Home >Documents >Cara Membuat Minuman Beralkohol

Cara Membuat Minuman Beralkohol

Date post:06-Jul-2018
Category:
View:269 times
Download:0 times
Share this document with a friend
Transcript:
  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    1/72

    Cara Membuat Minuman beralkohol

    --- Untuk mengakomodir Foto dan Video,

    silahkan kunjungi:

    https://www.faebook.om/groups/blogfortr

    o!/ ---

    Untuk berdiskusi, silahkan menggunakan halaman terakhir:

    "alaman #  "alaman $

    %edikit Ulasan &wal:

    &lkohol, disebut juga etanol, etil alkohol, alkohol murni, atau alkohol absolut, adalah

    sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, tak berwarna, dan merupakan alkohol

    yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Senyawa ini merupakan obat

     psikoaktif dan dapat ditemukan pada minuman beralkohol dan termometer modern. alkohol

    adalah salah satu obat rekreasi yang paling tua.

    Fermentasi gula menjadi alkohol merupakan salah satu reaksi organik paling awal yang

     pernah dilakukan manusia. Efek dari konsumsi alkohol yang memabukkan juga telah

    diketahui sejak dulu. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol

    'U& ()*+% &"

    Ada perbedaan mendasar yang harus anda ketahui dan harus saya jelaskan di sini, bahwa ada

    dua jenis alkohol. Etil Alkohol dan Metil Alkohol atau Metanol. Supaya tidak terjadi kesalah

     pahaman dan tidak ada tuntutan dikemudian hari.

    Etil Alkohol dan Metil Alkohol !"A# $!SA "!$E"A#A% SE&A'A #ASA MAA.

    (A')S ME*A*)! )+! *A$. Meskipun  ikipedia  bilang bisa dibedakan baunya, jangan

    coba coba.. %AA A')(A%%A.

    Metanol, juga dikenal sebagai metil alkohol, wood alcohol   atau spiritus, adalah senyawa

    kimiarumus kimia &(/(. !a merupakan bentuk alkohol paling sederhana. 0ada 1keadaan

    dengan atmosfer1 ia berbentuk cairan yang ringan, mudah menguap, tidak berwarna, mudah

    terbakar, dan beraun +ngaat... 0)1&CU*2 dengan bau yang khas 2berbau lebih ringan

    daripada etanol3. !a digunakan sebagai bahan pendingin anti beku, pelarut, bahan bakar dan

    sebagai bahan additif bagi etanol industri.

    Metanol diproduksi secara alami oleh metabolisme anaerobik oleh bakteri. (asil proses tersebut adalah uap metanol 2dalam jumlah kecil3 di udara. Setelah beberapa hari, uap

    https://www.facebook.com/groups/blogfortroy/ https://www.facebook.com/groups/blogfortroy/ http://troydaunan.blogspot.com/2013/06/lanjutan-cara-membuat-minuman-beralkohol.html http://troydaunan.blogspot.com/2014/05/cara-membuat-minuman-beralkohol-halaman.html http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol http://troydaunan.blogspot.com/2013/06/lanjutan-cara-membuat-minuman-beralkohol.html http://troydaunan.blogspot.com/2014/05/cara-membuat-minuman-beralkohol-halaman.html http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol https://www.facebook.com/groups/blogfortroy/ https://www.facebook.com/groups/blogfortroy/

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    2/72

    metanol tersebut akan teroksidasi oleh oksigen dengan bantuan sinar matahari menjadi

    karbon dioksida dan air.

    'eaksi kimia metanol yang terbakar di udara dan membentuk karbon dioksida dan air adalah

    sebagai berikut4

    5 &(/( 6  /5 7 5 &/5 6 8 (5/

    Api dari metanol biasanya tidak berwarna. /leh karena itu, kita harus berhati-hati bila berada dekat metanol yang terbakar untuk mencegah cedera akibat api yang tak terlihat.

    #arena sifatnya yang beracun, metanol sering digunakan sebagai bahan additif bagi

     pembuatan alkohol untuk penggunaan industri9 0enambahan 1racun1 ini akan menghindarkan

    industri dari pajak yang dapat dikenakan karena etanol merupakan bahan utama untuk 

    minuman keras 2minuman beralkohol3. Metanol kadang juga disebut sebagai wood alcohol 

    karena ia dahulu merupakan produk samping dari distilasi kayu. Saat ini metanol dihasilkan

    melului proses multi tahap.

    Secara singkat4 gas alam dan uap air dibakar dalam tungku untuk membentuk gas hidrogen

    dan karbon monoksida9 kemudian, gas hidrogen dan karbon monoksida ini bereaksi dalam

    tekanan tinggi dengan bantuan katalis untuk menghasilkan metanol. ahap pembentukannya

    adalah endotermik dan tahap sintesisnya adalah eksotermik. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol

    Alkohol banyak digunakan sebagai pelarut berbagai bahan-bahan kimia yang ditujukan untuk 

    konsumsi dan kegunaan manusia. &ontohnya adalah pada parfum, perasa, pewarna makanan,

    dan obat-obatan.

