    #alo pake arang, sistemnya cuma ditetesin ke atas arang aja, trus dibiarin

    merembes ke penampungan..

    Arangnya cuci dulu, dikucurin air sampe bersih, trus hasil cuci terakhir diicip..

    sampai terasa air aja..

    Selain menjernihkan, arang juga berfungsi untuk disinfektan.'aginya gpp segitu. fermentasi akan lebih cepat..

    klo masalah putaran pipa, tergantung kemampuan kita mengganti air. Semakin

    dingin suhu air dan semakin banyak putaran, @olume yg di dapat semakin

     banyak.

    'eply

    B5.

    https://www.blogger.com/profile/09041150979987246640http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366736961548#c2216947492413837607https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366773238761#c4012704132151311557https://www.blogger.com/profile/09041150979987246640http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366736961548#c2216947492413837607https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366773238761#c4012704132151311557

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    59/72

    watucilikApril 58, 5>: at : at ::45B 0M

    ooo... galon... mantab neeek...

    hank you juga bro..

    Senang bisa berbagi ilmu..

    'eply

    https://www.blogger.com/profile/01355354898947144910http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366806151567#c3282762859142697890https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366871247041#c3157948454407745070https://www.blogger.com/profile/09041150979987246640http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366812585238#c7100154237477378170https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366871333842#c6791028470911748206https://www.blogger.com/profile/01355354898947144910http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366806151567#c3282762859142697890https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366871247041#c3157948454407745070https://www.blogger.com/profile/09041150979987246640http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366812585238#c7100154237477378170https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1366871333842#c6791028470911748206

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    60/72

    B8.

    edi guitaraApril 58, 5>: at :>4:> AM

    Malam $os,ngulang pertanyaan saya diatas,mmg tetesan yg agak keruh waktu saya

    cicpin terasa olkoholnya tinggi.,tetapi sesudah saya tampung semua hasilnya kedlm

     botol 2termasuk yg bening;gelas ke53 waktu saya cicip malah terasa

    hambar;alkoholnya nggak terasa $os.? Apa saya salah wkt proses destilasinya.?

    aktu proses destilasi hasil tetesnya saya tampung pk gelas yg saya ksh

    tutup.,maksud saya spy tdk bnyk uap yg keluar.,2tp gelas terasa panas3,trus putaran

    slang pendinginnya saya cm pk putaran, apa krng bnyk $os.? lng dijelasin lg $os,

    hanks.

Embed Size (px)
Recommended