    Membuat alkohol Etanol sangat mudah. Simak berikut ini4

    :. 'ebus sepanci air. Masukkan :;5 kg gula pasir. pakai

    gula pasar biasa, jangan gula putih karena kalah manis. Mau pake juga boleh.. tapi resikonya

     jadi boros.

    5. #alo sudah larut semua gulanya, dinginkan sampai ke suhu ruangan. Masukin ke panci

    stainless atau panci kaca, biar gak kontaminasi sama logam.

    . Sekarang masuk tahap fermentasi. )ntuk fermentasi,

    kita butuh ragi. +angan pake ragi tape, karena sifatnya beda. 'agi tape hidup kalo suasananya

    kering. #alo untuk cairan, bisa pake fermipan 2ragi roti3.

    'agi banyak macemnya. $eda ragi akan menghasilkan rasa yang berbeda juga. $isa eksperimen sendiri, baik merk maupun jenis.

    http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol%20 http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol%20 http://id.wikipedia.org/wiki/Metil_alkohol%20

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    3/72

    aktu fermentasi tergantung kadar gula yang ada di dalam air. Semakin banyak kadar 

    gulanya ya semakin lama waktu fermentasinya. +uga dipengaruhi banyak sedikitnya ragi yang

    masuk. Semakin banyak ragi yang masuk ya semakin cepet.

    !ntinya, proses yang terjadi di sini adalah4  Ragi makan gula. Karena makan gula dia jadi capek. Karena capek, dia bernafas dan berkeringat. Sama kaak kita, nafasna keluar !"#.

     $edana kalo kita keringetan, rasana asin plus asem bau badan, kalo ragi keringetan,

    keluarna alkohol . Mantap banget $ro 'agi ini..

    anda tanda terjadinya proses fermentasi adalah keluarnya gelembung5 kecil mengandung

    &/5. Sedikit trik di sini, kalau mau bikin minuman berkarbonasi tanpa perlu nambah

    &/5setelahnya, fermentasinya pake panci tertutup rapat seperti panci presto.

    8. Setelah sekitar : minggu, anda bisa buka itu panci presto, cicipin dah.. !tulah hasil akhir 

    eksperimen anda.

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    4/72

    &aranya juga mudah seperti yang terlihat pada skema disebelah kiri ini..

    :. Masukkan hasi brewing  tadi ke panci presto.

    5. (ubungkan pressure release pin dengan pipa alumunium.

    . $uat spiral untuk pendinginan. Spiral itu harus terendam air. "i situ uap akan dirubah

    menjadi cairan.

    8. #alau airnya sudah terlalu panas, ganti dengan air dingin, supaya tidak banyak uap yang

    terbuang.

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    5/72

     &nonmous+uly 55, 5>:5 at :>4>B AM

     posting yang sangat berguna om, apa lagi buat orang yang suka mabok hehehe...

    mau tanya nih untuk infuse yang paling enak menurut om apa ya...

    'eply

    5.

     &ndreas+uly 55, 5>:5 at ::4:> 0M

    ah.. kalo untuk infuse, saya paling suka dengan kulit jeruk saja..

    Mirip &ointreau deh..

    'eply

    .

    ded supradi+anuary :5, 5>: at 845C AM

    kulit jeruknya diapain om, maaf kurang jelas nihh..

    'eply

    'eplies

    :.

     &'(R)&S+anuary :5, 5>: at D48 0M

    (anya dikupas aja, diambil bagian yang berwarna orange. Sebisa mungkin,

     putihnya jangan ikut karena akan pahit.

    Masukkan ke dalam produk yang sudah jadi dan simpan selama kurang lebih 5

    - 8 minggu tergantung selera.

    !ntinya sama dengan cara pembuatan +ack ".. yang disimpan dalam drum

    kayu itu hanya alkohol saja. arna, rasa dan aroma didapat dari kayu khusus

    yang dipakai untuk menyimpan produk tersebut.

    'eply

    http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1342976911261#c78262399492271490 https://www.blogger.com/profile/17618968104199228508 http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1343023812286#c851221752100652941 https://www.blogger.com/profile/07446964446281701336 http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1357993633676#c5366358987174128713 https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900 http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358055275199#c8826584796675155300 http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1342976911261#c78262399492271490 https://www.blogger.com/profile/17618968104199228508 http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1343023812286#c851221752100652941 https://www.blogger.com/profile/07446964446281701336 http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1357993633676#c5366358987174128713 https://www.blogger.com/profile/14550774663416594900 http://troydaunan.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-minuman-beralkohol.html?showComment=1358055275199#c8826584796675155300

  • 8/17/2019 Cara Membuat Minuman Beralkohol

    6/72

    8.

     &nonmous+anuary :C, 5>: at :>4:

Embed Size (px)
Recommended